KOMPAStekno

KOMPAStekno


Bagaimana Rasanya Kerja di Facebook?

Posted: 25 Apr 2013 10:15 AM PDT

KOMPAS.com — Ternyata, di Silicon Valley, bukan hanya Google yang memanjakan para karyawannya. Facebook pun demikian. Melalui situs tanya-jawab Quora, para karyawan Facebook bercerita tentang hal-hal yang membuat mereka betah bekerja di perusahaan jejaring sosial tersebut.

Meskipun usianya masih belia, Facebook sudah menjadi perusahaan yang makmur. Tidak heran jika perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 itu mampu memberikan kemewahan bagi para karyawannya. Gaji yang tinggi hanya salah satu di antaranya. Berikut ini gambarannya.

Pada Oktober 2012, komunitas karier Glassdoor pernah merilis (software engineer) di 15 perusahaan teknologi ternama di Amerika.

Facebook tercatat sebagai perusahaan kedua yang memberikan gaji pokok paling tinggi kepada software engineer di perusahaannya, yakni rata-rata sebesar 123.626 dollar AS setahun.

Di atas Facebook, ada Google, yang memberikan gaji pokok tahunan rata-rata sebesar 128.336 dollar AS kepada para software engineer-nya. Sementara Apple, eBay, dan Zynga berturut-turut menempati posisi di bawah Google dan Facebook.

Sekarang, kita kembali ke pertanyaan yang di-posting dalam Quora. Apa saja fakta yang menarik tentang bekerja di Facebook?

Sama seperti Google, Facebook juga menyediakan banyak makanan nikmat bagi para karyawannya—untuk sarapan, makan siang, dan makan malam mereka.

Facebook pun memiliki dokter, chiropractor (ahli pengobatan alternatif), dan terapis yang siaga di kantornya yang terletak di daerah Menlo Park, California.

Setiap hari Jumat, Mark Zuckerberg akan menggelar sesi tanya-jawab. Dalam sesi tersebut, dia akan memberikan update informasi dan para karyawan bisa bertanya soal topik apa pun kepada bos Facebook itu.  

Setiap tahun, Facebook merayakan pesta ulang tahun perusahaan dan memberikan hadiah kepada para karyawan. Contoh hadiah-hadiah yang sudah pernah diberikan adalah piyama, jam tangan, dan kaos kaki.

Untuk menjaga semangat kerja dan kreativitas para karyawannya, Facebook juga menggelar acara tahunan yang bernama "Game Day". Untuk acara ini, perusahaan menyewa sebuah taman dan mengajak semua karyawannya untuk pergi dan bermain di taman itu.

Facebook ingin para karyawannya merasa nyaman ketika bekerja. Karena itu, mereka dibolehkan memilih komputer kerjanya masing-masing. Karyawan yang senang menggunakan Mac akan diberikan satu komputer Mac. Sementara karyawan yang merasa nyaman bekerja dengan Linux ataupun Windows, akan diberikan komputer berbasis Linux atau Windows.

Karyawan juga dibolehkan untuk memilih smartphone sebagai alat pendukung kerjanya. Ada dua pilihan yang ditawarkan, yakni iPhone atau smartphone berbasis Android. Menurut keyakinan Facebook, para karyawan bisa bekerja lebih produktif jika mereka merasa senang dan nyaman menggunakan perangkat kerjanya.

Dengan perangkat-perangkat kerja itu, setiap karyawan Facebook didorong untuk aktif bermain aplikasi Facebook dan Instagram. Dengan begitu, mereka bisa menemukan kelemahan-kelemahan pada aplikasi yang mereka kembangkan.

Karyawan Facebook yang punya masalah dengan perlengkapan kerjanya tidak perlu khawatir. Di kantor mereka tersedia sebuah vending machine (mesin penjual otomatis) yang berisi beragam perlengkapan, termasuk keyboard dan charger untuk laptop. Karyawan bisa segera mendapatkan perangkat penggantinya di mesin tersebut.  

Satu lagi fakta tentang Facebook. Untuk memudahkan komunikasi di kalangan internal perusahaan, para Facebooker memanfaatkan layanannya sendiri. Fitur yang paling sering mereka gunakan untuk berkomunikasi adalah fitur Facebook Groups.

MacBook Pro Dinobatkan Jadi Laptop Windows Terbaik

Posted: 25 Apr 2013 09:01 AM PDT

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan jasa teknologi informasi Saluto menempatkan MacBook Pro buatan Apple sebagai komputer jinjing (laptop) dengan performa terbaik dalam menjalankan sistem operasi Windows.

Gelar terbaik untuk MacBook Pro 13 inci produksi pertengahan 2012, diberikan setelah dilakukan berbagai uji coba dan analisis oleh tim Saluto, pada April 2013.

Menurut Saluto, MacBook Pro mengungguli performa laptop Windows dari produsen mapan lain, seperti Dell, Lenovo, Acer, dan lainnya. Laptop-laptop ini kalah unggul dari laptop buatan Apple yang sebenarnya tidak didesain menjalankan Windows.

"Kami hanya membandingkan dengan PC (laptop) yang ada di pasaran … Kami percaya itu lebih mencerminkan realitas," demikian pernyataan Saluto, seperti dikutip dari CNet, Rabu (24/4/2013).

Uji coba dilakukan dengan meng-install sistem operasi Windows di laptop yang sejatinya menggunakan sistem operasi (Apple) MacOS X.

Perhitungan uji coba yang dilakukan Saluto meliputi kejadian crash per pekan, hang, blue screen, dan rata-rata waktu booting sebuah laptop. Dalam perhitungan Saluto, jika sebuah laptop mendapat nilai yang semakin kecil, berarti laptop tersebut terbilang jarang mengalami crash, hang dan blue screen jika dipasangkan sistem operasi Windows.

Meski demikian, Saluto mencatat kelemahan MacBook Pro yang dipasangkan Windows. Kelemahan itu terletak pada perangkat lunak driver untuk mengoptimalkan performa perangkat keras.

Dalam catatan Saluto, laptop terbaik di peringkat dua dan tiga untuk menjalankan Windows adalah Acer Aspire E1-571 dan Dell XPS13. Daftar lengkap hasil uji coba Saluto dapat dilihat dari tabel di bawah ini:

Laptop terbaik untuk menjalankan Windows versi Saluto (April 2013)

Western Digital Bikin "Hard Disk" Khusus Laptop Tipis

Posted: 25 Apr 2013 08:03 AM PDT

KOMPAS.com — Ingin laptop yang tipis atau Ultrabook tetapi memiliki kapasitas penyimpanan jauh lebih besar dibanding model-model dengan SSD (solid state drive)? Tak lama lagi mungkin hal itu bisa menjadi kenyataan dengan hadirnya hard disk super-tipis dari Western Digital ini.

Seperti dikutip dari PCWorld, hard disk tersebut merupakan anggota seri produk WD Blue dengan nama lengkap "WD5000MPCK". Tebalnya hanya 5 mm, lebih tipis 2 mm dibandingkan produk-produk sejenisnya yang lebih dulu beredar di pasaran.

Alhasil, hard disk yang bersangkutan bisa dipasang di dalam model-model Ultrabook super tipis untuk memperbesar kapasitas storage sambil tetap mempertahankan harga jual yang lebih murah dibandingkan SSD.

Selama ini pilihan storage untuk Ultrabook high-end yang super-tipis terbatas pada SSD saja. Opsi menggunakan hard disk biasanya hanya tersedia pada Ultrabook model menengah yang memiliki dimensi fisik lebih tebal.

Western Digital membanderol hard disk ini seharga 89 dollar AS. Spesifikasi teknisnya termasuk kecepatan rotasi 5400 RPM, cache 16MB, dan interface SATA 6Gbps. Perusahaan pembuatnya juga berencana merilis hard disk serupa dengan teknologi "hybrid" (gabungan hard disk dengan SSD) seri WD Black.

Western Digital telah mulai mengirim WD5000MPCK ke produsen-produsen komputer laptop. Kabarnya, Acer dan Asus bakal menggunakan hard disk ini di lini Ultrabook bikinan mereka. 

Nokia Paksa HTC One Ganti Mikrofon

Posted: 25 Apr 2013 06:51 AM PDT

KOMPAS.com - Komponen mikrofon yang dipakai pada produk HTC One dinilai melanggar paten milik Nokia oleh Pengadilan Distrik Amsterdam, Belanda. HTC harus secepatnya mengganti desain komponen mikrofon.

Komponen mikrofon di HTC One itu dibuat oleh perusahaan STMicroelectronics asal Taiwan. Seperti dikutip dari Engadget, Rabu (24/4/2013), mikrofon tersebut memiliki teknologi dual-membran dan memiliki amplitudo tinggi.

HTC menegaskan, pelanggaran paten mikrofon ini adalah urusan antara Nokia dengan STMicroelectronics. HTC tidak terkait dalam sengketa hukum antara keduanya. Sejauh ini Nokia juga tidak mengajukan gugatan kepada HTC terkait HTC One.

Menurut Nokia, STMicroelectronics telah menyetujui eksklusivitas komponen tersebut untuk produk Nokia dan tidak menjualnya kepada pihak ketiga. "Itu adalah teknologi HAAC Nokia, dikembangkan secara eksklusif oleh Nokia dan hanya digunakan dalam produk Nokia," kata juru bicara Nokia beberapa waktu lalu.

Juru bicara HTC mengatakan, pihaknya akan mengirimkan HTC One yang memakai mikrofon desain lama dari STMicroelectronics sampai stoknya habis, kemudian HTC akan mengubah desain mikrofon. Hal ini diklaim tidak mempengaruhi ketersediaan pasokan HTC One.

STMicroelectronics terancam membayar denda ke Nokia sebesar 50.000 euro untuk setiap mikrofon yang dijual kepada pihak ketiga. Namun, keputusan denda ini belum final, dan masih dicarikan jalan keluar. 

Microsoft Sebar Undangan Peluncuran XBox 720?

Posted: 25 Apr 2013 06:31 AM PDT

KOMPAS.com — Rumor mengenai peluncuran konsol XBox generasi selanjutnya—untuk sementara disebut XBox 720—semakin mendekati kenyataan setelah Microsoft mengirimkan undangan suatu acara kepada media-media di AS. Acara yang akan berlangsung di Redmond, Washington, pada 21 Mei 2013 itu diyakini menjadi ajang perkenalan produk terbaru XBox.

Isu tentang peluncuran XBox 720 sebetulnya sudah mulai berkembang pada awal April 2013. Kala itu, media-media besar secara tepat menyebutkan, konsol ini akan dirilis pada 21 Mei mendatang.

Dikutip dari Wired, Kamis (25/4/2013), dalam undangan yang dikirimkan, Microsoft tidak menyebutkan tentang acara tersebut secara mendetail. Namun, Microsoft menuliskan kalimat "A new generation revealed".

newgeneration-660x283

Tidak bisa ke Redmond langsung untuk menyaksikan acara peluncuran ini? Jangan khawatir, Microsoft sudah menyiapkan beberapa media streaming video untuk acara peluncuran tersebut. Nantinya, Anda dapat menonton acara tersebut melalui XBox Live, Spike TV, dan XBox.com.

Hingga saat ini, Microsoft memang masih belum membeberkan informasi apa pun mengenai konsol terbaru ini. Namun, rumor terkaitnya sudah banyak beredar.

Salah satunya, XBox generasi terbaru tersebut menggunakan nama kode Durango. Nantinya, Durango akan dipersenjatai prosesor system-on-chip berbasis core Jaguar dari AMD, mirip dengan yang dipakai PlayStation 4.

Hal tersebut menandai peralihan dari arsitektur PowerPC yang digunakan di XBox 360 ke x86 yang umum digunakan di PC. Artinya, judul-judul game XBox 360 tidak akan bisa dimainkan di XBox 720.

Selain itu, kabarnya XBox 720 akan dibanderol dengan harga relatif mahal, mencapai 500 dollar AS atau Rp 4,9 juta.

No comments:

Post a Comment