KOMPAStekno

KOMPAStekno


Internet Ngadat, Ini Kompensasi dari Smartfren

Posted: 28 Mar 2013 10:46 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah layanan internetnya mengalami gangguan beberapa waktu lalu, Smartfren memberi kompensasi kepada pelanggan berupa tambahan kuota 50 persen untuk semua jenis pembelian atau perpanjangan layanan internet.

Sepanjang bulan April 2013, Smartfren menggelar program apresiasi kepada pelanggan. Deputy CEO Commercial Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan, pihaknya telah mengumumkan program itu secara resmi melalui situs web Smartfren.

"Kita kasih tambahan kuota 50 persen untuk pengisian pulsa internet di sepanjang April. Silakan bersenang-senang," katanya saat dihubungi KompasTekno, Kamis (28/3/2013).

Tambahan kuota 50 persen itu diberikan dari paket layanan utama yang dibeli atau diperpanjang pelanggan selama 1 April sampai 30 April 2013.

Sebagai contohnya, jika pelanggan memperpanjang layanan internet dengan kapasitas 2GB, maka dapat tambahan kuota setengahnya, jadi total kuota yang didapat adalah 3GB.

Djoko menjelaskan, tambahan kuota ini berlaku untuk pembelian atau perpanjangan layanan Unlimited Plan, Volume Based, dan EVO plan. Khusus EVO plan, tambahan kuota diberikan dengan masa aktif sesuai paket yang dipilih.

Seperti diberitakan sebelumnya, layanan internet dari operator CDMA Smartfren mengalami gangguan mulai Jumat, (15/3/2013). Penyebabnya adalah putusnya kabel bawah laut yang terletak di antara Pulau Bangka dan Batam. Kabel optik ini putus akibat terkena jangkar kapal.

Layanan internet Smartfren berangsur membaik pada Rabu dini hari (27/3/2013). Smartfren mengklaim layanan internet sudah normal sepenuhnya pada Rabu pagi.

Majalah Terbitan 7 Negara Asia Bisa Diunduh di Scoop

Posted: 28 Mar 2013 09:47 AM PDT

KOMPAS.com - Toko buku online Scoop merambah wilayah India, Singapura, Malaysia, dan Filipina dengan merangkul penerbit SPH Magazines, India Today Group, dan The Philippines Group of Publications. Judul-judul terkini dari tiga penerbit internasional tersebut kini bisa diunduh di etalase online Scoop.

India Today Group menyediakan India Today English, India Today Hindi, India Today Tamil, India Yoday Telugu, India Today Malayalam, berikut edisi India dari sejumlah majalah internasional termasuk Cosmopolitan, Harper's Bazaar, Men's Health, dan Good Housekeping.

SPH Magazines akan menyalurkan 41 judul majalah terbitan 7 negara di Asia, yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, China, dan Hong Kong.

Adapun The Philippines Group of Publications akan mendistribusikan The Philippines Star, Philippines Star Ngayon, Pang Masa, The Freeman, dan Ban At News di toko online Scoop.

Selain itu, Scoop juga merilis aplikasi Scoop versi Singapura (www.showme.to/scoopsg) Malaysia (www.showme.to/scoopmy) dan India (www.showme.to/scoopindia). Aplikasi-aplikasi yang bisa diperoleh di Apple App Store ini bertujuan memberi konten yang relevan untuk pembaca dari masing-masing negara.

"Angka penggunaan smartphone dan tablet di wilayah-wilayah ini mengalami pertumbuhan signifikan. Dengam memanfaatkan hal tersebut, kami bisa memberi nilai lebih pada para rekanan dan pembaca," tulis CEO Apps Foundry Wilson Cuaca dalam keterangan pers yang diterima Kompas Tekno, Kamis (28/3/2013).

Apps Foundry yang didirikan pada 2010 lalu adalah pencipta toko buku online Scoop.

Sebelumnya, Scoop telah memperkaya jenis konten yang terdapat di dalamnya dengan turut menyediakan edisi digital dari koran Kompas serta 10.000 judul buku dan novel lokal terbitan Gramedia.

Yuk, Belanja Sayur dan Daging di PasarMinggu.co

Posted: 28 Mar 2013 09:14 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbelanja bahan makanan pokok kini tak perlu lagi pergi ke luar rumah. Ada solusi online yang memungkinkan Anda memesan sayur, daging, buah, hingga bumbu dapur, dengan mengakses PasarMinggu.co.

PasarMinggu.co merupakan perusahaan rintisan (startup) digital yang baru saja mendapat investasi dari pemodal ventura Ideosource. Pemodal ini juga membimbing PasarMinggu.co dalam program inkubasi, termasuk merancang model bisnis dan strategi menghasilkan keuntungan (monetisasi) dari layanan yang disediakan.

Mulai beroperasi pada awal 2013, saat ini PasarMinggu.co melayani pesan antar bahan makanan pokok di seluruh kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

"Kami melayani pembelian sayur-sayuran, buah, ikan, daging, bumbu dapur, pokoknya semua yang segar-segar," kata Elqee Ervan, pendiri PasarMinggu.co dalam acara demonstrasi hasil program inkubasi Ideosource di Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Pesan, antar, bayar

Pelanggan dapat mengunjungi PasarMinggu.co, memilih bahan pokok yang dibutuhkan, lalu memesan lewat situs web, telepon, SMS, email, BlackBerry Messenger (BBM), atau Yahoo Messenger (YM).

Harga di PasarMinggu.co diklaim lebih murah dibandingkan pasar swalayan. Informasi harga yang ditawarkan di situs web PasarMinggu.co terus diperbarui mengikuti fluktuatif harga pasar.

Pesanan di PasarMinggu.co baru diantar keesokan harinya. Misalnya, Anda memesan hari ini di antara jam 8 pagi sampai jam 8 malam, maka barang yang dipesan itu baru diantar keesokan harinya antara pukul 7 sampai 10 pagi.

Elqee memberi jaminan bahwa bahan pokok yang dibeli darinya berkualitas dan segar. "Kalau menurut konsumen tidak segar, bisa kembalikan saat itu juga lewat kurir yang mengantar. Kita punya return policy (kebijakan pengembalian produk-red)," jelasnya.

Sementara untuk pembayaran, bisa dengan cara tunai setelah pesanan sampai di tempat pelanggan (cash on delivery/CoD), transfer bank, atau debit dengan kartu dari Bank Mandiri dan BCA.

Dalam menjalankan PasarMinggu.co, Elqee memanfaatkan jaringan kuatnya di kalangan keluarga dan tetangga yang memang berdagang di Pasar Induk Keramat Jati, Jakarta Timur. "Mereka biasanya jualan dalam jumlah besar atau grosir. Tapi mereka mau kerjasama dengan kita, meskipun kuantitasnya kecil," ujar Elqee.

Elqee mengatakan, trafik dan transaksi di PasarMinggu.co masih terbilang kecil karena mereka masih dalam tahap merintis.

Layanan pesan antar bahan makanan pokok yang disediakan PasarMinggu.co memang unik dan potensial, mengingat langkanya pemain online di bidang ini. Bersama Ideosource yang dipimpin Andi S. Boediman, startup ini akan dibimbing untuk menemukan model bisnis yang tepat, serta menyempurnakan rantai pasokan, metode pemesanan, sampai pengiriman pesanan.

PasarMinggu.co berjanji untuk memperluas jangkauan lokasi pengiriman. Mereka juga berencana menjalin kerjasama dengan organisasi pihak ketiga yang tepat sasaran, untuk menggaet pelanggan dan lebih mempopulerkan PasarMinggu.co.

Turis Indonesia Belum Percaya Biro Wisata Online

Posted: 28 Mar 2013 08:34 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Google mencatat satu dari empat pengguna internet Indonesia yang mencari info wisata lewat search engine melakukannya lewat perangkat mobile.

Sayangnya, di Indonesia hal tersebut tak lantas berlanjut menjadi angka konversi (jumlah pengunjung yang membeli produk/ jasa) yang tinggi untuk para pelaku bisnis travel online (OTA, online travel agent), dari sisi pengguna mobile.

Menurut editor dan pendiri Web In Travel Yeoh Siew Hoon, faktor penyebabnya ada dua, yaitu kekurangan infrastruktur memadai dan masih belum adanya kepercayaan terhadap metode pembayaran virtual yang berlaku di e-commerce, termasuk travel online.

Ketersediaan infrastruktur merupakan tanggung jawab pengelola jaringan, "Tapi soal trust ini tiada lain harus diatasi melalui edukasi konsumen oleh semua pelaku industri terkait," ujar Yeoh saat ditemui di sela-sela konferensi satu hari Web In Travel, Rabu (27/3/2013) di Jakarta.

Padahal, menurut Yeoh, pariwisata Indonesia sangat potensial dikembangkan. Dia mengatakan bahwa Indonesia sudah menjadi negara tujuan wisata nomer wahid bagi penduduk negara-negara tetangga seperti Singapura.

"Itu pula kenapa investor banyak yang tertarik pada Indonesia. Konsumen travel di sini memang masih lebih banyak bepergian ke destinasi lokal, tapi setelah itu tentu mereka akan melirik perjalanan ke luar negeri," ujar Yeoh seraya menambahkan bahwa Indonesia perlu mengembangkan daerah-daerah tujuan wisata di luar Bali.

Kolaborasi offline-online

Soal sikap masyarakat Indonesia terhadap e-commerce, pendiri dan ketua Mobile Monday Indonesia Andy Zain punya pendapat sendiri.

Menurutnya, salah satu cara yang bisa dilakukan OTA dalam menjaring konsumen yang gemar mencari informasi lewat perangkat mobile tapi masih merasa risi dalam melakukan transaksi via internet adalah mengkolaborasikan upaya online dan offline.

"Jadi, mencari informasi soal tawaran paket lewat online, tapi transaksi akhirnya tetap dibantu lewat offline seperti melalui call center," ujar Andy.

Andy mengatakan, konsumen di Indonesia sedang berada dalam masa peralihan menyikapi transaksi online dalam e-commerce.

Dia melihat perlunya pelaku bisnis travel online, utamanya yang bergerak melalui mobile, menciptakan aplikasi yang tidak berfokus pada transaksi akhir melainkan mendorong konsumen untuk mengeksplorasi daerah wisata.

Dengan demikian, ketertarikan konsumen terhadap paket wisata pun diharapkan bisa terbangun, sementara metode non-online disiapkan untuk transaksi. "Nanti dari situ barulah perlahan-lahan bergeser ke arah online sepenuhnya, tak bisa tiba-tiba," ujar Andy.

Andy melanjutkan, salah satu industri di luar travel yang bisa membantu memasyarakatkan e-commerce di Indonesia adalah industri hiburan, khususnya game mobile. "Di sana ada macam-macam transaksi online, misalnya in-game purchase, ini akan membuat pengguna terbiasa dengan hal tersebut."

Soal destinasi wisata sendiri, Andy agaknya sependapat dengan Yeoh. Indonesia dalam pandangannya memiliki banyak daerah wisata menarik yang bisa dikembangkan.

Tambahan faktor pendukungnya lagi, dia menilai orang Indonesia lebih banyak bepergian ke tujuan domestik ketimbang luar negeri. "Contohnya, pemegang NPWP saja cuma 20 juta, pemilik paspor tentu lebih rendah dari itu. Kenapa tidak manfaatkan daerah-daerah wisata di Indonesia saja?" 

Jelajah Angkasa Lewat Keto Fantasy

Posted: 28 Mar 2013 07:53 AM PDT

KOMPAS.com - Chocoarts merupakan salah satu studio game asal Jakarta yang sukses menghadirkan produknya di platform Series 40, yang digunakan pada jajaran Nokia Asha. Salah satu game andalan mereka adalah Keto Adventure.

Pada 30 Maret 2013, Chocoarts kembali menghadirkan karakter Keto dalam game mereka. Kali ini, game itu bertajuk Keto Fantasy.

Dalam Keto Fantasy, karakter berwujud kucing itu akan mengendarai Kuda Nil dan terbang mengarungi angkasa. Keto akan berhadapan dengan Legion Z, kelompok penjahat dengan mesin perang mereka. Pemain diharapkan bisa membantu Keto menghindari serangan penjahat tersebut.

Pada kesempatan DepokMobi Meetup di Depok, 21 Maret 2013, Sely Haudy, Chief Operating Officer Chocoarts, mengungkapkan bahwa game sebelumnya yang bertajuk Keto Adventure cukup laris di pasaran.

Game yang membutuhkan waktu pengembangan selama tujuh bulan itu telah melebihi 90.000 download. Mereka pun mengaku meraup pendapatan hingga 2.000 euro dari game itu.

Sely mengatakan, seri game Keto sengaja menggunakan judul Adventure dan Fantasy. "Nama aplikasi kita harus jelas dan akrab di telinga pengguna, jadi mereka tidak bertanya-tanya game ini tentang apa," ujarnya memberi saran pada sesama rekan developer.

Selain dari nama, ia juga menekankan agar pengembang aplikasi memilih keyword dan deskripsi yang tepat untuk game-nya. Hal ini agar pengguna yang melakukan pencarian di toko aplikasi mudah menemukan produk mereka.

Keto Fantasy tersedia untuk platform Series 40 lewat tautan berikut ini: http://store.ovi.com/content/357318. Sedangkan Keto Adventure, seri sebelumnya dari petualangan Keto, bisa diunduh di http://store.ovi.com/content/346883

No comments:

Post a Comment