KOMPAStekno

KOMPAStekno


Tambahan 3G, Telkomsel Ingin Wujudkan Broadband City

Posted: 22 Mar 2013 12:09 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Telkomsel telah mendapatkan tambahan blok kanal 3G di spektrum frekuensi 2.100 MHz, setelah melewati seleksi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Anak perusahaan Telkom ini berharap bisa memberi layanan data yang lebih baik serta mewujudkan broadband city di seluruh Indonesia.

Tambahan blok kanal 3G tidak semata meningkatkan kualitas kecepatan dan kapasitas layanan data. Head of Corporate Communications Group Telkomsel Adita Irawati mengatakan, pihaknya menargetkan jumlah pelanggan di 2013 bisa tumbuh antara 9 dan 10 persen, dari 125 juta pelanggan pada akhir 2012.

"Kita tentu berharap agar pelanggan lama lebih puas dengan layanan data. Dengan adanya tambahan blok 3G ini kita jadi punya ruang untuk mengakuisisi pelanggan baru," katanya di Jakarta, Jumat (22/3/2013).

Untuk merealisasikan target itu, Telkomsel akan menambah 15.000 base transceiver station (BTS) di tahun ini, sebagian besar di antaranya adalah BTS 3G.

Adita menambahkan, Telkomsel juga ingin menambah jumlah broadband city di kabupaten atau kota, hingga ke kecamatan. Perusahaan terobsesi menjadikan semua kota di Indonesia menjadi broadband city pada 2015.

Meningkatkan kualitas layanan merupakan bagian dari komitmen Telkomsel kepada Kemenkominfo, dalam dokumen kelayakan seleksi 3G, mulai dari membangun jaringan hingga persiapan modal.

Harga BlackBerry Q10 Mulai Terungkap

Posted: 22 Mar 2013 11:55 AM PDT

KOMPAS.com — Ketersediaan dan informasi harga BlackBerry Q10, perangkat berbasis OS BlackBerry 10 yang dilengkapi keyboard QWERTY, masih menjadi misteri. Hingga beberapa hari lalu, beredar kabar baru mengenai smartphone ini.

Seperti dilaporkan oleh Unwired Review, BlackBerry Q10 sudah bisa dipesan (pre-order) melalui dua retailer online Unlocked Mobiles dan Clove. Harganya? 530 poundsterling atau sekitar Rp 7,9 juta untuk BlackBerry Q10 versi unlocked.

BlackBerry sendiri belum merilis keterangan berapa persisnya harga resmi Q10.

Unlocked Mobiles menyebut stok BlackBerry Q10 diperkirakan mulai tersedia pada 26 April, sementara Clove menyebutkan "akhir April". Boleh jadi Inggris bakal menjadi salah satu negara pertama yang menerima smartphone ini, seperti pada saat rilis Z10 beberapa waktu lalu.

Yang perlu dicatat, harga barang-barang elektronik di Inggris rata-rata memang lebih mahal dibandingkan Indonesia disebabkan pajak yang besar. Harga BlackBerry Z10 di negara itu, misalnya, mencapai 525 pounsterling atau sekitar Rp 7,8 juta.

Jadi, ada kemungkinan harga BlackBerry Q10 tak akan berbeda jauh dari Z10 begitu mulai tersedia di Indonesia.

BlackBerry Q10 sendiri adalah jawaban BlackBerry bagi pengguna yang ingin mencicipi OS terbaru andalan perusahaan itu tapi tak ingin berpisah dengan keyboard Qwerty yang menjadi ciri khas BlackBerry sejak dulu.

Perangkat ini dilengkapi layar sentuh berukuran 3,1 inci (720 x 720), prosesor dual-core 1,5 GHz, RAM 2 GB, penyimpanan internal 16 GB, slot micro-SD, baterai 2,100 mAh, serta kamera 8 megapiksel dengan autofokus dan LED flash. Di bagian luarnya, BlackBerry Q10 menggunakan cangkang dari bahan glass weave yang diklaim lebih kuat dari plastik.

Bos Google Ternyata Pengguna Setia BlackBerry

Posted: 22 Mar 2013 10:44 AM PDT

KOMPAS.com — Google adalah perusahaan yang berada di belakang kesuksesan Android, sistem operasi mobile terpopuler yang berandil besar menggusur popularitas BlackBerry.

Mungkin tak banyak yang menyangka bahwa salah satu petinggi raksasa internet itu, Executive Chairman Google, Eric Schmidt, adalah pengguna setia smartphone BlackBerry.

Hal tersebut diungkapkan Schmidt kepada pemimpin redaksi The Guardian, Kamis (21/3/2013). Alasannya sederhana, Schmidt menyukai papan ketik alias keyboard pada smartphone buatan perusahaan asal Kanada tersebut.

Schmidt sudah menggunakan BlackBerry sejak lama. Smartphone yang identik dengan keyboard QWERTY itu sudah digenggamnya (Curve 8900) saat menjabat sebagai CEO Google tahun 2009.

Petinggi Google ini pun beberapa kali terlihat asyik menjepret foto dengan BlackBerry, antara lain tahun 2009 dan saat menghadiri KTT Kewirausahaaan di Indonesia tahun 2011. Model yang dipakai ketika itu adalah Bold 9780.

Schmidt juga berkomentar mengenai iPad Mini dari Apple. Menurut dia, perangkat tersebut terlalu kecil dibandingkan iPad versi 10 inci. Format "tablet kecil" berukuran 7 inci sendiri dipopulerkan oleh tablet Android seperti Google Nexus 7 dan Kindle Fire.

Perihal petinggi perusahaan memakai produk kompetitor sebenarnya bukan hal baru di industri IT. CEO Yahoo, Marissa Mayer, misalnya, sejak bekerja di Google dikenal sebagai pengguna iPhone yang getol tweeting dari perangkat bikinan Apple Corp itu.

Pegawai Google pun diketahui gemar menggunakan laptop MacBook untuk bekerja meskipun perusahaan itu sebenarnya memiliki lini laptop Chromebook.

Ada juga Steve Sinofsky. Mantan kepala divisi Windows Microsoft ini dilaporkan selalu membeli tiap model iPhone yang dirilis Apple.

Selera dan kebutuhan pribadi memang menjadi faktor penentu dalam memutuskan pilihan gadget, tak terkecuali untuk para petinggi perusahaan teknologi yang berterus terang memakai produk saingannya ini. 

BlackBerry 10 "Beda Rasa" Meluncur Akhir 2013

Posted: 22 Mar 2013 09:09 AM PDT

KOMPAS.com — BlackBerry tidak hanya akan meluncurkan dua seri smartphone berbasis BlackBerry 10 di tahun 2013 ini. Rencananya, setelah BlackBerry Z10 dan Q10, BlackBerry akan meluncurkan empat seri tambahan lagi.

Salah satu dari empat produk tersebut akan masuk ke jajaran high-end. Menurut rencana, BlackBerry 10 versi high-end tersebut akan diluncurkan pada akhir 2013.

Informasi tersebut diungkapkan oleh Thorsten Heins, CEO BlackBerry, saat diwawancara oleh Cnet, Jumat (22/3/2013).

Heins pun menyatakan kegembiraannya terhadap produk high-end yang masih misterius ini. Menurutnya, produk tersebut bakal "membawa BlackBerry 10 ke tingkatan berbeda dalam urusan pengalaman pengguna (user experience)".

Sayangnya, tanggal peluncuran produk high-end ini belum benar-benar dipastikan. Ada kemungkinan, tanggal peluncuran produk tersebut pun bisa diundur hingga tahun 2014.

Selain produk high-end, pemimpin BlackBerry ini menyatakan akan ada produk BlackBerry 10 yang hadir di kelas menengah.

Heins juga mengonfirmasi akan membuat tiga tingkatan produk berbasis BlackBerry 10. Tiap-tiap dari tiga tingkatan tersebut nantinya akan dihuni oleh produk full touch dan produk yang sudah dipersenjatai keyboard QWERTY.

Semua ponsel ini nantinya akan menggunakan layar dengan ukuran dan resolusi yang sama, yaitu 4,2 inci. Keputusan untuk menyamakan ukuran layar ini diambil agar para pengembang (developer) aplikasi tidak kesulitan dalam mengembangkan aplikasi.

Berita, fitur, review, dan informasi lain seputar BlackBerry 10 dapat diikuti di liputan khususnya dari tautan berikut ini atau tautan ini untuk akses dari ponsel/tablet.

Nvidia Janjikan "Otak" Ponsel 100 Kali Lebih Pintar

Posted: 22 Mar 2013 08:31 AM PDT

KOMPAS.com — Belum lama meluncurkan chip mobile Tegra 4, Nvidia sudah mengumumkan dua penerusnya pada konferensi developer di San Jose, Amerika serikat. Dua otak untuk ponsel dan tablet ini berkode nama "Logan" dan "Parker".

CEO Nvidia Jen-Hsun Huang menjanjikan bahwa chip 64-bit "Parker" yang diperkuat core GPU Maxwell bisa menghasilkan performa 100 kali lebih tinggi dibanding chip generasi pertama, Tegra 2.

"Hukum Moore mengatakan bahwa kinerja prosesor akan meningkat delapan kali lipat dalam lima tahun, kami bakal menaikkan kinerja Tegra sebanyak 100 kali," ujar Huang, seperti dikutip dari Cnet.

Adapun Logan yang merupakan penerus langsung Tegra 4 akan diperkuat core GPU Kepler seperti yang digunakan di produk kartu grafis desktop NVIDIA saat ini. Logan juga akan mendukung CUDA, model programming GPU yang memungkinkan pengguna melakukan banyak tugas sekaligus.

Sebelumnya, Nvidia memperkenalkan Tegra 4 pada gelaran CES 2013, Januari lalu. Pada bulan berikutnya, perusahaan ini memperkenalkan Tegra 4i yang dilengkapi chip LTE terintegrasi.

Nvidia yang dikenal sebagai produsen chip GPU untuk komputer dan konsol game mengandalkan Tegra untuk memperoleh pangsa di industri mobile dan mengatasi kelesuan di pasar PC.

Sejauh ini belum banyak smartphone yang menggunakan chip Tegra bikinan perusahaan tersebut. Sebagian besar dialokasikan untuk perangkat tablet seperti Google Nexus 7 dan Microsoft Surface.

No comments:

Post a Comment