KOMPASbola

KOMPASbola


Musim Panas, Thiago Bisa Tinggalkan Catalan

Posted: 30 Mar 2013 10:21 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com - Ayah Thiago Alcantara, Mazinho, menilai putranya perlu meninggalkan Barcelona jika masih punya ambisi bermain untuk Spanyol di Piala Dunia Brasil 2014.

"Thiago sedang belajar banyak dari para pemain hebat. Ia butuh lebih banyak menit bermain di tim lain di mana pun di dunia ini," tegas Mazinho yang dilansir Marca, Sabtu (30/3/2013).

Gelandang muda Barcelona itu hanya terpilih sebagai pemain utama dalam sembilan pertandingan.

"Tak ada yang tahu apa yang akan terjadi nanti, semuanya dapat terjadi di sepak bola. Kalau memang ia ingin bermain di (putaran final) Piala Dunia 2014, ia harus lebih banyak bermain," tandas Mazinho yang pernah merasakan manisnya trofi Piala Dunia Amerika Serikat 1994 bersama timnas Brasil.

Thiago lahir di San Pietro Vernotico, Italia, 21 tahun lalu. Sejak usia lima tahun, ia berpindah ke Spanyol bersama keluarganya.

Pada Piala Dunia U-17 Turki 2008, Thiago tampil bersama timnas Spanyol dan mengantarkan trofi jawara untuk Negeri Matador.

Kejar-mengejar Gol, Napoli Akhirnya Tekuk Torino

Posted: 30 Mar 2013 10:19 PM PDT

TORINO, KOMPAS.com -  Pertandingan antara Napoli melawan Torino berlangsung sengit di Stadion Olimpico Grande Torino, Sabtu atau Minggu (31/3/2013) dini hari WIB. Sempat diwarnai kejar-mengejar gol, Napoli akhirnya sukses membungkan Torino dengan skor 5-3. Tambahan tiga gol membuat Azzurri kembali ke bercokol di peringkat kedua dengan merangkum 59 poin, atau terpaut sembilan angka dari Juventus sebagai penguasa klasemen.

Di depan publik lawan, Napoli mampu unggul lebih dulu berkat gol yang diciptakan Blerim Dzemaili pada menit kesepuluh. Jauh dari luar kotak penalti, Dzemaili yang menguasai bola hasil umpan Lorenzo Insigne, melepaskan tembakan keras yang gagal diantisipasi Francois Gillet.

Keunggulan Napoli hanya bertahan 20 menit. Bomber Torino, Paulo Barreto, berhasil mencetak gol balasan setelah tembakan kaki kirinya gagal diantisipasi kiper Antonio Rosati.

Delapan menit berselang, Partenopei memiliki kesempatan emas untuk kembali unggul. Tim besutan Walter Mazzari itu mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Matteo Darmian terhadap Christian Maggio di kotak terlarang.

Apes, Marek Hamsik yang menjadi algojo gagal melaksanakan tugasnya setelah tembakannya ditepis Gillet. Hal itu memaksa Napoli bermain imbang 1-1 dengan Il Toro hingga turun minum.

Selepas jeda,  Dzemaili mencetak gol cepat yang membuat timnya kembali unggul 2-1. Memanfaatkan umpan dari Hamsik,  Dzemaili melepaskan tembakan keras yang membuat bola bersarang ke pojok kanan bawah gawang Torino.

Untuk menambah daya serang timnya, Mazzarri memasukkan Edinson Cavani pada menit ke-65. Namun, El Matador --sebutan Cavani-- malah melakukan kesalahan sehingga tim tuan rumah mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-74. Penyerang Uruguay tersebut dinilai melakukan hands-ball saat berusaha menghalau tendangan bebas lawan. Jonathan yang maju sebagai algojo sukses menaklukkan Rosati.

Il Toro pun semakin percaya diri. Betapa tidak, Torino kembali unggul 3-2 berkat gol yang diciptakan Riccardo Meggiorini  pada menit ke-78. Gol itu diciptakan dengan luar biasa. Meggiorini berhasil mengecoh Rosati setelah sebelumnya melewati dua pemain lawan. Dengan tenang, ia pun menjaringkan bola ke gawang yang kosong.

Namun, kemenangan yang berada di depan mata sirna dalam dua menit. Dzemailli untuk ketiga kalinya berhasil menaklukkan Gillet setelah memanfaatkan umpan dari Zuniga.

Gol tersebut seakan memadamkan semangat tempur tuan rumah. Tanpa ampun, Cavani membawa Napoli unggul 4-3 melalui tendangan bebas yang dieksekusinya pada menit ke-84.

Enam menit kemudian, Cavani kembali berhasil membobol gawang Torino. Umpan dari Pablo Armero, berhasil ditanduknya dan membuahkan gol keduanya dalam pertandingan itu. Suntingan Cavani menyegel kemenangan Napoli 5-3 atas Torino.

Kemenangan itu membuat Napoli kembali bertakhta sebagai runner-up sementara Serie-A, dengan suntingan 59 angka dari 30 pertandingan. Beberapa jam sebelumnya, posisi itu diambil AC Milan yang berhasil mengandaskan Chievo Verona 1-0. Kini, Napoli dan I Rossoneri kembali dibedakan dua poin.

Di lain pihak, Torino harus puas bertengger pada posisi ke-14, dengan rangkuman 35 angka dalam 30 pekan pertandingan.

Susunan Pemain
Torino:
1-Jean Francois Gillet; 2-Guillermo Rodríguez, 3-Danilo D`Ambrosio (Salvatore Masiello 57), 25-Kamil Glik, 36-Matteo Darmian; 4-Migjen Basha, 11-Alessio Cerci, 14-Alessandro Gazzi, 20-Giuseppe Vives (Riccardo Meggiorini 56); 7-Mario Santana, 10-Paulo Vito Barreto (Jonathas 66)
Pelatih: Giampiero Ventura

Napoli:  22-Antonio Rosati; 5-Miguel Britos, 28-Paolo Cannavaro, 55-Alessandro Gamberini; 11-Christian Maggio, 17-Marek Hamsik, 18-Juan Zuñiga, 20-Blerim Dzemaili, 85-Valon Behrami; 19-Goran Pandev, 24-Lorenzo Insigne (Edinson Cavani 65)
Pelatih: Walter Mazzarri

Neymar Hanya Akan Gabung ke Barcelona

Posted: 30 Mar 2013 09:49 PM PDT

SAO PAULO, KOMPAS.com - Bintang Santos, Neymar, diberitakan hanya akan keluar dari Brasil untuk bergabung dengan Barcelona.

Le 10 Sport mengklaim, ayah Neymar yang juga bertindak sebagai agennya, memperingatkan Santos bahwa anaknya hanya akan berkostum Blaugrana, jika nantinya positif meninggalkan kampung halamannya.

Dalam 12 bulan terakhir, rumor kepergian Neymar didominasi dengan tujuan ke Catalan.

Belakangan, Bayern Muenchen dan Chelsea juga dikabarkan berminat menampung lelaki berusia 21 tahun itu.

Neymar masih diikat kontrak oleh Santos hingga paruh 2014 atau setelah Piala Dunia Brasil 2014 berakhir.

Dua Tahun Lagi, Museum Messi Berdiri

Posted: 30 Mar 2013 09:41 PM PDT

ROSARIO, KOMPAS.com - Sebuah museum yang didedikasikan untuk Lionel Messi diberitakan segera berdiri di kampung halamannya, Rosario, Argentina.

Beberapa media Amerika Selatan melaporkan, museum itu akan berisi memorabilia --merchandise dan barang kenangan-- tentang Messi, penyerang Barcelona dan Argentina yang makin melegenda dengan berbagai suntingan rekornya.

Proyek itu masih dalam tahap perencanaaan dan diperkirakan akan siap dikunjungi para penggila sepak bola dari seantero dunia dua tahun lagi.

Rekor terakhir yang ditorehkan pria yang baru berusia 25 tahun itu adalah membobol gawang 19 klub Liga BBVA secara beruntun.

Allegri Terpukau dengan Tendangan SuperMario

Posted: 30 Mar 2013 09:10 PM PDT

VERONA, KOMPAS.com - Pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri, terpukau dengan penampilan  Mario Balotelli saat timnya mengalahkan Chievo Verona 1-0 dalam lanjutan Serie-A di Stadion Marc' Antonio Bentegodi, Sabtu atau Minggu (31/3/2013) dini hari WIB.

Gol semata wayang Milan yang diciptakan Riccardo Montolivo tidak lepas dari peran Balotelli. Gol berawal dari tendangan bebas SuperMario yang ditepis oleh kiper Christian Puggioni. Bola rebound dengan cepat disambar Montolivo dan gol.

Setelah itu, Balotelli selalu sukses saat mengeksekusi tendangan bebas yang berhasil mengenai sasaran. Namun, tendangan akurat yang dilepaskan eks bomber Manchester City dan Inter Milan itu selalu mampu ditepis Puggioni.

"Balotelli datang pada Januari. Kami tidak memiliki pemain yang bisa mengeksekusi tendangan bebas dengan baik. Montolivo mencetak gol bagus. Namun hari ini, Balotelli melepas tembakan bebas yang selalu mengarah ke sasaran dari jarak jauh dengan sudut yang berbeda. Dia berbakat besar dan sikapnya telah berubah, seperti yang ditunjukkannya saat mengeksekusi tembakan dan tetap tenang," jelas Allegri.

"Mario tampil dengan semangat. Dia merasa seperti pemain protagonis di Milan dan saya pikir, dia bisa melakukan lebih banyak lagi. Stephan El Shaarawy masih perlu ketenangan, karena dia tidak perlu mencetak gol setiap saat. Pada babak kedua, dia tampil sangat baik, saat terisolasi di sisi kiri. Yang terpenting, tim bermain baik dan menang," sambungnya.

Hasil ini membuat Milan belum terkalahkan dan gawangnya belum kebobolan di Serie-A sepanjang tahun ini. I Rossoneri sukses menapak naik setingkat ke papan kedua dan menggeser Napoli. Azzurri bisa merebut kembali posisinya jika mampu mengalahkan Torino yang akan berlangsung setelah laga Chievo kontra Milan.   

"Sektor pertahanan paling penting. Faktanya, tiga tim teratas memiliki pertahanan yang bagus. Jika pertahanan baik, serangan Anda juga baik. Kami pantas meraih kemenangan dan Christian Abbiati layak mendapatkan pujian atas penyelamatan gemilang saat menepis tembakan Luciano," puji pelatih asal Italia itu. (FBI)

Ditahan Zaragoza, Madrid Berpotensi Digusur Atletico

Posted: 30 Mar 2013 09:02 PM PDT

ZARAGOZA, KOMPAS.com - Real Madrid hanya mampu meraih satu angka setelah ditahan imbang 1-1 oleh Real Zaragoza pada pekan ke-29 Liga BBVA di Stadion La Romareda, Sabtu atau Minggu (31/3/2013). Tak pelak, posisi ketiga Los Blancos terancam oleh Atletico Madrid.

Empat menit setelah wasit Undiano Mallenco memulai pertandingan, Madrid sudah mendapatkan kesempatan untuk unggul. Umpan tarik Gonzalo Higuain mengarah kepada Jose Callejon. Namun, tembakan kaki kirinya menyamping ke sebelah kiri gawang Zaragoza yang dijaga Roberto Gago.

Dua menit kemudian, publik Stadion La Romaled bersorak, setelah Rodri membobol gawang Los Blancos kawalan Diego Lopez. Umpan Apono diselesaikannya dengan sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti dan bola meluncur mulus ke sudut kiri bawah jala Lopez.

Pada menit kedelapan, Cristiano Ronaldo mendapatkan peluang berkat umpan terobosan Marcelo. Namun, eksekusi kaki kanan bomber Portugal itu gagal mengarah ke sasaran. Bola hanya melejit ke sebelah kanan gawang Zaragoza.

Lima menit kemudian, Ronaldo kembali mendapatkan kesempatan kedua. Kali ini, tembakan bebas dari luar kotak penaltinya hanya menyisir sisi kiri gawang Gago.

Pada menit ke-22, Zaragoza mengancam melalui Rodri. Sayang, tembakannya dari luar kotak penalti tipis di atas jala Lopez.

Madrid kembali menyerbu lima menit berselang. Umpan tarik Luka Modric menuju ke arah Sergio Ramos, namun sundulan bek timnas Spanyol itu masih dapat diselamatkan Gago.

Tekanan El Real tak berhenti sampai di situ. Pada menit ke-31, Gonzalo Higuain mencoba berspekulasi dengan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Dan, bola berhasil diblok Gago.

Usaha sporadis Madrid membuahkan hasil saat laga memasuki menit ke-38. Ronaldo melesatkan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti Zaragoza dan bola yang mengarah ke sudut kiri bawah gagal diantisipasi Gago.

Empat menit jelang turun minum, sundulan Michael Essien yang menyambut umpan tarik Marcelo masih mampu dimentahkan Gago dengan gemilang.

Hingga paruh pertama usai, Madrid harus sementara puas ditahan Zaragoza 1-1.

Pada menit ke-54, sepakan kaki kanan Helder Postiga dari luar kotak penalti Madrid tak membuahkan hasil, setelah bola hanya tipis menyamping ke kanan gawang Lopez.

Tiga menit kemudian, giliran Francisco Montanes mencoba peruntungan sepakan jarak jauh. Namun, bola hasil tendangan kaki kanannya masih dapat dimentahkan Lopez.

Pada menit ke-79, umpan lambung Montanes ke kanan gawang Madrid mampu disundul Postiga dan bola tepat mengarah ke sasaran. Namun, Lopez dengan menjatuhkan diri mampu menghalau bola keluar dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Zaragoza.

Tujuh menit jelang bubaran, tandukan Postiga nyaris membobol gawang Madrid. Namun, Lopez dengan gemilang mampu mementahkan dengan ujung jari kirinya.

Semenit jelang waktu normal usai, Ronaldo mendapatkan kesempatan di kotak penalti Zaragoza. Namun, tembakannya terlalu mudah diantisipasi Gago.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan 1-1 tak berubah. Madrid pun kini mengoleksi 62 poin dan tetap berstatus sebagai runner-up sementara. El Real hanya unggul dua angka dari Atletico Madrid yang berada di bawahnya. Namun, Los Rojiblancos bisa saja melewati Madrid, kalau dapat meraih kemenangan atas tamunya, Valencia, Minggu (31/3/2013).

Di lain pihak, Zaragoza tetap bertahan pada posisi ke-17 atau selevel di atas tim terakhir yang terdegradasi dari Liga BBVA. Tim asuhan Manuel Jimenez itu baru menyunting 27 angka dalam 29 pertandingan.

Susunan Pemain
Zaragoza:
1-Roberto Gago; 19-Cristian Sapunaru, 16-Glenn Loovens, 4-Alvaro, 21-Abraham Minero; 2-Jose Maria Movilla, 10-Apono (12-Romaric 53); 8-Edu Oriol, 6-Rodri (32-Victor Rodríguez 63), 11-Francisco Montanes; 9-Helder Postiga
Pelatih: Manuel Jimenez

Madrid: 25-Diego Lopez; 3-Pepe, 4-Sergio Ramos, 12-Marcelo, 17-Alvaro Arbeloa (10-Mesut Oezil 60); 15-Michael Essien, 19-Luka Modric; 21-Jose Maria Callejon (22-Angel Di Maria 61), 8-Kaka (6-Sami Khedira 61), 7-Cristiano Ronaldo; 20-Gonzalo Higuain
Pelatih: Jose Mourinho

Wasit: Undiano Mallenco

Moratti: Inter Seharusnya Dapat Penalti

Posted: 30 Mar 2013 08:30 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com - Presiden Inter Milan, Massimo Moratti, menilai timnya pantas mendapatkan hadiah penalti saat ditekuk 1-2 oleh Juventus dalam lanjutan Serie-A di Stadion Giuseppe Meazza, Sabtu (30/3/2013).

Kemenangan Si Nyonya Besar ditentukan oleh dua gol yang diciptakan Fabio Quagliarella dan Alessandro Matri. Adapun suntingan semata wayang Inter dikemas Rodrigo Palacio.

Dalam pertandingan itu, Antonio Cassano sempat dilanggar Giorgio Chiellini di dalam kotak penalti Juve. Namun, wasit tidak menganggap insiden tersebut sebagai sebuah pelanggaran. La Beneamata pun tak mendapatkan sepakan 12-pas.
 
"Pelanggaran terhadap Cassano jelas layak mendapatkan penalti. Namun, wasit tidak memberikannya, sia-sia saja kami mengeluh di sini," tegas Moratti.

Meski begitu, pemilik Inter itu tetap angkat topi terhadap permainan Il Biscione, terutama pada babak kedua. "Inter bermain bagus tetapi hasilnya buruk. Kami memang tampil baik pada babak kedua. Seperti biasanya, permainan kami di babak pertama tidak begitu bagus. Terus terang saja, kedua tim tidak banyak berupaya pada 45 menit pertama," tutur Moratti.

"Pertandingan pada babak kedua sangat menghibur dan sebuah hasil imbang akan jadi hasil yang tepat. Sayang sekali," keluhnya.

Dengan raihan tiga angka ini, Juventus berada di puncak klasemen dengan poin 68, unggul 12 angka dari Napoli di peringkat dua yang baru akan menjalani pertandingan kontra Torino beberapa saat lagi. Sedangkan, Inter masih bercokol di posisi tujuh dengan poin 47. (FBI)

Drama 11 Gol, Bayern "Kubur" Hamburg

Posted: 30 Mar 2013 08:03 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com - Bayern Muenchen mempermalukan Hamburg SV dengan skor 9-2 dalam lanjutan Bundesliga pekan ke-27 di Stadion Allianz Arena, Sabtu atau Minggu (31/3/2013) dini hari WIB. Ini kemenangan terbesar The Bavarian di pentas Bundesliga musim ini. Terakhir kali, Bayern merasakan kemenangan besar kala menggulung Borussia Dortmund 11-1 pada 17 November 1971.

Kemenangan Bayern tidak terlepas dari penampilan apik Claudio Pizarro yang sukses mencetak empat gol.  Lima gol lainnya diciptakan Xherdan Shaqiri (menit ke-5), Bastian Schweinsteiger (19), Arjen Robben (33, 54), dan Franck Ribery (64). Sementara dua gol balasan tim tamu dikreasi Jeffrey Bruma (57) dan Heiko Westermann (86).

Tambahan tiga angka semakin mengokohkan Bayern di puncak klasemen. Mereka mengoleksi 72 angka, unggul 20 poin dari pesaing terdekatnya, Dortmund. Bagi Hamburg, kekalahan itu membuat tim besutan Thorsten Fink makin terkunci di peringkat kesembilan dengan rangkuman 38 poin. 

Susunan Pemain
Bayern: 1-Manuel Neuer; 4-Dante, 17-Jerome Boateng, 21-Philipp Lahm (Rafinha 61), 30-Luis Gustavo Dias; 8-Javi Martínez, 10-Arjen Robben, 11-Xherdan Shaqiri (Franck Ribery 64), 31-Bastian Schweinsteiger, 39-Toni Kroos; 14-Claudio Pizarro
Pelatih: Jupp Heynckes

Hamburg: 15-Rene Adler; 2-Dennis Diekmeier, 4-Heiko Westermann, 5-Jeffrey Bruma, 6-Dennis Aogo; 8-Tomas Rincon (Slobodan Rajkovic 57), 14-Milan Badelj, 23-Rafael van der Vaart, 25-Per Skjelbred, 40-Heung-Min Son (Tolgay-Ali Arslan 57); 10-Artjoms Rudnevs
Pelatih: Thorsten Fink

No comments:

Post a Comment