KOMPAStekno

KOMPAStekno


April, "Hacker" Bersatu Menyerang Situs Israel

Posted: 17 Mar 2013 08:18 AM PDT

KOMPAS.com — Kelompok aktivis peretas (hacker) Anonymous berencana melancarkan serangan terorganisasi bernama #OpIsrael. Ini merupakan serangan cyber kepada Israel yang dimulai pada 7 April 2013 mendatang.

Anonymous meminta para peretas di seluruh dunia untuk bergabung dalam gerakan ini. Mereka punya misi "menghapus Israel dari internet."

"Tim hacker memutuskan untuk bersatu melawan Israel sebagai satu kesatuan, dan Israel harus siap menjadi pihak yang "terhapus" di internet. Ini bukan satu hacker, bukan satu tim hacker, tapi ini adalah kumpulan berbagai hacker," tulis kelompok Anonymous.

Mereka mengatakan, ini akan menjadi serangan siber terbesar yang pernah ditujukan untuk suatu negara. Dilihat dari daftar peretas yang bersedia bergabung, banyak yang berasal dari kawasan Timur Tengah.

Media massa Haaretz asal Israel melaporkan, pemerintah menanggapi serius ancaman ini dan menyiapkan pertahanan cyber negara. Direktur Kelompok Online Pemerintah Israel Ofir Ben Avi mengakui, #OpIsrael sedang diorganisasikan dalam beberapa hari terakhir.

"Yang membedakan gerakan ini dengan serangan sebelumnya adalah, ini benar-benar dilakukan oleh kelompok Anonymous yang berafiliasi dari seluruh dunia yang bergabung jadi satu kekuatan," kata Ben Avi.

Inilah "Jeroan" Samsung Galaxy S4

Posted: 17 Mar 2013 07:10 AM PDT


KOMPAS.com — Galaxy S4 baru saja diluncurkan di New York, tanggal 14 Maret 2013 waktu setempat. Meski distribusi resminya belum berjalan, sekelompok pencinta gadget di China sudah mendapatkan Galaxy S4.

Kelompok pencinta gadget di China itu rupanya mendapatkan Galaxy S4 dari operator seluler China Unicom. Mereka kemudian membongkar ponsel itu untuk mengetahui apa saja isi "jeroan" Galaxy S4.

Sebagai produk ponsel pintar Android andalan Samsung, Galaxy S4 mengusung berbagai komponen canggih. Sebut saja prosesor Exynos Octa yang memiliki 8-core (4+4), kamera 13 megapiksel, sensor jarak, dan baterai berkapasitas besar.

Setelah dibongkar, komponen-komponen dari Galaxy S4 kemudian dipublikasi pada sebuah forum berbahasa China. Berikut foto-foto yang diperoleh dari forum it168.com.

8558337700_0aed3f847f_o

Samsung Galaxy S4 yang dipasarkan di China memiliki dua slot SIM-card. Slot micro-SD juga turut disediakan.

8557229107_61180cea37_o

Komponen-komponen utama Galaxy S4 bisa diakses setelah membuka penutup aluminium di bagian belakang.

8557229061_a7ebb00c76_o

Galaxy S4 dibekali prosesor Exynos 5 Octa yang memiliki delapan inti (core) dalam satu kemasan. Samsung pun membekali perangkat ini dengan lempengan pendingin khusus (inset) untuk menjaga temperatur prosesor.

8558337438_575d51f00d_o

Ini adalah komponen slot SIM-card yang jumlahnya dua buah pada Galaxy S4, mirip dengan Galaxy Note II versi pasar China.

8557228875_1e265136af_o

Komponen prosesor, cip radio, berikut storage internal tertanam pada satu papan PCB utama. Gambar di bawah menunjukkan modul kamera 13 megapiksel (f/2.2) berikut sensornya.

8558337392_805dca05ed_o

Google Glass Bisa Dipakai Orang Berkacamata

Posted: 17 Mar 2013 05:41 AM PDT


KOMPAS.com - Konsep kacamata pintar masa depan Google Glass memang menarik. Tapi, bagaimana dengan mereka yang memerlukan kacamata untuk memperjelas pengelihatan? Apakah mereka bisa menggunakan Google Glass?

Melalui sebuah publikasi di Google+, tim pengembang Google Glass memberi jawaban singkat atas pertanyaan tersebut: "Ya!"

Dalam publikasi turut dijelaskan bahwa desain Google Glass menganut konsep modular sehingga bagian-bagian kacamata pintar ini bisa diganti sesuai kebutuhan pengguna, termasuk bingkai dan lensa.

Secara teknis, Google Glass disebut bisa memuat bingkai dan lensa kacamata biasa sesuai keperluan masing-masing pemakai.

Tim Google sedang menyempurnakan desain Google Glass untuk mewujudkan hal itu. Rencananya, versi Google Glass yang bisa memuat lensa plus atau minus akan tersedia di tahun 2013.

Google sendiri sudah mengkonfirmasi soal lensa dan bingkai Google Glass yang bisa dikostumisasi sejak 2012 lalu. Perusahaan mesin pencari dikabarkan bakal bermitra dengan produsen-produsen kacamata dalam memproduksi Google Glass.

Kacamata pintar Google dijadwalkan tersedia untuk umum akhir tahun 2013. Harganya disebut kurang dari 1.500 dollar AS. Sebelum itu, Google akan melepas versi "Explorer Edition" dari kacamata tersebut yang akan didistribusikan secara terbatas.

Ikuti Samsung, Fujitsu dan NEC Bikin Ponsel Tizen

Posted: 17 Mar 2013 01:57 AM PDT

TizenTalk.com

Smartphone yang berjalan dengan Tizen, sebuah sistem operasi mobile baru berbasis kernel Linux, yang saat ini dikembangkan oleh Samsung, Intel dan Linux

KOMPAS.com - Samsung akan menjadi produsen pertama yang memproduksi ponsel pintar dengan sistem operasi Tizen, pada akhir tahun 2013. Selain Samsung, Fujitsu dan NEC juga akan memproduksi ponsel Tizen.

Dikutip dari media massa MSN Sankei News asal Jepang, Fujitsu dan NEC berkomitmen membuat ponsel Tizen pada 2014. Besar kemungkinan, keduanya akan memperkenalkan Tizen di kampung halaman mereka, Jepang.

Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang memakai inti program (kernel) Linux. Kernel ini juga digunakan pada Android.

Tizen merupakan proyek besar Samsung bersama produsen prosesor Intel dan Linux Foundation. Selain itu, Fujitsu, NEC, Huawei, Panasonic, juga telah bergabung dalam proyek Tizen. Dari sektor operator seluler, Tizen didukung oleh NTT DoCoMo, Orange, Vodafone, Sprint, serta dua operator Korea Selatan, SK Telecom dan KT.

Tizen diharapkan menjadi sistem operasi mobile alternatif selain iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry 10, yang sudah eksis di pasar global.

No comments:

Post a Comment