KOMPASbola

KOMPASbola


Soal Ferdinand, Ferguson Pikir-pikir

Posted: 15 Mar 2013 09:12 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manajer Manchester United, Alex Ferguson, mengaku terkejut anak didiknya, Rio Ferdinand, kembali dipanggil masuk timnas Inggris oleh Roy Hodgson. Namun, menurutnya, ia perlu membicarakan dengan dokter tim sebelum memutuskan mengizinkan Ferdinand membela Inggris atau tidak.

Ferdinand tak bermain untuk Inggris sejak kualifikasi Piala Eropa 2012 melawan Swiss pada Juni 2011. Saat itu, Hodgson mengaku tak memanggil Ferdinand murni karena pertimbangan keolahragaan.

Pada Kamis (14/3/2013), Hodgson mengumumkan 26 pemain yang akan disiapkan untuk pertandingan melawan San Marino pada 22 Maret 2013 dan Montenegro pada 26 Maret 2013.

Hodgson mengatakan, ia memanggil Ferdinand karena Ferdinand tampil konsisten bersama MU. Hingga pekan ke-28 Premier League musim ini, ia telah bermain 21 kali, dengan satu di antaranya sebagai penganti; di Liga Champions, ia telah bermain empat kali dengan satu di antaranya sebagai pengganti, dan di Piala FA, ia bermain satu kali, sebagai starter.

"Piala Dunia 2014 masih jauh, tetapi jika Rio bermain seperti sekarang, ia memiliki peluang besar masuk skuad Inggris," ujar Hodgson.

Menurut Ferguson, Ferdinand bisa tampil konsisten karena mendapatkan perlakukan khusus dari MU.

"Saya terkejut seperti orang lainnya ketika saya mendengar itu (Ferdinand kembali masuk skuad Inggris)," aku Ferguson.

"Saya perlu bicara dengan dokter kami. Kami menyiapkan Rio dengan cara khusus dan ia mengikuti perawatan khusus."

"Prosedur itu dilakukan sepanjang musim, yang membantunya tampil di level performa tinggi ketika bermain untuk kami. Kami perlu mempertimbangkan itu dan Rio mempertimbangkan itu. Kita semua akan melihat apa hasilnya."

"Rio harus memastikan ia akan baik-baik saja dalam hal jumlah pertandingan yang ia mainkan. Kami dan Ferdinand telah melakukan itu selama dua tahun dan itu berhasil."

"Bagaimana kami secara detail merancang program latihannya dan memberinya perawatan yang ia butuhkan untuk mengatasi sejumlah masalah yang ia miliki, berkaitan dengan punggung, pangkal paha, dan hal-hal seperti itu. Sejauh ini, program ini berhasil. Kami perlu mempertimbangkan hal-hal ini sebelum Rio memutuskan," papar Ferguson.

Berikut ini adalah 26 pemain yang dipanggil Hodgson untuk pertandingan melawan San Marino dan Montenegro itu, seperti dilansir situs resmi FA.

Kiper: Ben Foster , Joe Hart, Fraser Forster

Bek: Leighton Baines, Gary Cahill, Ashley Cole, Michael Dawson, Rio Ferdinand , Glen Johnson, Chris Smalling, Kyle Walker

Gelandang: Michael Carrick, Tom Cleverley, Steven Gerrard, Frank Lampard, Aaron Lennon, James Milner, Leon Osman, Scott Parker , Alex Oxlade-Chamberlain, Theo Walcott, Ashley Young

Penyerang: Jermain Defoe, Wayne Rooney, Daniel Sturridge, Daniel Welbeck

Hazard: Undian Liga Europa Chelsea Tak Ideal

Posted: 15 Mar 2013 09:11 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Gelandang Chelsea, Eden Hazard, mengatakan, jika bisa memilih ia ingin timnya bertemu tim selain Rubin Kazan, di perempat final Liga Europa.

Undian babak perempat final Liga Europa dilakukan di Nyon, Jumat (15/3/2013). Undian itu menentukan Chelsea bertemu wakil Rusia, Rubin Kazan.

Leg pertama perempat final Liga Europa akan digelar di Stamford Bridge, pada 4 April 2013. Leg kedua akan berlangsung di Rusia, 11 April 2013.

Dua hari setelah leg pertama, Chelsea punya jadwal Premier League melawan Sunderland dan tiga hari setelah leg kedua, Chelsea punya agenda Premier League melawan Tottenham Hotspur. Selain itu, Chelsea juga masih mengikuti Piala FA.

"Dari segi geografis, kami mungkin akan memilih bertemu tim lain. Kami harus lolos dan bermain di Rusia bukanlah soal mudah. Namun, kami harus memastikan kami bermain cukup baik pada leg pertama sebagai bekal menghadapi leg kedua dan mengamankan tiket semifinal," ujar Hazard.

Ponaryo: Kami Dicoret karena Tak Sesuai Kriteria

Posted: 15 Mar 2013 08:43 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelandang Ponaryo Astaman membenarkan ada 14 orang pemain dicoret pelatih tim nasional Indonesia, Luis Manuel Blanco. Menurutnya, 14 pemain Tim Nasional Indonesia itu dicoret karena dinilai tak sesuai kebutuhan tim jelang laga Pra-Piala Asia 2015 kontra Arab Saudi, 23 Maret 2013.

"Memang disampaikan pelatih ada pemain-pemain dicoret. Alasan pelatih, mereka sudah memantau para pemain, tetapi untuk pertandingan melawan Arab Saudi, para pemain yang dicoret dinilai tak sesuai kriteria," jelas Ponaryo di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Sebelumnya, sebanyak 21 pemain Indonesia Super League (ISL) dianggap menyelesaikan berhenti berlatih sebelum waktunya, pada sesi latihan Jumat (15/3/2013) pagi. Pada Jumat siang, Blanco mencoret 14 dari 21 pemain tersebut.

"Setelah pemberitaan media tadi siang (Jumat 15/3/2013), mau tidak mau, suka tidak suka, timnas sekarang terkesan terbagi dua antara pemain IPL yang berlatih dengan pemain ISL yang beristirahat latihan," ucap Ponaryo.

"Kami tetap berkomitmen kepada timnas. Kami tetap satu dan tak merasa berbeda. Atas nama pemain di timnas, kami datang ke sini untuk seleksi timnas. Kami berharap disampaikan dengan baik, agar tak ada salah paham lagi," lanjutnya.

Wenger: Arsenal Punya 10 Laga Hidup-Mati

Posted: 15 Mar 2013 08:23 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, mengatakan, bagi timnya, setiap dari sepuluh laga sisa di Premier League musim ini merupakan final.

Arsenal sudah tersingkir dari Piala Liga, Piala FA, dan Liga Champions. Gelar Premier League juga berada jauh dari jangkauan. Hingga pekan ke-28, Arsenal duduk di peringkat kelima dengan nilai 47, atau kalah lima angka dari Chelsea di tempat keempat.

Dengan begitu, target realistis Arsenal hanyalah finis di zona Liga Champions. Kehilangan poin penuh pada sepuluh laga sisa berpotensi membahayakan peluang karena tempat keenam dan ketujuh dihuni Liverpool dan Everton, yang sama-sama mengoleksi nilai 45.

"Kami harus tetap positif dan terinspirasi oleh hasil positif ini (kemenangan 2-0 atas Bayern di leg kedua 16 besar Liga Champions) dan untuk kami, setiap pertandingan mulai saat ini adalah final," ujar Wenger.

"Kami tak gembira (setelah disingkirkan Bayern) , tetapi kami merasa bahwa kami telah melakukan tugas kami dengan memenangi leg kedua. Kami lebih frustrasi karena kami tersingkir dari turnamen ini. Namun, kami harus tetap berpikir positif dan terinspirasi oleh hasil positif ini pada sisa musim ini," lanjutnya.

Arsenal tersingkir di 16 besar Liga Champions karena kalah agresivitas di kandang lawan, mengingat pada leg pertama di Emirates mereka kalah 1-3.

"Saya selalu percaya tim ini memiliki kualitas dasar karena Anda tak berangkat ke Bayern Muenchen dengan keadaan punggung Anda menghadap ke tembok dan hanya bisa menang kecuali Anda berusaha. Namun, kami perlu memperbaiki beberapa hal soal permainan dan mental. Kami harus meningkatkan kepercayaan tim dan itu akan menghasilkan konsistensi yang lebih baik," ulas Wenger.

"Sepuluh pertandingan itu panjang dan itu bergantung pada konsistensi. Menurut saya, pertandingan tandang akan sangat menentukan posisi kami di klasemen akhir musim. Pertandingan (melawan Swansea di Liberty Stadium, Sabtu 16/3/2013) adalah laga besar, jadi penting bagi kami untuk menyiapkan diri dengan baik untuk laga itu."

"Kami hanya bisa berharap mereka (Tottenham dan Chelsea) kehilangan poin. Namun, kami tak bisa berbuat apa-apa untuk itu. Yang bisa kami lakukan adalah tidak kehilangan poin."

"Jika Anda bertanya kepada klub mana pun, prioritas nomor satu adalah masuk Liga Champions. Hal yang sama berlaku untuk kami. Ini akan menjadi fokus utama kami dan jika kami bisa melakukannya lagi, itulah target kami. Ini akan memberi kami kesempatan musim depan untuk bersaing di level atas," tuturnya.

Berikut ini adalah sepuluh pertandingan sisa Arsenal di Premier League 2012-2013.
16 Maret - Swansea City vs Arsenal
30 Maret - Arsenal vs Reading
6 April - West Bromwich Albion vs Arsenal
13 April - Arsenal vs Norwich City
16 April - Arsenal vs Everton
20 April - Fulham vs Arsenal
28 April - Arsenal vs Manchester United
4 Mei - Queens Park Rangers vs Arsenal
12 Mei - Arsenal vs Wigan Athletic
19 Mei - Newcastle United vs Arsenal

Nedved: Juve Bikin Bangga

Posted: 15 Mar 2013 07:39 PM PDT

NYON, KOMPAS.com — Direktur Juventus, Pavel Nedved, mengaku bangga karena timnya berhasil menjadi satu-satunya tim Italia yang masuk perempat final Liga Champions 2012-2013.

Hal tersebut disampaikan Nedved setelah undian perempat final Liga Champions, di Nyon, Jumat (15/3/2013). Undian itu menentukan Juventus bertemu Bayern Muenchen.

"Dalam banyak hal, Bayern sangat mirip dengan tim asuhan Antonio Conte. Jadi, ini akan menjadikan keadaan lebih sulit bagi kami," ujar Nedved.

"Saya bangga karena Juventus merupakan satu dari delapan tim terbaik Eropa dan kami adalah satu-satunya tim Italia yang masih ada di ajang ini. Kami menikmati pengalaman ini dan kami harus melangkah terus dengan semangat yang sama," tambahnya.

Conte: Juve Akan Hadapi Bayern dengan Sangat Tenang

Posted: 15 Mar 2013 07:31 PM PDT

TURIN, KOMPAS.com — Pelatih Juventus, Antonio Conte, menilai Bayern Muenchen merupakan lawan yang memberikan tantangan menarik untuk timnya. Ia pun mengaku akan meminta pasukannya menghadapi laga melawan Bayern dengan tenang.

"Kami menyadari bahwa babak perempat final akan memberi kami jadwal yang menantang. Setelah menghadapi Chelsea, kami kembali bertemu finalis Liga Champions tahun lalu," ujar Conte.

"Mereka adalah salah satu tim paling konsisten di Eropa dan akan diuntungkan oleh pengalaman luar biasa yang terakumulasi selama bertahun-tahun."

"Pertandingan akan memicu banyak hal dan kami akan menghadapinya dengan ketenangan, konsentrasi, dan kegembiraan level tertinggi."

"Kami mengejar mimpi dan ingin menikmati perjalanan ini sampai akhir," tuturnya.

Kroos: Juventus Lawan Terkuat Bayern Setelah Barca

Posted: 15 Mar 2013 07:20 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com — Undian perempat final Liga Champions 2012-2013, di Nyon, Jumat (15/3/2013), menentukan Bayern Muenchen bertemu Juventus.

Gelandang Bayern, Toni Kroos, mengatakan, dari sudut pandang timnya, dari tujuh tim lain yang masuk perempat final, hanya Barcelona yang lebih tangguh dari Juventus.

"Juventus menyingkirkan juara Liga Champions 2011-2013 (Chelsea). Setelah Barcelona, mereka adalah lawan paling tangguh untuk kami," ujar Kroos.

"Untuk menang, kami harus memberikan yang terbaik dan tidak kebobolan di kandang. Penting tidak kebobolan di kandang," tambahnya.

Ferguson: Lain Kali, Berdiri di Depan Saya, Benitez

Posted: 15 Mar 2013 06:19 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Manajer Manchester United, Alex Ferguson, mengakui, dirinya tak berjabat tangan dengan manajer Chelsea, Rafael Benitez, sebelum anak didik mereka berduel pada perempat final Piala FA, di Old Trafford, 10 Maret lalu. Menurutnya, itu bukan karena ia sengaja menolak berjabat tangan, tetapi karena ia memang tak melihat Benitez ada di jalur yang dilewatinya.

"Waktu itu, saya melayani permintaan tanda tangan dan saya tak pernah melihatnya (Benitez). Kenapa (Benitez) mengatakan tak tahu (alasan saya tak berjabat tangannya). Jika ingin berjabat tangan, ia bisa berdiri tepat di depan saya," ulas Ferguson.

Tudingan bahwa Ferguson menolak berjabat tangan dengan Benitez dilontarkan Benitez setelah pertandingan, yang berakhir 2-2 itu.

"Awalnya saya menunggu. Itu terserah kepadanya. Saya berada di jalurnya, menunggunya," ujar Benitez saat itu.

Ketika ditanya apa yang kira-kira menjadi alasan Ferguson "menolak" berjabat tangan dengannya, Benitez mengatakan, "Tanyakan itu kepada Ferguson. Jika Anda cukup berani, tanyakan kepadanya. Itu keputusannya. Saya siap (berjabat tangan dengan Ferguson) dan menunggu. Saya cukup berpendidikan karena saya tahu banyak orang menyaksikan. Jadi, saya tahu apa yang harus saya lakukan."

No comments:

Post a Comment