KOMPAStekno

KOMPAStekno


Ini Dia, Peta Digital Banjir Jakarta Hari Ini

Posted: 18 Jan 2013 08:34 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta telah merilis update terbaru peta sebaran banjir, Jumat (18/1/2013). Peta titik-titik banjir di Jakarta tersebut tercatat di-update hari ini pada pukul dua belas siang.

Dari pembaruan tersebut, terlihat banjir telah meluas. Sebagai contoh, daerah Pademangan, Jakarta Utara, yang dari rilis sebelumnya belum terlihat tergenang air, kini sudah tercantum terdapat genangan air (di peta ini ditandai dengan warna biru).

Peta dengan ukuran besar dapat diakses di tautan ini.

Selain BPBD, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah merilis peta sebaran banjir. Peta tersebut dapat diakses di tautan ini.

BNPB

Selain itu, Google juga telah membuat sebuah laman khusus untuk mengetahui daerah mana saja yang terkena dampak banjir, berikut informasi perkiraan ketinggian air di lokasi yang bersangkutan (ditandai juga dengan pointer berwarna biru). Google menamakan laman ini dengan Google Crisis Response.

Laman tersebut juga memuat nomor telepon hotline BNPB, informasi keadaan lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota, serta beberapa resource lainnya.

Galaxy Note III Pakai Prosesor 8 Core?

Posted: 18 Jan 2013 07:43 AM PST


KOMPAS.com - Meskipun baru diluncurkan Oktober 2012 lalu, kabar tentang penerus phablet (smartphone tablet) populer Samsung Galaxy Note II telah mulai muncul.

Kabar tersebut mengemuka di tengah diskusi soal kemungkinan penjualan chip Samsung ke dua produsen gadget asal Negeri Tirai Bambu, Huawei dan ZTE.

Salah satu chip yang ditawarkan ke dua klien potensial Samsung itu adalah Exynos 5 Octa yang baru diperkenalkan pada ajang pameran CES 2013 lalu. Nah, chip inilah yang disinyalir akan digunakan Samsung di Galaxy Note III nanti.

Exynos 5 Octa memiliki 8 buah inti yang diklaim mampu menghasilkan kinerja tinggi sambil tetap menghemat daya.

Selain prosesor baru itu, Galaxy Note III juga dikabarkan bakal mengusung layar berukuran 6,3 inci, lebih besar dari pendahulunya yang memiliki layar 5,5 inci ataupun Huawei Ascend Mate dengan display 6,1 inci.

Apabila benar, maka layar besar Galaxy Note III tersebut akan semakin mengaburkan garis batas antara tablet dan smartphone yang menunjukkan kecenderungan ke arah layar yang berukuran lebih besar.

Soal waktu peluncuran, Galaxy Note III diprediksi bakal memasuki pasar pada tengah tahun kedua 2013.

Wikivoyage, Situs Panduan Wisata dari Wikipedia

Posted: 18 Jan 2013 07:28 AM PST


KOMPAS.com - Menandai ulang tahunnya yang ke-12,  Yayasan Wikimedia meluncurkan situs panduan wisata bernama Wikivoyage.

Situs ini berisi sekitar 50.000 artikel yang ditulis secara kolaboratif oleh sukarelawan. Sebanyak 200-an editor yang juga sukarelawan menyunting tulisan-tulisan di Wikivoyage.

Beralamat di www.wikivoyage.org, Proyek Wikivoyage sendiri pertama kali dimulai tahun 2006 di bawah nama Wikitravel. Situs ini beroperasi di bawah induk perusahaan Internet Brands hingga tahun lalu bermigrasi ke server Wikimedia.

Sebelum resmi tersedia, Wikivoyage berada dalam status beta selama beberapa bulan.

"Tujuan Wikivoyage Association adalah mempromosikan edukasi dan pengetahuan tentang semua negara dan daerah d dunia, juga mendorong semangat untuk saling mengerti antar negara," ujar chairman Wikivoyage Association Stefan Fussan, seperti dikutip dari ITWire.com.

Direktor eksekutif Wikimedia FOundation Sue Gardner mengatakan bahwa selama ini ada permintaan yang sangat besar atas informasi travel, tapi sumber non-komersial yang tersedia sangat sedikit. "Wikivoyage akan mengubah keadaan itu," katanya.

Konten Wikivoyage saat ini tersedia dalam sembilan bahasa, yaitu Inggris, Belanda, Perancis, Jerman, Italia, Rusia, Portugis, Spanyol, dan Swedia. 

Instagram: 90 Juta Pengguna, 40 Juta Foto Sehari

Posted: 18 Jan 2013 06:55 AM PST

KOMPAS.com - Layanan berbagi foto Instagram mengumumkan secara resmi tentang jumlah pengguna dan segala hal terkait layanan mereka, Kamis (17/1/2013). Hingga kini pengguna Instagram telah mencapai 90 juta pengguna aktif dan ada 40 juta foto yang dipublikasi setiap harinya.

Pendiri sekaligus CEO Instagram Kevin Systrom mengatakan, layanannya terus memperlihatkan pertumbuhan yang sangat kuat di seluruh dunia.

Menurutnya, layanan Instagram diserbu oleh 8.500 likes per detik dan 1.000 komentar per detik dari aplikasi di perangkat iOS dan Android, serta layanan di situs web.

Instagram didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada 2010. Aplikasi mereka dirilis pertama kali pada 6 Oktober 2010 untuk perangkat iOS. Instagram kemudian tersedia di Android pada 3 April 2012.

Belum menghasilkan uang

Instagram memang keren, namun layanan ini belum bisa menghasilkan uang. Aplikasi bisa diunduh dengan gratis dan mereka juga belum membuka ruang iklan. Alhasil, Instagram sempat merugi 2,7 juta dollar AS setiap tahunnya, atau sekitar Rp 25,7 miliar.

Dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, Instagram harus meningkatkan kapasitas server. Belum lagi ada belasan karyawan yang harus digaji. Dahulu mereka sangat mengandalkan suntikan dana dari para investor venturan dan perorangan.

Diakuisisi Facebook

Hingga pada 9 April 2012, Instagram diakuisisi oleh perusahaan jejaring sosial Facebook, senilai 1 miliar dollar AS (lebih dari Rp 9 triliun) dalam bentuk tunai dan saham. Ini adalah nilai akuisisi terbesar yang pernah dilakukan Facebook.

Menurut kabar yang beredar, Twitter sudah sempat menawar Instagram senilai 525 juta dollar AS. Mendengar kabar itu, CEO Facebook Mark Zuckerberg dengan cepat menghubungi Systrom untuk negosiasi harga. Kata sepakat pembelian Facebook atas Instagram dikabarkan hanya memerlukan waktu 48 jam alias 2 hari.

Transaksi akuisisi Instagram diselesaikan pada September 2012 senilai 715 juta dollar AS. Jumlah tersebut turun seiring anjloknya nilai saham Facebook di bursa Nasdaq, New York, Amerika Serikat.

Karena telah membeli Instagram, Facebook tentu mengharapkan keuntungan finansial. Mereka memutar otak untuk membuka ruang iklan dalam layanan Instagram, dengan cara menampilkan gambar profil pengguna lain dan informasi tentang siapa yang mereka follow. Teknik ini mirip seperti iklan sponsored stories di Facebook.

Masuk Timor Leste, Telkom Siapkan 50 Juta Dollar AS

Posted: 18 Jan 2013 06:52 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), telah mengekspansi bisnisnya hingga ke Timor Leste melalui layanan telekomunikasi seluler bernama Telkomcel. Untuk ekspansi tersebut, Telkom telah menyiapkan dana 50 juta dollar AS.

"Investasi di Timor Leste sebesar 50 juta dollar AS untuk 2 tahun pertama sampai 2015. Itu semua biaya dari internal," kata Head of Corporate Communication & Affair Telkom Slamet Riyadi, saat dihubungi KompasTekno lewat telepon, Jumat (18/1/2013).

Dana itu akan digunakan untuk membangun infrastruktur 2G dan 3G Telkomcel di Bumi Lorosae tersebut. Dalam keterangan situs web resminya, Telkomcel telah mendapat lisensi spektrum radio dari pemerintah Timor Leste pada 22 Oktober 2012 untuk menyediakan layanan seluler di seluruh Distrik di Timor Leste dan jaringan internet 3G.

Saat ini, Telkomcel sudah memiliki 30 base transceiver station (BTS). "Target kita pada Maret 2013, bisa membangun 115 BTS lagi, jelas Slamet.

Selain target BTS, Telkomcel juga menargetkan dapat menggaet 600.000 pelanggan di Timor Leste pada 2018, atau 60 persen dari jumlah penduduk di sana.

Selain Timor Leste, Telin juga berencana mengekspansi bisnisnya di 10 negara lain.

No comments:

Post a Comment