KOMPAStekno

KOMPAStekno


Pendiri Situs Reddit Ditemukan Tewas

Posted: 12 Jan 2013 10:57 AM PST

KOMPAS.com — Salah satu pendiri situs user generated content Reddit, Aaron H. Swartz, ditemukan tewas dan diduga bunuh diri, di kota New York, AS, Jumat (11/1/2013) waktu setempat. Hal tersebut dikemukakan oleh paman Swartz, Michael Wolf, kepada situs The Tech.
 
Informasi tersebut pun sudah dikonfirmasikan oleh pihak pengacara Swartz.

"Informasi yang tragis dan memilukan yang Anda terima, sayangnya, benar," kata Elliot R, pengacara Swartz, seperti dikutip dari The Tech, Sabtu (12/1/2013).

Hingga saat ini, masih belum terungkap alasan di balik keputusan Swartz untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis tersebut.

Situs teknologi Mashable melansir, Swartz melalui situs pribadinya sempat mengungkapkan niatannya pada tahun 2007 untuk mengakhiri hidupnya. Niat tersebut muncul karena Swartz merasa depresi terhadap masalah kesehatan yang dialaminya.

Sebelum ditemukan meninggal, Swartz juga sedang tersandung sebuah kasus. Swartz dituduh mengunduh secara ilegal sekitar 4 juta dokumen jurnal akademis dari JSTOR, sebuah perpustakaan digital yang menyimpan jutaan jurnal akademis, dan berniat membagikan hasil unduhan tersebut di dunia maya.

Swartz sendiri mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan tersebut dan sudah dilepaskan dari penjara dengan uang tebusan 100.000 dollar AS. Namun, proses pengadilan tetap berjalan. Swartz diancam dengan hukuman penjara selama 35 tahun dan denda 1 juta dollar AS.

Swartz dikenal sebagai aktivis internet yang andal. Ia merupakan salah satu orang di balik penciptaan RSS. Hebatnya, hal tersebut Swartz lakukan pada usia yang baru menginjak usia 14 tahun.

Swartz juga dikenal sebagai pendiri DemandProgress.org, sebuah kampanye melawan sensor internet SOPA/PIPA.

Selain itu, Swartz juga merupakan satu dari tiga pendiri Reddit, sebuah situs yang sedang naik daun saat ini. Reddit adalah sebuah situs berisikan berita sosial dan hiburan. Para pengguna terdaftar bebas memasukkan konten.

Gamedev Bandung Butuh Segera Pengisi Suara

Posted: 12 Jan 2013 10:38 AM PST

BANDUNG, KOMPAS - Studio pengembang video game, Tinker Studio, tengah mencari pengisi suara untuk game yang sedang mereka garap yakni INheritage: Boundary of Existence. Kesempatan tersebut ditutup pada Minggu (13/1/2013) tengah malam.

Diutarakan Chief Marketing Officer Tinker Studio, Muhammad Zaki, mereka membuka kesempatan bagi siapa pun yang berkeinginan menimba pengalaman sebagai pengisi suara untuk mendaftar. Mereka tinggal mengirimkan sampel suara kepada email AJ.theReal@tinkerworlds.com sebelum tenggat terlewati.

"Mengingat waktu yang mendadak, kami hanya mencari pengisi suara yang berasal dari Bandung atau Jakarta," ujar Zaki.

Skrip yang disuarakan bisa didapatkan di tautan ini dan isinya bisa diimprovisasi asal sesuai dengan karakternya. Umur karakter yang disuarakan tidak mesti sama dengan pelamar.

Para pendaftar yang lolos akan mengikuti seleksi tahap selanjutnya akan diumumkan pada 15 Januari untuk mengikuti live casting pada tanggal 16-17 Januari 2013.

INheritage: Boundary of Existence adalah game bergenre shoot 'em up yang dikembangkan Tinker Studio yang bermarkas di Kota Bandung. Gaya visual yang mereka pakai adalah berciri anime dengan mengambil referensi kota-kota di Indonesia, salah satunya Bandung.

Apple Tak Pernah Bantah Rumor iPhone Murah

Posted: 12 Jan 2013 09:50 AM PST

KOMPAS.com - Surat kabar Shanghai Evening News sempat mempublikasikan hasil wawancara mereka dengan Phil Schiller, Senior Vice President Apple, pada ajang CES 2013, Jumat (11/1/2013).

Dalam wawancara tersebut, Schiller dengan tegas menyatakan Apple tidak akan mengembangkan smartphone yang lebih murah hanya demi mengejar market share.

"Meskipun smartphone dengan harga murah memang populer, ini tidak akan pernah menjadi masa depan dari produk Apple. Faktanya, walaupun market share Apple di pasaran smartphone baru mencapai 20 persen, kami memiliki 75 persen keuntungan," ucap Schiller pada artikel pertama.

Pernyataan tersebut sempat membuat heboh dunia teknologi. Pasalnya, setelah artikel tersebut muncul, banyak media besar yang memberitakan Apple akan meluncurkan iPhone low-end dengan harga murah demi menggaet pasaran negara berkembang.  Pernyataan petinggi Apple tersebut seperti menyanggah rumor yang sudah banyak beredar tersebut.

Namun, tepat setelah satu hari artikel tersebut beredar, Shanghai Evening News, Sabtu (12/1/2013), kembali merilis artikel wawancara dengan Schiller, tetapi dengan beberapa perubahan. Dalam artikel baru ini, surat kabar asal China tersebut menghapus semua tautan referensi yang terkait dengan smartphone murah.

Komentar Schiller yang sudah disebutkan di atas pun diganti dengan pernyataan berikut ini, "Apple selalu fokus dalam menyediakan produk terbaik untuk konsumennya, kami tidak akan secara membabi buta mengejar market share".

"Kami tidak akan mendiskusikan rencana untuk produk masa depan kami," lanjut Schiller dalam artikel baru tersebut.

Dengan berubahnya pernyataan dari Schiller ini pada artikel tersebut, bisa diartikan Apple tak pernah membantah atau menyangkal kabar keberadaan iPhone versi murah tersebut.

Evening News juga mengubah judul artikel tersebut dari "Apple tidak akan mendorong smartphone murah demi market share" menjadi "Apple ingin menyediakan produk terbaik, tidak akan membabi buta mengejar market share".

Hingga saat ini, masih belum diketahui mengapa Evening News akhirnya mengubah artikel tersebut. Salah satu dugaan yang banyak beredar adalah Evening News kurang tepat dalam menerjemahkan pernyataan dari Schiller.

Laku 1.000 Unit, Penjualan Perdana LG Nexus 4 di Indonesia

Posted: 12 Jan 2013 07:46 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - LG Indonesia telah membuka penjualan perdana ponsel pintar Android Nexus 4 di pusat perbelanjaan Grand Indonesia Jakarta, Sabtu (12/1/2013). Dalam sehari, ponsel hasil kerjasama Google dan LG itu telah terjual 1.000 unit.

Sejak sepekan lalu, LG membuka pra-pemesanan Nexus 4 lewat beberapa situs jual beli online. Sejatinya, Nexus 4 di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 5.499.000. LG menawarkan potongan harga untuk konsumen yang melakukan pra-pemesanan online.

"Di hari penjualan perdana ini, 1.000 unit LG Nexus 4 diberikan ke konsumen yang telah melakukan pre-order online," kata Vania Fransisca, Head of Marketing Communication LG Indonesia.

KOMPAS.com/Aditya Panji Suasana antrean LG Nexus 4 di mal Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (12/1/2012).

LG juga membuka pemesanan Nexus 4 yang dibundel dengan layanan seluler dan data dari Telkomsel. Ada harga khusus dan cicilan bulanan bagi yang membeli Nexus 4 dengan paket layanan Telkomsel.

Vania menjelaskan, bagi konsumen yang melakukan pemesanan pada hari ini, Sabtu (12/1/2013), akan mendapatkan Nexus 4 maksimal dalam kurun waktu sebulan. Produk itu akan diantar ke alamat pemesan tanpa biaya ongkos kirim.

LG Nexus 4 memiliki layar seluas 4,7 inci jenis WXGA True HD IPS Plus dengan resolusi 1.280 x 768 pixel. Kamera belakang dibekali sensor 8MP dengan lampu kilat LED, dan kamera depan 1,3MP.

LG Indonesia menjual Nexus 4 dengan memori internal 16GB dan baterai berkapasitas 2.100mAh. Prosesor Qualcomm Snapdragon S4 kecepatan 1,5GHz dan RAM 2GB membuat ponsel pintar ini berjalan mulus serta mampu menjalankan aplikasi dan game kelas berat. Semua itu berjalan dengan sistem operasi Android 4.2 (Jelly Bean). 

Pengguna Line Siap Tembus 100 Juta

Posted: 12 Jan 2013 05:26 AM PST

KOMPAS.com - Popularitas Line, layanan mobile messenger asal Korea, meningkat begitu cepat. Baru hadir satu tahun lebih, pengguna layanan ini diklaim akan menyentuh angka 100 juta pada akhir bulan Januari 2013.

Padahal, Line baru mendapatkan 80 juta pengguna pada Desember 2012 yang lalu. Ini berarti, Line bisa mendapatkan 20 juta pengguna baru hanya dalam waktu 2 bulan saja.

"Sebenarnya ini sedikit terlambat. Kami menargetkan mencapai 100 juta pengguna pada akhir tahun 2012 lalu. Namun, pada akhir Januari 2013, kami yakin bisa mencapai 100 juta pengguna," ungkap Simeon Cho, General Manager of Line Business Office, NHN Corp, ketika berbincang dengan KompasTekno di Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Saat ini, Simeon mengakui jumlah pengguna Line di Indonesia berkembang begitu pesat. Dari bulan Oktober hingga Desember 2012, jumlah pengguna dari Indonesia meningkat hingga 300 persen. Sayangnya, Simeon tidak bisa memberikan angka yang pasti dari peningkatan tersebut.

Agar dapat terus bersaing di Indonesia dengan berbagai layanan messenger yang sedang menjamur, Simeon telah menyiapkan beberapa strategi, salah satunya adalah dengan menyiapkan konten asli asal Indonesia.

Salah satu fasilitas yang banyak digemari di Line adalah Official Accounts. Melalui fasilitas ini, para pengguna dapat mendapatkan informasi terbaru dari artis yang terdaftar.

Nah, salah satu bentuk upaya lokalisasi konten yang dimaksud oleh Simeon adalah melalui Official Accounts ini. Untuk saat ini, sudah ada dua artis Indonesia yang terdaftar, yaitu grup band Pee Wee Gaskins dan artis cantik Bunga Citra Lestari.

"Dalam beberapa saat mendatang, Line akan menambah beberapa artis lagi. Sudah ada beberapa artis yang masuk ke tahap akhir perundingan. Apabila sudah final, kami akan mengumumkan siapa artis yang dimaksud," jelas Simeon.

Selain itu, Line juga terkenal dengan game-game yang menyertai aplikasi ini, seperti Line Pop dan Line Bubbles. Untuk masa yang akan datang, Simeon berjanji untuk menghadirkan aplikasi buatan lokal Indonesia. 

No comments:

Post a Comment