KOMPAStekno

KOMPAStekno


Peluncuran iPad Mini 2 dan iPad 5 Dipercepat?

Posted: 13 Jan 2013 12:14 PM PST


KOMPAS.com - Kemunculan iPad generasi keempat pada Oktober lalu mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Apple baru merilis iPad generasi ketiga beberapa bulan sebelum itu, pada Maret 2012.

Nah, analis Brian White dari Topeka Capital Markets percaya bahwa Apple telah mengubah siklus pembaruan produk iPad menjadi tiap enam bulan.

Atas dasar itu, dia mengatakan bahwa penerus iPad Mini akan meluncur pada bulan Maret 2013, berdampingan dengan iPad generasi kelima.

White juga mengatakan bahwa dia memperoleh informasi dari sejumlah "orang dalam" saat pameran CES 2013 di Las Vegas, AS minggu lalu.

Lantas, apa saja perubahan yang bakal diusung oleh dua perangkat tablet yang dikatakan akan segera dirilis ini?

Menurut sumber White, iPad generasi ke lima akan memiliki tubuh lebih tipis dan ringan dibanding pendahulunya. Prosesor yang digunakan adalah Apple A6X.

Soal iPad Mini generasi ke dua, dia mengatakan bahwa perangkat tersebut akan datang dalam kemasan fisik yang sama, disertai sejumlah perubahan dari sisi komponen internal.

Sayang, White tidak menyebutkan apakah iPad Mini generasi kedua akan dilengkapi layar Retina atau tidak. (Baca: Tak Akan Ada iPad Mini Retina Display).

Selain dua perangkat iPad ini, minggu lalu White juga mengatakan bahwa Apple akan merilis iPhone baru sekitar pertengahan tahun ini, dengan beberapa variasi ukuran dan warna. 

Demi iPhone, Remaja Nekat Berhentikan Kereta

Posted: 13 Jan 2013 01:33 AM PST

KOMPAS.com — Seorang remaja berumur 13 tahun yang sedang berjalan-jalan dengan kereta turis di Selandia Baru tiba-tiba menarik rem darurat sehingga menghentikan seluruh kereta.

Rupanya, Spencer Sutherland Todd, si remaja asal Dunedin, Selandia Baru, itu tak sengaja menjatuhkan iPhone miliknya selagi mengeluarkan gadget tersebut dari jendela untuk memotret pemandangan.

Ketimbang pasrah menerima kehilangannya, Todd lebih memilih menarik rem darurat yang mengejutkan semua penumpang.

"(iPhone) Itu sangat penting untuk saya. Saya lalu panik dan menarik rem darurat," ujarnya pada Otago Daily Times, seperti dikutip oleh Huffington Post.

Banyak kereta—termasuk kereta bawah tanah—memang dilengkapi dengan sistem rem darurat. Namun, rem ini hanya boleh dipakai ketika ada situasi yang mengancam nyawa manusia atau keadaan darurat lainnya.

Meski begitu, toh ada saja yang memakai rem darurat ini untuk keperluan lain, bahkan sekadar iseng. New York Metro Transit, misalnya, tiap tahun mencatat sekitar 1.000 kasus penarikan rem dalam situasi yang tidak darurat.

Rem darurat tak boleh dipakai sembarangan karena kereta yang berhenti mendadak bisa melukai penumpang di dalamnya, atau bahkan mengganggu layanan kereta di jalur rel yang bersangkutan.

Beruntung buat Todd, ceritanya berakhir bahagia. iPhone kepunyaannya yang jatuh kemudian dicari dan ditemukan. Penumpang kereta lain turut bersorak bahagia ketika perangkat gadget itu diserahkan kepada pemiliknya.

No comments:

Post a Comment