KOMPAStekno

KOMPAStekno


"Error", Ponsel WP8 Minta CD Instalasi

Posted: 14 Jan 2013 11:15 AM PST


KOMPAS.com - Pengguna komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows pasti sudah akrab dengan berbagai pesan "error" yang kerap muncul di sistem operasi itu, mulai dari BSoD (Blue Screen of Death) hingga teks yang muncul ketika komputer tak mau booting.

Soal yang terakhir itu, PC yang mogok booting bisa direparasi antara lain dengan memanfaatkan CD/ DVD instalasi Windows. Lalu bagaimana jika pesan error serupa muncul di perangkat mobile berbasis Windows Phone 8?

Itulah yang ditemukan seorang anggota forum Pocketpc.ch bernama dantist pada smartphone Nokia Lumia 920 miliknya, seperti dikutip The Next Web dari WMPoweruser.

Dantist yang mengaku memiliki nama asli Johnny Ruokokoski mengunggah gambar di atas melalui akun Twitter miliknya hari Rabu (9/1/2013) minggu lalu.

Setelah didesak seorang pengguna lain, Windows Phone Support ikut turun tangan menangani masalah ini, lalu kemudian sampai kepada sebuah kesimpulan: Ruokokoksi ternyata mengoprek kernel Windows Phone pada Nokia Lumia 920 sehingga memunculkan error tersebut.

Dengan demikian, kecil kemungkinannya error ini akan dialami oleh pengguna Windows Phone biasa, asalkan pemilik perangkat yang bersangkutan tidak coba-coba melakukan flashing atau mengotak-atik kernel Windows Phone seperti yang dilakukan Ruokokoski.

Praktek flashing ini pun tak dianjurkan oleh Microsoft untuk menghindari masalah yang tidak perlu. Sisi baiknya dari hal ini, setidaknya kini ada bukti tambahan bahwa Windows Phone 8 berjalan di atas kernel NT seperti halnya Windows versi desktop. 

Pendiri Reddit Gantung Diri, Peretas Bajak MIT

Posted: 14 Jan 2013 08:00 AM PST


KOMPAS.com — Hanya beberapa jam setelah Massachusetts Institute of Technology (MIT) menyatakan bakal menginvestigasi kaitan pihaknya dengan kematian Aaron Swartz, kelompok hacktivist Anonymous membobol situs universitas itu dan mengganti laman mukanya (deface).

Swartz, salah seorang pendiri situs user-generated content Reddit, yang memperjuangkan akses terbuka terhadap dokumen-dokumen di internet, ditemukan tewas dalam keadaan gantung diri pada Jumat (11/1/2013) lalu.

Seperti dikutip dari Cnet, pria 26 tahun ini sebelumnya ditangkap pada bulan Juli 2011 dengan tuduhan pencurian 4 juta dokumen dari MIT dan Jstor, arsip digital tempat penyimpanan jurnal ilmiah dan makalah akademis. Dia terancam dijatuhi denda 4 juta dollar AS dan hukuman penjara 50 tahun apabila terbukti bersalah.

Setelah Presiden MIT L Rafael Reif mengeluarkan pernyataan, Minggu (13/1/2013), yang berisi janji untuk melakukan "analisis mendalam terhadap peranan MIT sejak kali pertama mendeteksi aktivitas tidak biasa pada musim gugur 2013 hingga saat ini", grup Anonymous menyerang setidaknya dua situs milik institusi pendidikan tersebut.

Berikut pesan di tampilan utama halaman deface yang antara lain menyebut proses hukum terhadap Swartz sebagai "ketimpangan hukum yang aneh" dan "bayangan gelap dari keadilan yang diperjuangkan sampai mati oleh Aaron". Anonymous memberi daftar berisi imbauan dalam sebuah bagian yang dilabeli "Keinginan kami":

- Kejadian ini diharapkan menjadi pencetus dilakukannya reformasi atas hukum kejahatan cyber dan para penegak hukum yang kerap memanfaatkannya secara berlebihan.

- Kejadian ini diharapkan menjadi pencetus reformasi hukum hak cipta dan kekayaan intelektual agar dikembalikan ke prinsip kebaikan bagi orang banyak, bukannya keuntungan bagi segelintir pihak.

- Kejadian ini diharapkan bisa mengingatkan tentang penindasan dan ketidakadilan yang dilakukan pihak-pihak dan institusi tertentu terhadap siapa pun yang berani menentang, serta memunculkan solidaritas dan gotong royong yang lebih besar sebagai reaksinya.

- Kejadian ini diharapkan menjadi landasan bagi komitmen yang baru dan kokoh untuk internet yang bebas dari kekangan, serta kesempatan akses yang setara untuk semua orang.

Para jaksa penuntut dalam kasus Swartz sebelumnya dikritik karena berusaha untuk menjadikan Swartz sebagai contoh bagi orang lain yang coba-coba melanggar hak cipta. Keluarganya turut menyalahkan MIT dan pihak pemerintah atas kematian Aaron.

"Kematian Aaron bukan hanya tragedi pribadi, melainkan juga akibat dari sistem pengadilan kriminal yang sarat dengan penindasan dan penuntutan yang melampaui batas. Keputusan para pejabat di Kejaksaan Massachusetts dan MIT turut berkontribusi pada kematiannya," tulis keluarga Swartz dalam sebuah pernyataan resmi. 

HTC Keluarkan Produk Khusus untuk Burma

Posted: 14 Jan 2013 07:26 AM PST

Perusahaan telepon genggam asal Taiwan, HTC, menjadi perusahaan paling akhir yang memasuki pasar telekomunikasi Burma seiring dengan kebijakan ekonomi terbuka pemerintahan negara tersebut.

HTC mulai meluncurkan produk telepon genggam pintarnya secara resmi untuk pasar di Burma pada Senin (14/1).

Telepon genggam produksi HTC bagi warga di negara itu akan dilengkapi dengan pilihan penggunaan alfabet Burma pada papan tombol jarinya.

HTC mengatakan fitur ini akan menjadi salah satu nilai tambah bagi telepon pintar produksi mereka di Burma.

Burma dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna telepon genggam paling rendah di dunia.

Namun, negara ini dinilai menjadi pasar yang menjanjikan bagi produsen telepon setelah tahun lalu Pemerintah Burma mulai melakukan reformasi dan membuka perekonomian mereka.

Sebelumnya selama lebih dari satu dekade terakhir pemerintahan Burma dipimpin oleh junta militer dan terkucil dari pergaulan dunia internasional.

Laporan mengatakan dunia telekomunikasi Burma saat ini masih belum berkembang dan mengandalkan layanan telepon genggam kepada dua perusahaan jasa telekomunikasi di negara itu.

Kalahkan pesaing
Pemerintah Burma telah berupaya mendorong berkembangnya pasar produk ini melalui sejumlah kebijakan seperti memotong harga jual kartu telepon genggam.

Namun, langkah itu belum mendapatkan hasil berarti karena harga kartu telepon genggam dinilai masih terlalu mahal bagi sebagian warga Burma.

Bank Dunia mengatakan pada tahun 2011 hanya tiga persen dari jumlah populasi di Burma yang memiliki telepon genggam.

HTC bukanlah merek dagang telepon genggam pintar pertama yang mencoba membuka pasar Burma.

Samsung dan Huawei sebelumnya telah memimpin pasar di negara itu dengan produk mereka yang berharga murah.

HTC berharap mereka bisa menarik pembeli di Burma dengan fitur berupa papan sentuh yang menampilkan huruf alfabet khas negara tersebut.

"Aspirasi saya adalah bisa membuat bentuk telepon pintar yang inovatif dan menawarkan kesesuaian dengan bahasa Myanmar sehingga orang di Myanmar bisa nyaman berkomunikasi dengan mudah dan sederhana," kata CEO HTC yang juga lahir dan besar di Burma, Peter Chou.

Tidak seperti di negara-negara Asia Tenggara lainnya, Burma tidak memiliki standar internasional yang disetujui dalam penggunaan simbol bahasanya dan ini membuat kesulitan tersendiri dalam mengintegrasikannya dengan software yang telah ada. (BBC)

Analis Prediksi Angka Penjualan iPad, Naik atau Turun?

Posted: 14 Jan 2013 07:07 AM PST

KOMPAS.com — Apple memang baru akan mengumumkan laporan keuangan kuartal empat 2012 pada 23 Januari 2013. Namun, para analis sudah tidak sabar untuk memberikan prediksi mereka terkait laporan keuangan tersebut.

Salah satu hal yang menarik dari laporan keuangan Apple adalah jumlah perangkat tablet iPad yang terjual pada kuartal tersebut. Diprediksi penjualan iPad di kuartal tersebut akan meningkat jauh, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2011.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (14/1/2013), situs bisnis Forbes telah mengumpulkan data proyeksi dari 56 analis mengenai penjualan iPad di kuartal tersebut. Beberapa analis yang dikumpulkan berasal dari Wall Street dan sisanya berasal dari analis independen.

Hasilnya, pada analis independen rata-rata memperkirakan ada 25,5 juta iPad yang terjual di kuartal tersebut. Adapun para analis dari Wall Street rata-rata menduga ada 22,8 juta iPad yang laku terjual.

Perkiraan tertinggi dari penjualan perangkat iPad di kuartal tersebut adalah 32 juta unit, sedangkan perkiraan terendah adalah 16,8 juta unit.

Nilai tengah (median) dari prediksi penjualan perangkat iPad di kuartal IV 2012 adalah sejumlah 24 juta perangkat. Nilai ini menunjukkan peningkatan 55 persen peningkatan dari kuartal yang sama tahun 2011. Namun, mengingat jumlah minggu yang lebih banyak di kuartal IV tahun 2011, peningkatan penjualan iPad harusnya ada di angka 67 persen.

Apple menghadirkan 3 seri iPad tahun 2012 yang lalu. Pada bulan Maret, Apple meluncurkan iPad tiga dengan layar Retina 264ppi. Di bulan November, Apple langsung meluncurkan iPad generasi IV dan juga iPad Mini berlayar 7,9 inci.

Spekulasi terakhir menyebutkan Apple akan meluncurkan iPad 5 dan iPad Mini 2 pada Maret mendatang.

Apple Pangkas Pesanan Layar iPhone 5, Kurang Laku?

Posted: 14 Jan 2013 06:39 AM PST

KOMPAS.com — Apple dikabarkan telah mengurangi jumlah pesanan komponen layar iPhone 5 ke para pemasok. Menurut kabar yang berkembang di dunia maya, keputusan ini diambil karena penjualan iPhone 5 dinilai tidak sebaik yang diharapkan.

Dikutip dari Reuters, Senin (14/1/2013), Apple telah meminta Japan Display Inc, Sharp Corp, dan LG Display Co Ltd, untuk memotong jumlah pesanan hingga setengahnya. Awalnya, Apple dikabarkan telah memesan sekitar 65 juta unit layar yang dibagi ke ketiga perusahaan tersebut.

Sebagai catatan, ketiga perusahaan ini adalah pemasok utama layar iPhone 5 bagi Apple.

Japan Display yang memiliki pabrik di Nomi, prefektur Ishikawa, Jepang, dikatakan telah mengurangi jumlah produksi layar hingga 70 sampai 80 persen dibandingkan pada periode Oktober hingga Desember lalu.

Sharp yang telah mendedikasikan sebuah pabriknya untuk memproduksi layar LCD iPhone 5 dikatakan juga mengurangi produksi di bulan Januari dan Februari sekitar 40 persen, dibandingkan periode Oktober dan Desember 2012.

Masih belum ada pernyataan resmi dari pihak Apple terkait menurunnya jumlah pesanan komponen layar kepada para pemasok. Namun, diperkirakan jumlah penjualan iPhone 5 yang tidak terlalu bagus membuat Apple memutuskan hal tersebut.

Walaupun rumor terkait penurunan pemesanan layar tersebut banyak dikait-kaitkan dengan turunnya penjualan iPhone 5, masih banyak kemungkinan lain. Salah satunya, Apple bisa saja sedang mengembangkan iPhone seri baru dan telah memiliki semua komponen yang dibutuhkan.

Kemungkinan lainnya, Apple sudah memilih pemasok baru untuk komponen tersebut. 

No comments:

Post a Comment