KOMPAStekno

KOMPAStekno


BlackBerry Z10 Diklaim Laku Keras

Posted: 07 Feb 2013 09:54 AM PST

KOMPAS.com - Kanada, negara asal BlackBerry, menjadi salah satu penerima pertama produk smartphone BlackBerry Z10 dari perusahaan tersebut pada 5 Februari lalu.

Di "kandang" sendiri inilah, BlackBerry mengaku berhasil mencetak rekor penjualan baru.

"Kemarin (5/2/2013) adalah hari peluncuran pertama yang terbaik dalam sejarah smartphone BlackBerry. Bahkan, 50 persen lebih baik dibandingkan rekor sebelumnya di Kanada. Di Inggris, kinerja penjualannya bahkan hampir tiga kali lebih baik dibanding penjualan-penjualan minggu pertama yang paling tinggi sebelumnya," ujar CEO BlackBerry Thorsten Heins dalam keterangan singkat yang dirilis Rabu (6/1/2013) lalu.

Kecuali keterangan "50 persen"  dan "tiga kali lipat" yang kurang informatif itu, Heins tidak merinci berapa persisnya penjualan BlackBerry Z10 di Kanada.

BlackBerry Z10 sendiri sempat dilaporkan membukukan penjualan pertama yang tinggi di Inggris -negara pertama yang kedatangan smartphone tersebut- sehingga mengalahkan angka yang dicetak Lumia 920 dari Nokia.

BlackBerry dijadwalkan merilis laporan pendapatan per kuartal pada 28 Maret mendatang. Laporan tersebut akan memuat angka penjualan yang lebih rinci berikut kuantifikasi reaksi konsumen atas peluncuran BlackBerry 10.

BlackBerry Z10 adalah perangkat dengan sistem operasi BlackBerry 10 pertama yang sepenuhnya mengandalkan layar sentuh. April mendatang smartphone BlackBerry Q10 yang memiliki keyboard QWERTY akan menyusul ke pasaran.

Berita-berita seputar BlackBerry 10 dapat diikuti di liputan khusus KompasTekno dari tautan berikut ini atau tautan ini untuk akses dari ponsel/tablet.

Indonesia Masuk 10 Besar Penyumbang Spam Terbanyak

Posted: 07 Feb 2013 08:52 AM PST

KOMPAS.com — Perusahaan keamanan Kaspersky Lab telah merilis laporan terbarunya terkait email spam yang beredar di dunia maya.

Laporan bertajuk Spam Report 2012 ini melaporkan jumlah email sampah yang beredar mengalami tren yang menurun hingga mencapai tingkat terendah dalam 5 tahun terakhir.

Rata-rata spam pada 2012 lebih kecil 72,1 persen-82 persen dibanding tahun 2011. Penurunan jumlah spam seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Yang menarik dari laporan ini, Kaspersky merilis peringkat negara penghasil spam terbanyak. Indonesia masuk dalam sepuluh besar dengan berada di urutan ketujuh dengan presentase 3,1 persen.

Posisi pertama penyumbang spam terbanyak ditempati oleh China.

China, yang pada 2011 bahkan tidak masuk dalam 20 teratas negara penyebar spam, menduduki tempat pertama dengan menyumbang 19,5 persen dari seluruh email spam 2012.

Berikut 10 besar negara penyumbang spam terbanyak di dunia.

1. China
2. Amerika Serikat
3. India
4. Vietnam
5. Brasil
6. Korea Selatan
7. Indonesia
8. Rusia
9. Inggris
10. Taiwan

Menurunnya jumlah spam

Menurunnya jumlah spam disebut oleh Kaspersky karena peningkatan perlindungan antispam secara keseluruhan. Filter spam sekarang dipasang di hampir semua sistem email, bahkan email gratisan sekalipun.

Selain itu, tidak sedikit provider email mewajibkan kebijakan signature DKIM (signature digital yang memverifikasi domain pengirim email). Faktor lain di balik menurunnya jumlah spam adalah terjangkaunya harga beriklan di platform legal.

Jaringan Jahat Digusur Duet Teknologi

Posted: 07 Feb 2013 08:02 AM PST

KOMPAS.com — Dua perusahaan besar, Microsoft dan Symantec, bahu-membahu menggusur jejaring program jahat yang dijuluki Bamital.

Kedua perusahaan itu mengatakan telah bekerja sama untuk menghabisi komponen-kompenen yang diyakini vital terhadap operasional Bamital.

Symantec mengatakan, mereka telah melacak botnet (jejaring program jahat) ini sejak 2009. Kegiatan Bamital disebut cukup mengkhawatirkan.

Keluarga program jahat Bamital memiliki tujuan untuk membajak hasil pencarian pada mesin cari web, yang dilakukan oleh pengguna pada komputer yang terinfeksi.

Hal itu dilakukan Bamital untuk mengarahkan klik korbannya ke server command & control (C&C). Nah, oleh C&C itu, korban akan diarahkan situs yang dikendalikan pihak tak bertanggung jawab.

Bamital juga bisa menipu sehingga seakan-akan korbannya mengklik iklan tertentu. Hal ini dilakukan tanpa sepengetahuan korbannya.

Ujung dari aktivitas jahat ini tak lain adalah demi mendapatkan uang dari klik palsu tersebut, sebuah aktivitas yang dikenal sebagai clickfraud.

Diperkirakan, satu server Bamital pada periode enam minggu tertentu di 2011 meraup lebih dari 1,8 juta alamat IP. Hasilnya, ada sekitar 3 juta klik yang dibajak per harinya.

Diperkirakan, "uang haram" yang diraup dari aksi tersebut mencapai 1,1 juta dollar AS per tahun.

5 Aplikasi Ponsel Pendeteksi Penyakit

Posted: 07 Feb 2013 07:18 AM PST

KOMPAS.com - Tren mobile juga melanda dunia kesehatan. Teknologi baru untuk mendeteksi penyakit Parkinson menggunakan ponsel tengah dikembangkan melalui The Parkinson's Voice Initiative, sebuah proyek untuk membantu para penderita Parkinson.

Proyek tersebut dirintis oleh seorang ilmuwan Matematika dari University of Oxford, Inggris, bernama Max Little. Dia mengembangkan sebuah algoritma untuk mendeteksi kelainan suara yang dapat membantu mendeteksi Parkinson.

Parkinson adalah penyakit syaraf degeneratif yang umumnya menyerang orang-orang berusia di atas 50 tahun. Penyakit ini diberi nama sesuai dengan nama penemunya pada tahun 1817, yakni Dr. James Parkinson. Para penderita Parkinson kesulitan untuk bergerak karena mengalami kekakuan otot. Beberapa dari mereka bahkan juga mengalami kepikunan.

Gejala penyakit ini terkadang sulit dikenali karena berkembang secara sama dan perlahan. Kebanyakan penderita, misalnya, mulai merasakan gemetar pada beberapa bagian tubuhnya ketika mereka sedang kelelahan.

Max Little dan timnya telah menguji aplikasi buatan mereka, sekaligus untuk mendeteksi suara orang-orang yang menderita Parkinson. Tingkat akurasi yang diperoleh, menurut Little, cukup tinggi, yakni sebesar 86 persen. Saat ini, mereka tengah menganalisa 10.000 sampel suara yang berhasil dikumpulkan melalui jaringan telepon.

Di tempat lain, beragam aplikasi mobile juga dikembangkan untuk mendeteksi penyakit. The Wall Street Journal melaporkan, para peneliti dari University of Pittsburgh Medical Center tengah menguji 4 aplikasi untuk menganalisis ratusan gambar tahi lalat dan bercak hitam, yang sebelumnya sudah diperiksa oleh ahli penyakit kulit.

Aplikasi terbaik mampu mendeteksi penyakit kulit, termasuk kanker kulit, dengan tingkat akurasi hingga 98 persen. Sementara aplikasi yang paling payah hanya memiliki tingkat akurasi 6,8 persen. Sayangnya, riset yang dilakukan oleh para peneliti ini tidak menyebutkan nama-nama aplikasi yang mereka uji.

Sebelumnya, ada pula aplikasi mobile lainnya yang dibuat untuk mendeteksi penyakit pada paru-paru. Aplikasi bernama SpiroSmart dikembangkan oleh para peneliti di University of Washington. SpiroSmart bekerja dengan menganalisis suara napas penggunanya.

Selain mengembangkan aplikasi khusus, para peneliti dan ilmuwan juga memanfaatkan aplikasi yang telah ada untuk mendeteksi penyakit. Salah satunya adalah Twitter. Media sosial ini dimanfaatkan oleh para peneliti dan ilmuwan komputer dari Johns Hopkins University untuk mendeteksi kasus influenza di Amerika Serikat. Mereka mengumpulkan kicauan-kicauan tetang flu dari para pengguna Twitter untuk memetakan lokasi yang terjangkit epidemi flu.

Di Indonesia, aplikasi mobile untuk mendeteksi penyakit sebenarnya juga pernah dikembangkan. Contohnya, MOSES, singkatan dari "Malarian Obervation System and Endemic Surveliance". Aplikasi itu diciptakan oleh tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung untuk mendiagnosis penyakit Malaria. Aplikasi tersebut terpilih menjadi juara pertama pada kategori Mobile Device Award, dalam kompetisi Imagine Cup 2009 yang digelar oleh Microsoft Corp.

Pada dasarnya, tren masa depan mengarah ke dunia mobile. Beragam aplikasi kesehatan yang kini dikembangkan bertujuan untuk membantu manusia mendeteksi penyakit dan peduli terhadap lingkungannya.

Sebelum dapat digunakan oleh orang banyak, tentunya perlu ada riset yang serius dan komprehensif terhadap aplikasi tersebut dan penyakit yang berhubungan. Tetapi perlu diingat, sehebat apapun sebuah aplikasi dalam mendeteksi penyakit, aplikasi itu tidak dikembangkan untuk menggantikan peran dokter.

Ajat Sudrajat vs David Bekam di Game "Dede-Laksamana"

Posted: 07 Feb 2013 05:44 AM PST

BANDUNG, KOMPAS - Salah satu pasangan calon Pilkada Jawa Barat, Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana Zainal Lan, memilih game sebagai salah satu media kampanye mereka.

Game berjudul "Tendangan Maung" tersebut bisa dimainkan secara gratis di website kampanye. Sasarannya adalah kaum muda yang gemar bermain game maupun biasa memakai internet
dalam keseharian mereka.

Gameplay "Tendangan Maung" terbilang sederhana, pemain menggerakkan tokoh di sebelah kanan yang berusaha memasukkan bola yang ada di sebelah kiri, begitu pula yang dilakukan pemain lawan. Jadi, meskipun ini game bertema sepakbola, hanya ada dua pemain yang tampil di lapangan.

Game ini menggunakan pemain bernomor punggung 10, Ajat Sudrajat, yang melawan pemain bola internasional yang namanya diplesetkan menjadi David Bekam, Wayne Roni, maupun Maradono.

Uniknya, pemain bisa mengeluarkan gerakan khusus yang dipicu oleh kombinasi gerakan seperti tendangan yang keras, melompat tinggi, atau mundur ke belakang. Gerakan khusus itu tidak bisa dipakai serampangan karena bakal menghabiskan energi pemain.

Game "Tendangan Maung" tampak dipersiapkan secara khusus dengan memuat corak Persib, kesebelasan asal Bandung, serta istilah menggunakan bahasa Sunda. Mulai dari kaus biru yang dipakai Ajat, hingga nama dari gerakan khusus tersebut seperti Sima Maung, Loncat Maratan Langit,
atau Mundur Sakolejat. Tendangan Maung sendiri adalah salah satu jurus yang dipakai dalam game ini yakni kombinasi panah bawah, depan, dilanjutkan bilah spasi.

Menurut Sekretaris Tim Relawan Laksamana (Relaks), Mochamad Rasyid Ridlo, mereka sengaja memasang game tersebut untuk dimainkan para pemilih muda yang gemar bermain game. Misi kampanye tetap terpenuhi karena setiap gol tercipta akan muncul petikan dari visi-dan misi Dede-Laksamana.

"Penyempurnaan masih akan dilakukan dengan masukan dari para pemain. Tanggal 10 Februari nanti kami bakal menggelar kompetisi khusus," ujar Rasyid, Kamis (7/2).

Penggunaan game sebagai media kampanye sebetulnya bukan hal yang baru di Indonesia. Pada pilkada DKI Jakarta tahun 2012, sudah ada game "Jokowi-Ahok: Selamatkan Jakarta" yang memiliki gameplay seperti Angry Birds. Kecenderungan ini sebetulnya sinyalemen positif bahwa game
sudah dianggap sebagai salah satu media komunikasi.

Peserta Pilkada Jabar 2013 disebutkan sesuai nomor urut peserta adalah Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib, Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim, Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana Zainal Lan, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar, dan Rieke Diah
Pitaloka-Teten Masduki.

Game "Tendangan Maung" dapat dimainkan dari tautan berikut ini

No comments:

Post a Comment