KOMPAStekno

KOMPAStekno


Langganan, Bisa Unduh Photoshop Sepuasnya

Posted: 10 Feb 2013 06:13 AM PST

KOMPAS.com - Adobe Creative Cloud telah diluncurkan untuk pekerja kreatif di Indonesia. Layanan berbasis keanggotaan alias langganan ini memberikan akses pada berbagai peranti dan layanan Adobe.

Misalnya, para pengguna bisa mengunduh dan menginstal semua aplikasi desktop Creative Suite, tanpa batas. Selain itu ada juga Photoshop Lightroom, Adobe Muse, hingga Adobe Edge.

Di Indonesia, Adobe Creative Cloud tersedia dalam opsi untuk tim (Adobe Creative Cloud for team). Selain berbagai layanan tadi, terdapat juga peranti administratif untuk pembelian dan manajemen lisensi.

Vicky Skipp, Head of Southeast Asia, Adobe, mengatakan bahwa layanan yang dirilis di Amerika Serikat pada April 2012, ini telah memiliki lebih dari satu juta orang anggota.

Creative Cloud juga menyediakan layanan online untuk publikasi dan berbagi file, serta untuk upgrade dan update aplikasi yang sudah dirilis.

Creative Cloud untuk tim menyertakan manajemen kerja virtual, penyimpanan awan 100GB per pengguna (dibandingkan 20GB untuk Creative Cloud individual).

Adobe Creative Cloud untuk tim tersedia dengan harga sekitar 840 dollar AS per pengguna per tahun. Untuk informasi lebih lanjut tentang Adobe Creative Cloud untuk tim, kunjungi http://www.adobe.com/sea/products/creativecloud/teams.html.

BlackBerry Belum Berencana Perbaiki Baterai Z10

Posted: 10 Feb 2013 05:11 AM PST

KOMPAS.com - Review-review awal dari beberapa media untuk BlackBerry Z10, produk komersil pertama dengan platform BlackBerry 10, cukup variatif. Beberapa media terlihat antusias dengan produk ini. Tidak sedikit juga yang pesimis dengan kemampuan dari BlackBerry Z10.

Meski begitu, secara umum media-media kompak untuk mengeluhkan baterai perangkat tersebut. Kemampuan baterai-nya dinilai sangat mengecewakan, karena membuat konsumen harus melakukan charging setidaknya dua kali dalam satu hari.

Hingga saat ini, BlackBerry Z10 memang masih belum hadir di pasaran Indonesia. Beberapa rumor menyatakan produk ini baru akan hadir pada awal Maret 2013. Nah, dengan waktu kurang dari 1 bulan lagi, apakah BlackBerry mampu memperbaiki masalah tersebut?

Sayangnya, jawabannya adalah tidak. Dikutip dari Pocket-Lint, Jumat (8/2/2013), BlackBerry belum memiliki rencana untuk memperbaiki masalah tersebut.

"Kami berusaha untuk sekompetitif mungkin dalam masalah baterai. Saya rasa kami sudah cukup bagus. Apakah kami yang terbaik di pasaran (untuk masalah baterai)? Saya tidak yakin," kata Vivek Bhardwaj, Head of Software BlackBerry, seperti dikutip dari Pocket-Lint, Jumat (8/2/2013).

Sebenarnya, BlackBerry bukan satu-satunya produk di dunia yang pernah bermasalah dengan baterai. Beberapa produk dari pabrikan lain, seperti Apple, pun pernah mengalami hal tersebut. Salah satu cara yang biasanya ditempuh untuk memperbaiki masalah ini adalah melalui pembaruan (update) sistem operasi.

Namun, untuk update software demi perbaikan baterai, BlackBerry tampaknya tidak berniat melakukan hal tersebut. "Update software tidak dapat berbuat banyak. Fokus kami dalam update software adalah untuk memperbaiki masalah atau meningkatkan fitur," pungkas Vivek.

Telkomsel Garap Lahan Iklan Bali

Posted: 10 Feb 2013 02:25 AM PST

KOMPAS.com - Telkomsel mengumumkan telah memperluas cakupan Location Based Advertising (LBA) mereka ke wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Lewat layanan LBA ini, pemasang iklan bisa menyebarkan pesan mereka ke pelanggan Telkomsel pada lokasi tertentu. Baik melalui SMS, maupun MMS.

Sebelumnya, layanan ini sudah dihadirkan Telkomsel di Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang dan Medan.

"Pelaku bisnis yang melakukan SMS iklan melalui sistem layanan LBA tidak terbatas hanya pada pelanggan korporat, namun juga bisa dilakukan pada personal advertiser atau small medium enterprise," ujar Head of Digital Advertising Group Adrian Suherman, dalam keterangan tertulisnya.

Produk LBA Telkomsel termasuk Bulk SMS / MMS dan Targeted SMS / MMS, yaitu iklan yang disampaikan lewat pesan teks atau multimedia ke pengguna, baik secara umum (bulk) maupun khusus (targeted). 

Ada juga jenis iklan Display Ads, yang menampilkan banner iklan pada saat pengguna terhubung ke internet lewat jalur data Telkomsel. Kemudian ada jenis iklan Billing Insertion dan USSD Insertion, yaitu berupa sisipan pada lembar tagihan (billing) dan menu USSD.

Firefox dan Chrome Bisa Saling "Memanggil"

Posted: 09 Feb 2013 11:55 PM PST

KOMPAS.com - Dua browser yang bersaing, Mozilla Firefox dan Google Chrome, ternyata punya kerjasama erat. Keduanya bisa saling "memanggil".

Maksudnya, pengembang saat ini bisa membuat aplikasi yang melakukan panggilan suara maupun video yang berjalan di atas Firefox dan Chrome. Aplikasi ini tidak membutuhkan plug-in pihak ketiga untuk berjalan.

Demo panggilan video semacam itu bisa disaksikan dalam video YouTube yang menampilkan Chief Innovation Officer Mozilla, Todd Simpson dan Director of Product Management Google, Hugh Finnan berikut ini: http://youtu.be/MsAWR_rJ5n8.
Hal tersebut bisa tercapai berkat kerjasama penerapan WebRTC yang dilakukan kedua pihak. Selain komunikasi suara atau video, WebRTC juga bisa digunakan untuk berbagi data, misalnya untuk berbagi foto atau dokumen.

WebRTC adalah standar terbuka yang sedang diproses oleh lembaga standar internasional World Wide Web Consortium (W3C) dan Internet Engineering Task Force (IETF).

No comments:

Post a Comment