KOMPAStekno

KOMPAStekno


Komik Strip: Valentine dan Game Menembak

Posted: 14 Feb 2013 10:38 AM PST

KOMPAS.com - Ada kebiasaan baru di kalangan pengembang game untuk menyatakaan perasaan mereka pada orang yang dikasihi lewat game.

Ini bisa dilakukan baik sekadar untuk melamar atau mengajak berpacaran, atau yang lebih populer disebut "menembak".

Komik strip kali ini adalah bagian dari seri The G-Low, sebuah komik strip yang awalnya diterbitkan melalui situs Segitiga.net.

The G-Low menuturkan keseharian tiga sekawan gamers: Ibo, Saphi, dan Go. Komik karya @winsoy dan @adiebharyadi ini mulai Februari 2013 akan terbit mingguan di KompasTekno.

Selain sebagai comic relief (pelepasan ketegangan emosi melalui humor), The G-Low juga disebut kreatornya bertujuan: menepis anggapan bahwa gamer adalah individu yang cuek dan tidak sensitif, dengan mengangkat isu sosial populer di tiap minggunya.

Tiket.com Buka Peluang "Reseller"

Posted: 14 Feb 2013 08:31 AM PST

KOMPAS.com - Melalui sebuah sistem yang disebut "Distribution Online Tiket.com Agent" (DOTA), Tiket.com membuka peluang bagi siapa saja untuk menjadi agen mereka.

Seperti tertulis dalam keterangan tertulisnya, sistem ini mengizinkan semua penggunanya untuk menjual tiket pesawat, hotel (baru diluncurkan pada 4 Februari 2013), dan kereta api mulai kuartal 2 mendatang.

Ada dua paket keagenan yang disediakan oleh Tiket.com, yaitu Paket Gold senilai Rp 3 juta dengan komisi yang ditawarkan hingga 3.25% (komisi yang diberikan airline berkisar 3.5% - 4.5%) dan Paket Silver senilai Rp 1,5 juta dengan nilai komisi yang ditawarkan hingga 2.75%.

Menggunakan sistem tersebut, agen tidak harus memiliki tempat untuk memulai usahanya. Hal tersebut dapat terjadi karena sistem ini dapat dibuka melalui PC dan juga smartphone.

Selain itu, Tiket.com diklaim mampu memberikan laporan secara lengkap.

Salah satu kelebihan lainnya, apabila ingin membeli tiket pesawat, pengguna tidak perlu membuka masing-masing situs airline. Pengguna cukup menggunakan sistem DOTA ini saja.

Pihak Tiket.com berharap sistem DOTA ini dapat memberikan sebuah solusi bagi calon wirausahawan yang ingin memulai sebuah bisnis pribadi, khususnya di bidang travel.

Bisnis Travel Agent sendiri diberitakan sedang meningkat tajam di Indonesia. Menurut data dari Tiket.com, Bandara Soekarno-Hatta menempati peringkat ke-9 di dunia dengan jumlah penumpang 52 juta orang di tahun 2011. Nilai tersebut memperlihatkan pertumbuhan 18,5 persen dari tahun 2010.

Selain itu, terdapat 15 persen peningkatan penumpang pesawat di penerbangan domestik dan juga adanya pertumbuhan jumlah penyewa kamar hotel selama 4 tahun belakangan sebesar 42 persen.

Inovator Alumni ITB Dapat Penghargaan GICA

Posted: 14 Feb 2013 08:03 AM PST

KOMPAS.com - Para inovator teknologi yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) mendapatkan penghargaan bernama Ganesha Innovation Championships Award 2013.

Di antara penerima penghargaan itu adalah motor berbagai gerakan komunitas yang berporos di social media. Dia adalah Ridwan Kamil, sosok yang dikenal aktif dalam @idberkebun alias Indonesia Berkebun dan Bandung Creative City.

Ridwan meraih medali perak dalam GICA 2013. Ia merupakan alumni Teknik Arsitektur ITB angkatan 1990.

"Seharusnya inovasi-inovasi yang dilakukan adalah yang menyangkut permasalahan orang banyak. Bukan hanya inovasi menara gading," tuturnya.

Peraih medali emas dalam GICA 2013 adalah I Gede Wenten. Wenten mengembangkan dan memiliki paten teknologi untuk membran penjernih air.

Di posisi kedua, medali perak, selain Ridwan terdapat juga I Made Arsawan yang mengembangkan Tenun Patra. Ini merupakan teknik dan desain tenun berlandaskan kekayaan budaya kriya asli Bali.

Dua medali perunggu direbut oleh Iskandar Budiarso Kuntoadji dan Andrias Wiji Setyo Pamuji.

Iskandar, pendiri Yayasan Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan (IBEKA), datang dengan inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro yang telah diterapkan di lebih dari 60 desa.

Andrias Wiji dikenal sebagai pengembang reaktor biogas dengan penerapan di berbagai daerah, antara lain: Ciater, Subang, Lembang, Pengalengan, Bojonegoro, Sampang Madura, Ngawi, dan Kebumen.

GICA 2013 melibatkan dewan juri yang beragam. Termasuk: Hanung Budya (Pertamina), Jusman Syafii Djamal (Telkom), Marzan Aziz Iskandar (BPPT), Ninok Leksono (Komite Inovasi Nasional/KIN) serta Prof. Wawan Gunawan (Wakil Rektor ITB).

Jusman Syafii Djamal, yang merupakan Komisaris PT Telkom, menyatakan acara ini bisa menjembatani antara inovasi dengan bisnis.

"Inovator di Indonesia itu banyak. Boleh dikatakan orang kreatif di Indonesia itu sangat banyak. Tapi sayangnya ekosistemnya belum terbangun," jelas Jusman.

GICA merupakan penghargaan untuk alumni ITB yang berhasil melakukan pengembangan masyarakat - baik sosial, ekonomi maupun budaya - dengan inovasi yang dimilikinya dan berpotensi dikembangkan lebih lanjut.

Kegiatan ini digagas oleh Ikatan Alumni (IA) ITB.  "Ajang ini sebagai usaha Ikatan Alumni ITB mendorong semakin banyak peran serta alumni ITB dalam berinovasi dan melakukan pengembangan masyarakat, memberikan semakin banyak manfaat untuk masyarakat," ujar Indra Utoyo, Pengurus IA ITB.

Yuk, Bikin Game untuk Inaicta 2013

Posted: 14 Feb 2013 07:31 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang kompetisi tahunan Indonesia Information and Communication Technology Award (Inaicta) 2013 resmi bergulir. Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 21 Februari hingga 31 Juli 2013 mendatang.

Seperti sebelumnya, Inaicta yang telah memasuki tahun ke tujuh ini akan melombakan karya-karya kreatif bidang komunikasi dan informasi teknologi yang terbagi dalam sejumlah kategori.

Tahun ini, untuk pertama kalinya Inaicta menyertakan kategori khusus game dan media digital interaktif untuk tingkat peserta pelajar dan mahasiswa.

Kategori game terbagi lagi menjadi tiga bagian, yaitu game untuk hiburan, untuk keperluan periklanan/ promosi dan edutainment atau pendikan.

"Kita juga ingin masuk ke edugames, untuk mewujudkan permainan yang tak hanya menghibur namun bisa ikut mencerdaskan siswa sekolah," ujar Ketua Pelaksanan Inaicta 2013 Andreas Surya dalam acara peresmian di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Rabu (14/2/2013) siang tadi.

Potensial dikembangkan

Terkait dengan karya game ini, khususnya online, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring yang hadir untuk meresmikan Inaicta 2013 mengatakan bahwa pembinaan game di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan. "Lihat saja jumlah pelanggan internet kita yang sudah mencapai 69,2 juta, potensi online ini sangat besar," katanya.

Tifatul menyatakan pihaknya siap memberikan dukungan bagi pengembangan karya peserta Inaicta khususnya para pemenang dengan cara menjembatani mereka dengan pelaku industri, baik industri internet, penyiaran, maupun telekomunikasi.

"Bentuk dukungan yang biasa kita lakukan adalah mengirim para pemenang Inaicta ini ke tingkat lebih lanjut di ajang Asia Pacific ICT Awards (APICTA)," ujar Tifatul.

Soal pengembangan teknopreneur di Indonesia saat ini, dia mengakui kendala utamanya terletak pada ketersediaan infrastrukur internet yang memadai. Kecepatan broadband, misalnya, baru tersedia di kota-kota besar saja.

 "Tapi Insya Allah tahun ini (2013 -red.) kita akan menciptakan Indonesia Connected untuk menyambungkan broadband hingga ke Papua, sehingga orang-orang dari daerah tak perlu lagi datang ke Jakarta atau pulau Jawa," lanjut Tifatul.

Di luar infrastruktur, kendala lain yang harus di atasi adalah dukungan industri di Indonesia yang dinilai Tifatul masih terlalu berorientasi pada keuntungan. Dia mangharapkan para pelaku industri bisa lebih mengangkat nilai-nilai, budaya dan identitas bangsa Indonesia dalam ekonomi broadband.

Maret, Indosat Jual BlackBerry Z10

Posted: 14 Feb 2013 06:30 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Indosat siap menjual ponsel pintar BlackBerry Z10 pada Maret 2013. Ini merupakan produk unggulan yang menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 dari perusahaan BlackBerry yang dulu bernama Reseacrh In Motion (RIM).

"Kami akan memasarkan BlackBerry Z10 pada akhir Maret," kata Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat dalam acara Indosat Ready Super Experience BlackBerry Z10 di Jakarta, Kamis (14/2/2013).

Dalam penjualan BlackBerry Z10 nanti, Indosat akan menyediakan paket bundel layanan seluler. Soal harga, Adrian belum bisa memastikan ponsel tersebut akan dibanderol berapa.

Indosat memprediksi BlackBerry Z10 di Indonesia bisa laris seperti di Inggris, negara pertama di dunia yang telah memasarkan BlackBerry Z10.

Indosat telah melakukan uji coba BlackBerry 10. Sistem operasi ini tak lagi membutuhkan layanan BlackBerry Internet Service (BIS) seperti yang diperlukan ponsel BlackBerry lawas yang bersistem operasi versi 7 atau di bawahnya.

Untuk menggunakan segala layanan yang menggunakan jaringan internet, termasuk email, BBM, berselancar internet, sampai jejaring sosial, pengguna BlackBerry 10 hanya perlu berlangganan layanan data dari operator. Dengan ini, sistem berlangganan data BlackBerry 1 sama seperti iPhone, Android, Windows Phone dan ponsel lainnya.

Berbagai update dan review KompasTekno atas BlackBerry Z10 dapat dilihat di Topik Pilihan BlackBerry 10.

No comments:

Post a Comment