KOMPASbola

KOMPASbola


Serba-serbi Rekor 301 Gol Messi

Posted: 16 Feb 2013 08:07 PM PST

GRANADA, KOMPAS.com - Dua gol Lionel Messi ke gawang Granada dalam laga Liga BBVA, Sabtu atau Minggu (17/2/2013) dini hari WIB, mengantarkan suntingan ke-301-nya bagi Barcelona. Ia menjadi pemain pertama yang membukukan torehan sebanyak itu bagi raksasa Catalan. Apa saja serba-serbi di balik rekor 301 gol Messi?

1. Gol debut Messi di Liga BBVA merupakan assist Ronaldinho dan dicetak ke gawang Albacete pada 1 Mei 2005. Pertandingan berakhir 2-0 untuk Barca dan Messi membobol gawang lawan pada menit ke-91.

2. Messi paling sering mencetak gol ke gawang Iker Casillas (17 gol), Andres Palop (12) plus Diego Alves, Dudu Aouate, dan Gorka Iraizoz (11).

3. Kostum tersering yang dipakai Messi untuk mencetak gol: biru-merah (234 gol), hijau tosca (15), kuning (13), oranye-kuning (13), dan hijau mangga (9).

4. Daftar gawang klub yang terkerap jadi sasaran Messi: Atletico Madrid (20 gol), Real Madrid (17), Osasuna (16) plus Sevilla dan Real Zaragoza (14).

5. Daftar pemberi assist terbanyak bagi Messi: Dani Alves (31 kali), Xavi Hernandez (28), Iniesta (27), Pedro Rodriguez (18), dan Thierry Henry (9).

6. Daftar kompetisi di mana Messi mencetak gol: Liga BBVA (206 gol), Liga Champions (56), Copa del Rey (24), Piala Super Spanyol (10), Piala Dunia Antarklub (4), dan Piala Super Eropa (1).

7. Granada adalah klub ke-14 Liga BBVA secara beruntun yang gawangnya dibobol Messi. Legenda Barcelona bernomor 14, Johan Cruyff, membukukan debutnya bersama Barcelona pada 1974, saat melawan Granada.

Roma dan Juventus Masih Tanpa Gol

Posted: 16 Feb 2013 07:33 PM PST

ROMA, KOMPAS.com - Juventus sementara bermain imbang tanpa gol dengan AS Roma hingga akhir babak pertama dalam lanjutan Serie-A di Stadion Olimpico, Sabtu atau Minggu (17/2/2013) dini hari WIB.

Kedua tim bermain dengan tempo cepat sejak awal pertandingan. Roma mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Pablo Daniel Osvaldo mendapatkan kesempatan pada menit ke-11. Namun, meski sudah melewati Buffon, peluang itu gagal karena tidak ada pemain di tengah kotak penalti Juventus yang menyambut umpan tariknya dari sisi kiri lapangan.

Meski sempat dalam tekanan, Juventus tak tinggal diam. Peluang terbaik tim tamu diperoleh Andrea Pirlo pada menit ke-19. Sayang, usaha mantan gelandang AC Milan tersebut masih belum membuahkan hasil karena bola tendangannya masih dapat ditepis kiper Roma, Maarten Stekelenburg.

Sepanjang babak ini, Roma dan Juventus lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah karena barisan pertahanan lawan masing-masing tampil cukup disiplin. Begitu juga dengan penampilan dua kiper masing-masing tim yang beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang mengamankan gawangnya.

Kedua tim terus mencoba mencetak gol hingga menit-menit akhir. Tetapi, sejumlah peluang yang dihasilkan gagal dikonversikan menjadi gol sehingga skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Menurut catatan Soccernet, selama paruh pertama, Juventus menguasai bola sebanyak 57 persen dan menciptakan dua peluang emas dari tujuh spekulasi. Adapun Roma melepaskan satu tembakan akurat dari enam percobaan.

Susunan Pemain
Roma:
24-Maarten Stekelenburg, 3-Marquinhos, 7-Marco Antonio de Mattos Filho, 35-Vasilis Torosidis, 8-Erik Lamela, 15-Miralem Pjanic, 16-Daniele De Rossi, 23-Ivan Piris, 29-Nicolas Burdisso, 9-Pablo Daniel Osvaldo, 10-Francesco Totti
Pelatih: Zdenek Zeman

Juventus: 1-Gianluigi Buffon, 4-Martin Caceres, 22-Kwadwo Asamoah, 26-Stephan Lichtsteiner, 6-Paul Pogba, 9-Mirko Vucinic, 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 23-Arturo Vidal, 21-Andrea Pirlo, 32-Alessandro Matri
Pelatih: Antonio Conte

Wasit: Gianluca Rocchi

Trigol Reus Antar Dortmund Hantam Frankfurt

Posted: 16 Feb 2013 07:19 PM PST

DORTMUND, KOMPAS,com - Juara bertahan Bundesliga dua musim terakhir, Borussia Dortmund, menunjukkan keperkasaannya di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu atau Minggu (17/2/2013). Eintracht Frankfurt yang datang dihantam tiga gol borongan Marco Reus, namun Die Borussen harus kehilangan satu pemainnya, saat laga baru setengah jam berjalan.

Kekalahan menyakitkan 1-4 dari Hamburg SV, akhir pekan lalu plus kehilangan Robert Lewandowski membawa motivasi tersendiri bagi skuad Juergen Klopp.

Hanya delapan menit, Mario Goetze mengirimkan umpan terobosan yang mengoyak format empat bek Frankfurt. Reus lolos dari jebakan offside. Ia tak memberi umpan Julian Schieber yang menggantikan Lewandowski yang tengah terkena sanksi, namun malah mengeksekusinya sendiri. Keputusan Reus tepat, jala Frankfurt koyak, dan Dortmund memimpin 1-0.

Dua menit kemudian, giliran Mats Hummels yang menyodorkan umpan terobosan kepada Reus. Kali ini, eks gelandang Borussia Moenchenglabach mengirimkan sepakan lengkung dan membuat kiper Frankfurt, Kevin Trapp, takluk untuk kali kedua.

Dortmund mendominasi, Situasi itu tampaknya membuat kepercayaan diri Schieber meluap. Hanya dalam rentang empat menit, ia mendulang dua kartu kuning dan membuatnya keluar hanya dalam tempo 30 menit pertama.

Namun, Frankfurt gagal merebut kendali permainan. Dortmund malah kian menggila dan memberi berbagai ancaman sporadis. Usaha keras Die Schwarzgelben terbayar pada menit ke-65. Umpan kreasi Ilkay Guendogan menyayat celah pertahanan Frankfurt dan membuat Goetze lolos. Dua bek lawan dilewati dan memberi umpan kepada Reus dan ia tak membuat kesalahan. Trigol pun tercipta dan itu adalah yang karya pertamanya untuk Dortmund.

Ironisnya, Frankfurt malah kian terpuruk setelah Takashi Inui dihadiahi kartu kuning kedua, saat waktu normal tinggal seperempat jam.

Hasil itu mempertahankan posisi kedua Dortmund dan menjaga jarak dengan Bayer Leverkusn di bawahnya plus pemuncak klasemen Bundesliga Bayern Muenchen. Frankfurt masih berada pada posisi keempat, namun defisit dengan peringkat kelima FSV Mainz menyusut menjadi tiga angka.

Susunan Pemain
Dortmund:
1-Roman Weidenfeller; 4-Neven Subotic, 6-Sven Bender, 26-Lukasz Piszczek, 29-Marcel Schmelzer; 8-Ilkay Guendogan (18-Nuri Sahin 89), 10     Mario Goetze (7-Moritz Leitner 82), 15-Mats Hummels, 16-Jakub Blaszczykowski (19-Kevin Grosskreutz 66); 11-Marco Reus, 23-Julian Schieber
Pelatih: Juergen Klopp

Frankfurt: 31-Kevin Trapp; 2-Carlos Zambrano, 6-Bastian Oczipka, 20-Sebastian Rode (22-Stefano Celozzi 80), 24-Sebastian Jung; 14-Alexander Meier, 16-Stefan Aigner (9-Olivier Occean 60), 23-Anderson, 27-Pirmin Schwegler; 8-Takashi Inui, 11-Srdjan Lakic (21-Karim Matmour 78)
Pelatih: Armin Veh

Kejutan, Barcelona Sementara Dipukul Granada

Posted: 16 Feb 2013 06:44 PM PST

GRANADA, KOMPAS.com - Barcelona sementara tertinggal 0-1 dari Granada hingga akhir babak pertama pada lanjutan Liga BBVA di Stadion Nuevo Los Carmenes, Sabtu atau Minggu (17/2/2013) dini hari WIB. Gol tunggal tuan rumah di babak ini dicetak Odion Ighalo.

Meski bermain di kandang lawan, Barcelona langsung menyengat di menit-menit awal. Umpan terobosan Lionel Messi kepada Alexis Sanchez hampir saja membuahkan hasil jika kiper Tono tidak sigap memotong bola sodoran tersebut saat laga baru berjalan lima menit.

Tapi, Granada tak tinggal diam. Satu menit berselang giliran Ighalo yang mengancam gawang Victor Valdes. Beruntung, kesempatan tuan rumah itu masih dapat digagalkan Sergio Busquets sehingga hanya menghasilkan lemparan ke dalam untuk Granada.

Memasuki pertengahan babak pertama, Barcelona mampu mengendalikan permainan dengan penguasaan bola di lapangan tengah. Beberapa kali, skuad asuhan Tito Vilanova itu pun menciptakan peluang berbahaya di jantung pertahanan Granada melalui aksi Messi, Pedro dan Sanchez.

Terus menekan, Barcelona justru lebih dulu kebobolan. Adalah Ighalo yang membuat pendukung tuan rumah bersorak setelah mampu menaklukkan Valdes usai memaksimalkan umpan tarik Nolito dari sisi kiri pertahanan Blaugrana pada menit ke-26.

Ketinggalan satu gol, tim tamu terus menggempur pertahanan Granada. Messi mendapatkan kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-37. Namun, lagi-lagi Tono tampil gemilang menahan bola tendangan pemain asal Argentina tersebut.  Skor 1-0 untuk tuan rumah pun bertahan hingga turun minum.

Susunan Pemain
Granada:
1-Tono, 2-Allan-Romeo Nyom, 6-Guillherme Siqueira, 8-Inigo Lopez, 14-Moreno Mikel Rico, 5-Mainz, 22-Gabriel Torje, 25-Odion Ighalo, 28-Recio, 7-Carlos Aranda, 10-Nolito
Pelatih: Juan Antonio Anquela

Barcelona: 1-Victor Valdes, 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 16-Sergio Busquets, 21-Adriano, 4-Cesc Fabregas, 11-Thiago, 14-Javier Mascherano, 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 17-Pedro
Pelatih: Tito Vilanova

Wasit: Carlos Del Cerro Grande

Alonso: Liverpool Harus Bersabar dengan Rodgers

Posted: 16 Feb 2013 06:42 PM PST

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Gelandang Real Madrid, Xabi Alonso, menilai mantan klubnya, Liverpool, harus sabar kepada pelatih Brendan Rodgers, yang tengah membangun skuad The Reds. Ia berharap Liverpool segera menemukan performa terbaiknya dan kembali bermain di Liga Champions.

Performa Liverpool musim ini memang belum maksimal. Apalagi, Steven Gerrard dan kawan-kawan hampir pasti tidak akan bermain di kompetisi Eropa musim depan. Pasalnya, hingga pekan ke-26 Si Merah masih bercokol di peringkat kesembilan Premier League dengan 36 poin.

Dalam laga terakhir Premier League, Liverpool pun menyerah 0-2 dari West Bromwich Albion pada 11 Februari 2013. Setelah itu, giliran Zenit St Petersburg yang mengempaskan Daniel Sturridge dan kawan-kawan 2-0 di Liga Europa.

"Bersama Brendan, Liverpool tengah membangun sebuah rencana. Mereka harus bersabar. Kami semua ingin melihat Liverpool kembali bertarung di Liga Champions," ujar Alonso.

Ia hijrah dari Anfield dan berlabuh ke Santiago Bernabeu pada 2009. Lima tahun berkostum Liverpool, pemain berusia 31 tahun itu mencetak 15 gol dari total 143 pertandingan.

"Aku masih memantau Premier League dan Liverpool masih melekat dalam benakku, aku juga mengikuti (pertandingan) mereka. Aku mengganggap diriku adalah penggemar Liverpool," kata Alonso.

Wenger: Wajar Arsenal Dicemooh Gooners

Posted: 16 Feb 2013 06:06 PM PST

LONDON, KOMPAS.com - Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, mengaku tak percaya skuadnya tersingkir dari Piala FA setelah dikalahkan Blackburn Rovers 0-1 di Stadion Emirates, Sabtu (16/2/2013). Karena itu, ia menilai wajar jika The Gooners --suporter Arsenal-- kecewa terkait hasil tersebut.

Gol tunggal Blackburn dicetak Colin Kazim-Richards pada menit ke-72. Pemain asal Turki itu membobol gawang tuan rumah memanfaatkan tembakan Martin Olsson yang diblok Wojciech Szczesny.

Menurut catatan Soccernet, sepanjang pertandingan, Arsenal menguasai bola 54 persen dan menciptakan 12 peluang emas dari 26 spekulasi. Adapun tim tim tamu melepaskan tiga tembakan dari enam percobaan.

"Saya tidak habis pikir bagaimana kami bisa kalah dalam i pertandingan itu. Kami banyak menguasai bola dan mereka hanya punya satu tendangan tepat ke arah gawang. Tetapi, mereka bertahan sangat baik dan ini adalah contoh laga yang dapat membuat Anda kalah jika melakukan kesalahan di barisan belakang seperti yang kami lakukan," ujar Wenger seperti dilansir BBC.

"Kami hanya kalah dalam pertandingan hari ini dan kami tidak ingin berpikir terlalu banyak mengenai delapan musim (tanpa trofi), pemain yang bermain hari ini tidak bermain pada delapan musim lalu. Kami harus fokus untuk pertandingan berikutnya," tambahnya.

Terkait dengan cemoohan The Gooners seusai pertandingan, Wenger mengatakan, "Apa yang Anda harapkan, orang akan bertepuk tangan ketika Anda kalah? (Cemoohan) itu sangat normal."

"De Gea, Calon Kiper Terbaik Dunia"

Posted: 16 Feb 2013 05:13 PM PST

MANCHESTER, KOMPAS.com - Bomber Manchester United, Javier "Chicharito" Hernandez, menuturkan David De Gea akan menjadi kiper nomor satu dunia dalam beberapa tahun mendatang. Kiper Spanyol itu, menurut striker dari Meksiko itu, merupakan penjaga gawang berkemampuan lengkap.

Performa apik De Gea mendulang pujian saat mengawal gawang Setan Merah ketika berhadapan dengan Real Madrid pada laga perdana 16 besar Liga Champions, di Santiago Bernabeu, Rabu (13/2/2013). Melihat laga yang berakhir 1-1 itu, Chicharito, menilai perkembangan De Gea sangat pesat.

"Setiap orang yang paham sepak bola tahu, De Gea kiper berkelas. Karena itu, Manchester United memboyongnya. Bagiku, dia adalah kiper lengkap. Anda bisa melihat penyelamatan gemilang yang dilakukannya, Rabu kemarin," ujar Chicharito.

"Beberapa orang menilai ketika dia berada di lapangan, antisipasi sepak pojok dan tendangan bebas adalah kelemahannya. Tetapi, aku pikir dia telah melakukan (kedua) hal itu dengan sangat hebat. Dalam beberapa tahun ke depan dia akan menjadi kiper nomor satu dunia," tambahnya.

De Gea sempat dikritik karena kerap melakukan blunder pada awal-awal kariernya di Old Trafford pada 2011, terutama saat mengantisipasi bola mati dan umpan lambung. Pelan tapi pasti, mantan penggawa Atletico Madrid itu mampu menepis kritik dengan penampilan konsisten dalam beberapa bulan terakhir.

"David sangat fokus dan tidak pernah peduli apa yang dibicarakan orang tentangnya. Dia punya kepercayaan diri yang besar. Dia hanya butuh bermain dan menikmati pertandingan, karena dia tahu dia dapat menjadi kiper nomor satu dunia," kata Chicharito.

No comments:

Post a Comment