KOMPAStekno

KOMPAStekno


Teknologi yang Bisa Dipakai, Sepatu GPS

Posted: 25 Dec 2012 02:03 PM PST

Pesta Natal yang meriah dan penuh dengan makanan serta minuman bisa membuat orang menjadi lelah, tertidur atau mabuk.

Untuk memastikan teman atau kerabat anda bisa pulang dengan selamat, kenapa tidak menghadiahi mereka sepasang sepatu dengan GPS?

Pembuat sepatu Inggris Dominic Wilcox terilhami film The Wizard of Oz untuk sepatu yang dinamakan "Tak Ada Tempat Seperti Rumah".

Seperti karakter utama Dorothy yang bisa kembali pulang ke rumah dengan mengetuk hak sepatu merahnya, sepatu ini juga dapat memandu pemakainya pulang.

Sepatu ini dilengkapi pembaca GPS yang diletakkan di hak sebelah kiri. Pemakai hanya perlu memasukkan tujuan mereka ke program komputer, lalu mengunduhnya ke sepatu menggunakan kabel USB.

Ketika berada di luar, mereka hanya harus mengetukkan hak sepatunya tiga kali untuk mengaktifkan sensor internal agar alat itu bekerja.

Sebuah antena yang disamarkan dalam sehelai kain di bagian belakang sepatu akan menghubungkannya dengan sinyal GPS.

Sepatu itu ditunjukkan di Festival Desain Londond an museum sepatu Northampton sebelum dipamerkan di eksibisi teknologi tahunan majalah Wired.

"Saya ingin menciptakan sepatu yang dapat saya pakai dan karya saya tampaknya menarik imajinasi orang sehingga ada kemungkinan akan diproduksi di masa depan," kata Wilcox pada BBC.

Kaos Facebook

Pemakai dapat mengunduh foto, kicauan di Twitter dan musik melalui kaos ini. Versi Android akan diproduksi dalam waktu dekat.

Kaos ini, kata pengarah kreatif Fransesca Rosella, adalah versi kaos iPhone dan harganya kurang lebih sama dengan ponsel pintar itu. Kaos ini akan dijual tahun depan.

Perusahaan tersebut juga membuat sebuah gaun Twitter, yang dikenakan oleh bintang pop dan juri X Factor Nicole Scherzinger.

Sebagaimana kaosnya, gaun itu juga bisa menjadi papan iklan berjalan untuk Twitter dan pada peluncuran jaringan 4G EE, para penggemar dapat mengirim tweet pada Nicole dan membaca pesan mereka di gaunnya.

Gaun ini jauh lebih bergaya dari pada kaos dan dihiasi ribuan kristal Swarovski dan merupakan satu-satunya di dunia.

Tahun depan, CuteCircuit juga ingin meluncurkan Hug Shirt atau Kaos Peluk, yang pada dasarnya merupakan kaos dengan sensor dan memungkinkan pengguna yang mengenakan pakaian serupa untuk mengirim pelukan yang bisa dirasakan oleh mereka. (BBC)

Apa yang Dicari Warga Indonesia di Internet?

Posted: 25 Dec 2012 01:28 PM PST

Seperti biasa setiap tahun, Google -mesin pencari internet yang paling banyak digunakan di dunia- mengeluarkan peringkat kata kunci yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Untuk Google Indonesia, daftar yang disebut Zeitgeist 2012 itu memperlihatkan kata kunci pada peringkat paling atas adalah Gangnam Style -yang merupakan Klik video pertama diklik You Tube yang ditonton 1 miliar orang.

Jadi bisa dikatakan warga Indonesia juga terkena demam aksi Psy, artis aliran musik Korea Selatan yang dikenal dengan istilah K-Pop.

Namun trending atau kecenderungan dalam proses pencarian di Indonesia sepanjang 2012 lebih didominasi oleh kata-kata kunci Indonesia dalam 10 peringkat teratas.

"Meskipun Gangnam Style nomor satu, cukup banyak istilah-istilah Indonesia, Klik seperti Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, Noah, dan Persib Bandung yang dicari orang Indonesia dengan menggunakan Google untuk mendapatkan informasi," tutur Vishnukari Mahmud, Direktur Komunikasi Google Indonesia kepada BBCIndonesia.com

Dan bagi warga Indonesia, Persib Bandung ternyata unggul dari klub-klub raksasa seperti Manchester United, Arsenal, maupun AC Milan.

"Indonesia kan negara yang gila sepak bola, yang nomor satu itu Persib Bandung. Jadi dari semua pencarian di internet sepanjang 2012 untuk olahraga, yang nomor satu Persib Bandung diikuti Manchseter United dan Arsenal. Jadi cukup tinggi animo masyarakat Indonesia untuk melihat-tim-tim mereka sendiri."

Perbedaan antar negara

Jika dilihat dari daftar 10 peringkat teratas pencarian secara umum, maka selain kelompok musik Noah -di peringkat dua- dan Jokowi -di peringkat lima- terdapat pula Coboy Junior, Indonesian Idol, Ayu Ting Ting, dan film horor: Nenek Gayung.

"Google Zeitgeist 2012 di negara-negara lain juga memperlihatkan bahwa masing-masing negara punya kecenderungan pencarian tersendiri," jelas Mahmud.

Mahmud menambahkan di Singapura, misalnya, kecenderungan paling tinggi adalah Olimpiade 2012 yang diikuti dengan Gangnam Style.

"Yang ngetrend untuk orangnya juga berbeda, dan perbedaan terlihat pula pada tim olahraga."

Salah satu kata kunci di Indonesia dalam 10 besar adalah Sukhoi, yang berada di peringkat sembilan dan Vishnukari Mahmud menegaskan hal itu berkaitan dengan Klik kecelakaan pesawat Sukhoi di Gunung Salak pada awal Mei 2009.

"Sukhoi menjadi tren pencarian yang cukup tinggi hingga akhir tahun ini," tambah Mahmud.

Zeitgeist 2012 dibagi dalam 11 kelompok dan selain pencarian umum ada juga untuk kategori orang Indonesia -Jokowi nomor satu- maupun orang di luar Indonesia -Whitney Houston paling atas- serta lagu, musisi, olahraga, maupun maskapai penerbangan. (BBC)

Peringkat pencarian umum
1. Gangnam Style
2. Noah
3. Tomcat
4. Coboy Junior
5. Jokowi
6. Indonesian Idol
7. Cherry Belle
8. Ayu Ting Ting
9. Sukhoi
10.Nenek Gayung

Sumber: Zeitgeist 2012, Google Indonesia

Selamat Tinggal Canon EOS 5D Mark II

Posted: 25 Dec 2012 01:12 PM PST


KOMPAS.com - Dalam dunia fotografi dan sinematografi, siapa tidak kenal Canon EOS 5D Mark II? Kamera dengan sensor full-frame ini mempelopori produksi film dengan DSLR karena mampu merekam video full-HD (1920x1080) dan menawarkan kontrol exposure dan audio manual.

Namun, tak lama lagi mungkin EOS 5D Mark II akan sulit ditemukan dalam kondisi baru. Pasalnya, Canon selaku produsen kamera ini dikabarkan telah menghentikan produksinya.

Dalam situs web Canon Jepang, nama EOS 5D Mark II tampak berada di antara kamera-kamera lain yang sudah discontinued, seperti EOS 50D dan EOS D60.

Ketika diluncurkan bulan September 2008 lalu sebagi penerus EOS 5D, Canon EOS 5D Mark II segera menjadi populer baik di kalangan fotografer maupun videografer karena mampu merekam video full-HD di samping foto ber-resolusi 21 megapixel.

Canon EOS 5D Mark II pun dipakai di sejumlah produksi acara TV, serial, hingga film Hollywood termasuk The Avengers, Saturday Night Live, dan House.

Di pasaran Indonesia sendiri, beberapa toko masih memajang Canon EOS 5D Mark II dengan banderol harga sekitar Rp 17 juta untuk versi body only dan Rp 25 juta untuk versi kit dengan lensa EF 24-105L F4 IS USM. Belum diketahui kapan kamera ini akan mulai "menghilang".

Sebagai gantinya, Canon sudah merilis penerus berupa kamera EOS 5D Mark III dan EOS 6D. Akan tetapi hingga kini harga kedua kamera tersebut masih lebih mahal dibandingkan EOS 5D Mark II. 

Apple dan Google "Bersaing" di Video Natal

Posted: 25 Dec 2012 01:52 AM PST

KOMPAS.com — Menyambut musim liburan, Google merilis video iklan bertema Natal yang dibintangi oleh—tak lain dan tak bukan—robot hijau Android dengan topi Sinterklas berwarna merah.

Dalam video yang bisa ditemukan di situs video sharing YouTube ini, diceritakan para pegawai Google sedang merayakan pesta Natal, sementara sang robot kecil Android memandang kemeriahan itu seorang diri dari atas sebuah meja.

Seseorang lalu berinisiatif menaruh perangkat-perangkat Android di sekeliling si robot hijau untuk menghangatkan suasana dengan menampilkan video-video bertema Natal.

Setelah itu, boneka-boneka "teman" si robot Android muncul dari sekeliling. Mereka menggunakan atribut ala musim dingin, seperti para pegawai Google yang berpesta.

Robot Android pun terkesan bahagia meskipun tak memiliki mulut yang bisa tersenyum.

Kantor Google sendiri sebenarnya berbasis di California yang tak mengalami hujan salju.

Sejauh ini, video tersebut sudah dilihat sebanyak 175.000 kali.

Selain Google, Apple juga mengunggah video iklan bertema Natal ke situs YouTube. Formatnya lebih sederhana dengan menampilkan dua perangkat iPad.

Pada salah satu iPad, tampak seorang anak perempuan menyanyikan lagu "I'll be Home for Christmas" untuk kakeknya lewat Facetime. Video ini sudah dilihat sekitar 275.000 kali.

Docking untuk Nexus?

Dalam videonya, Google seperti memperlihatkan perangkat dock untuk kedua tabletnya, Nexus 7 dan Nexus 10.

Nexus 7 tampak didudukkan pada sebuah perangkat docking mirip audio dock yang sempat dirumorkan sebelum peluncuran tablet ini pertengahan tahun lalu. Begitu terpasang, Google Music segera memutar lagu melalui Nexus 7.

Beberapa detik setelahnya, Nexus 10 menyusul didudukkan pada perangkat semacam docking.

Berbeda dengan Nexus 7, docking untuk perangkat dengan bentang layar 10 inci ini terlihat lebih kecil dibandingkan tablet yang bersangktuan, hanya berupa grip yang "memegang" tablet di bagian tengahnya.

Di samping video itu, belum ada informasi lebih lanjut mengenai perangkat-perangkat docking tersebut.

Nexus 7 ini sejauh ini baru diberikan aksesori berupa case pelindung dengan penutup layar oleh Google. Biasanya, aksesori pelengkap gadget Android memang baru akan dirilis beberapa waktu setelah perangkatnya diluncurkan setelah perangkat yang bersangkutan dipastikan banyak terjual.  

KakaoTalk Juga Bisa Potong Pulsa

Posted: 25 Dec 2012 12:28 AM PST


KOMPAS.com -
KakaoTalk mendukung pembayaran melalui metode potong pulsa bagi pengguna Telkomsel.

Hal itu bisa terjadi melalui kerjasama penyedia layanan pesan lintas platform asal Korea itu dengan Telkomsel.

"Bukan hanya untuk kenyamanan pengguna, saya percaya ini akan membantu membangun ekonomi digital melalui platform kami," kata Yojin Sohn, VP Global Business Development KakaoTalk.

Nah, untuk mendukung ekonomi digital itu, KakaoTalk akan menggelar kerjasama dengan artis Indonesia guna menghadirkan konten digital dengan rasa lokal.

Lewat platform KakaoTalk memang tersedia berbagai pernak-pernik virtual yang bisa digunakan saat saling berkirim pesan. Ini termasuk sticker, emoticon dan theme.

Misalnya, saat menyambut Natal dan Tahun Baru, KakaoTalk memperkenalkan berbagai pernak-pernik dengan tema Natal.

Nah, beberapa benda-benda digital itu lah yang kemudian bisa dibeli oleh pengguna KakaoTalk. Termasuk lewat metode potong pulsa dengan Telkomsel.

No comments:

Post a Comment