KOMPAStekno

KOMPAStekno


10 Artikel Paling Banyak Dibaca di Wikipedia Indonesia

Posted: 28 Dec 2012 10:35 AM PST

KOMPAS.com - Pihak Wikipedia memang tidak pernah secara resmi melansir data artikel yang paling sering dilihat. Namun, Wikipedia memberikan izin untuk mengakses data log files situs ensiklopedia tersebut.

Melalui log files ini, para peneliti dapat melihat berbagai data mengenai aktifitas pengguna Wikipedia, seperti seberapa banyak sebuah artikel diakses oleh pengguna.

Nah, berdasarkan log files tersebut, seorang programmer asal Swedia, Johan Gunnarsson, telah berbaik hati membuatkan daftar 100 artikel yang paling laris dibaca di tahun 2012 ini.

Gunnarsson membagi daftar tersebut berdasarkan dukungan bahasa yang tersedia di Wikipedia, seperti Inggris, Rusia, Vietnam, Turki, Italia, hingga Indonesia.

Lalu, artikel apa yang paling banyak dilihat di Wikipedia di Indonesia? Jejaring sosial Facebook ada di posisi pertama dengan jumlah pengakses sebanyak 1,3 juta, diikuti dengan "Indonesia" dengan jumlah 1,07 juta, dan YouTube dengan angka 1 juta.

Dikutip dari AllThingsD, Sabtu (29/12/2012) ada dua kemungkinan mengapa Facebook banyak diakses. Pertama, banyak orang yang "tersesat" ke Wikipedia. Pengguna tersebut diyakini mengetik kata "Facebook" di mesin pencari. Kemudian, artikel Facebook yang ada di hasil pencarian tersebut diduga sebagai situs asli.

Kemungkinan kedua, memang banyak orang yang tertarik dengan sejarah Facebook, seperti peraturan perusahaan tersebut, siapa pendirinya, dan sebagainya.

Kemungkinan besar, hal ini juga yang membuat YouTube ada di peringkat ketiga daftar tersebut.

Berikut daftar 10 artikel (beserta tautan artikelnya) yang paling banyak dilihat di Wikipedia pada tahun 2012 ini.

1. Facebook (Jumlah pembaca: 1.385.687)

2. Indonesia (Jumlah pembaca: 1.075.781)

3. YouTube  (Jumlah pembaca: 1.004.513)

4. Sepak bola (Jumlah pembaca: 627.080)

5. Bola Voli (Jumlah pembaca: 622.023)

6. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Jumlah pembaca: 561.052)

7. Bola basket (Jumlah pembaca: 531.309)

8. Sejarah Indonesia (Jumlah pembaca: 518.391)

9. Budaya (Jumlah pembaca: 515.960)

10. Soekarno (Jumlah pembaca: 506.893)

Jual Buku Tanpa Izin, Apple Didenda Rp 1,6 Miliar

Posted: 28 Dec 2012 09:25 AM PST

KOMPAS.com - Lagi-lagi sengketa hak cipta menimpa Apple. Kali ini, sebuah pengadilan di China meminta perusahaan peninggalan Steve Jobs itu membayar kompensasi kepada delapan penulis China dan dua perusahaan karena melanggar hak cipta mereka.

Para penulis ini mengklaim bahwa versi elektronik buku (ebook) karangan mereka dijual tanpa izin di toko online Apple iTunes Store.

Pengadilan memerintahkan Apple untuk membayar kepada mereka sebesar 1,03 juta yuan (sekitar Rp 1,6 miliar) sebagai kompensasi. Ini merupakan kedua kalinya Apple diharuskan membayar denda karena melanggar hak cipta di Negeri Tirai Bambu.

September lalu, sebuah pengadilan China memerintahkan Apple untuk membayar kompensasi sebesar 520.000 yuan atau sekitar Rp 800 juta kepada penerbit ensiklopedia China atas tuduhan pelanggaran hak cipta. Perusahaan teknologi AS itu mengajukan banding atas putusan tersebut.

Carolyn Wu, seorang juru bicara Apple mengatakan perusahaan sangat serius memperhatikan pelaporan masalah pelanggaran hak cipta.

"Kami selalu memperbarui layanan kami untuk semakin baik membantu pemilik konten dalam memproteksi hak cipta mereka," tambah dia.

Masih ingat? awal tahun ini, perusahaan ini juga menghadapi gugatan hukum dari perusahaan China yakni Proview. Perusahaan itu mengklaim memiliki utang atas hak cipta nama "iPad" di pasar China, setelah didaftarkan pada 2000.

Apple mengatakan telah membeli hak cipta global atas "iPad" dari Proview afiliasi di Taiwan seharga 55.000 dollar AS.

Bagaimanapun, perusahaan China menyatakan bahwa afiliasi tidak memiliki hak untuk menjual nama iPad di China, yang merupakan salah satu pasar produk Apple yang berkembang pesat.

Perselisihan antara dua perusahaan itu menyebabkan sejumlah iPad tidak dijual di sebagian wilayah China. Tapi akhirnya, Juli lalu, Apple sepakat untuk membayar 60 juta dollar AS kepada Proview untuk menyelesaikan perselisihan. (Dyah Megasari/KONTAN)

2012, Windows Phone Store Ketambahan 75.000 Aplikasi

Posted: 28 Dec 2012 08:41 AM PST

KOMPAS.com - Microsoft sedang sibuk membangun ekosistem aplikasi untuk sistem operasi ponsel pintar Windows Phone. Sepanjang 2012, perusahaan perangkat lunak raksasa itu mengklaim telah menambah aplikasi hingga dua kali lipat dari jumlah aplikasi yang ada sebelumnya di Windows Phone Store.

Dalam sebuah publikasi di blog resmi pengembang aplikasi Windows, Microsoft telah memberi sertifikasi dan menerbitkan lebih dari 75.000 aplikasi dan game baru untuk Windows Phone, dan ada lebih dari 300.000 update aplikasi. Sayangnya, Microsoft tak menyebut berapa total jumlah aplikasi yang tersedia di Windows Phone Store saat ini.

Rata-rata pengguna Windows Phone mengunduh 54 aplikasi untuk memperkaya pengalaman memakai.

Microsoft juga memperluas pilihan metode pembayaran atas aplikasi yang dibeli pengguna Windows Phone. Kini tersedia alternatif pembayaran melalui Paypal, Alipay, dan sistem potong pulsa (operator billing) hasil kerjasama dengan operator seluler.

Dalam 3 pekan, ada 6 operator seluler di dunia yang mendukung proyek potong pulsa Microsoft. Di Indonesia, baru XL Axiata yang menerapkan mekanisme potong pulsa pembelian aplikasi Windows Phone. Operator lain dikabarkan akan menyusul jejak XL.

Misi utama Microsoft dalam membangun ekosistem Windows Phone adalah, memberi pengalaman memakai aplikasi yang nyaman, percaya diri, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mereka juga memberi ruang inovasi dan peluang bisnis untuk pengembang aplikasi.

Microsoft mengatakan, pendapatan pengembang aplikasi Windows Phone meningkat 40% sejak diluncurkannya software development kit (SDK) Windows Phone 8 sebulan lalu.

Selain itu, Microsoft juga telah memperluas jangkauan toko aplikasi Windows Phone Store. Dari 35 negara pada awal tahun 2012, kini hingga akhir tahun Windows Phone Store telah dibuka di 191 negara.

Sistem operasi ponsel pintar Windows Phone 8 diumumkan pada Juni 2012, namun ia secara resmi dirilis pada 29 Oktober 2012. Terjadi banyak perubahan pada Windows Phone 8, antara lain mendukung penggunaan prosesor multi-core, resolusi layar yang lebih tinggi, dan mendukung penambahan kartu memori eksternal.

Di Windows Phone 8, Microsoft memutuskan untuk tak lagi menggunakan kernel (inti program) Windows CE. Windows Phone 8 kini menggunakan kernel Windows NT, sebuah kernel yang juga digunakan oleh sistem operasi Windows 8 untuk komputer dan tablet. Ini menyebabkan ponsel-ponsel Windows Phone versi 7 tak dapat diperbarui sistem operasinya ke Windows Phone 8.

Microsoft mengklaim, Windows Phone bukan sekedar ponsel pintar yang bisa menjalankan aplikasi. Lebih dari itu, ia adalah sebuah komputer yang bisa melakukan panggilan telepon.

Penerus Windows 8 Dirilis Pertengahan 2013?

Posted: 28 Dec 2012 07:23 AM PST

KOMPAS.com - Windows 8 baru saja diluncurkan beberapa bulan lalu pada akhir Oktober, tapi kabar soal generasi berikutnya dari sistem operasi besutan Microsoft itu sudah mulai beredar.

Menurut seorang anggota forum PCBeta yang dikutip oleh Phone Arena, penerus Windows 8 yang dikenal dengan sebutan "Windows Blue" juga memiliki alias lain, yaitu "Windows 9 Dev".

Windows Blue yang disebut akan menjadi Windows versi murah bakal memiliki tampilan antarmuka yang baru, termasuk perubahan platform dan harga. Microsoft sepertinya ingin agar semua orang dapat memakai Windows Blue dengan membanderol harga yang relatif murah atau bahkan gratis guna meningkatkan jumlah pengguna.

Seperti Windows Phone 8, sistem operasi ini dikatakan bakal memiliki tampilan Live Tiles, aplikasi yang ukurannya bisa diubah-ubah sesuai keinginan pengguna.

Microsoft juga disebut akan tetap mempertahankan lingkungan desktop seperti versi-versi Windows terdahulu, tapi akan ada perubahan tampilan interface agar terlihat lebih "flat" dan selaras dengan konsep visual yang diusung oleh user interface ala Metro.

Di dalamnya, Microsoft bisa jadi akan memakai kernel Windows baru, versi 6.3, yang akan membuat segalanya berjalan lebih mulus. Peningkatan lainnya termasuk dukungan untuk tablet berukuran 7 dan 8 inci, yang hingga saat ini masih belum ada di ekosistem Windows.

Menariknya, karena ingin versi Windows ini dipakai oleh sebanyak mungkin pengguna, Microsoft juga dikabarkan bakal menyalurkan update "Windows Blue" secara gratis sekitar pertengahan 2013 nanti.

Terungkap, Nilai "Uang Damai" RIM ke Nokia

Posted: 28 Dec 2012 06:40 AM PST

KOMPAS.com — Produsen BlackBerry Research in Motion (RIM) telah meneken perjanjian lisensi paten dengan Nokia pada Jumat (21/12/2012). Perjanjian ini berawal dari tuntutan Nokia atas teknologi jaringan nirkabel (wireless-LAN) miliknya yang dipakai di seluruh perangkat RIM dan bisa mengancam perangkat BlackBerry 10 yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Yang belum diketahui ketika itu adalah nilai perjanjian RIM dengan Nokia. Kini, dokumen FORM 6-K yang diajukan RIM ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat mengungkapkan jumlah 65 juta dollar AS atau sekitar Rp 627 miliar.

Angka tersebut adalah jumlah biaya sekali bayar (one-time payment) yang tercakup dalam laporan kuartal ketiga tahun fiskal 2013 RIM.

Dokumen itu tidak menjelaskan informasi finansial lain terkait perjanjian RIM-Nokia. Publik harus menunggu hingga tahun depan utuk mengetahui apabila RIM juga harus membayar biaya tahunan di samping one-time payment tersebut.

Nokia sendiri telah membatalkan semua tuntutan hukum atas RIM setelah tercapainya perjanjian itu sehingga BlackBerry 10 bisa melenggang bebas.

Perangkat BlackBerry 10 yang akan diluncurkan 30 Januari 2013 mendatang adalah harapan terakhir RIM untuk bisa melakukan comeback ke industri mobile yang kini didominasi oleh perangkat Android dan Apple. 

No comments:

Post a Comment