KOMPAStekno

KOMPAStekno


NatGeo Ancam Tutup Akun Instagram

Posted: 19 Dec 2012 09:36 AM PST


KOMPAS.com — "Anda menyetujui bahwa suatu entitas bisnis dibolehkan membayar Instagram untuk memasang foto Anda sehubungan dengan konten atau promosi berbayar atau yang disponsori tanpa kompensasi apa pun untuk Anda."

Kalimat baru yang ditambahkan dalam ketentuan penggunaan Instagram pada hari Senin (17/12/2012)  itu membuat heboh banyak pengguna yang menganggap bahwa Instagram bisa seenaknya menjual foto-foto yang di-posting ke layanan photo sharing populer itu.

Salah satunya adalah National Geographic, yang menggunakan username NatGeo. Institusi kenamaan itu mengunggah satu gambar berisi teks ke akun Instagram miliknya. Dikutip dari The Verge, dalam gambar tersebut National Geographic menyatakan telah menghentikan update posting Instagram. Pemicunya tak lain adalah ketentuan baru soal penggunaan foto itu.

"Kami sangat khawatir dengan arah ketentuan penggunaan yang baru. Kalau hal ini tidak berubah, kami akan menutup akun Instagram," tulis National Geographic dalam teks putih di latar hitam.

Akun Instagram National Geographic memiliki lebih dari 640 ribu follower. Selama ini akun tersebut banyak menyajikan foto-foto indah yang diambil di sejumlah tempat di seluruh dunia.

Dibantah Instagram

Pihak Instagram sendiri melalui CEO Kevin Systrom membantah bakal menjual foto pengguna kepada pihak ketiga tanpa disertai kompensasi.

"Ini tidak benar dan itu adalah kesalahan kami bahwa bahasa yang kami gunakan memang membingungkan," tulis Systrom dalam blog resmi perusahaannya. "Jelas saja, bukan niat kami untuk menjual foto Anda. Kami sedang bekerja memperbaiki bahasa agar semuanya menjadi jelas."

Facebook yang membeli Instagram pada Mei 2012  memang berencana menghasilkan uang dari layanan Instagram. Kebijakan syarat layanan baru yang cenderung melanggar hak kekayaan intelektual itu justru menjadi bumerang bagi Instagram. Banyak pengguna yang mengancam menutup akun dan memboikot. Untungnya, Facebook dan Instagram segera merespons dan mengklarifikasi.

Sebagai strategi iklan untuk mendapatkan uang, Instagram akan menampilkan gambar profil pengguna lain dan informasi tentang siapa yang mereka follow. Teknik ini mirip seperti iklan sponsored stories di Facebook.

Systrom pun berjanji tidak akan menampilkan foto iklan dalam lini masa (timeline) pengguna karena Instagram menghindari "spanduk" iklan.

Instagram kini memiliki 100 juta pengguna. Mulanya, kesepakatan akuisisi Instagram oleh Facebook mencapai 1 miliar dollar AS dalam bentuk tunai dan saham. Transaksi akuisisi diselesaikan pada September 2012 senilai 715 juta dollar AS. Jumlah tersebut turun seiring anjloknya nilai saham Facebook di bursa Nasdaq, New York, Amerika Serikat.

Inilah Sony Xperia yang Kebagian Jelly Bean

Posted: 19 Dec 2012 09:22 AM PST

KOMPAS.com - Sejumlah ponsel pintar Sony akan mendapatkan update Android 4.1 Jelly Bean pada 2013. Pemberian update sistem operasi tersebut sesuai dengan keinginan pengguna seiring dengan popularitas perangkat Android.

Dikutip dari Phone Arena, Rabu (19/12/2012), perangkat high-end Sony Xperia, seperti Xperia T, Xperia XT, dan Xperia V, akan mendapat giliran pertama untuk mendapatkan update ini. Ketiganya akan mendapat jatah Jelly Bean pada bulan Februari dan Maret.

Setelah update untuk ketiga perangkat tersebut usai, giliran Xperia J, Xperia P, dan Xperia go yang akan dihadiahi Jelly Bean pada bulan Maret 2013.

Pada batch terakhir, Sony akan menghadirkan Android 4.1 untuk perangkat Xperia S, Xperia SL, Xperia ion, dan Xperia acro S.

Selain mendapatkan update, produk-produk tersebut juga kabarnya akan mendapatkan fitur eksklusif buatan Sony. Sayangnya, Sony masih belum mau membeberkan detail fitur eksklusif seperti apa yang akan mereka hadirkan pada tahun 2013 nanti.

Sebagian besar Xperia yang diluncurkan pada tahun 2012 lalu memang beruntung untuk mendapatkan update ini. Namun, ada beberapa perangkat yang ditinggalkan oleh Sony. Perangkat-perangkat seperti Xperia U, Xperia miro, Xperia tipo, dan Xperia sola akan selamanya menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

BimaTri "Colek" Saat Kuota Internet Menipis

Posted: 19 Dec 2012 08:09 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Operator seluler Tri merilis aplikasi asisten pribadi digital BimaTri, Rabu (12/12/2012). Aplikasi ini mampu memberi notifikasi terkait informasi kuota internet yang tersisa.

Bima adalah singkatan dari broadband internet mobile assistant. Tersedia untuk perangkat BlackBerry, Android, iOS, serta untuk komputer bersistem operasi Windows dan Mac OS.

Pengguna terlebih dahulu harus log-in di aplikasi BimaTri. Ia memberi informasi seputar sisa pulsa, kuota internet, masa berlaku, akses gratis, dan notifikasi. Namun, notifikasi hanya dilakukan untuk kuota internet.

BimaTri juga bisa digunakan untuk membeli pulsa, membeli paket internet, paket BlackBerry, hingga paket AlwaysOn. Pembelian bisa dilakukan melalui Mandiri ClickPay serta kartu kredit Visa dan Master Card.

Uniknya, BimaTri dapat mengirim notifikasi sisa kuota untuk mengingatkan pengguna agar tak kehabisan kuota.

Deputy General Manager Value Added Service & User Experience Tri, Hiro Whardana, mengatakan, aplikasi ini dikembangkan oleh dua perusahaan pengembang aplikasi, yaitu Altermyth dan LinkIT. "Pengembangan dilakukan selama 2,5 bulan. Lalu percobaan 6 bulan," kata Hiro di sela acara peluncuran BimaTri.

Sepekan setelah dirilis, BimaTri telah diunduh 130 ribu kali. Pengunduh terbanyak berasal dari perangkat Android, yaitu 60%. Pengunduh terbanyak kedua berasal dari komputer Windows dan Mac, diikuti oleh BlackBerry dan Apple iOS.

Saat ini, BimaTri belum tersedia untuk sistem operasi Windows Phone dan Nokia. Hal ini dikarenakan hanya sedikit pengguna Tri yang menggunakan Windows Phone, begitu pun pengguna Nokia yang masih sedikit memakai layanan internet Tri.

ZTE Hadirkan Ponsel Jelly Bean Murah di Indonesia

Posted: 19 Dec 2012 07:32 AM PST


JAKARTA, KOMPAS.com
— Hari Rabu (19/12/2012) ini, ZTE resmi memperkenalkan ponsel berbasis Android terbaru mereka di Indonesia, Grand X.

Berbeda dari Grand X versi global, Grand X versi Indonesia ini hadir dengan berbagai peningkatan, terutama dari segi sistem operasi.

Apabila versi global menggunakan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), versi Indonesia ini dipersenjatai dengan Android 4.1.1 Jelly Bean.

ZTE pun berani mengklaim bahwa Grand X ini merupakan ponsel pintar dengan pre-installed Jelly Bean pertama di seluruh dunia, setelah seri Google Nexus.

"Ini sangat istimewa. Launching di Indonesia ini adalah launching dari produk ZTE dengan sistem operasi Jelly Bean pertama di seluruh dunia," kata Susanto Sosilo, Direktur Divisi Terminal ZTE Indonesia.

"Di pasaran kebanyakan ponsel pintar menggunakan Android 4.0 ICS. Kemudian, baru di-update ke Jelly Bean setelah disediakan oleh vendor. Sedangkan Grand X sudah hadir dengan Jelly Bean, langsung setelah keluar dari pabrik," papar Sosilo.

Uniknya, perangkat ini tidak dibanderol dengan harga yang terlalu tinggi. ZTE menjual Grand X ini dengan harga Rp 2,3 juta.

Walaupun memiliki harga yang tidak terlalu tinggi, Grand X hadir dengan jeroan yang cukup bertenaga. Smartphone yang satu ini sudah dibekali dengan prosesor ARM Cortex A9 1GHz dual-core, GPU PowerVR SGX 531, dan RAM 512MB.

Selain itu, perangkat ini pun sudah dilengkapi dengan layar IPS berukuran 4,3 inci dengan resolusi QHD 960 x 540 piksel dan kepadatan yang mencapai 256ppi. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas 1600 mAh.

ZTE Grand X ini dipersenjatai dengan kamera 5 megapiksel pada bagian belakangnya. Sayangnya, produk ini tidak dilengkapi dengan kamera bagian depan. Selain itu, Grand X ini sudah mendukung penggunaan dua kartu (dual-SIM).

Angry Birds Star Wars Sambangi Facebook

Posted: 19 Dec 2012 07:16 AM PST

KOMPAS.com – Tidak hanya melalui perangkat tablet dan smartphone, kini game Angry Birds Star Wars sudah bisa langsung dimainkan melalui browser di komputer atau laptop. Mulai hari ini, Rabu (19/12/2012), Rovio sudah resmi meluncurkan game ini untuk jejaring sosial Facebook.

Apa yang berbeda dari Angry Birds versi Facebook dengan versi mobile? Secara gameplay, game versi Facebook ini tidak menghadirkan suatu hal yang berbeda. Namun, karena hadir di jejaring sosial, Rovio banyak memasukkan unsur sosial dalam versi tersebut.

Sama dengan game Angry Birds untuk Facebook lainnya, para pemain dapat membandingkan skor yang mereka raih bersama dengan teman.

Para pemain juga dapat mengirimkan hadiah dalam permainan (in game gifts) ke teman Facebook yang juga memainkan game ini.

Rovio menjamin para pemain game versi Facebook ini tidak akan pernah kebosanan. Rovio berjanji untuk menghadirkan lima level baru setiap minggunya.

Selain itu, Rovio juga akan mengadakan sebuah kompetisi mingguan antar-teman dengan item dalam permainan (in-game item) sebagai hadiahnya. Rovio juga telah menambahkan tiga kemampuan baru, seperti Blaster Droid, Lightsaber Sling, dan Thermal Detonator.

Angry Birds Star Wars di Facebook dapat dimainkan dari tautan berikut ini.

Aplikasi Angry Birds Star Wars pertama kalinya diluncurkan pada 8 November 2012 yang lalu. Aplikasi ini berhasil mencetak rekor tersendiri bagi Rovio karena mampu menjadi nomor satu di Apple App Store hanya dalam waktu 2 jam setelah perilisannya.

Game ini juga sudah hadir di nyaris semua platform, seperti iOS, Android, Windows Phone, Kindle Fire, Mac, PC, dan Windows 8.

No comments:

Post a Comment