KOMPAStekno

KOMPAStekno


Indonesia Masih Didominasi "Feature Phone"

Posted: 21 Nov 2012 10:28 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut laporan IDC Asia Pacific, di kuartal ketiga tahun ini, pengkapalan produk telepon seluler di pasaran Indonesia mencetak rekor dengan jumlah 15.5 juta unit. Angka tersebut mencerminkan pertumbuhan 13 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya (quarter-on-quarter) dan 14 persen year-on-year.

Dari angka keseluruhan itu, ponsel jenis feature phone (ponsel dengan kemampuan dasar) masih memberikan kontribusi terbesar dengan 87,33 persen atau sekitar 13,5 juta unit, berbanding 2 juta unit dari jenis smartphone (12,67 persen).

"Di pasar negera berkembang seperti Indonesia, feature phone  masih menjadi pilihan utama karena menyediakan akses langsung ke  berbagia jaringan sosial. Hal ini terutama terjadi di daerah-daerah (rural regions)," ujar Head of IDC Indonesia Operations Sudev Bangah dalam acara diskusi media di Jakarta, Rabu (21/11/2012).

IDC sendiri mendefinisikan feature phone sebagai ponsel dengan sistem operasi non-evolved seperti S40, ROTC, atau yang lebih tua. Sementara ponsel yang dikategorikan sebagai smartphone menggunakan sistem operasi evolved seperti BlackBerry OS, Android, dan iOS.

Menurut IDC, pasar feature phone didominasi segelintir vendor seperi brand lokal Cross dan Mito yang disebut sudah mulai mengancam produsen populer seperti Nokia dan Samsung di segmen ini.

Ditambahkan oleh Market Analyst for Client Devices Research IDC Indonesia Darwin Lie, merek-merek lokal kesulitan bersaing di segmen smartphone karena para brand asing menawarkan model-model dengan harga bersaing. "Ditambah lagi, di segmen smartphone, pengguna masih peduli merk, tidak seperti feature phone," imbuhnya,

BlackBerry 10 Terlihat Bersama Bold 9700

Posted: 21 Nov 2012 09:43 AM PST

Justin Sullivan/Getty Images/AFP

CEO Research in Motion (RIM) Thorsten Heins memamerkan fitur-fitur baru BlackBerry 10 di konferensi BlackBerry Jam 2012 di San Jose, AS, pada 25 September 2012.

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Research in Motion (RIM) telah mengumumkan akan meluncurkan smartphone dengan sistem operasi BlackBerry 10, pada 30 Januari 2013 mendatang.

RIM pun berjanji, perangkat BlackBerry dengan BB10 segera tersedia segera setelah acara peluncuran tersebut. Ini berarti, perangkat tersebut baru akan tersedia paling cepat pada Februari 2013.

Namun, tak perlu menunggu selama itu untuk melihat seperti apa wujud dari smartphone BlackBerry 10 tersebut. Seperti dilansir CrackBerry, salah satu model BB10 yang akan diluncurkan RIM tahun depan kembali bocor dan tersebar di internet.

Perangkat tersebut adalah BlackBerry 10 seri L yang memang paling sering foto-fotonya bocor di internet.

BlackBerry seri L merupakan ponsel dengan layar sentuh sepenuhnya (full touchscreen), tidak memiliki keyboard fisik seperti umumnya ponsel BlackBerry.

Pada "kebocoran" kali ini, BlackBerry seri L ini terlihat berdampingan dengan BlackBerry Bold 9700. Sebelumnya, ponsel seri ini pernah juga disandingkan dengan iPhone 5.

Berikut foto-foto yang tersebar di internet tersebut:

Terungkap, Prosesor Tablet Masa Depan Intel

Posted: 21 Nov 2012 08:37 AM PST


KOMPAS.com - Seri prosesor Cortex dari ARM saat ini mendominasi lanskap industri perangkat mobile, tetapi Intel terus berusaha meraih pangsa pasar lewat produk-produknya.

Melalui serangkaian slide presentasi yang bocor dan beredar di internet, terungkap bahwa salah satu produsen prosesor terbesar di dunia ini sudah menyiapkan sejumlah produk masa depan untuk segmen tablet.

Pada 2014 mendatang, Intel berencana merilis prosesor Bay Trail, penerus seri prosesor Clover Trail yang menjadi andalan Intel sekarang. Kabarnya, saat ini pun Intel sudah terlibat pembicaraan dengan para vendor perangkat yang tertarik menggunakan prosesor masa depan itu.

Bay-Trail-T-3-1024x576
(Gambar: mobilegeeks.com)

Dibanding pendahulunya, Bay Trail yang dikemas dalam SoC bernama Valleyview-T ini mengusung sejumlah peningkatan seperti proses fabrikasi yang diciutkan dari 32 nanometer menjadi 22 nanometer sehingga bisa meminimalisir penggunaan daya dan memperpanjang daya tahan baterai.

Bay-Trail-T-4-1024x576
(Gambar: mobilegeeks.com)

Inti CPU yang tertanam di Bay Trail berjumlah empat buah (quad-core), dan berjalan dengan kecepatan 2,1 GHz. Peningkatan kinerja yang dihasilkan dibanding Clover Trail, menurut Intel, mencapai kisaran 50-60 persen.

Adapun pemroses grafisnya disebut menggunakan "Intel Gen 7 graphics" yang disinyalir tak lain merupakan Intel HD 4000 yang saat ini digunakan di  seri prosesor desktop Ivy Bridge dari perusahaan yang sama.

Bay-Trail-T-4-1024x576
(Gambar: mobilegeeks.com)

Pemroses grafis ini disebut cukup kuat untuk menangani display resolusi tinggi hingga 2560x1600 dan playback video full-HD 30 FPS tanpa mengorbankan daya tahan baterai ataupun menghasilkan panas berlebih, serta memiliki dukungan API Direct X 11.

Bay-Trail-T-2-1024x576
(Gambar: mobilegeeks.com)

Fitur lain yang juga disebutkan adalah dukungan perekaman video 3D 1080p dalam frame rate 60 FPS.

Intel diperkirakan bakal membuat pengumuman terkait dengan prosesor baru ini pada CES 2013 Januari mendatang di Las Vegas.

Pasca Damai, HTC Bantah Bayar Mahal ke Apple

Posted: 21 Nov 2012 07:45 AM PST

KOMPAS.com - Produsen ponsel pintar HTC mengaku senang bisa berdamai dengan Apple dalam sengketa hak paten teknologi global dan perjanjian lisensi selama 10 tahun.

Perusahaan asal Taiwan ini membantah rumor yang menyebut Apple tetap meminta bayaran lisensi paten dari HTC.

Dengan adanya perjanjian damai, Apple dan HTC resmi mencabut semua tuntutan hukum di pengadilan. Namun, dalam perjanjian itu tak menyebutkan biaya yang harus dibayar HTC atas kerugian yang dialami Apple, seperti yang dituntut terhadap Samsung dan Motorola Mobility.

Seorang analis pasar memprediksi Apple tetap minta bayaran lisensi paten sekitar 6 dollar AS sampai 8 dollar AS untuk setiap penjualan ponsel pintar Android dari HTC. CEO HTC mengatakan, hal tersebut merupakan prediksi yang keterlaluan.

"Menurut saya estimasi tersebut tak berdasar dan sangat, sangat salah. Ini adalah angka yang terlalu besar," kata Chou di Tokyo, Jepang, Selasa (20/11/2012).

Ia enggan mengomentari angka dan spekulasi lain yang terus bermunculan. "Saya percaya kami memiliki penyelesaian yang sangat, sangat menyenangkan dan akan berakhir baik," lanjutnya.

Perang paten antara Apple dan HTC terjadi sejak 2010 lalu, di mana Apple menuding HTC melanggar paten teknologi milik Apple. Selain HTC, Apple juga mengajukan gugatan paten produsen Android lain yaitu Samsung dan Motorola Mobility.

Yuk, Main Bola Bersama Mombi

Posted: 21 Nov 2012 07:10 AM PST

KOMPAS.com – Mombi's Goal, game mobile untuk platform iOS dari Publisher Digital Eight mulai dijual di Apps Store iOS (iPhone, iPad, dan iPod) pada 10 November 2012. Game puzzle ini dibintangi tokoh dari majalah Mombi, terbitan Kelompok Kompas Gramedia.

Game ini dikembangkan oleh Manticore Studio, developer tanah air yang juga mengembangkan game Digital Eight, The Great Adventure: Bona and Friends. Mombi's Goal tersedia dengan harga Rp. 9.500 untuk versi biasa dan Rp. 29.000 untuk versi High Definition (HD). Versi HD menawarkan tampilan yang jauh lebih baik dan lebih jernih.

Bentuk permainan Mombi's Goal terbilang mudah dipahami tetapi cukup menantang. Menurut Digital Eight, game ini cukup banyak menarik animo pengunjung pada Jakarta Game Show 2012.

Konsep permainan Mombi's Goal cukup sederhana: pemain harus membantu Mombi untuk memasukkan bola ke gawang dengan tiga kali kesempatan menembak. Namun, jalur ke arah gawang kerap dihalangi oleh beragam rintangan sehingga membutuhkan kemampuan menyelesaikan persoalan melalui sudut pantul.

Untuk membuat permainan lebih menarik, pemain dapat menemukan beragam benda tersembunyi. Mombi's Goal menantang pemain untuk mengumpulkan kostum baru dan bonus lainnya yang menarik.

Game ini dapat diperoleh melalui Apple App Store pada tautan berikut ini: https://itunes.apple.com/id/app/mombi-goal/id575488705?mt=8 untuk versi biasa dan https://itunes.apple.com/id/app/mombi-goal-hd/id575477136?mt=8 untuk versi HD.

Digital Eight merupakan penerbit game dari Kelompok Kompas Gramedia, korporasi yang sama yang menaungi Kompas.com.

No comments:

Post a Comment