KOMPAStekno

KOMPAStekno


Remaja 16 Tahun Bobol Windows Phone 8

Posted: 19 Nov 2012 09:21 AM PST


KOMPAS.com - Seorang remaja berusia 16 tahun mengklaim, dirinya berhasil membobol keamanan sistem operasi ponsel pintar Windows Phone 8. Ia berhasil membuat perangkat lunak yang dapat mencuri data penting pengguna Windows Phone 8.

Dia adalah Shantanu Gawde yang berasal dari India. Dengan perangkat lunak yang mengandung program rancangannya, Gawde dapat mencuri informasi kontak, data pribadi, dan gambar dari ponsel Windows Phone 8.

Tapi, Gawde tak akan menggunakannya untuk aksi kriminal. Justru, ia ingin mengungkap cara, dan memberi tahu kelemahan Windows Phone 8 itu kepada Microsoft dalam konferensi keamanan Malcon 2012 yang diselenggarakan di New Delhi, India, 23 November mendatang.

Pihak Microsoft sudah mengetahui rencana tersebut, dan siap mempelajari presentasi yang dipaparkan Gawde.

Meski terbilang muda, tapi Shantanu Gawde bukanlah nama baru dalam dunia peretas (hacker). Ia mendapat Sertifikat Pengembang Aplikasi Microsoft saat berusia 7 tahun. Di India, Gawde sering dijuluki "peretas muda beretika," lantaran ia mampu merancang program jahat yang berbahaya, namun ia tak memanfaatkannya untuk tindakan kriminal.

Pada 2011 lalu, Gawde meretas kontroler pendeteksi gerak dan suara Kinect buatan Microsoft, untuk mencuri foto tanpa sepengetahuan pengguna dengan memanfaatkan program jahat yang berjalan di komputer bersistem operasi Windows 7.

Galaxy S4 Pakai Layar 5 Inci Beresolusi 1080p?

Posted: 19 Nov 2012 08:24 AM PST

KOMPAS.com - Pada pertengahan bulan September lalu, tersiar kabar yang menyatakan kalau Samsung sedang mengembangkan penerus Galax S III, yaitu Galaxy S4. Smartphone tersebut pun digadang-gadang akan menjadi pesaing utama iPhone 5.

Samsung pun langsung bergerak cepat dengan menanggapi rumor tersebut. Melalui akun Twitter-nya, Samsung Korea membantah berita yang sudah ramai dibicarakan di dunia maya tersebut.

Samsung memang sudah terang-terangan menyanggah rumor tersebut. Namun, hal tersebut tidak membuat rumor ini mereda. Bahkan, kabarnya, Samsung sudah siap untuk memamerkan produk ini pada ajang Consumer Electronic Show (CES) di As, pada Januari 2013 mendatang.

Menurut orang dalam Samsung yang tidak mau diungkap namanya, seperti dikutip dari Tech Radar, Senin (19/11/2012), Samsung Galaxy S4 dikabarkan akan memiliki layar dengan ukuran 4,99 inci, sedikit lebih besar dari layar Galaxy  S III, 4,7 inci.

Samsung akan menggunakan layar AMOLED dengan tingkat kerapatan 441ppi. Kerapatan layar tersebut jauh lebih tinggi dari iPhone 5 (326ppi) dan sedikit lebih tinggi dari HTC Droid DNA (440 ppi).

Layar Samsung Galaxy S4 nantinya sudah mendukung resolusi Full HD atau 1080p (1920 x 1080).

Kabarnya, Samsung Galaxy S4 akan beredar di pasaran pada kuartal 2 tahun 2013.

Persaingan perangkat smartphone dengan layar besar memang sedang marak terjadi. Beberapa waktu yang lalu, HTC baru saja meluncurkan Droid DNA, smartphone dengan layar sebesar 5 inci yang juga mendukung resolusi Full HD.

Perusahaan elektronik raksasa asal Jepang, Sony, juga dikabarkan sudah bersiap di peperangan smartphone berlayar besar melalui produk yang dinamakan Yuga. Sama seperti Droid DNA, produk yang satu ini memiliki layar berukuran 5 inci dan resolusi layar Full HD.

Walaupun menghadapi banyak pesaing, Samsung diprediksi akan unggul dari para pesaingnya karena menggunakan layar yang lebih baik dari pesaingnya. Samsung menggunakan layar berjenis AMOLED, sedangkan pesaingnya menggunakan layar dengan jenis LCD.

Apple Gugat Galaxy S III, Samsung Tuntut iPhone 5

Posted: 19 Nov 2012 07:42 AM PST

KOMPAS.com - Hakim Paul Grewal dari pengadilan AS mempersilakan Apple dan Samsung untuk menambah daftar perangkat mobile yang dianggap melanggar paten kedua belah pihak.

Samsung menambah iPhone 5 dalam gugatan di AS, begitupun Apple yang menggugat Galaxy S III dan Galaxy Note 10.1.

Gugatan disampaikan setelah kedua perusahaan melakukan penyelidikan teknologi yang dianggap melanggar paten, dan melontarkan argumen di depan hakim.

Pada kesempatan itu, Apple juga menggugat Android 4.1 (Jelly Bean). Karena, sistem operasi mobile ini berjalan di Galaxy Note 10.1.

Namun, nampaknya Hakim Grewal tidak setuju dengan argumen Apple yang hendak menggugat Android Jelly Bean kepada Samsung. Menurutnya, Android Jelly Bean adalah produk buatan Google, bukan Samsung.

"Samsung tak memiliki kontrol desain atas isi Android Jelly Bean, karena ini adalah produk Google di mana Samsung tidak bisa mengembangkannya," demikian pendapat Hakim Grewal dalam sebuah pernyataan. Pengadilan hanya mengizinkan gugatan yang benar-benar terkait dengan Samsung.

Pada Agustus lalu, setelah menjalani sidang selama sebulan, Dewan Juri dari Pengadilan Federal San Jose menyatakan Samsung melanggar 6 dari 7 paten smartphone Apple. Perusahaan asal Korea Selatan ini juga diminta membayar denda 1,051 miliar dollar AS (sekitar Rp 9 triliun).

Namun, Dewan Juri tidak menyatakan bahwa tablet Galaxy Tab melanggar paten Apple.

Keputusan Dewan Juri ini belum "diketuk palu" oleh Hakim Lucy Koh, yang memimpin persidangan. Sidang kasus ini bakal dilanjutkan pada Desember 2012.

Samsung sedang berusaha melawan penilaian Dewan Juri. Sementara Apple, akan berusaha memblokir secara permanen produk Samsung yang dinyatakan melanggar paten.

Selain di AS, sengketa hukum antara Apple dan Samsung juga berlangsung di Inggris, Jerman, Belanda, Australia, dan Korea Selatan.

"Rapat Ahok-Dinas PU" Ditonton 1 Juta Kali di YouTube

Posted: 19 Nov 2012 07:06 AM PST

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok


JAKARTA, KOMPAS.com — Video pertemuan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, yang diunggah ke YouTube pada 9 November 2012, telah ditonton lebih dari 1 juta kali.

Pada rapat tersebut, pria yang akrab disapa Ahok ini meminta Dinas PU DKI Jakarta memotong anggaran belanja 2013 hingga 25 persen.

Video berjudul "08 Nov 2012 Wagub Bpk Basuki T Purnama Menerima Paparan Dinas Pekerjaan Umum" menjadi populer karena ramai dibicarakan di media massa. Dari 103 video yang diunggah oleh akun Pemprov DKI di YouTube, video rapat Basuki dengan Dinas PU DKI Jakarta berhasil jadi yang terlaris.

Hingga Senin (19/11/2012) pukul 2 siang, video berdurasi 46 menit ini telah ditonton 1.189.409 kali, mendapat 13.696 like, dan 180 dislike. Selain itu, ada 7.542 komentar yang ditinggalkan pengguna YouTube.

Dalam video tersebut, Basuki mengatakan, pihaknya sengaja merekam dan mengunggah video rapat yang membahas anggaran DKI Jakarta. "Ini kita siarkan ke YouTube. Saya tidak ingin semua pembicaraan saya tidak diketahui semua orang. Semua jelas. Jadi, mulai hari ini, pembahasan anggaran di DKI semua transparan, terbuka," ujar Basuki.

Ia pun menginginkan agar semua anggaran itu ditayangkan di situs web internet.

Serius Bikin Hardware, Microsoft Tak Lupakan Teman

Posted: 19 Nov 2012 06:06 AM PST

KOMPAS.com - Suka atau tidak, Microsoft terus mengeksplorasi peluang-peluang lain untuk memajukan bisnisnya di bidang produksi perangkat keras (hardware), usai meluncurkan tablet Surface beberapa waktu lalu.

"Jelas bahwa ada kesempatan di bidang hardware dan software yang mesti dimanfaatkan oleh perusahaan kami," ujar CEO Microsoft Steve Ballmer saat berbicara di sebuah acara di California Rabu lalu, seperti dikutip oleh Phone Arena.

Kiprah Microsoft di industri hardware berpotensi mengancam bisnis  para rekanannya sendiri yang juga memproduksi perangkat keras -utamanya tablet- berbasis sistem operasi Windows.

Acer, salah satu rekanan lama Microsoft, misalnya, mengkritik langkah perusahaan itu terjun ke bisnis hardware dan memutuskan untuk menunda perilisan tablet dengan sistem operasi Windows RT.

Sadar akan hal tersebut, Ballmer berusaha tidak mengesampingkan teman setianya alias para vendor rekanan Microsoft yang masih setia memproduksi perangkat keras dengan sistem operasi bikinan perusahaan itu.

"Saya berharap para partner kami akan tetap menguasai sebagian besar pangsa pasar perangkat berbasis Windows dalam ima tahun ke depan," katanya.

Microsoft sendiri dikabarkan tengah menguji purwarupa perangkat ponsel pintar berbasis Windows Phone yang juga bernama "Surface".

Sebelumnya, hardware bikinan Microsoft, Xbox, menuai sukses dengan berhasil menjadi konsol game paling laku di Negeri Paman Sam.

Di bisnis perangkat mobile, perangkat dengan sistem operasi Windows Phone andalah Microsoft masih tertinggal dibanding para pesaingnya, dengan pangsa pasar global hanya 2,4 persen menurut data kuartal ketiga 2012 dari Gartner

Sistem operasi Windows Phone 8 berikut Windows RT yang baru diluncurkan beberapa waktu laludiharapkan bakal mengubah peruntungan perusahaan itu di bisnis perangkat mobile yang hingga kini masih didominasi produk Android dan Apple.

No comments:

Post a Comment