KOMPAStekno


KOMPAStekno


Posted: 16 Nov 2012 09:54 AM PST
KOMPAS.com - Ternyata desain "sudut membulat" bukan satu-satunya hal biasa yang bisa dipatenkan. Sebuah pengembang game bernama Ravensburger baru-baru ini dikabarkan mendapat hak cipta atas kata "memory" dalam judul game.
Karena itulah, Ravensburger yang menguasai hak cipta atas kata tersebut mengimbau pengembang (developer) lain agar menarik aplikasi yang mengandung kata serupa di bagian judulnya dari App Store Apple.
Hak cipta Ravensburger diakui di 42 negara, termasuk Perancis, Mesir, Jerman, Spanyol, Brazil, Korea Selatan, dan Turki. Apple sendiri disebutkan telah meneruskan imbauan Ravensburger tersebut ke sejumlah developer agar menarik aplikasi-aplikasinya dari App Store di negara-negara tersebut.
Ravensburger adalah perusahaan asal Jerman yang menjual sebuah boardgame populer bernama "Memory".
Darren Murtha, seorang developer yang menciptakan game berjudul "Preschool Memory Match" mengatakan bahwa dia akan menarik aplikasinya dari ke-42 negara tempat berlakunya hak cipta Ravensburger."
"Kami berencana mengganti judulnya di negara-negara tersebut, dan mengunggah versi baru awal tahun depan," ujarnya, seperti dikutip situs developer game Gamasutra.
Penarikan game dengan judul yang mengandung kata "memory" dari App Store kabarnya akan dilaksanakan sebelum akhir 2012.
Posted: 16 Nov 2012 08:23 AM PST
KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) akhirnya mengungkap tanggal perilisan sistem operasi dan perangkat BlackBerry (BB) 10. Perusahaan asal Kanada tersebut akan meluncurkan keduanya secara bersamaan pada 30 Januari 2013 mendatang.
Ada dua model perangkat BB 10 yang akan dikenalkan, satu model layar sentuh penuh dan satu lagi dengan papan ketik fisik.
Perangkat BB 10 komersil pertama dengan model layar sentuh penuh dikenal dengan nama kode London. Penampakan BlackBerry London ini sudah beberapa kali muncul di dunia maya.
Beberapa waktu yang lalu, kembali muncul penampakan perangkat BlackBerry misterius, yang diduga BB London, di internet. Bedanya, seperti dikutip dari BGR, Jumat (16/11/2012), kali ini BB 10 disandingkan dengan smartphone teranyar Apple, iPhone 5.
Dari gambar yang diambil BBin, situs para pecinta BB India, terlihat kalau ponsel Blackberry tersebut memiliki layar yang lebih besar dari iPhone 5. Memang, kabarnya, BB London akan menggunakan layar sebesar 4,2 inci yang mampu menampung resolusi 1280 x 768.
Dari segi prosesor, London diyakini akan menggunakan prosesor dual core 1,5GHz. RAM yang digunakan sebesar 1GB dengan memori internal berkapasitas 16 GB. Selain itu, terdapat slot microSD dan kamera belakang sebesar 8 megapiksel.
Posted: 16 Nov 2012 07:46 AM PST

KOMPAS.com —
Setelah platform mobile terbaru Microsoft, Windows Phone 8, diluncurkan, apa kata bos raksasa software itu mengenai dua saingan besarnya, Android dan iOS?
Dalam sebuah wawancara dengan Reid Hoffman yang dipublikasikan oleh situs TechCrunch, Rabu (14/11/2012), CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan bahwa Android terlalu "liar dan tidak terkontrol", sementara Apple "terlalu ketat dan terlalu mahal".
Ballmer mengacu pada fragmentasi pada platform Android yang berujung pada masalah kompatibilitas dan malware yang menyebar luas.
Apple disebutnya menarik harga yang terlalu mahal untuk perangkat mobile, mencapai kisaran 1.000 dollar AS untuk satu unit iPhone di beberapa negara, seperti Rusia.
"Bagaimana caranya untuk mendapatkan kualitas tanpa harus membayar mahal ataupun berada dalam ekosistem yang dikontrol terlalu ketat?" tanyanya. Dia kemudian menyebutkan bahwa platform Windows Phone milik Microsoft sendiri menyediakan yang terbaik dari kedua dunia itu.
Meski begitu, Ballmer mengakui bahwa masih tertinggal jauh untuk saat ini dengan penguasaan pasar smartphone global hanya 2,4 persen pada kuartal ketiga 2012, menurut data dari Gartner.
Dia mengatakan bahwa Windows Phone membutuhkan waktu untuk membuktikan diri. "Tantangannya adalah bagaimana meraih 10 persen dari pasar smartphone, lalu kami akan berusaha mendapatkan 15 persen, lalu 20 persen. Kami tak bermimpi bisa dapat 60 persen dalam satu hari."
Sebagai gambaran mengenai posisi Windows Phone saat ini di industri mobile, berikut data dari Gartner yang dipublikasikan November 2012.
gartner-2_1
Posted: 16 Nov 2012 07:02 AM PST

KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) terus mendorong keberadaan aplikasi di toko aplikasi BlackBerry AppWorld sebelum sistem operasi dan perangkat BlackBerry 10 datang.
RIM mengaku fokus pada kualitas aplikasi, bukan kuantitas, namun tetap menjangkau kebutuhan lokal.
CEO RIM Thorsten Heins menyadari bahwa koleksi aplikasi memainkan peran penting dalam keberhasilan atau kegagalan smartphone. Namun, ia menegaskan, permainannya bukan hanya tentang angka.
"Taktik kami adalah menyebar kebutuhan aplikasi berdasarkan negara dan wilayah. Kami ingin menyediakan 200 hingga 400 aplikasi penting, karena banyak aplikasi yang bersifat regional dan mereka benar-benar memiliki rasa regional," ujar Heins seperti dikutip dari Reuters, Kamis (15/11/2012).
RIM berusaha menawarkan aplikasi yang populer di pasar, dan yang relevan dengan kebutuhan sehari-hari untuk menyelesaikan sesuatu.
Perusahaan asal Kanada ini memproyeksi ada 100.000 aplikasi saat BlackBerry 10 hadir pada 30 Januari 2013. Jumlah ini masih jauh jika dibandingkan dengan jumlah aplikasi di Apple App Store dan Google Play Store yang telah mencapai angka 700.000 aplikasi.
Heins tidak khawatir dengan jumlah tersebut. "Lihatlah berapa banyak sebenarnya yang bisa diunduh. Hingga hari ini BlackBerry AppWorld masih jadi tempat paling menguntungkan bagi pengembang aplikasi, dengan jumlah bayaran yang tinggi," tegas Heins.
RIM telah menyatakan niatnya untuk terus menggenjot jumlah aplikasi bisnis, hiburan, dan game, yang bekerjasama dengan perusahaan dan pengembang aplikasi besar. RIM juga rajin menggelar kompetisi pembuatan aplikasi dan memperkenalkan alat perangkat lunak untuk membangun aplikasi BlackBerry 10, termasuk di Indonesia.
"Kami telah menggelar 30 konferensi pembuatan aplikasi di berbagai kota di seluruh dunia, untuk memenuhi kebutuhan pengguna atas aplikasi lokal. Ini adalah pendekatan yang sangat, sangat memiliki target," jelas Heins.
Ia mengaku, nasib RIM di masa depan bergantung pada keberhasilan BlackBerry 10. Ia optimis sukses bisa diraih karena RIM mendapat umpan balik yang positif dari para mitra. RIM juga menjalin kerjasama dengan perusahaan operator seluler, di mana saat ini perangkat BlackBerry 10 sedang diuji coba oleh 50 operator seluler di beberapa negara, termasuk Indonesia.
Besar harapan perangkat BlackBerry 10 dapat mengembalikan pangsa pasar RIM di pasar global yang direnggut oleh iPhone dan Android.
Di pasar global, BlackBerry pernah menjadi smartphone pilihan utama bagi para elit pemerintah dan korporasi, karena dapat memberi jaminan kemanan berkomunikasi.
Posted: 16 Nov 2012 06:43 AM PST
KOMPAS.com — Awalnya, iMac versi terbaru dikabarkan akan hadir di toko ritel pada 27 November mendatang. Namun, sebuah berita dari situs Perancis, MacBidouille, seperti dikutip dari 9to5mac, Jumat (16/11/2012), berkata lain.
Kemungkinan besar, dua seri terbaru iMac, dengan layar 21,5 inci dan 27 inci, ini baru akan hadir pada 2013 mendatang. Mengapa?
Menurut MacBidouille, pihak produsen mengalami kesulitan dalam merakit perangkat terbaru ini. iMac seri teranyar tersebut memang hadir dengan desain yang baru. Untuk memproduksi perangkat ini, dibutuhkan proses laminasi yang lebih tipis. Oleh karena itu, durasi produksi yang dibutuhkan semakin panjang.
iMac baru ini diperkenalkan di tengah meriahnya pengumuman iPad Mini, Selasa (23/10/2012) di San Jose, California.
Ini merupakan iMac pertama yang diluncurkan Apple sejak tiga tahun lalu. Apple kali terakhir mengumumkan lini baru iMac pada tahun 2009.
Dari generasi sebelumnya, iMac baru ini hadir dengan ukuran tubuh yang lebih ramping. Produk baru iMac ini memiliki ketebalan 5 mm saja.
Ada dua versi yang diperkenalkan, model dengan layar 21,5 inci dan 27 inci. iMac versi 27 inci menggunakan resolusi 2560 x 1440. Adapun versi 21,5 inci hadir dengan resolusi 1920 x 1080.
iMac versi 21,5 inci paling standar dibekali prosesor Intel Core i5 2,7 GHz Ivy Bridge, RAM 8 GB, dan hard disk 1TB. Perangkat ini dibanderol dengan harga mulai dari 1.299 dollar AS.
Adapun iMac versi 27 inci dilengkapi prosesor Intel Core i5 2,9 GHz dan spesifikasi RAM dan hard disk yang sama dengan versi 21,5 inci. Perangkat ini dihargai mulai dari 1.799 dollar AS.

No comments:

Post a Comment