KOMPASbola

KOMPASbola


Kalah Telak, Lyon Gagal Geser PSG

Posted: 25 Nov 2012 07:05 PM PST

TOULOUSE, KOMPAS.com - Olympique Lyon gagal mengambil kesempatan merebut kembali singgasana Ligue 1. Bertandang ke Stadium Municipal, Toulouse, Lyon takluk dari tuan rumah dengan skor telak 0-3, Minggu (25/11/2012).

Malang bagi Lyon, setelah sempat menahan gempuran Toulouse sepanjang babak pertama, babak kedua bagai "neraka" untuk Les Gones. Toulouse berhasil mencetak seluruh gol kemenangan melalui Wissam Ben Yedder pada menit ke-50 dan ke-87, dan Etienne Capoue pada menit ke-90.

Gol pertama Ben Yedder lahir berkat kreasi pemain sayap, Franck Tabanou pada menit ke-50. Sayap lincah berkaki kidal itu mengirimkan umpan silang akurat yang sukses dimaksimalkan sundulan Ben Yedder untuk membuka skor pertandingan.

Upaya Lyon membalas gol Ben Yedder justru menjadi bumareng. Keasyikan menyerang, lini belakang Lyon lengah pada menit ke-87. Ben Yedder dengan mudah menceploskan bola ke gawang Remy Vercoutre dari skema serangan balik.

Jelang laga berakhir, publik Municipal kembali bersorak. Kali ini, kapten Etienne Capoue yang menggetarkan jala tim tamu. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Toulouse 3-0.

Kekalahan tersebut membuat Lyon terpaku di urutan ketiga dengan 25 poin, sama dengan perolehan poin Saint-Etienne di peringkat kedua. Les Gones kini berjarak satu poin dari pimpinan klasemen Paris Saint-Germain.

Susunan pemain
Toulouse (4-2-3-1):
30-Ali Ahamada; 34-Jonathan Zebina, 19-Christopher Aurier, 23-Aymen Abdennour, 12-Cheikh M'Bengue; 8-Etienne Didot (14-Francois Siriex 83), 29-Etienne Capoue; 17-Adrien Regattin (25-Daniel Bratten 75), 22-Moussa Sissoko, 10-Franck Tabanou (27-Yannick Djalo 79); 7-Wissam Ben Yedder
Pelatih: Alain Casanova

Lyon (4-2-3-1): 1-Remy Vercoutre; 14-Mouhamadou Dabo, 15-Milan Bisevac, 23-Samuel Umtiti, 20-Luciano Monzon (25-Yassine Benzia 81); 6-Gueida Fofana (33-Clinton Mua Njie 71), 21-Maxime Gonalons; 10-Alexandre Lacazette, 8-Yoann Gourcuff (7-Grenier Clement 70), 17-Steed Malbranque; 18-Bafetimbi Gomis
Pelatih: Remi Garde

Wasit: Philippe Kalt

Rodgers: Liverpool Main Bagus

Posted: 25 Nov 2012 05:38 PM PST

SWANSEA, KOMPAS.com - Pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, menilai pasukannya tampil bagus pada laga Premier League melawan Swansea City yang berakhir 0-0, di Liberty Stadium, Minggu (25/11/2012).

Itu adalah kunjungan pertama Liverpool ke Liberty Stadium, sejak 13 Mei 2012. Saat itu, Swansea yang masih ditangani Rodgers, menang 1-0.

"Saya sangat senang dengan kualitas permainan kami hari ini. Menurut saya, permainan kami bagus dan kami juga mampu masuk sepertiga lapangan atas," ujar Rodgers.

"Saya hanya berpikir, kami hanya perlu sebagian kecil pemain lebih percaya diri di sepertiga lapangan atas. Ada kesempatan di sekitar kotak penalti, di mana kami bisa bergerak sedikit lebih cepat."

"Itu muncul dari tipe pemain tertentu dan personel yang Anda miliki."

"Menurut saya, metode dalam permainan kami bagus dan orang yang telah melihat pertandingan pada (13 Mei 2012) telah melihat perbedaan hari ini, semoga."

"Kami tidak beruntung dengan gol yang dianulir karena off-side. Menurut saya, setelah melihat rekamannya, itu adalah gol."

"Namun, saya tak akan pernah mengatakan bahwa kami kehilangan dua poin pada pertandingan ini karena ini adalah tempat yang sulit."

"Level performa kami terus meningkat. Kami hanya kesulitan memperbaiki posisi di klasemen dan kami akan berusaha mengatasi itu," tuturnya.

Tundukkan Tim Sekota, Spurs Tempel Arsenal

Posted: 25 Nov 2012 05:10 PM PST

LONDON, KOMPAS.com - Tottenham Hotspur sukses menaklukkan klub asal London, West Ham United, 3-1, dalam lanjutan Premier League di Stadion White Hart Lane, Minggu (25/11/2012). Kemenangan tersebut membawa Spurs ke peringkat ke-7 dengan 20 poin.

Pada pertandingan kontra The Hammers, gol-gol bagi Tottenham disumbangkan striker Jermain Defoe pada menit ke-44 dan ke-64. Serta satu gol lain dilesakkan Gareth Bale pada menit ke-58. Sementara gol West Ham diciptakan Andy Carroll pada menit ke-82.

Pasukan Andre Villas-Boas mengawali pertandingan dengan baik. Dua peluang emas langsung tersaji melalui upaya Defoe dan Bale. Namun, sepakan Defoe pada menit ke-6, dan tendangan jarak jauh Bale, lima menit berselang, masih bisa digagalkan kiper West Ham, Jussi Jaaskelainen.

Pada akhirnya, gol yang ditunggu publik White Hart Lane terjadi satu menit jelang turun minum. Turun menjemput bola sampai ke tengah lapangan, Defoe lantas mengelabui dua pemain West Ham. Mantan pemain The Hammers itu menggiring bola dan mengecoh satu lagi pemain belakang West Ham sebelum melepaskan tembakan akurat yang merobek jala lawan.

Keunggulan satu gol pada babak pertama bertambah setelah jeda. Tepatnya pada menit ke-58, Bale memastikan gol kedua Tottenham usai menerima umpan manis Clint Dempsey.

Dempsey kembali menjadi kretor gol ketiga Tottenham yang lagi-lagi dicetak Defoe. Umpan manis Aaron Lennon membuat Defoe dengan mudah membobol gawang West Ham. Namun, sebelum mengirimkan umpan kepada Defoe, Lennon mendapat umpan terukur dari Dempsey di tengah lapangan.

Memasuki menit ke-82, West Ham memperoleh gol hiburan. Umpan silang Mark Noble, disambut sundulan Carroll yang membuat kiper Hugo Lloris mati langkah dan gagal menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Hingga bubaran, skor tetap 3-1 untuk kemenangan Tottenham.

Kemenangan pada laga London Derby itu membawa Tottenham ke urutan ketujuh dengan 20 poin. Spurs menempel Arsenal dengan poin sama, namun sang rival unggul selisih gol dan berada tepat di atasnya. Sementara West Ham turun satu strip ke posisi kedelapan dengan 19 poin.

Susunan pemain
Tottenham (4-2-3-1):
25-Hugo Lloris; 28-Kyle Walker, 20-Michael Dawson, 33-Steven Caulker, 5-Jan Vertonghen; 6-Tom Huddlestone, 30-Sandro (29-Jake Livermore 86); 7-Aaron Lennon (19-Moussa Dembele 79), 2-Clint Dempsey, 11-Gareth Bale; 18-Jermain Defoe (22-Gylfi Sigurdsson 90)
Manajer: Andre Villas-Boas

West Ham (4-4-1-1): 22-Jussi Jaaskelainen; 2-Winston Reid, 5-James Tomkins, 17-Joey O'Brien, 3-George McCartney;11-Modibo Maiga (7-Matt Jarvis 32), 16-Mark Noble, 21-Mohamed Diame, 32-Gary O'Neil (14-Matt Taylor 55); 4-Kevin Nolan (9-Charlton Cole 69); 8-Andy Carroll
Manajer: Sam Allardyce

Wasit: Andre Marriner

Mourinho Salahkan Jadwal Pertandingan

Posted: 25 Nov 2012 04:43 PM PST

SEVILLA, KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, menyalahkan jadwal pertandingan yang menyebabkan timnya kalah dari Real Betis di Stadion Benito Villamarin, Sabtu atau Minggu (25/11/2012) dini hari WIB. Gol tunggal Benat Etxeberria pada menit ke-17, memaksa Madrid pulang dengan tanpa hampa.

Los Blancos hanya mendapat istirahat tiga hari untuk bersua Betis pascalaga melawan Manchester City di Liga Champions. Sementara Barcelona, yang juga bertanding pada Rabu di kompetisi Eropa melawan Spartak Moskwa, mendapat istirahat empat hari sebelum bertemu Levante di Liga BBVA, Minggu atau Senin (26/11/2012) dini hari WIB.

"Saya mencoba bersikap obyektif dan adil saat tim saya kalah. Saya juga mencoba tak mencari alasan apapun. Tetapi jelas, pemain yang baru bermain pada Rabu, seharusnya tak bertanding hari ini (Sabtu)," tandas Mourinho usai laga.

"Tim lain dapat mengontrol pertandingan dibandingkan kami. Tetapi, kami berbicara mengenai profesional dan jika Anda lebih lelah dari biasanya, maka Anda perlu menggunakan kualitas lain, seperti ambisi, pengorbanan, dan mental yang kuat. Saat saya melihat petenis Radek Stepanek bermain tiga laga Piala Davis dalam tiga hari, jangan katakan pemain yang lebih muda tak bisa bermain pada Rabu dan Minggu," jelasnya.

"Hanya saya yang berbicara mengenai pengaturan jadwal, seperti halnya hanya saya yang berbicara mengenai wasit setelah laga di Manchester. Karena itu, saya orang yang jahat dalam cerita ini," pungkas Mourinho.

Raphael Gembira Cetak Gol Perdana

Posted: 25 Nov 2012 04:33 PM PST

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Bek tim nasional Indonesia, Raphael Guillermo Eduardo Maitimo, senang bisa mencetak gol di pertandingan perdananya bersama skuad "Garuda" saat bermain imbang 2-2 lawan Laos di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (25/11/2012).

Raphael mencetak gol penyeimbang kedudukan 1-1 pada menit ke-40. Pemain kelahiran Belanda tersebut berhasil memanfaatkan bola mental sundulan Bambang Pamungkas untuk menorehkan namanya di papan skor.

"Aku sangat-sangat senang. Ini adalah perasaan yang amat menggembirakan," ujar Raphael kepada wartawan seusai pertandingan di Stadion Bukit Jalil, Minggu malam.

Terkait posisi barunya sebagai bek kanan, Raphael menuturkan tidak masalah. Pemain yang sejatinya berposisi sebagai gelandang ini mengaku telah beradaptasi dengan pola permainan dan taktik yang diterapkan Pelatih Nil Maizar.

"Itu (bek kanan) bukan posisi baru seperti yang kalian lihat. Itu bukan masalah karena aku biasa bermain sebagai gelandang sayap. Jadi, tidak masalah," kata pemain berusia 28 tahun ini.

Chelsea Kesulitan pada Paruh Pertama Debut Benitez

Posted: 25 Nov 2012 03:59 PM PST

LONDON, KOMPAS.com - Chelsea bermain imbang 0-0 dengan Manchester City, hingga akhir babak pertama pertandingan Premier League, di Stamford Bridge, Minggu (25/11/2012). Ini adalah laga pertama Chelsea sejak dilatih Rafael Benitez.

Bermain di kandang sendiri, Chelsea banyak tertekan. Untung saja, tim tamu melakukan kesalahan pada umpan-umpan krusial, sehingga banyak serangan berakhir tanpa eksekusi. Peluang yang tercipta pun tak sangat menyusahkan Petr Cech.

Pada menit kelima, misalnya, berawal dari lepasnya bola dari penguasaan David Luiz, David Silva memimpin serangan City. Silva mengakhiri pergerakannya dengan melepas umpan ke arah Pablo Zabaleta, tetapi dipangkas oleh Ashley Cole.

Pada menit ke-21, David Silva menyundul umpan silang Zabaleta. Usaha ini hanya membuahkan tendangan sudut. Lima menit kemudian, giliran Sergio Aguero yang melihat bola hasil tembakannya diblok Cesar Azpilicueta.

Menjelang menit ke-30, Chelsea mulai keluar dari tekanan City dan melancarkan serangan. Namun, belum lagi menciptakan ancaman serius, Chelsea kecolongan serangan City pada menit ke-37. Sebuah kerja sama Zabaleta dan Edin Dzeko berakhir dengan lepasnya tembakan dari Zabaleta. Namun, Cech bisa menjinakkan ancaman itu.

Chelsea akhirnya mendapatkan peluang pada menit ke-40. Dipercaya mengeksekusi tendangan bebas, David Luiz melesatkan bola ke gawang lawan. Meski akurat, tembakannya bisa dijinakkan Jose Hart.

Setelah Cech menyelamatkan gawang dari tembakan Aguero pada menit ke-42, Chelsea mencoba menekan. Meski bisa mencegah lawan menyerang, usaha Chelsea tak membuahkan peluang baru, hingga peluit turun minum berbunyi.

Chelsea: 1-Petr Cech; 2-Branislav Ivanovic, 3-Ashley Cole, 4-David Luiz, 28-Cesar Azpilicueta; 7-Ramires, 10-Juan Mata, 12-John Mikel Obi, 17-Eden Hazard; 9-Fernando Torres, 11-Oscar

Man City: 1-Joe Hart; 4-Vincent Kompany, 5-Pablo Zabaleta, 13-Aleksandar Kolarov, 33-Matija Nastasic; 7-James Milner, 18-Gareth Barry, 21-David Silva, 42-Yaya Toure; 10-Edin Dzeko, 16-Sergio Agüero

Wasit: Chris Foy

No comments:

Post a Comment