KOMPASbola

KOMPASbola


Sementara, Spartak Remuk di Tangan Barcelona

Posted: 20 Nov 2012 04:58 PM PST

MOSKWA, KOMPAS.com - Barcelona unggul 3-0 atas Spartak Moskwa hingga akhir babak pertama dalam matchday kelima Grup G Liga Champions, Selasa atau Rabu (21/11/2012). Sepasang gol tim tamu diberondongkan Lionel Messi. Sedangkan sisanya ditorehkan Daniel Alves.

Meski bermain di kandang lawan, Barcelona langsung mengebrak pada menit-menit awal pertandingan. Laga baru berjalan 16 menit, Alves akhirnya berhasil membuka keunggulan "Blaugrana" setelah berhasil memanfaatkan bola muntah hasil usaha Messi.

Unggul satu gol, Barcelona tidak menurunkan intesitas serangan. Kombinasi Messi, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta berkali-kali melakukan serangan berbahaya di jantung pertahanan Spartak. Tim berjuluk "Spartachi" itu pun kesulitan untuk mengambil bola dari penguasaan para pemain Barcelona.

Pada menit ke-27, Messi memperbesar keunggulan Barcelona menjadi 2-0. Menerima umpan Iniesta, ia langsung menendang bola ke arah gawang. Usaha itu berhasil dihalau kiper Andriy Dykan. Namun, dengan cepat bintang asal Argentina tersebut menyambar bola tepisan Dykan untuk mencatatkan namanya di papan skor.

Unggul dua gol, membuat mental pemain Spartak menurun. Satu-satunya peluang terbaik tim tuan rumah didapat  Emmanuel Emenike pada menit ke-35. Namun, usahanya itu belum membuahkan hasil karena bola tendangannya hanya melayang tipis di atas mistar gawang Victor Valdez.

Enam menit menjelang turun minum, Messi kembali memaksa kiper Dykan untuk memungut bola dari gawangnya untuk ketiga kalinya setelah berhasil memaksimalkan umpan matang Pedro Rodriguez. Skor 3-0 untuk Barcelona pun bertahan hingga turun minum.

Menurut catatan UEFA, selama pertandingan Barcelona menguasai bola sebanyak 64 persen dan melepaskan lima tembakan akurat dari enam percobaan. Adapun tim tuan rumah menciptakan empat peluang tanpa satu pun tepat mengarah ke gawang.

Susunan Pemain
Spartak (4-2-3-1):
31-Andriy Dykan, 34-Evgeniy Makeyev, 2-Juan Insaurralde, 17-Marek Suchy, 23-Dmitriy Kombarov, 6-Rafael Carioca, 21-Kim Kallstrom, 7-Kirill Kombarov, 19-Jose Jurado, 9-Ari, 29-Emmanuel Emenike

Barcelona (4-3-3): 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 16-Sergio Busquets, 6-Xavi Hernandez, 4-Cesc Fabregas; 17-Pedro Rodriguez, 8-Andres Iniesta, 10-Lionel Messi

Wasit: Ivan Bebek (Kroasia)

Susunan Pemain BATE Vs Lille

Posted: 20 Nov 2012 03:53 PM PST

BORISOV, KOMPAS.com - Berikut susunan pemain BATE Borisov dan Lille yang akan bertanding di Stadion Dynamo, Selasa atau Rabu (21/11/2012) dini hari WIB pada matchday kelima Grup F Liga Champions.

Susunan Pemain
BATE (4-3-3):
35-Andrey Gorbunov; 14-Artyom Radkov, 18-Maksim Bordachev, 21-Yegor Filipenko, 33-Denis Polyakov; 8-Aliaksandr Volodko, 23-Edgar Olekhnovich, 25-Dzmitry Baha; 10-Renan Bressan, 15-Aliaksander Hleb, 20-Vitali Rodionov
Pelatih: Viktor Goncharenko

Lille (4-3-3): 16-Steeve Elana; 25-Marko Basa, 14-David Rozenhal, 15-Djibril Sidibe, 3-Lucas Digne; 5-Idrissa Gana Gueye, 10-Marvin Martin, 17-Benoit Pedretti; 8-Salomon Kalou, 19-Gianni Bruno, 20-Ronny
Pelatih: Rudy Garcia

Wasit: Marijo Strahonja

Petinggi Barca: Neymar Bagus untuk Jualan

Posted: 20 Nov 2012 03:29 PM PST

BARCELONA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Barcelona, Javier Faus, belum mau jujur mengakui ketertarikan Barcelona terhadap penyerang Santos, Neymar da Silva. Meski begitu, kubu "Blaugrana" menilai Neymar sebagai alat jual yang bagus untuk meningkatkan pendapatan klub.

Pada bulan lalu, Neymar dikabarkan telah menyepakati pra-kontrak untuk bergabung ke Barcelona, akhir musim depan. Namun, kedua kubu langsung membantah telah membicarakan transfer pemain belia Brasil tersebut.

Barcelona belum memutuskan untuk memboyong Neymar ke Camp Nou. "Pembelian Neymar akan menjadi strategi pemasaran yang sempurna. Meskipun, Barcelona selalu memprioritaskan sepak bola ketimbang keuangan," jelas Faus.

Kontrak Neymar bersama Santos masih akan berakhir pada 2014. Santos telah menegaskan tak akan melepas Neymar sampai kontraknya berakhir, meski hal itu berisiko kehilangan Neymar secara cuma-cuma.

Capello: Torres Menuju Keterpurukan

Posted: 20 Nov 2012 03:02 PM PST

LONDON, KOMPAS.com - Pelatih timnas Rusia yang juga pernah menangani Inggris, Fabio Capello, menilai Fernando Torres memang sudah dalam masa menuju keterpurukan. Dia terlihat semakin menurun dalam beberapa segi.

Torres selalu mendapat tekanan sejak pindah ke Chelsea. Ketajamannya terus menurun dan Manajer Roberto Di Matteo mulai berpikir akan meninggalkan dia kala bertandang ke kandang Juventus dalam lanjutan penyisihan Liga Champions.

Kepada Italia 2 Capello mengatakan, "Fernando Torres pelan-pelan mulai menurun. Saya tak tahu apa yang sedang terjadi, karena sebelumnya dia amat bagus di bawah Pelatih Rafael Benitez di Liverpool."

"Tapi, dia belum menemukan inspirasi (di Chelsea) dan mencetak gol yang biasa ia lakukan. Sebelumnya, dia sulit diprediksi kala bermain bersama Liverpool. Tapi, sekarang pertamanan sangat mudah mematikannya dan menghentinak kecepatannya. Ini sangat mencemaskan," jelas Capello.

Ancelotti: PSG Sedang Krisis

Posted: 20 Nov 2012 02:35 PM PST

PARIS, KOMPAS.com - Pelatih Paris Saint-Germain, Carlo Ancelotti, mengakui bila klub asuhannya sedang mengalami krisis. Kekalahan dari Rennes akhir pekan lalu membuat PSG melorot ke urutan ketiga Ligue 1.

Arsitek asal Italia itu ingin PSG segera melupakan kekalahan tersebut dan meningkatkan permainan jelang laga kontra Dynamo Kyiv di Liga Champions. "Ini tak dapat dipercaya. Sikap kami dalam pertandingan lalu tidak baik," tegas Ancelotti kepada di situs resmi Ligue 1.

"Kami telah mengaalami kekalahan dua pertandingan di kandang dan itu tidak dapat diterima untuk sebuah tim yang ingin memenangi kompetisi liga. Kami belum bermain sebagai sebuah tim dan bermain buruk. Kita harus mengubah sesuatu dan saya akan mengubah beberapa hal. Kami perlu lebih konsentrasi, determinasi tinggi, dan lebih berusaha," lanjutnya.

PSG musim ini memang disebut sebagai salah satu calon klub besar Eropa. Kepemilikan Qatar Investment Authority di kubu PSG membuat skuad "Les Parisiens" berkilap pemain terkenal. Kendati demikian, kolaborasi bintang di PSG belum juga menunjukkan konsistensi.

"Kami membutuhkan kecepatan dan intensitas. Saya tidak takut untuk mengatakan itu. Kami berada dalam krisis. Jika bisa menunjukkan karakter dan profesionalisme, kami akan bangkit," pungkasnya.

Ramos: City Berkualitas, Tapi Kok Juru Kunci?

Posted: 20 Nov 2012 02:02 PM PST

MADRID, KOMPAS.com - Bek Real Madrid, Sergio Ramos, cukup terkejut dengan kiprah Manchester City di Liga Champions. Menurut Ramos, kualitas City seharusnya bisa bersaing di kompetisi terbaik antarklub Eropa itu.

Jelang matchday ke-5, "The Citizens" masih berada di juru kunci Grup D Liga Champions. City butuh dua hasil positif demi melaju ke babak 16 besar Liga Champions. Itu pun dengan catatan, City mampu mengalahkan Madrid, kemudian pada laga terakhir Madrid kalah dari Ajax Amsterdam. Selain itu, Ajax juga harus kalah dari Borussia Dortmund.

"Bagiku, sangat mengejutkan City nyaris terlempar dari Liga Champions. Kami tadinya yakin City akan menjadi rival utama bersaing di grup ini," tandas Ramos.

"City merupakan klub dengan banyak pemain. Tetapi, hal itu tak bisa jadi jaminan kesuksesan di Liga Champions," sambung mantan pemain Sevilla tersebut.

Ramos sendiri enggan memberikan City angin segar pada pertemuan kedua tim, Rabu atau Kamis (22/11/2012) mendatang. Ramos sangat percaya diri Madrid mampu menaklukkan City yang bakal bermain di markasnya, Stadion Etihad.

"Pertandingan melawan City sangat penting bagi kami dan mereka. Kedua tim butuh kemenangan untuk alasan berbeda. Kami ingin menjadi juara grup. Madrid tak pernah bermain bertahan. Kami akan ke Manchester untuk raih kemenangan. Madrid bisa menang di stadion manapun di dunia," tegas Ramos.

No comments:

Post a Comment