KOMPASbola


KOMPASbola


Posted: 17 Nov 2012 08:20 PM PST
TURIN, KOMPAS.com - Pelatih Lazio, Vladimir Petkovic, mengaku dirinya memang mengistruksikan timnya bermain bertahan saat berhasil menahan imbang Juventus 0-0 di Juventus Stadium, Sabtu (17/11/2012). Pasalnya, menurut pelatih berusia 49 itu Juventus terlalu kuat.
Menurut catatan Lega Serie-A, selama pertandingan, Juventus menguasai bola 56 persen dan menciptakan enam peluang mengarah ke gawang dari 21 spekulasi. Sedangkan, Lazio hanya memiliki lima kesempatan, tanpa satu pun mengarah tepat sasaran.
"Ya, kami berhasil melewati tes itu dan saya senang, meski kami menderita terlalu banyak tekanan di barisan pertahanan," ujar Petkovic seperti dilansir Football Italia.
"Kami coba menyerang beberapa kali, tapi Juventus terlalu kuat dan mampu membuat kami berada dalam tekanan sepanjang pertandingan," katanya lagi.
Petkovic secara khusus memberikan apresiasi terhadap penampilan barisan belakang, khususnya kiper Federico Marchetti yang tampil sangat baik dalam laga tersebut. Meskipun, menurut pelatih asal Bosnia ini, skuadnya bisa tampil lebih baik di 10 menit terakhir.
"Mustahil memasuki area penalti juventus, karena mereka tampil sangat agresif dan layak mendapat pujian atas penampilannya. Tapi, ini poin yang bagus untuk menambah kepercayaan diri dan memperbaiki posisi kami di klasemen," pungkas Petkovic.
Dengan hasil ini, Lazio masih berada di peringkat kelima dengan 22 poin atau tertinggal sembilan angka dari Juventus yang masih berada di puncak klasemen sementara Serie-A.
Posted: 17 Nov 2012 07:14 PM PST
NORWICH, KOMPAS.com - Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson memuji barisan pertahanan Norwich yang berhasil membuat timnya frustasi sehingga menelan kekalahan 0-1 dalam laga pekan ke-12 Premier League, Sabtu (17/11/2012).
Dalam laga itu, MU sebenarnya mampu menguasai pertandingan. Namun, karena rapatnya barisan belakang Norwich sejumlah peluang "Setan Merah" sia-sia. Sebaliknya, "The Cannaries" yang lebih banyak mengandalkan serangan balik berhasil mencuri gol melalui Anthony Pilkington pada menit ke-60.
"Anda harus memberi pujian kepada cara Norwich bertahan. Mereka bertahan total untuk tetap selamat dalam pertandingan malam ini," ujar Ferguson seperti dilansir BBC.
Menurut catatan Soccernet, sepanjang pertandingan, MU menguasai bola sebanyak 62 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 12 spekulasi. Di lain pihak, tim tuan rumah melepas empat tembakan akurat dari 11 percobaan.
"Satu-satunya peluang hanya kami dapatkan pada babak pertama. Kiper mereka juga tampil baik di laga malam ini. Kami berhasil menekan, tapi gagal mendapatkan gol yang kami butuhkan," tutur Ferguson.
Posted: 17 Nov 2012 07:00 PM PST
LIVERPOOL, KOMPAS.com - Pelatih Liverpool, Brendan Rodgers, menilai penyerang Luis Suarez adalah ahlinya soal menembak jitu, setelah Suarez mencetak dua gol yang ikut menentukan kemenangan Liverpool 3-0 atas Wigan Athletic, di Anfield, Sabtu (17/11/2012). Meski begitu, ia menilai kemenangan itu adalah buah kerja tim.
"Menurut saya, tim bermain luar biasa, terutama di babak kedua. Luis mencetak gol dengan sangat baik, pergerakannya luar biasa, tetapi hari ini yang paling jelas adalah tim. Etos dan semangat tim, tekanan yang kami lakukan sebagai tim sangat kuat. Ini adalah sukses untuk semua orang dan saya sangat gembira dengan performa tadi," ujar Rodgers.
"Kami bermain sebagai tim. Luis adalah bagian yang sangat besar dari itu dan Anda melihat gol-golnya hari ini. Ia adalah ahlinya dalam hal menembak jitu, luar biasa dan jelas kami tergerak olehnya. Namun, etos ada pada tim dan menurut saya, tim sangat bagus hari ini," tambahnya.
Suarez membobol gawang Wigan pada menit ke-47 dan ke-58. Satu gol lain diciptakan Jose Enrique pada menit ke-65. Berkat kemenangan itu, Liverpool duduk di peringkat ke-11 dengan nilai 15, kalah delapan angka dari West Bromwich Albion, di tempat keempat.
Posted: 17 Nov 2012 06:54 PM PST
BARCELONA, KOMPAS.com - Barcelona nyaman sementara ungguli sang tamu, Real Zaragoza, dengan skor 2-1 di Stadion Camp Nou, Sabtu atau Minggu (18/11/2012), dalam laga pekan ke-12 Liga BBVA.
Barcelona butuh sembilan menit untuk mendapatkan peluang pertama. Dari sayap kiri, Jordi Alba mengirimkan umpan kepada Andres Iniesta. Pemain Terbaik Eropa 2012 itu pun melesatkan bola dengan kaki kanannya, namun terhalang pertahanan rapat Zaragoza.
Setelah itu, kedua tim saling mengimbangi, meski "El Barca" masih dominan dengan bola dari kaki ke kaki. Hasilnya terlihat pada menit ke-16. Berkat umpan Alba, Lionel Messi menggiring bola mengiris pertahanan Zaragoza dan menaklukkan kiper Roberto Gago.
Pada menit ke-22, Zaragoza mendapatkan peluang bagus. Menyambut umpan lambung Franco Zuculini di depan gawang Victor Valdes, Francisco Montanes melepas tembakan kaki kiri dari jarak dekat. Sayang, bola masih melenceng ke kiri.
Dua menit kemudian, Zaragoza mendapatkan gol penyama kedudukan. Montanes kali ini tak menyia-nyiakan peluang di depan gawang. Bola liar mendatar hasil sepak pojok, dilesakkannya dengan sepakan keras dan membentur kaki Carles Puyol. Bola berbelok ke sebelah kanan dan Valdes pun terpedaya.
Barca hanya butuh empat menit untuk kembali berada di atas angin. Adalah Messi yang mengiris sisi kanan jantung Zaragoza dan mengirimkan umpan mendatar ke mulut gawang. Alex Song pun dengan mudah melesakkan bola yang sempat mengenai kaki sejumlah pemain Zaragoza yang berada di kotak 16. Raksasa Catalan pun unggul 2-1.
Hingga arbitro Ayza Games meniupkan peluit turun minum, "Blaugrana" sukses mempertahankan keunggulannya atas Zaragoza.
Susunan Pemain
Barcelona (4-3-3):
1-Victor Valdes; 19-Martin Montoya, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 18-Jordi Alba; 25-Alex Song, 6-Xavi, 8-Andres Iniesta; 7-David Villa, 10-Lionel Messi, 17-Pedro
Cadangan: 13-Jose Manuel Pinto, 2-Dani Alves, 15-Marc Bartra, 4-Cesc Fabregas, 12-Jonathan Dos Santos, 14-Javier Mascherano, 37-Cristian Tello
Pelatih: Tito Vilanova
Zaragoza (4-4-2): 1-Roberto Gago; 3-Javier Paredes, 4-Alvaro, 6-Bayon Samuel, 22-Adam Pinter; 2-Jose Maria Movilla, 11-Francisco Montanes, 20-Franco Zuculini, 32-Victor Rodriguez; 7-Carlos Aranda, 10-Apono
Cadangan: 25-Leo Franco, 27-Hector, 12-Romaric, 17-Stefan Babovic, 18-Lucas Wilchez, 8-Edu Oriol, 9-Helder Postiga
Pelatih: Manuel Jimenez
Wasit: Ayza Gamez
Posted: 17 Nov 2012 06:36 PM PST
LONDON, KOMPAS.com - Sempat tertinggal 0-1, Arsenal mengakhiri laga Premier League melawan Tottenham Hotspur dengan kemenangan 5-2, di Emirates, Sabtu (17/11/2012). Semua gol Arsenal tercipta setelah penyerang Tottenham, Emmanuel Adebayor menerima kartu merah karena melanggar Santi Cazorla, pada menit ke-17.
"Tottenham memulai pertandingan dengan baik. Kami agak gugup dan (Tottenham) mencetak gol ketika kami melakukan kesalahan di belakang dan sebuah peluang untuk mencetak gol kedua. Ini tampak seperti pertandingan liga yang terakhir, tetapi kemudian muncul titik balik ketika Adebayor menerima kartu merah," ujar Wenger.
"(Kartu merah) itu jelas mengubah pertandingan karena Adebayor memulai pertandingan dengan bagus. Ia lincah. Saya sama sekali tak berpikir kami memenangi pertandingan ketika ia menerima kartu merah," lanjutnya.
Gol Tottenham dicetak oleh Adebayor pada menit ke-10 dan Gareth Bale pada menit ke-71. Sementara gol Arsenal diciptakan Per Mertesacker (24), Lukas Podolski (42), Olivier Giroud (45+1), Santi Cazorla (60), dan Theo Walcott (90+1).
"Kami bangkit dan mendapatkan apa yang kami inginkan, yaitu memenangi pertandingan. Melawan sepuluh orang tak selalu mudah. Kami telah memenangi sejumlah pertandingan ketika bermain dengan 10 orang. Menurut saya, (melawan 10 orang) bisa menjadi lebih sulit karena mereka bisa bertahan dan menunggu kami. Namun, kami punya kualitas dan pergerakan untuk bermain menerobos barisan mereka dan menciptakan peluang," ulas Wenger.
"Ada sejumlah penampilan ofensif individu yang luar biasa. Pada babak kedua, Anda bisa lihat bahwa kepercayaan diri belum sepenuhnya muncul. Semoga, hasil ini akan membantu kami," tambahnya.
Mengenai performa Walcott dan negosiasi kontrak baru yang belum tuntas, Wenger mengatakan, "Saya percaya ia bekerja dengan sangat baik. Saya belum berubah pikiran mengenai dirinya. Saya selalu mengatakan saya ingin mempertahankannya dan kami akan berusaha mencapai kesepakatan. Kami belum mencapainya, tetapi kami terus berusaha. Ia tak bermain seperti orang yang ingin pergi dan saya tak bersikap seperti orang yang ingin ia pergi, karena ia bermain."
Posted: 17 Nov 2012 06:31 PM PST
NORWICH, KOMPAS.com - Manchester United (MU) gagal menggeser Manchester City di puncak klasemen sementara Premier League setelah dikalahkan Norwich 0-1 dalam lanjutan Premier League di Stadion Carrow Road, Sabtu (17/11/2012). Satu-satunya gol kemenangan tuan rumah dicetak Anthony Pilkington pada menit ke-60.
Dengan hasil ini, MU harus puas di posisi kedua dengan 27 poin atau tertinggal satu angka dari City di puncak klasemen sementara Premier League. Sedangkan, Chelsea menguntit di peringkat tiga dengan poin 24.
Di menit-menit awal kedua tim bermain dengan tempo lambat. Meski lebih diunggulkan, MU terlihat kesulitan menembus rapatnya barisan pertahanan tuan rumah. Sedangkan, Norwich mampu melakukan serangan balik yang beberapa kali cukup merepotkan barisan pertahanan MU.
Di babak pertama ini, MU menciptakan dua peluang bersih melalui Robin van Persie pada menit kesepuluh dan 40. Akan tetapi, dua peluang yang didapat striker asal Belanda itu masih belum membuahkan hasil karena masih dapat digagalkan barisan belakang Norwich.
Sedangkan, Norwich juga beberapa kali mendapatkan kesempatan mencetak gol. Salah satu peluang terbaik diperoleh Grant Holt pada menit ke-38. Beruntung bek Chris Smalling dengan sigap mampu mengantisipasi umpan terarah Robert Snodgrass kepada Holt.
Selepas turun minum, permainan kedua tim tidak berubah. MU masih kesulitan menembus pertahanan rapat Norwich yang menurunkan hingga sembilan pemainnya saat RvP dan kawan-kawan membangun serangan. Sementara, tim tuan rumah tetap mengandalkan serangan balik yang cepat.
Pilkington berhasil mengejutkan pendukung tim tamu setelah berhasil membuka skor untuk Norwich 1-0. Berawal dari umpan silang Javier Garrido dari sisi kiri, Pilkington kemudian melepaskan sundulan yang bolanya mengarah dan masuk ke pojok kiri gawang tanpa mampu dihalau kiper Anders Lindegaard.
Tertinggal, pelatih MU, Sir Alex Ferguson kemudian memasukan Paul Scholes dan Danny Welbeck untuk menambah daya gedor skuadnya. Welbeck sempat mendapat peluang pada menit ke-76. Sayang, sundulannya masih dapat diantisipasi barisan belakang Norwich sehingga hanya melebar di sisi kiri gawang Ruddy.
MU terus menekan untuk menyamakan kedudukan. Namun, rapatnya barisan pertahan  "The Canaries" membuat sejumlah usaha "Setan Merah" tidak dapat dikonversikan menjadi gol. Hingga akhir pertandingan, skor 1-0 untuk tuan rumah pun bertahan.
Menurut catatan Soccernet, sepanjang pertandingan, MU menguasai bola sebanyak 62 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 12 usaha. Adapun tim tuan rumah melepaskan empat tembakan akurat dari 11 percobaan.
Susunan Pemain:
Norwich:
1-John Ruddy, 3-Steven Whittaker, 5-Sebastien Bassong, 6-Michael Turner, 18-Javier Garrido, 4-Bradley Johnson, 7-Robert Snodgrass, 12-Anthony Pilkington, 14-Wesley Hoolahan (8-jonathan Howson 83), 27-Alexander Tettey, 9-Grant Holt (16-Steve Morison 83).
MU: 13-Anders Lindegaard, 2-Rafael, 3-Patrice Evra, 5-Rio Ferdinand (8-Anderson 83), 12-Chris Smalling, 7-Antonio Valencia (22-Paul Scholes 69), 11-Ryan Giggs, 16 -Michael Carrick, 18-Ashley Young, 14-Javier Hernández (19-Danny Welbeck 69), 20-Robin van Persie.
Wasit: Anthony Taylor.

No comments:

Post a Comment