KOMPAStekno

KOMPAStekno


Menjajal Kecepatan 4G LTE di Jakarta

Posted: 23 Sep 2013 06:00 AM PDT

KOMPAS.com - Telkomsel melakukan uji coba jaringan nirkabel 4G Long Term Evolution (LTE), di dalam ruangan yang berlokasi di kantor pusatnya, Gedung Wisma Mulia, Jakarta, Senin (23/9/2013). Anak perusahaan Telkom ini menggunakan pita frekuensi 1.800MHz dengan alokasi 5MHz.

Menurut General Manager Technology Roadmap and Acquisition, Edyson B. Tamba, uji coba ini menandakan perusahaan siap mengadopsi teknologi terbaru, karena sebagian besar BTS yang dimiliki Telkomsel siap 4G LTE. Selain Jakarta, Telkomsel juga menguji 4G LTE di Bali.

"Indonesia terbilang terlambat mengadopsi LTE, karena negara tetangga seperti Filipina sudah gelar LTE," katanya. Jika nanti Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah membuat regulasi tentang penyelenggaraan 4G LTE, Telkomsel menyatakan siap memberi layanan komersial.

Pada kesempatan uji coba ini, KompasTekno menggunakan ponsel pintar Samsung Galaxy S4 (warna putih) dan Sony Xperia Z (warna hitam), yang keduanya memakai sistem operasi Android. Untuk mengukur kecepatan internet, perangkat lunak yang digunakan adalah SpeedTest.net.

Bukan hanya dua ponsel di atas saja (Galaxy S4 dan Xperia Z) yang terkoneksi dengan jaringan 4G LTE. Beberapa karyawan Telkomsel yang berada di ruangan tempat uji coba juga terkoneksi dengan jaringan nirkabel generasi keempat tersebut.

Saat mulai menguji kecepatan internet, KompasTekno menempatkan kedua ponsel secara berdampingan lalu menekan tombol "Begin Test" pada aplikasi SpeedTest.net secara bersamaan. Berikut hasil uji coba 4G LTE yang dilakukan KompasTekno di kantor pusat Telkomsel:

Tes pertama

Samsung Galaxy S4
Ping: 22ms
Download: 17,12Mbps
Upload: 19,68Mbps

Sony Xperia Z
Ping: 22ms
Download: 14,28Mbps
Upload: 10,23Mbps

Tes kedua

Samsung Galaxy S4
Ping: 20ms
Download: 22,36Mbps
Upload: 20,57Mbps

Sony Xperia Z
Ping: 21ms
Download: 16,79Mbps
Upload: 15,75Mbps

KompasTekno juga menjajal kedua ponsel untuk sekedar berselancar internet sampai memutar video beresolusi tinggi. Kedua perangkat dapat memutar video di YouTube dengan lancar, tanpa putus.

Jika Telkomsel resmi menggelar 4G LTE, bisa jadi kecepatannya tidak sesuai dengan hasil uji di atas karena jaringan tersebut akan digunakan secara massal.

BBM di Android Molor, Google Mendadak "Rajin"

Posted: 23 Sep 2013 04:32 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dipastikan ditunda, aplikasi-aplikasi BBM gadungan mendadak menghilang dari Google Play Store. Google tampaknya telah bertindak tegas menghapus aplikasi yang secara terang-terangan menyamar sebagai BBM ini.

Kemunculan BBM untuk Android yang molor dari jadwal yang diumumkan BlackBerry membuat banyak pengguna tak sabar dan justru mengunduh aplikasi BBM palsu. Pengguna yang tertipu pun bisa dibilang tak sedikit jumlahnya.

Mencegah "korban" lebih banyak, Google mendadak jadi "rajin". Sebelumnya, Google terkesan malas dengan membiarkan aplikasi BBM palsu berkeliaran di Play Store.

Menurut pengamatan KompasTekno, Senin (23/9/2013) siang, berbagai aplikasi BBM palsu yang sebelumnya banyak menghiasi Google Play Store, sudah tidak terlihat lagi.

Saat mengetikkan kata kunci "BBM" atau "BBM for Android", hasil pencariannya kebanyakan memperlihatkan aplikasi pengiriman pesan teks merek lain, seperti WhatsApp, Line, dan ChatOn. Ada juga aplikasi buku panduan untuk BBM, aplikasi desain, dan game.

Memang ada tiga aplikasi yang benar-benar buatan BlackBerry di halaman tersebut, yaitu BES10 Client, Work Space Manager, dan Secure Work Space. Namun, ini bukan aplikasi resmi BBM untuk Android. Ketiganya merupakan aplikasi BBM untuk kalangan korporat, tidak bisa digunakan pengguna biasa.

Sebelumnya, beredar berbagai aplikasi yang menggunakan embel-embel nama "BBM untuk Android" atau "BBM" di Google Play Store. Untuk lebih meyakinkan para pengguna, pihak pengembang aplikasi memasang logo BBM.

Tentunya, aplikasi-aplikasi tersebut bukan yang asli. Aplikasi BBM untuk Android yang sebenarnya dikembangkan langsung oleh BlackBerry Limited.

Aplikasi-aplikasi palsu tersebut kebanyakan bisa di-install tapi tak dapat digunakan sama sekali. Ada juga aplikasi yang ternyata hanya berfungsi untuk melakukan registrasi untuk notifikasi peluncuran BBM.

Meski begitu, tetap saja ada pengguna yang tertipu aplikasi-aplikasi semacam ini. Beberapa mengklaim angka unduhan mencapai ratusan ribu, entah memang sungguhan atau hasil rekaan.

Aplikasi BBM untuk Android sendiri hingga saat ini masih belum dirilis. Bahkan, BBM untuk iPhone sudah ditarik oleh BlackBerry dari Apple App Store.

BlackBerry sudah angkat bicara terkait pengunduran waktu rilis dan penarikan BBM dari Android dan iPhone. Menurut BlackBerry, akar permasalahannya berasal dari banyaknya penggunaan file instalasi (APK) BBM tak resmi yang akhirnya menimbulkan gangguan teknis di sistem BlackBerry.

Baca juga:
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry? 
BlackBerry ibarat Negara Gagal
5 Biang Keladi Keterpurukan BlackBerry

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iPhone

Bobol iPhone 5S, Peretas Bikin "Jari Buatan"

Posted: 23 Sep 2013 02:41 AM PDT

Hardware pemindai sidik jari di balik tombol Home milik iPhone 5S

KOMPAS.com — Pemindai sidik jari adalah salah satu fitur utama pada iPhone 5S yang diklaim mampu meningkatkan keamanan smartphone andalan baru Apple tersebut.

Namun, fasilitas "pengunci" ponsel itu mungkin tak seaman yang dikira karena sebuah grup hacker (peretas) asal Jerman berhasil menemukan cara untuk membobol pemindai sidik jari iPhone 5S, hanya dalam waktu dua hari setelah peluncurannya di pasaran.

Sebagaimana dilaporkan oleh The Guardian, grup peretas bernama Chaos Computer Club tersebut mengibuli pemindai sidik jari Touch ID iPhone dengan memakai "jari palsu".

Caranya agak rumit. Pertama-tama, mencari sampel "berkualitas tinggi" dari sidik jari yang menjadi "kunci" iPhone. Sampel sidik jari ini bisa diambil dari kaca, tuas pintu, atau permukaan mengilap apa pun yang mampu menampilkan pola sidik jari dengan jelas.

Sampel sidik jari tersebut kemudian diperjelas lagi dengan bubuk grafit sebelum difoto dengan resolusi tinggi, mencapai kisaran 2.400 piksel per inci (PPI). Hasil foto kemudian dicetak laser ke slide plastik proyektor, lantas dilapis dengan lem kayu, dipotong, dan ditempelkan ke jari sungguhan milik sang peretas.

Metode pembongkaran kunci sidik jari tersebut turut didemonstrasikan dalam video, seperti bisa dilihat di bagian akhir tulisan ini.    

Meski relatif sulit dan tidak praktis, metode yang dipublikasikan grup peretas tersebut tetap saja membuktikan bahwa sistem pengaman baru dari Apple ini bisa dijebol.

Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi pengguna, terutama karena kunci sidik jari bakal turut digunakan oleh Apple dalam mekanisme pengamanan iTunes dan akses ke akun dalam lingkungan perusahaan.

"Ini membuktikan lagi bahwa sidik jari tak cocok dipakai sebagai pengontrol akses dan harus dihindari," ujar seorang anggota Chaos Club bernama "Starbug". "Sidik jari ditinggalkan di banyak tempat dan mudah sekali untuk diambil sampelnya."
 

iPhone 5S Versi Mewah Dijual Rp 33 Juta

Posted: 23 Sep 2013 02:20 AM PDT

KOMPAS.com — Apple berusaha menghadirkan kesan yang lebih glamor di ponsel terbarunya, iPhone 5, dengan memberikan satu pilihan warna baru, yaitu emas.

Nah, yang merasa iPhone 5S warna masih kurang memberikan kesan glamor, sebuah perusahaan asal Inggris memberikan solusinya.

Gold Genie, perusahaan yang berpusat di London, menawarkan berbagai iPhone 5S dalam balutan emas 24 karat. Dalam rilisnya kali ini, Gold Genie menawarkan 3 pilihan jenis lapisan, yaitu emas kuning, platinum, dan rose gold.

Produk iPhone 5S mewah ini, seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (23/9/2013), akan dijual secara unlocked (tidak terikat kontrak) dan bisa menggunakan semua jaringan di seluruh dunia.

Harga yang dibanderol untuk perangkat ini cukup tinggi. Untuk model yang berbasis emas kuning, produk yang baru dirilis pada Jumat (20/9/2013) lalu ini dilabeli harga sekitar 2.853 dollar AS atau sekitar Rp 33 juta. Sebagai perbandingan, iPhone 5S standar dengan kapasitas 16 GB dijual dengan harga 649 dollar AS atau sekitar Rp 7,5 juta.

Sementara, iPhone 5S 16 GB versi platinum dipasarkan dengan harga 2.988 dollar AS atau Rp 34 juta. iPhone 5S versi rose gold hadir dengan label harga 2.934 dollar AS atau Rp 33,5 juta.

Versi kapasitas 32 dan 64 GB juga tersedia. Tentu, dengan harga yang lebih tinggi.

Dengan harga-harga tersebut, peminat akan mendapatkan paket penjualan berupa sebuah perangkat iPhone 5S edisi emas, earphone Apple, konektor, charger, manual pemakaian, dan sertifikat keaslian. Komponen-komponen tersebut akan dimasukkan ke sebuah kotak mewah yang terbuat dari kayu pohon ek ceri.

Gold Genie selama ini dikenal gemar menghadirkan ponsel dalam balutan emas asli. Perangkat-perangkat yang pernah kebagian hadir dalam versi emas adalah iPhone 5, Samsung Galaxy S4, dan HTC One.

PlayStation 4 Ternyata Dijual Rugi

Posted: 23 Sep 2013 01:15 AM PDT

Playstation 4 dan keluarga gadget Sony lainnya

KOMPAS.com — Salah satu poin kelebihan Sony PlayStation 4 (PS4) dari rival beratnya, Microsoft Xbox One, adalah harga yang dipatok lebih rendah. Konsol game ini dihargai 399 dollar AS, dibanding Xbox one di angka 499 dollar AS.

Namun, harga tesebut ternyata tidak membuahkan keuntungan buat Sony. Bahkan, eksekutif Sony Jepang, Masayasu Ito, mengaku pihaknya merugi sekitar 60 dollar AS untuk setiap PS4 yang terjual.

Sony berencana menutupi kerugian tersebut dan memperoleh untung dari penjualan game dan perolehan biaya langganan PlayStation Plus.

Ito juga mengatakan bahwa hasil penjualan aksesori akan turut membantu "menyeimbangkan keadaan". "Soal besaran kontribusi (finansial) yang diberikan masing-masingnya, saya tidak bisa membeberkan secara mendetail," ujar Ito, sebagaimana dikutip oleh Polygon.

Meski dijual rugi, Sony yakin bahwa PS4 akan mendulang untung dengan lebih cepat dibandingkan pendahulunya, PS3.

Ini karena ongkos pembuatan game telah jauh menurun dibandingkan PS3, sementara harga jual tetap dipertahankan di kisaran 60 dollar AS. Artinya, tiap judul game bisa membuahkan margin yang lebih tinggi.

Hal tersebut, menurut Chief Financial Officer Sony Masaru Kato, dimungkinkan oleh arsitektur PS4 yang kini mirip dengan PC sehingga pengembangannya lebih mudah dan mampu menekan biaya produksi.

Ada pula mekanisme pembelian game dengan mengunduh langsung lewat konsol, sesuatu yang lebih menguntungkan buat Sony dibandingkan versi fisik (dengan cakram Blu-ray) berharga sama.

PS4 akan mulai memasuki pasaran pada 15 November mendatang. Konsol ini diprediksi bakal terjual 5 juta unit hingga akhir Maret 2014.

No comments:

Post a Comment