KOMPASbola

KOMPASbola


Mourinho: Chelsea Tampil Lebih Baik saat Kalah dari Everton

Posted: 21 Sep 2013 01:27 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Permainan Chelsea saat kalah 0-1 dari Everton (14/9/2013) dinilai pelatih Jose Mourinho jauh lebih baik dibanding saat menang 2-0 atas Fulham (21/9/2013).

"Hasilnya lebih baik dibanding hasil saat melawan Everton, tetapi menurut saya kami bermain jauh lebih baik saat melawan Everton dibanding hari ini," ulas Mourinho.

Berkat kemenangan atas Fulham, Chelsea duduk di puncak klasemen dengan nilai sepuluh atau unggul selisih gol dari pesaing terdekat, Liverpool. Kedua kubu sama-sama sudah mengarungi lima pertandingan.

"Setelah awal yang buruk yang orang-orang terus katakan kepada saya sebagai awal terburuk dalam sepuluh tahun terakhir, hari ini saya pergi tidur dan melihat tak seorang pun berada di atas kami di klasemen," ujar Mourinho.

"Saya sudah lama di dunia sepak bola dan hasil pertandingan tidak bagus, saya tak berharap orang bicara baik tentang tim kami."

"saya membangun tim yang berbeda. Hal tersulit pertama dalah mengubah filosofi. Itu membutuhkan waktu agak lama. Kami tak bermain dengan baik, hasil tidak bagus, tetapi keindahan Premier League adalah setiap tim bisa kehilangan poin. Jadi, tak ada drama."

"Kenyataannya adalah kami ada di puncak klasemen dengan nilai sepuluh. Saya harus mengatakan, saya tak pernah bekerja begitu keras seperti yang saya lakukan musim ini bersama kelompok pemain ini," tuturnya.

Melawan Fulham, Mourinho tak memasukkan Juan Mata dalam skuad. Padahal, Mata selalu tampil sebagai starter dalam dua pertandingan sebelum laga melawan Fulham.

"Saya ingin memainkan Juan Mata dan Oscar, tetapi Juan harus berusaha dan beradaptasi pada gaya permainan tertentu, karena saya tak siap mengubah posisi bermain Oscar. Juan harus belajar bermain sesuai keinginan saya dan lebih konsisten," terang Mourinho.

Pedro Hattrick, Barca Jinakkan Rayo Vallecano 4-0

Posted: 21 Sep 2013 12:59 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Barcelona menghancurkan Rayo Vallecano 4-0 dalam lanjutan Liga Spanyol, di Campo de Futbol Vallecas, Minggu (22/9/2013) dini hari WIB. Tiga gol pertama Barcelona dicetak Pedro, sementara satu lainnya diciptakan Cesc Fabregas.

Pada awal pertandingan Mojica mengirimkan umpan crossing kepada Perea yang segera disundul, namun Victor Valdes berhasil menjinakkan bola sebelum menembus gawangnya. Barcelona ganti memberi ancaman pada menit 9 setelah Neymar menyambut bola yang diberi Xavi, namun bek-bek Rayo masih mampu memblok bola tembakannya.

Pedro membuka keunggulan Barcelona pada menit ke-33 menyambut umpan Lionel Messi. Setelah kesalahan Arbilla yang membuatnya kehilangan bola, Messi melewati dua pemain Rayo sebelum mengirim bola ke Pedro yang meneruskannya ke sudut gawang.

Rayo mendapat peluang menyamakan kedudukan setelah wasit Carlos Gomez menunjuk titik putih akibat pelanggaran Adriano terhadap Trashorras. Sayangnya Trashorras yang mengeksekusi peluang tersebut gagal dan Valdes mampu membendung tendangannya. Kedudukan 1-0 ini bertahan hingga babak pertama usai.

Pada awal babak kedua, Pedro mencetak gol keduanya. Rayo yang kehilangan penguasaan bola membuat Francesc Fabregas leluasa mengirim umpan dari sisi kiri yang segera disambut oleh Pedro. Messi memiliki kesempatan menambah keunggulan El Barca lewat tendangan bebasnya, namun bola melebar ke sisi kiri gawang Ruben.

Messi kembali memaksa  barisan pertahanan Rayo bekerja keras pada menit 60 lewat terobosannya, namun sepakan jarak dekat pemain Argentina ini masih bisa dihadang bek-bek Rayo.

Pedro lagi-lagi menjadi mimpi buruk tuan rumah setelah ia mencetak hattrick pada menit ke-72 dari umpan hasil kerja sama Neymar dan Fabregas. Fabregas mencatatkan namanya ke papan skor pada menit 79. Buruknya organisasi pertahanan Rayo memungkinkan Xavi leluasa mengirim bola ke mantan pemain Arsenal tersebut. Umpan Xavi disambut Fabregas yang melepaskan tembakan ke bagian bawah gawang Ruben Martinez.

Tello nyaris menambah gol Barcelona menjadi lima saat ia lolos dari jebakan off-side dan menembak bola dari jarak dekat. Sayangnya bola masih mampu dijangkau Martinez. Arbilla pun memiliki kesempatan memperkecil kekalahan, namun peluang yang dimilikinya dapat dengan mudah diamankan Valdes.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan tetap 4-0 dari Barcelona. Tim asuhan Gerardo Martino ini pun masih nyaman berada di puncak klasemen dengan 15 poin hasil kemenangan di lima laga. Sebaliknya Rayo masih tertahan di posisi 15 dengan hanya satu kali kemenangan dan empat kekalahan

Susunan Pemain

Rayo Vallecano: 13 Ruben Martinez ; 2 Tito (3 Nacho Martinez, 46), 21 Anaitz Arbilla, 5 Alex Galvez, 26 Johan Mojica; 22 Saul Nigues, 4 Raul Baena, 10 Roberto Trashorras; 14 Alberto Perea (32 Adrian Embarba, 48), 23 Alberto Bueno, 19 Jonathan Viera (20 Joaquin Larrivey, 58)
Pelatih: Paco Jimenez

Barcelona: 1 Victor Valdes; 2 Martin Montoya, 3 Gerard Piqué, 14 Javier Mascherano, 21 Adriano ; 17 Alexandre Song, 4 Francesc Fabregas, 6 Xavi (12 Jonathan dos Santos, 84); 7 Pedro (8 Andres Iniesta,75), 10 Lionel Messi, 11 Neymar (20 Cristian Tello, 80)
Pelatih: Gerardo Martino

Allegri: Napoli-Milan Seimbang

Posted: 21 Sep 2013 12:53 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com - Pelatih AC Milan Massimiliano Allegri menilai pertandingan antara timnya dan Napoli, di San Paolo, Minggu (22/9/2013) akan berlangsung seimbang. Menurutnya, satu-satunya hal yang membuat Napoli diunggulkan dalam laga itu adalah jumlah poin sementara di Serie-A.

Napoli menguasai klasemen sementara dengan nilai sembilan dari tiga pertandingan, sementara Milan ada di peringkat ke-11 dengan nilai empat, juga dari tiga pertandingan.

Menurut saya, satu-satunya alasan Napoli dinilai sebagai favorit karena mereka memiliki sembilan poin. Kami kehilangan poin-poin itu dari pertandingan melawan Verona," ujar Allegri.

"Napoli memainkan sepak bola yang bagus dan bermain kolektif. Rafael Benitez telah bekerja dengan baik, karena sulit mengubah tim yang sudah begitu lama bermain dengan pola 4-4-2. Pertandingan akan berlangsung seimbang," lanjutnya.

Menghadapi Napoli, Milan masih akan tanpa Kaka, Stephan El Shaarawy, Riccardo Montolivo, dan Mattia De Sciglio. Mereka semua masih menjalani pemulihan cedera. Meski begitu, Allegri mengaku yakin, pemain yang akan tampil tak akan mengecewakan.

"Ignazio Abate dan M'Baye Niang bisa bermain besok. Andrea Poli seratus persen bugar. Kita akan lihat besok apa yang harus dilakukan. Saya yakin, para pemain ini akan tampil bagus," ungkap Allegri.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kedua tim, tetapi dua tim ini memiliki pemain yang bisa menghancurkan lawan dan karenanya harus memikirkan hal itu. Sebagai tim, kami harus berkembang, tetapi juga betul bahwa kami melakukan apa yang kami mampu pada laga melawan Celtic, dengan pemain yang ada," tambah Allegri.

Mazzarri Ingatkan Zanetti Akan Hector Cuper

Posted: 21 Sep 2013 12:28 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com - Kapten Inter Milan Javier Zanetti menilai pelatih Walter Mazzarri memiliki kesamaan dalam bekerja dengan pelatih Inter pada 2001-2003, Hector Cuper.

"Mazzarri sangat mengesankan sejak awal kami bertemu. Ia memiliki gagasan yang jelas, merupakan orang yang sangat peduli pada pekerjaan dan dalam hal itu, aku memiliki pandangan yang sama, karena pada akhirnya segala jerih payah terbayar," ujar Zanetti.

"Ia memerhatikan detail karena itulah cara menciptakan tim juara. Kami biasa melakukan hal-hal besar dengan bekerja sama seperti ini. Mazzarri mengingatkanku akan Cuper dalam hal bagaimana ia menangani pekerjaannya," lanjutnya.

Mazzarri didatangkan Inter dari Napoli pada Mei 2013. Mazzarri telah memimpin Inter dalam tiga pertandingan Serie-A musim ini, dengan rekor dua kali menang dan sekali imbang dan rekor memasukkan-kemasukan 6-1.

Zanetti sendiri tidak terlibat dalam pertandingan-pertandingan tersebut, karena sedang dalam masa pemulihan cedera pada tendon achilles. Ia mengalami cedera itu pada April 2013 dan diperkirakan akan pulih pada November 2013.

"Aku berharap melakukan segalanya untuk kembali (bermain) sesegera mungkin dan berguna untuk tim dan klub," ujar Zanetti.

Hancurkan Schalke 4-0, Bayern Tempel Dortmund

Posted: 21 Sep 2013 11:40 AM PDT

GELSENKIRCHEN, KOMPAS.com - Bayern Muenchen menempel ketat penguasa klasemen Bundesliga, Borussia Dortmund, setelah mengalahkan Schalke 04 4-0, di Veltins Arena, Sabtu (21/9/2013). Gol-gol Bayern diciptakan oleh Bastian Schweinsteiger, Mario Mandzukic, Franck Ribery dan Claudio Pizarro.

Pertandingan berlangsung cukup menarik pada menit-menit awal pertandingan, karena kedua tim saling menekan. Schalke beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Bayern lewat serangan balik. Tim asuhan Jens Keller ini bahkan nyaris unggul kalau saja sepakan Adam Szalai tak meleset dari gawang Manuel Neuer.

Bayern unggul lebih dulu pada menit ke-21 melalui gol Bastian Schweinsteiger yang menyundul sepak pojok Arjen Robben. Belum habis rasa terkejut Schalke, Mario Mandzukic menambah keunggulan tim tamu satu menit kemudian melalui sundulannya memanfaatkan umpan David Alaba. Bola sempat memantul sebelum masuk ke gawang Timo Hildebrand tanpa bisa dicegah barisan pertahanan Schalke.

Keunggulan Bayern ini bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Mandzukic nyaris menambah golnya pada menit ke-52. Sayang sepakan penyerang Kroasia ini masih melebar. Meski demikian Bayern terlihat semakin nyaman menguasai permainan dan tak banyak memberi Schalke membuat peluang. Kevin-Prince Boateng sempat mengirim tembakan dari sisi kanan pertahanan Die Roten, namun bola hanya melebar dari sisi gawang Neuer.

Pada menit 74, Franck Ribery menambah skor menjadi 3-0 menyambut operan Alaba yang sebelumnya menerima umpan Schweinsteiger. Dari jarak dekat pemain terbaik Eropa ini menceploskan bola menaklukkan Hildebrand. Pesta gol Bayern semakin lengkap pada oleh Claudio Pizarro yang menggantikan Mandzukic mencetak gol keempat berkat umpan Mueller yang lebih dulu merangsek masuk ke kotak penalti Die Knappen.

Keunggulan ini mampu dipertahankan Bayern yang juga tak membiarkan Schalke membuat satu gol pun. Hingga pertandingan berakhir, kedudukan tetap 4-0 untuk juara bertahan Bundesliga ini. Hasil ini sekaligus mengantarkan Bayern ke posisi kedua klasemen. Mereka mengoleksi jumlah poin sama dengan pemuncak klasemen sementara Borussia Dortmund dengan 16 poin.

Selain itu, berdasarkan statistik OptaSports.com, hasil ini menandai kesuksesan Bayern untuk selalu mencetak gol selama 43 pertandingan berturut-turut. Di sisi lain, bagi Schalke kekalahan ini merupakan kekalahan kandang terbesar selama lebih dari 32 tahun.

Susunan pemain

Schalke 04: 34 Timo Hildebrand; 22 Atsuto Uchida, 4 Benedikt Höwedes, 32 Joel Matip, 15 Dennis Aogo; 13 Jermaine Jones, 33 Roman Neustaedter (12 Marco Hoeger, 46); 17 Jefferson Farfan, 9 Kevin-Prince Boateng (11 Christian Clemens, 81), 10 Julian Draxler; 28 Adam Szalai
Pelatih: Jens Keller

Bayern Muenchen: 1 Manuel Neuer; 13 Rafinha, 17 Jerome Boateng, 4 Dante, 27 David Alaba; 21 Philipp Lahm, 31 Bastian Schweinsteiger (15 Jan Kirchhoff, 77); 10 Arjen Robben (25 Thomas Mueller, 73), 39 Toni Kroos, 7 Franck Ribery; 9 Mario Mandzukic (14 Claudio Pizarro, 80)
Pelatih: Josep Guardiola

Akhiri Rekor Buruk, Chelsea Kuasai Klasemen

Posted: 21 Sep 2013 11:37 AM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Chelsea meraih kemenangan 2-0 atas Fulham, pada pertandingan Premier League, di Stamford Bridge, Sabtu (21/9/2013). Ini adalah kemenangan pertama Chelsea dalam lima pertandingan terakhir.

Kemenangan The Blues dibuka oleh gol Oscar pada menit ke-52. Oscar membobol gawang tim tamu dengan tendangan kaki kiri dari jarak dekat, memanfaatkan bola rebound, hasil tembakan Samuel Eto'o yang diantisipasi David Stockdale.

Pada menit ke-84, Chelsea mendapat gol kedua dari John Obi Mikel. Gol bermula dari tendangan sudut yang dieksekusi Lampard. Dengan kepalanya, John Terry meneruskan bola ke arah Mikel. Dengan kaki kanan, Mikel menembakkan bola ke tengah gawang dari jarak dekat.

Chelsea mendominasi permainan sejak awal, tetapi kesulitan menyelesaikan serangan dengan eksekusi. Sejumlah peluang yang didapat pun tak berbuah sesuai harapan, karena performa Stockdale.

Pada menit ke-20 dan ke-45, misalnya, Ramires dan Branislav Ivanovic melepaskan tembakan akurat, tetapi kandas di tangan Stockdale.

Chelsea kemudian mengambil inisiatif menyerang pada babak kedua. Serangan-serangan awal Chelsea di babak ini hanya membuahkan tendangan sudut. Namun, Chelsea mempertahankan tekanannya dan akhirnya mendapatkan gol dari Oscar.

Setelahnya, Fulham tampak memberikan perlawanan lebih serius. Namun, Chelsea fokus pada usaha mencari gol. Setelah tembakan Steve Sidwell pada menit ke-54 meleset, Chelsea meningkatkan serangan yang memakasa Fulham kembali bertahan. Namum, Chelsea berhasil menciptakan delapan peluang secara berturut-turut, yang salah satunya membuahkan gol kedua.

Menurut catatan Premier League, sepanjang pertandingan Chelsea menciptakan sembilan peluang emas dari 16 percobaan, sementara Fulham melepaskan satu tembakan titis dari empat usaha.

Dengan hasil tersebut, Chelsea naik ke puncak klasemen, dengan nilai sepuluh dari lima pertandingan. Mereka unggul selisih gol dari Liverpool di tempat kedua.

Chelsea: 1-Petr Cech; 2-Branislav Ivanovic, 3-Ashley Cole, 24-Gary Cahill, 26-John Terry; 7-Ramires, 11-Oscar, 12-John Mikel Obi, 14-Andre Schuerrle (8-Frank Lampard 80), 17-Eden Hazard (15-Kevin De Bruyne 85); 29-Samuel Eto'o (9-Fernando Torres 64)
Pelatih: Jose Mourinho

Fulham: 13-David Stockdale; 5-Brede Hangeland, 15-Kieran Richardson, 27-Sascha Riether, 35-Fernando Amorebieta; 7-Steve Sidwell, 11-Alexander Kacaniklic, 16-Damien Duff (19-Adel Taarabt 64), 28-Scott Parker; 8-Pajtim Kasami (20-Hugo Rodallega 85), 39-Darren Bent
Pelatih: Martin Jol

Wasit: Andre Marriner

VIDEO: Gol Lovren Akhiri Rekor Tak Terkalahkan Liverpool

Posted: 21 Sep 2013 11:15 AM PDT

KOMPAS.com - Liverpool menelan kekalahan pertama pada Premier League musim 2013/14. Southampton yang membuat The Reds bertekuk lutut dalam pertandingan di Anfield, Sabtu (21/9/2013).

Dejan Lovren menjadi mimpi buruk bagi Steven Gerrard dan kawan-kawan pada menit ke-53. Berawal dari tendangan pojok, Lovren menyundul si kulit bundar dan menjebol gawang The Reds yang dikawal Simon Mignolet.

Gerrard berusaha menghalau, tetapi tendangannya tak bisa menyapu bola keluar. Si kulit bundar malah menghantam jaring di atasnya.

Berikut video gol Lovren yang membuat Liverpool kalah 0-1.

Rodgers: Liverpool Tak Bermain seperti Biasanya

Posted: 21 Sep 2013 10:56 AM PDT

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Pelatih Liverpool Brendan Rodgers menilai level permainan timnya berada di bawah level yang mereka tunjukkan sejak awal musim ini, ketika menghadapi pada Premier League, di Anfield, Sabtu (21/9/2013), yang berakhir 1-0 untuk tim tamu.

"Kami tak memainkan bola dengan baik dan secara teknik berada di bawah level permainan yang selama ini kami tunjukkan. Para pemain tampil luar biasa dalam beberapa bulan terakhir dan hari ini mereka tak tampil seperti itu," ujar Rodgers.

Gol The Saints diciptakan Dejan Lovren pada menit ke-53. Ia menaklukkan Simon Mignolet dengan sundulan, memanfaatkan umpan silang Adam Lallana.

Menurut catatan Premier League, sepanjang pertandingan itu Liverpool melepaskan lima tembakan titis dari sembilan percobaan, sementara The Saints menciptakan tujuh peluang emas dari sepuluh usaha.

Dengan hasil tersebut, Liverpool tetap menguasai klasemen dengan nilai sepuluh dari lima pertandingan. Mereka unggul satu angka dari pesaing terdekat, Arsenal, yang baru memainkan empat laga.

Terlepas dari hasil, Rodgers melihat hal positif dari pertandingan melawan The Saints. Hal positif itu adalah bahwa pertandingan tersebut menandai berakhirnya masa hukuman larangan tampil sepuluh pertandingan yang diterima penyerang Luis Suarez setelah dinyatakan bersalah menggigit bek Chelsea, Branislav Ivanovic, pada laga Premier League, di Anfield, Minggu (21/4/2013).

"Itulah hal positif dari hari ini karena ia sekarang telah selesai menjalani hukuman dan kami bisa menampilkan kembali pemain dengan kualitas seperti dirinya," ungkap Rodgers.

No comments:

Post a Comment