KOMPAStekno

KOMPAStekno


Awas, iOS 7 Rawan Dibobol

Posted: 22 Sep 2013 01:54 AM PDT

Ilustrasi sistem operasi iOS7

KOMPAS.com — Bersama update iOS 7, Apple memperkenalkan sejumlah fitur baru yang menyegarkan sistem operasi mobile itu, termasuk Control Center, yang sangat berguna untuk mengakses sejumlah fungsi pengaturan tanpa membuka menu Setting.

Akan tetapi, implementasi fitur tersebut ternyata masih kurang sempurna karena Control Center belakangan ditemukan mengandung sebuah bug berbahaya yang memungkinkan  orang tak bertanggung jawab mengakses data-data pengguna.

Sebagaimana dilansir oleh Business Insider, Control Center bisa dipakai untuk menembus Lock Screen di iOS7.

Caranya pun relatif mudah, cukup dengan memanggil fitur tersebut dari Lock Screen dengan menyapu jari dari bawah layar, menjalankan aplikasi Clock, membuka bagian alarm, menekan dan menahan tombol power.

Kemudian, klik icon "Cancel" yang muncul, lalu menekan tombol "home" sebanyak dua kali. Tombol "Home" perlu ditahan agak lama saat ditekan untuk yang kedua kalinya.

Setelah itu, perangkat iOS7 pun akan menampilkan menu multitasking. Dari sini, semua aplikasi yang berjalan bisa diakses, mulai dari Twitter, e-mail, bahkan foto-foto apabila aplikasi kamera kebetulan sedang aktif. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak video di bawah mulai detik ke-50 (00:50).

Ars Technica melaporkan bahwa trik ini bisa dilakukan di iPhone 4S, iPhone 5, iPod touch generasi ke-5, dan iPad Mini. Boleh jadi semua perangkat mobile Apple yang telah di-update ke iOS7 memiliki kelemahan yang sama.

Celah lain

Akses Control Center dari Lock Screen juga bisa dipakai untuk mematikan fitur "Find my iPhone/ iPad". Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur "Airplane Mode" dari panel kendali yang bisa dipanggil dari layar pengunci tanpa perlu memasukkan password itu.

Segala macam koneksi pun dimatikan dan perangkat iOS7 tidak bisa dilacak. Ini tentu berpotensi merugikan pengguna yang kehilangan dan ingin melacak perangkatnya. Siri juga bisa dipakai untuk mengaktifkan Airplane Mode lewat perintah suara.

Sebenarnya, pelacakan bisa dihentikan dengan mematikan perangkat yang bersangkutan. Akan tetapi, trik di atas bisa menguntungkan pencuri yang ingin tetap menghidupkan iPhone/ iPad (misalnya saat akan membobol kode PIN) tanpa berisiko terlacak.

Apple telah mengeluarkan pernyataan resmi mengenai persoalan ini dan mengatakan bakal segera menyalurkan update iOS7 untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebelum itu, ada cara mudah yang bisa dilakukan sebagai solusi sementara, yaitu cukup dengan mematikan akses Control Center di Lock Screen lewat menu "Settings>Control Center>Access on Lock Screen".

Dari Bali, Internet Indonesia Diharapkan Jadi Lebih Baik

Posted: 22 Sep 2013 01:02 AM PDT

KOMPAS.com - Internet Governance Forum (IGF), forum global tahunan inisiatif Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), akan diadakan di Nusa Dua, Bali, pada 21-25 Oktober 2013. Diharapkan, pertemuan ini juga bermanfaat bagi kondisi internet di dalam negeri.

IGF 2013, akan mencakup lebih dari 100 sesi dialog terkait dengan tata kelola Internet, khususnya terkait dengan aspek bisnis, teknis, privasi, perlindungan anak, kebebasan berekspresi dan pembangunan.  

Penyelenggaraan IGF 22013 ini dimotori oleh Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF), yang terdiri atas berbagai unsur dan pemangku kepentingan. Termasuk di dalamnya adalah pemerintah, asosiasi industri dan organisasi masyarakat madani.

Harapan akan bermanfaatnya acara di Bali ini bagi kondisi internet di Indonesia pun disampaikan oleh unsur-unsur yang terlibat dalam penyelenggaraannya.

"Untuk IGF ke-8, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah. Diharapkan masyarakat Indonesia bisa mengambil manfaatnya," kata Ashwin Sasongko, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"IGF 2013 di Bali adalah momentum untuk mendorong proses tata kelola Internet di Indonesia agar transparan, akuntabel dan partisipatif. Masyarakat Indonesia perlu terlibat aktif dalam dialog-dialog yang diselenggarakan di IGF 2013, untuk menyuarakan kepentingan bersama," tegas Shita Laksmi, dari Indonesia Civil Society for Internet Governance (ID-CONFIG).

Sedangkan Semmy Pangerapan, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), berharap setelah IGF 2013 ini akan ada forum dialog rutin tahunan oleh para pemangku kepentingan di Indonesia untuk membahas kepentingan nasional.

Dapatkah forum ini memenuhi harapan tersebut?

Terus Rugi, BlackBerry Kurangi Karyawan

Posted: 21 Sep 2013 11:03 PM PDT

Produsen telepon pintar Blackberry berencana memberhentikan 4.500 karyawannya, atau 40% dari tenaga kerjanya di seluruh dunia, untuk mengurangi kerugian besar.

Perusahaan mengatakan tindakan ini akan diambil untuk mengantisipasi kerugian sebanyak 995 juta dollar AS dalam laporan laba kuartal kedua yang akan diumumkan minggu depan.

Saham perusahaan ditutup turun 17% setelah sempat dihentikan menyusul pengumuman ini.

Pada bulan Agustus, perusahaan Kanada ini mengatakan sedang mengevaluasi kemungkinan penjualan perusahaan.

Dalam sebuah penyataan pada Jumat (20/09) kemarin, pimpinan eksekutif Blackberry Thorstein Heins mengatakan: " Kami menerapkan hal yang sulit, tapi perlu ada perubahan operasional yang diumumkan hari ini untuk mengatasi posisi kami di industri makin lebih kompetitif dan matang ini, dan untuk mendorong perusahaan tetap bisa mendapatkan untung."

Terjun bebas

Perusahaan mengatakan kerugian terutama disebabkan mengecewakannya penjualan smartphone model baru Z10.

Dirilis pada bulan Januari dengan begitu gembar-gembor setelah banyak penundaan, ponsel ini ternyata gagal memuaskan konsumen.

Pada bulan Juni, Heins mengatakan perusahaan menjual hanya 2,7 juta ponsel Z10 dari 6,8 juta yang dibuat. Banyak pengguna Blackberry yang malah memilih untuk tetap memakai model sebelumnya.

Analis telah lama menunjukkan bahwa Blackberry bisa menarik bagi pembeli potensial, namun tidak satupun dari perusahaan teknologi besar yang secara terbuka menunjukkan minat.

"Perusahaan telah terjun dari tebing," kata analis teknologi BGC Colin Gillis kepada BBC.

Gillis mengatakan pemotongan jumlah pekerja bisa mengurangi antusiasme pembeli potensial dan mungkin menunjukkan perusahaan tidak bisa menemukan pihak yang tertarik.

Telkomsel Ajak Pelanggan Loyal Nonton F1 Singapura

Posted: 21 Sep 2013 09:32 PM PDT

SINGAPURA, KOMPAS.com - Sebanyak 60 pelanggan Telkomsel mendapatkan kesempatan menyaksikan langsung ajang F1 Singapura Grandprix 2013 di sirkuit Marina Bay, Singapura, pada 20-23 September.

Acara nonton F1 Singapura merupakan gelaran tahunan Telkomsel. Ajang ini merupakan penghargaan yang diberikan Telkomsel atas loyalitas pelanggan.

"Yang membedakan tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah lokasi tempat kita menyaksikan balapan. Tahun lalu kita nonton di Padang Grandstand tetapi untuk kali ini kita nonton di Stamford Grandstand," jelas perwakilan Telkomsel, Emir Gemasurya.

Seperti dilaporkan wartawan Kompas.com Ferril Dennys, pelanggan Telkomsel telah tiba di Negeri Singa sejak Sabtu (21/9/2013) pagi pukul 10.00 waktu setempat. Mereka kemudian "dimanjakan" oleh wahana-wahana spektakuler di Universal Studio Singapura.

Mereka menikmati wahana-wahana seru di antaranya Light, Camera, Action, Hosted By Stevan Spielberg, Water Wolrd, dan Revenge Of The Mummy. Tidak hanya itu, mereka juga mengunjungi South East Asia Aquarium. Di sana, mereka bisa menyaksikan berbagai macam jenis makhluk bawah laut.

Setelah merampungkan kegiatannya, mereka berfoto di bola dunia raksasa yang merupakan ikon Universal Studio.

Pelanggan Telkomsel dijadwalkan menyaksikan balapan pada Sabtu (22/9/2013) malam waktu setempat. Sebastian Vettel akan mengawali balapan dari posisi terdepan usai mencatat waktu yang tercepat dalam sesi kualifikasi yakni 1 menit 42,841 detik. Catatan waktu pebalap Red Bull tersebut mengungguli Nico Rosberg yang mencatatkan waktu 1 menit 42,932 detik.    

Salah satu pelanggan Telkomsel, Alkhapila Nahri mengaku yakin, Vettel menjuarai GP Singapura, sekaligus mengulangi prestasi tahun lalu. "Vettel kan tahun lalu juara. Jadi dia akan juara lagi. Saingan terberatnya nanti mungkin Lewis Hamilton. Tapi Vettel bakal juara," jelas mahasiswa Universitas Gajah Mada tersebut.  

Bintang pop Rihanna dijadwalkan bakal memeriahkan balapan GP Singapura ini.

BBM untuk Android dan iPhone Ditarik, Ada Apa?

Posted: 21 Sep 2013 08:41 PM PDT

KOMPAS.com — Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) seharusnya sudah bisa digunakan oleh pengguna Android. Sebab, sebelumnya BlackBerry menjanjikan BBM akan hadir di Android dan iPhone pada akhir pekan ini.

BBM untuk iPhone sempat hadir di Apple App Store. Namun, hingga Minggu (22/9/2013) pagi, belum ada tanda-tanda kemunculan aplikasi BBM di Google Play Store.

Alih-alih mengumumkan ketersediaan BBM di Android, BlackBerry justru menunda kehadiran BBM untuk Android dan menarik kembali aplikasi untuk iPhone. Kenapa?

Dalam sebuah publikasi di blog resmi BlackBerry, Minggu (22/9/2013), perusahaan mengungkap alasan tertundanya aplikasi BBM di Android. Menurut BlackBerry, akar permasalahannya berasal dari file instalasi aplikasi BBM tak resmi.

"Akibatnya, versi yang belum pernah dirilis ini menyebabkan masalah, dan kami sedang mencoba menyelesaikan masalah ini sepanjang hari," tulis Luke Reimer, Manajer Bisnis Media Sosial BlackBerry.

Beberapa jam sebelum BBM meluncur di Android dan iPhone, file instalasi BBM dengan format .apk (format aplikasi untuk Android) memang beredar di internet. Menurut Reimer, jumlah pengguna BBM bertambah menjadi 1,1 juta orang dalam waktu delapan jam. Namun, banyaknya pemakaian aplikasi BBM tak resmi menyebabkan masalah teknis bagi BlackBerry.

Tim teknis BlackBerry mengaku tetap berusaha membawa BBM di perangkat Android dan iPhone. Untuk sementara, perusahaan harus menarik kembali aplikasi BBM yang telanjur beredar, termasuk dari toko aplikasi online Apple App Store.

Kendati demikian, Reimer mengatakan, pelanggan yang sudah mengunduh BBM di iPhone tetap bisa menggunakan BBM. Aplikasi BBM untuk iPhone sempat tersedia di Apple App Store pada Sabtu (21/9/2013) sejak pukul 22.00 WIB.

Sementara itu, aplikasi BBM di Android yang masih dalam tahap uji coba atau tidak resmi akan dinonaktifkan. Pengguna Android yang telanjur mengunduh aplikasi tersebut harus mengunjungi situs web www.bbm.com untuk mendaftar dan update aplikasi BBM resmi untuk Android.

BlackBerry tidak mengungkap kapan perusahaan akan kembali merilis aplikasi BBM resmi untuk Android dan iPhone.

Reimer menegaskan, masalah yang ditimbulkan dari aplikasi BBM di Android dan iPhone ini tidak akan berdampak pada layanan BBM untuk pengguna ponsel BlackBerry.

Baca juga:
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry? 
BlackBerry ibarat Negara Gagal
5 Biang Keladi Keterpurukan BlackBerry

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iPhone

No comments:

Post a Comment