KOMPAStekno

KOMPAStekno


Intel Xeon E5-2600 v2 Siap Dukung Server

Posted: 16 Sep 2013 05:58 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Intel meluncurkan keluarga baru prosesor Xeon E5-2600 v2 (kode nama Ivy Bridge-EP) untuk perangkat komputer server dual-socket dan workstation, yang diklaim mengalami peningkatan kinerja dan membuat lebih efisien dari generasi sebelumya.

Prosesor terbaru yang dibangun dengan proses fabrikasi 22 nano meter (nm) ini, menawarkan efisiensi daya hingga 45 persen dan peningkatan kinerja sekitar 50 persen lebih, dibandingkan dengan prosesor Xeon E5-2600 v1.

Senior Vice President and General Manager of the Datacenter and Connected Systems Group Intel, Diane Bryant mengatakan, keluarga prosesor ini cocok untuk menangani berbagai beban kerja komputer server, storage, dan jaringan.

Jumlah inti (core) maksimal pada prosesor Xeon E5-2600 v2 ditingkatkan dari 8 core menjadi 12 core, dengan cache Level 3 dari 20MB menjadi 30MB. Sementara untuk operasi maksimum meningkat sebesar 200MHz, membawa frekuensi dasar 3,5GHz dan frekuensi turbo 4GHz.

Dua fitur keamanan baru diperkenalkan dalam keluarga prosesor, yakni OS Guard, yang mengisolasi sistem operasi dari serangan program jahat.

Sejatinya, keluarga prosesor Xeon E5-2600 v2 dibangun dalam tiga varian untuk menargetkan beban kerja yang berbeda-beda.

Pertama, adalah prosesor dengan 4-6 core dengan 15MB L3 cache dan 40 sampai 80W Thermal Design Power (TDP). Kedua, prosesor 6-10 core dengan 25MB L3 cache dan 70 sampai 130 W TDP.

Dan yang terakhir, prosesor 12 core dengan 30MB L3 cache dan 115 sampai 130W TDP. Varian 12 core ini mencakup tambahan memori pengontrol untuk meningkatkan bandwidth memori.

Keluarga prosesor Intel Xeon E5-2600 v2 akan dipakai pada IBM NextScale System, IBM X3650 M4HD, dan lainnya. Selain itu, Dell juga telah memilih prosesor terbaru ini untuk solusi penyimpanan data.

Xeon E5-2600 sudah mulai dikirimkan dan berada  di kisaran harga 202 sampai 2.614 dollar AS jika membeli dalam jumlah 1.000. Sementara itu, tiga single-socket prosesor Intel Xeon E5-1600 akan ditawarkan untuk workstation dengan kisaran harga 294 sampai 1.080 dollar AS.

Canon PhotoMarathon Indonesia Kembali Digelar

Posted: 16 Sep 2013 05:11 AM PDT

Canon PhotoMarathon Indonesia 2013

KOMPAS.com - Lomba foto Canon PhotoMarathon kembali digelar tahun ini di Indonesia. Kompetisi tersebut merupakan bagian dari event Canon PhotoMarathon Asia yang juga diadakan di Singapura dan Vietnam.

Canon PhotoMarathon Indonesia telah memasuki tahun ke lima sejak pertama diselenggarakan pada 2009 lalu. Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, tahun ini tiga kota besar di Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ajang fotografi tersebut, yaitu Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.

Lomba di masing-masing kota diadakan pada waktu berbeda. Surabaya mendapat giliran pertama pada 28 September, berlanjut dengan Yogyakarta pada 6 Oktober. Puncak kegiatan Canon PhotoMarathon Indonesia 2013 bertempat di Cilandak Town Square, Jakarta, pada 12 Oktober mendatang.

"Ajang ini tidak hanya membuka ruang eksperimen dan ekspresi bagi fotografer, namun juga sekaligus menjadi wadah silaturahmi serta bertukar pengetahuan dan pengalaman terkait dunia fotografi," ujar Direktur Divisi Canon PT. Datascrip Merry Harun, selaku distributor tunggal produk-produk pencitraan digital Canon di Indonesia.

Para peserta Canon PhotoMarathon Indonesia 2013 bersaing memperebutkan hadiah berupa paket kamera DSLR -termasuk Canon EOS 70D yang merupakan salah satu model terbaru- dan tiket perjalanan "photo clinic" ke Kansai, Jepang, dan Pulau Komodo.

Rangkaian acara juga termasuk seminar-seminar oleh sejumlah pakar fotografi di tanah air.

Tertarik ikut serta? Informasi selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut ini.

Video "Rapat Pembahasan iPhone Baru" Ditarik Microsoft

Posted: 16 Sep 2013 03:20 AM PDT

Potongan adegan video iklan Microsoft yang berisi sindirah terhadap iPhone 5S dan 5C

KOMPAS.com - Memanfaatkan kekecewaan sebagian orang terhadap iPhone 5C dan 5S, minggu lalu Microsoft merilis video iklan sindiran yang menyiratkan pesan bahwa kedua smartphone andalan baru Apple itu sebenarnya minim inovasi dan hanya digunakan sebagai alat untuk mengeruk uang dari konsumen.

Tapi, seperti dilansir oleh The Verge, video tersebut rupanya langsung ditarik kembali tak lama setelah mulai beredar lantaran menuai kritik dari pemirsa. Pihak Microsoft mengakui bahwa video tersebut memang "sedikit keterlaluan".

Seorang juru bicara Microsoft mengatakan bahwa video yang bersangkutan dimaksudkan sebagai "sindiran ringan terhadap teman-teman kami di Cupertino (lokasi markas Apple)". "Tapi hasilnya memang agak kelewatan dan kami memutuskan untuk menariknya," ujar si juru bicara.

Lantas, apa sebenarnya yang ada di dalam iklan kontroversial tersebut? Video Microsoft ini memparodikan sebuah "rapat internal" untuk mendiskusikan iPhone baru. Seorang lelaki dan perempuan yang mengajukan ide rancangan iPhone berbicara dengan dua tokoh yang terlihat dari belakang.

Profil dua orang yang tak tampak wajahnya itu mirip dengan CEO Apple Tim Cook dan kepala desain Apple John Ive. Ide-ide soal iPhone baru yang dilontarkan dalam sesi rapat tersebut terdengar konyol dan menyindir sejumlah aspek pada iPhone 5S dan 5C.

Di bagian akhir video yang berdurasi kurang dari dua menit, Microsoft tak lupa menyelipkan tagline #timetoswitch seperti biasa. Sebelum ini, Microsoft telah berulang kali mengejek tablet Apple iPad dalam video iklan, sementara yang diledek justru terkesan adem ayem.

Kini, video itu sudah diubah statusnya menjadi "private" di YouTube. Beruntung, Business Insider sempat mengunduhnya sebelum Microsoft sempat bertindak. Simak video selengkapnya dari tautan ini.

Ledakan iPhone Lubangi Jaket Pemilik

Posted: 16 Sep 2013 01:33 AM PDT

KOMPAS.com - Kasus terbakarnya ponsel pintar Apple iPhone kembali terjadi, kali ini menimpa Zhang Jian yang berasal dari Zhuzhou, propinsi Hunan, China.

Jian mengatakan bahwa iPhone 4 miliknya meledak ketika sedang mengisi daya baterai. Padahal, aku Jian, ponsel tersebut diisi dengan kabel dan alat pengisi daya (charger) asli.

Menurut keterangan yang dibuat Jian, ia mematikan ponselnya lalu mengisi daya sebelum pergi tidur sekitar jam 21.30 hari Selasa (10/9/2013). Esok paginya, jam 06.30, Jian terbangun karena suara keras serta bau plastik terbakar.

Ternyata, iPhone 4 yang diletakkan di atas jaket telah terbakar dan diselimuti asap hitam.

"Aku segera mencabut steker listrik, tapi ponsel itu terlalu panas. Aku menunggu sekitar lima menit. Ada lubang di jaket saya," kata Jian.

Bagian belakang atas iPhone 4 itu terbuka sehingga beberapa komponen ponsel terlihat secara kasat mata. Selain itu, di sisi samping ponsel juga terdapat bekas terbakar.

Jian kemudian mengadukan kecelakaan tersebut kepada Apple China. Sebagai langkah awal, staf teknis Apple meminta Jian untuk mengirim foto dari ponsel yang terbakar, dan mengatakan perusahaan akan memberikan Jian jawaban dalam waktu dua hari kemudian.

Selanjutnya, divisi layanan purna jual Apple China akan menyelidiki penyebab dari meledaknya iPhone 4 tersebut. Sementara itu, juru bicara Apple China enggan berkomentar soal kecelakaan ini.

Ikuti berita-berita lain seputar iPhone terbakar/meledak di topik:
Kasus Ponsel Terbakar

6 Aplikasi "Mobile Chat" yang Jalan di PC

Posted: 16 Sep 2013 12:43 AM PDT

KOMPAS.com - Mengirim pesan teks via perangkat mobile memang sangat nyaman untuk dilakukan. Pengguna bisa melakukan kegiatan ini di mana saja dan kapan saja.

Meskipun begitu, sebagian besar dari para pekerja masih banyak menghabiskan waktunya di balik PC desktop atau notebook. Jadi, kemampuan sebuah aplikasi untuk berkirim pesan dari platform PC ke mobile, dan sebaliknya, sangat dicari-cari.

Saat ini, memang ada banyak aplikasi pengiriman pesan teks. Namun, hanya sedikit yang dapat bekerja atau berada di PC dan perangkat mobile sekaligus.

Lima aplikasi messenger di bawah ini sudah memenuhi kriteria tersebut, mendukung platform PC dan juga mobile. Berikut 6 aplikasi buat ngobrol yang bisa dipakai di dua platform, PC dan mobile, seperti dikutip dari The Next Web.

1. Viber

Platform yang didukung: Windows, OS X, iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, Bada, Nokia

Viber mendukung semua platform yang ada saat ini. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk panggilan suara dan juga video. Berkirim pesan teks yang disertai dengan sticker juga sangat dimungkinkan.

Keunikan dari aplikasi ini adalah pengguna harus menggunakan nomor telepon untuk menggunakannya. Nomor telepon ini nantinya akan berfungsi sebagai ID dari pengguna.

Untuk menggunakan aplikasi ini di PC atau Mac, pengguna hanya perlu mengaktifkan fungsi tersebut dari perangkat mobile.

2. Hipchat

Platform yang didukung: Windows (beta), OS X, Linux (beta), iOS, Android

Aplikasi yang satu ini didesain untuk dunia pekerjaan. Aplikasi gratisnya mengizinkan pengguna untuk membuat ruangan chat hingga 5 orang, dengan biaya 2 dollar AS per pengguna tambahan.

Selain chat group, pengguna juga dapat melakukan chat individual dengan pengguna lain.

Ia dilengkapi kemampuan untuk berkirim dan berbagai file. Pun terdapat kemampuan untuk menonton video YouTube atau melihat tweet seseorang langsung dari aplikasi.

Satu fitur yang membuat aplikasi itu sangat cocok untuk dunia pekerjaan adalah kemampuan enkripsi pesan 256-bit SSL.

3. Skype

Platform yang didukung: Windows, OS X, Linux, iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry

Aplikasi ini merupakan pemain lama di dunia berkirim pesan teks dan juga VoIP. Ia memiliki kemampuan yang baik untuk panggilan video dan suara. Karena sudah beredar bertahun-tahun, bug dan juga masalah teknis lainnya yang ada di aplikasi ini tidaklah terlalu banyak.

Skype diakuisisi oleh Microsoft pada akhir tahun 2011 silam. Microsoft akhirnya memutuskan untuk menutup layanan pengiriman pesan mereka, Windows Live, dan menggantikannya dengan Skype. Daftar kontak yang ada di Windows Live pun dimigrasi ke Skype.

4. Facebook Messenger

Platform yang didukung: Windows, iOS, Android, BlackBerry

Salah satu keuntungan dari menggunakan aplikasi ini adalah nyaris semua orang yang Anda kenal kemungkinan sudah menggunakannya. Pengguna bisa terus chatting dengan semua teman yang ada di daftar kontak di Facebook menggunakan aplikasi ini.

Salah satu kekurangannya, Facebook Messenger masih belum hadir di sistem operasi Mac OS X. Ia juga dikabarkan sering crash atau hang.

5. Line

Platform yang didukung: Windows, OS X, iOS, Android, Windows Phone, BlackBerry, Asha

Ia merupakan salah satu rising star di dunia aplikasi pengiriman pesan. Masih belum terlalu dikenal di dunia Barta, tetapi menjadi bintang di Asia. Jumlah unduhan aplikasi ini diklaim telah mencapai 200 juta.

Fitur yang diberikan seperti panggilan suara, video, mengirim foto, game, dan sticker. Fitur terakhir yang disebutkan menjadi salah satu faktor mengapa aplikasi ini begitu digandrungi. Sticker buatan Line mampu hadir dengan karakter yang unik, lucu, dan imut.

6. Yahoo Messenger

Platform yang didukung: Windows, OS X, iOS, Android, Symbian, BlackBerry

Dapat dikatakan sebagai legenda hidup di dunia chatting. Pertama kalinya dirilis pada tahun 1998, meskipun tidak menggunakan nama Yahoo Messenger. Ia hadir duluan di platform PC dengan nama Yahoo Pager, sebelum akhirnya berubah nama menjadi Yahoo Messenger with Voice di tahun 2005, dan berganti menjadi Yahoo Messenger dari tahun 2006 hingga saat ini.

No comments:

Post a Comment