KOMPAStekno

KOMPAStekno


Akhirnya, BBM Hadir di iPhone

Posted: 21 Sep 2013 09:00 AM PDT

KOMPAS.com - Pengguna iPhone akhirnya dapat menikmati BlackBerry Messenger (BBM). Aplikasi resmi BBM ternyata lebih dulu hadir untuk iPhone ketimbang Android.

BBM untuk iPhone sudah bisa diunduh gratis di Apple App Store mulai Sabtu, (21/9/2013), sekitar jam 22.00 WIB. Waktu tersebut lebih cepat dibandingkan rencana, karena sebelumnya BlackBerry menjadwalkan BBM hadir di iPhone pukul 00.01 WIB, Minggu (22/9/2013).

Anda dapat mengunduh BBM untuk iPhone di tautan ini. Aplikasi tersebut diterbitkan oleh BlackBerry Limited, yang menandakan ia merupakan aplikasi resmi yang dirilis oleh BlackBerry.

Untuk iPhone, file instalasi BBM memiliki ukuran 30MB. Ia dapat berjalan di iPhone dengan sistem operasi iOS versi 6 ke atas.

Untuk tahap awal, BBM untuk iPhone memiliki fitur dasar. Pengguna dapat mengirim pesan teks, voice note, video singkat, mengganti foto profil ataupun status.

Di kemudian hari, BlackBerry berjanji untuk mengembangkan fitur-fitur BBM di iPhone dan Android, termasuk fitur BBM Voice, BBM Video, hingga BBM Channels.

Sebelumnya, BlackBerry menjanjikan BBM hadir lebih dulu di Android, pada Sabtu (21/9/2013, jam 18.00 WIB. Namun ternyata, jadwal itu tidak ditepati karena hingga jam 23.00 aplikasi BBM belum hadir di toko aplikasi Google Play Store. BlackBerry belum memberi keterangan soal keterlambatan BBM untuk Android.

Download BBM untuk iPhone di iTunes App Store.

Baca juga:
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry? 
Ini Dia, Cara Pakai BBM di Android dan iPhone
BlackBerry ibarat Negara Gagal
5 Biang Keladi Keterpurukan BlackBerry

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOS

---------------------------------------------------
Simak topik pilihan Tekno lainnya:
- iPhone 5S dan 5C (Harga, Spesifikasi, Foto, dan Fitur)

Di Mana Bisa "Download" Aplikasi Resmi BBM untuk Android?

Posted: 21 Sep 2013 03:29 AM PDT

KOMPAS.com — Hari yang ditunggu-tunggu para pengguna Android yang "rindu" BlackBerry Messenger (BBM) tapi tak mau menggunakan ponsel Blackberry akhirnya datang sudah.

Aplikasi BBM untuk Android, kurang dari satu jam lagi, tepatnya pada pukul 18.00 WIB, Sabtu (21/9/2013), sudah bisa diunduh dan digunakan oleh pengguna Android.

Update: Hingga pukul 23.15 WIB, aplikasi resmi BBM belum juga tersedia di Google Play Store atau situs www.bbm.com. Aplikasi BBM untuk Android dipastikan hadir tak sesuai jadwal. Ini dikonfirmasi oleh akun resmi Twitter BlackBerry Messenger, @BBM. Akun ini menulis tweet, "Love the enthusiasm. Still on the way - hold tight! #BBM4ALL".

Aplikasi BBM untuk iPhone justru hadir lebih awal dari jadwal (baca: Akhirnya, BBM Hadir di iPhone)

Aplikasi chatting yang sangat populer di Indonesia ini dapat diunduh gratis di Google Play Store dari perangkat Android. Namun, banyaknya aplikasi BBM palsu yang beredar di Google Play bakal menjadi masalah untuk pengguna Android memilih aplikasi yang tepat.

Sebelum mengunduh aplikasi BBM, perhatikan nama developer/pengembang aplikasinya. Aplikasi BBM yang resmi adalah yang menggunakan nama "BlackBerry Limited".

Agar tak salah mengunduh, KompasTekno menyarankan Anda untuk memantau dari tautan ini.

Tautan di atas merupakan halaman aplikasi-aplikasi yang resmi dikeluarkan oleh BlackBerry. Kemungkinan besar, aplikasi BBM untuk Android juga akan muncul di halaman ini.

Ada tiga aplikasi BlackBerry di halaman tersebut, yaitu BES10 Client, Work Space Manager, dan Secure Work Space. Banyak pengguna yang mengira BES10 Client adalah aplikasi resmi BBM untuk Android. Jangan unduh aplikasi tersebut karena itu adalah aplikasi BBM untuk kalangan korporat, tidak bisa digunakan pengguna biasa.

Selain dari tautan di atas, BlackBerry menyebutkan aplikasi BBM juga dapat diunduh dari situs resmi BlackBerry di www.bbm.com.

Aplikasi BBM bisa berjalan di perangkat Android merek apa pun asalkan telah menggunakan Android 4.0 ke atas (Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean).

Pengguna Android dapat memanfaatkan BBM untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, serta membuat grup diskusi berisi 30 kontak.

Baca juga:
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry? 
Ini Dia, Cara Pakai BBM di Android dan iPhone
BlackBerry ibarat Negara Gagal
5 Biang Keladi Keterpurukan BlackBerry

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOS

---------------------------------------------------
Simak topik pilihan Tekno lainnya:
- iPhone 5S dan 5C (Harga, Spesifikasi, Foto, dan Fitur)
- Microsoft Beli Nokia

BBM Android-iPhone Gratis, Apa Untung BlackBerry?

Posted: 20 Sep 2013 06:30 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) dipastikan hadir di Android dan iPhone tanpa biaya bulanan maupun tahunan, alias gratis. Langkah ini mengundang banyak pertanyaan, apakah BlackBerry akan mencari untung dari BBM di platform kompetitor? Atau, BlackBerry sengaja "bunuh diri?"

Melepas BBM ke platform lain merupakan strategi masa depan BlackBerry untuk memperkuat bisnis perangkat lunak. Perusahaan tak bisa selamanya bergantung pada bisnis perangkat kerasnya. Apalagi, pangsa pasar ponsel BlackBerry terus direbut para pesaingnya.

Meski digratiskan, BlackBerry mengaku telah merancang strategi bisnis untuk menghasilkan uang dari layanan BBM di Android dan iPhone.

Senior Director Marketing Asia Pacific BlackBerry, Krishnadeep Baruah, meyakini BBM akan meraih sukses dalam persaingan aplikasi pesan instan karena BBM memiliki sejumlah keunggulan yang tak dimiliki aplikasi sejenis.

"Kami sudah memiliki rencana untuk menghasilkan uang dari layanan BBM di Android dan iPhone. Itu semua sudah ada di roadmap kami," kata Senior Director Marketing Asia Pacific BlackBerry Krishnadeep Baruah, dalam jumpa pers "BBM for Everyone" di Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Namun, Baruah enggan menjelaskan secara detail strategi macam apa yang akan dijalankan BlackBerry.

Tak menutup kemungkinan, BlackBerry akan meniru langkah aplikasi pesan instan lain, seperti Line dan KakaoTalk, yang menjual stiker atau item digital lainnya.

"Kami juga akan mengembangkan BBM Video, BBM Music, dan BBM Channels untuk Android dan iPhone," tambahnya.

Pada tahap awal, BBM di Android dan iPhone memiliki fungsi standar untuk berkirim pesan teks, mengirim voice note dan video singkat, serta membuat grup diskusi. Pengguna Android dan iPhone juga dimungkinkan mengganti gambar profil atau status.

BBM untuk Android bisa diunduh di Play Store pada 21 September jam 18.00 WIB. Sementara di iPhone, BBM bisa diunduh di App Store pada 22 September jam 00.01 WIB. BBM lintas platform ini hanya dapat berjalan di perangkat yang memakai sistem operasi Android versi 4.0 ke atas dan iOS 6 ke atas.

Baca juga:
BBM di Android dan iPhone Butuh BlackBerry ID, Bagaimana Cara Membuatnya?
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry?
Ini Dia, Cara Pakai BBM di Android dan iPhone

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iOS

No comments:

Post a Comment