KOMPASbola

KOMPASbola


"Justin Bieber" Cedera Enam Bulan

Posted: 26 Sep 2013 02:52 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Chelsea mengonfirmasi kehilangan gelandang Marco van Ginkel selama enam bulan akibat cedera ligamen lutut. Dengan demikian, Van Ginkel dipastikan akan kehilangan sebagian besar laga pada musim ini.

Van Ginkel hanya bermain selama sepuluh menit kala Chelsea menghadapi Swindon Town di ajang Piala Liga Inggris, Selasa (24/9/2013) lalu. Pemain yang disebut media-media Eropa mirip penyanyi Justin Bieber itu meninggalkan lapangan dengan ditandu tim medis.

"Chelsea FC mengonfirmasi Marco van Ginkel sukses menjalani operasi ligamen lutut pada hari ini (Kamis). Pemain berusia 20 tahun itu diperkirakan absen selama enam bulan," jelas pernyataan Chelsea.

"Van Ginkel mengalami cedera lutut pada babak pertama pertandingan Piala Liga Inggris melawan Swindon Town, Selasa malam," lanjut kubu The Blues.

Van Ginkel didatangkan Chelsea pada awal musim ini dari klub Belanda, Vitesse Arnhem. Pemain muda terbaik Liga Belanda musim lalu itu sudah bermain empat kali untuk Chelsea sepanjang musim ini bergulir.

Cambiasso Persembahkan Gol untuk Anak dan Istri

Posted: 26 Sep 2013 02:47 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — Esteban Cambiasso mencetak satu gol ketika Inter Milan menang 2-1 atas Fiorentina, Kamis (26/9/2013) waktu setempat atau Jumat (27/9) dini hari WIB, di San Siro. Pemain asal Argentina ini mempersembahkan gol itu kepada anak dan istrinya, di samping menyebut kemenangan tersebut merupakan bukti Inter memiliki identitas.

"Saya mempersembahkan gol ini untuk putraku, Dante, dan istriku, karena dialah yang mengalami kesulitan dan bekerja keras untuk membawanya ke dunia. Kemenangan ini menjadikan tiga hari yang hebat," ujar Cambiasso, yang baru saja mendapatkan anak kedua.

Ya, anak kedua Cambiasso, yang berjenis kelamin laki-laki, lahir pada 24 September lalu dengan berat 3,9 kilogram. Sebelumnya, Cambiasso dan istrinya, Claudia, telah dikaruniai seorang putri yang diberi nama Victoria.

Cambiasso pun memuji perjuangan rekan-rekannya karena meskipun sempat tertinggal, mereka bisa bangkit dan membalikkan situasi.

"Anda bisa melihat bahwa Inter memiliki identitas sekali lagi dan jika itu disertai dengan hasil tentu lebih baik," ujar kapten Inter ini.

"Malam ini kami memiliki reaksi yang hebat untuk mengejar. Tim ini bersatu dan fans bisa pulang ke rumah dengan bahagia. Fiorentina membuat kami sangat tertekan di babak pertama, tetapi kami tahu mereka tidak bisa menjaga tempo."

Mengenai peluang Inter meraih Scudetto, Cambiasso dengan diplomatis mengatakan bahwa kemenangan tersebut hanya menjadi pesan bagi skuad Nerazzurri. Dia tak mau berbicara lebih jauh mengenai persaingan secara umum.

"Tidak, kami hanya mengirim pesan untuk diri kami sendiri."

Dengan kemenangan ini, Inter menempati peringkat kedua klasemen sementara Serie-A dengan raihan 13 poin. Mereka terpaut dua angka dari AS Roma di posisi teratas, dan unggul selisih gol atas Napoli dan Juventus. Empat tim teratas ini belum mengalami kekalahan.

Timnas Spanyol Coba "Bajak" Striker Brasil

Posted: 26 Sep 2013 02:42 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) mempertimbangkan untuk memanggil striker Atletico Madrid, Diego Costa, untuk memperkuat tim nasional Spanyol untuk laga melawan Belarus (11/10/2013) dan Georgia (15/10/2013).

Costa tampil apik bersama La Colchoneros pada awal musim ini. Sampai pekan ke-6, bomber berusia 24 tahun itu untuk sementara duduk di puncak pencetak gol terbanyak Liga BBVA dengan tujuh gol, menyamai catatan bintang Barcelona, Lionel Messi.

Performa itu yang membuat RFEF kepincut. Ditambah, La Furia Roja kini belum memiliki striker-striker tajam pasca-menurunnya penampilan David Villa dan Fernando Torres. Pelatih Vicente del Bosque kini lebih sering memanggil Roberto Soldado dan Alvaro Negredo untuk memperkuat lini depan tim.

Costa pun tidak dipanggil timnas Brasil untuk laga persahabatan melawan Korea Selatan dan Zambia pada awal Oktober mendatang. Pelatih Brasil, Luiz Felipe Scolari, lebih memiliki Hulk, Neymar, Jo, dan Alexandre Pato di barisan depan tim.

Costa yang berkebangsaan Brasil juga telah memiliki paspor Spanyol karena sudah menetap di negara tersebut lebih dari lima tahun. RFEF, seperti yang dilansir Football Espana, akan menulis permohonan kepada FIFA agar mengizinkan Costa bermain untuk timnas Spanyol.

Persoalan pun muncul karena sebenarnya Costa sudah pernah membela timnas Brasil senior saat melakukan laga uji coba kontra Italia dan Rusia pada Maret 2013. Peraturan FIFA mengatakan, setiap pemain yang sudah membela timnas senior suatu negara tidak bisa memperkuat negara lain. Namun, RFEF beralasan, Costa tampil membela Brasil dalam laga tidak resmi dan bukan suatu kejuaraan.

Jonathan Bawa Inter Taklukkan La Viola

Posted: 26 Sep 2013 01:55 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — Inter Milan meraih kemenangan penting saat melawan Fiorentina dalam laga lanjutan Serie-A di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Kamis (26/9/2013) waktu setempat atau Jumat (27/9) dini hari WIB. La Beneamata sukses menang 2-1 atas La Viola.

Dalam laga ini, pelatih Inter, Walter Mazzarri, memasang Rodrigo Palacio sebagai striker tunggal, didukung Ricky Alvarez. Diego Milito, yang mencetak dua gol dalam debutnya setelah absen selama tujuh bulan akibat cedera, ketika Inter membantai Sassuolo 7-0 pekan lalu, duduk di bangku cadangan.

Sementara itu, di kubu Fiorentina, terjadi sejumlah perubahan karena Mario Gomez dan Juan Guillermo Cuadrado cedera, sedangkan David Pizarro tidak bisa bermain melawan bekas klubnya tersebut karena terkena hukuman. Borja Valero menempati pos tengah bersama dengan Massimo Ambrosini dan Alberto Aquilani, sedangkan Joaquin dan Matias Fernandez jadi pendukung Giuseppe Rossi sebagai ujung tombak.

Sepanjang pertandingan, hampir tak ada peluang berbahaya yang dihasilkan kedua tim karena rapatnya pertahanan mereka. Fiorentina sempat mendapatkan satu peluang terbaik di awal laga melalui Joaquin, tetapi tembakan pemain asal Spanyol ini, ketika telah menembus kotak penalti, masih bisa dihalau kiper Inter, Samir Handanovic.

Setelah babak pertama bertahan tanpa gol, gol pembuka baru hadir pada menit ke-60. Pelanggaran Juan Jesus terhadap Joaquin berbuah hukuman penalti. Rossi yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Fiorentina unggul 1-0.

Tersentak gol tim tamu, Inter mencoba bangkit. Berkali-kali serangan Inter mampu mengancam gawang Fiorentina yang dijaga Neto. Pada akhirnya, gol yang ditunggu publik Giuseppe Meazza pun tiba.

Memasuki menit ke-72, sebuah umpan silang Hugo Campagnaro berhasil dikontrol Esteban Cambiasso dengan menggunakan dada. Tanpa berpikir panjang, Cambiasso melepaskan tembakan setengah voli yang merobek jala Fiorentina.

Setelah gol penyeimbang itu, permainan semakin hidup. La Viola memiliki beberapa peluang mencetak gol, yang sayangnya selalu mentah di tangan Handanovic.

Kesabaran Inter akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-83, umpan Ricky Alvarez ke depan gawang diterima baik oleh Jonathan. Mengecoh satu bek Fiorentina, Jonathan lantas menaklukkan gawang Neto lewat tembakan keras. Pertandingan pun berakhir 2-1 untuk kemenangan Inter.

Hasil ini membuat Inter sementara naik ke urutan ke-2 Serie-A dengan 13 poin. Sementara bagi Fiorentina, kekalahan membuat pasukan Vincenzo Montella itu menerima hasil negatif pertama musim ini dan berada di peringkat kelima dengan 10 poin.

Susunan pemain

Inter: 1-Samir Handanovic; 14-Hugo Campagnaro, 23-Andrea Ranocchia, 5-Juan Jesus; 2-Jonathan (31-Alvaro Pereira 85), 13-Fredy Guarin (9-Mauro Icardi 67), 21-Saphir Taider (10-Mateo Kovacic 61), 19-Esteban Cambiasso, 55-Yuto Nagatomo; 11-Ricky Alvarez, 8-Rodrigo Palacio
Pelatih: Walter Mazzarri

Fiorentina: 1-Neto; 40-Nenad Tomovic, 2-Gonzalo Rodriguez, 15-Stefan Savic, 23-Manuel Pasqual (3-Marcos Alonso 36); 17-Joaquin Sanchez, 10-Alberto Aquilani (18-Matias Vecino 78), 21-Massimo Ambrosini, 20-Borja Valero, 14-Matias Fernandez; 49-Giuseppe Rossi (72-Josip Ilicic 69)
Pelatih: Vincenzo Montella

Wasit: Paolo Valeri

Senin, Thohir Jadi Pemilik Inter?

Posted: 26 Sep 2013 01:23 PM PDT

KOMPAS.com — Presiden Inter Milan, Massimo Moratti, memberikan konfirmasi bahwa Erick Thohir akan segera menyelesaikan proses pengambilalihan klub. Menurutnya, pengusaha Indonesia itu bisa melakukan hal tersebut kapan saja.

Sky Sport Italia melaporkan bahwa kesepakatan akan terjadi antara Jumat (27/9/2013) dan Senin (30/9). Tetapi, Moratti, yang datang ke San Siro untuk menyaksikan laga Nerazzurri melawan Fiorentina, Kamis (26/9), memberikan pernyataan singkat kepada Mediaset Premium mengenai kemungkinan tersebut.

"Tak ada tanda tangan besok, tetapi kapan saja bisa," ujar Si Raja Minyak ini.

Menurut rencana, akan ada pertemuan jajaran direksi pada hari Senin mendatang. Ditengarai, dalam momen tersebut, Thohir sudah ada dan selanjutnya akan diadakan pertemuan baru di awal Oktober mendatang.

Seperti kabar yang telah beredar selama ini, Thohir akan menguasai mayoritas saham klub elite Serie-A tersebut. Diyakini, Thohir bakal membeli 60 persen saham Inter dari Moratti sehingga dia akan memegang kendali klub yang merupakan rival sekota AC Milan tersebut.

Meskipun demikian, Sky mengklaim jika Moratti takkan sepenuhnya lepas tangan. Dilaporkan bahwa dalam beberapa hari terakhir ini Moratti meyakinkan kepada semua orang bahwa Inter berada di tangan yang tepat, dan dia pun akan tetap berada di klub, meskipun belum ada konfirmasi apakah dirinya akan tetap menjadi presiden.

Inter dan Fiorentina Masih Imbang 0-0

Posted: 26 Sep 2013 12:44 PM PDT

KOMPAS.com — Inter Milan untuk sementara masih bermain imbang 0-0 melawan Fiorentina dalam laga lanjutan Serie-A di San Siro, Kamis (26/9/2013) waktu setempat atau Jumat (27/9) dini hari WIB.

Dalam laga ini, pelatih Inter, Walter Mazzarri, memasang Rodrigo Palacio sebagai striker tunggal, didukung Ricky Alvarez. Diego Milito, yang mencetak dua gol dalam debutnya setelah absen selama tujuh bulan akibat cedera, ketika Inter membantai Sassuolo 7-0 pekan lalu, duduk di bangku cadangan.

Sementara itu, di kubu Fiorentina, terjadi sejumlah perubahan karena Mario Gomez dan Juan Guillermo Cuadrado cedera, sedangkan David Pizarro tidak bisa bermain melawan bekas klubnya tersebut karena terkena hukuman. Borja Valero menempati pos tengah bersama dengan Massimo Ambrosini dan Alberto Aquilani, sedangkan Joaquin dan Mati Fernandez jadi pendukung Giuseppe Rossi sebagai ujung tombak.

Sepanjang pertandingan, hampir tak ada peluang berbahaya yang dihasilkan kedua tim karena rapatnya pertahanan mereka. Fiorentina sempat mendapatkan satu peluang terbaik di awal laga melalui Joaquin, tetapi tembakan pemain asal Spanyol ini, ketika telah menembus kotak penalti, masih bisa dihalau kiper Inter, Samir Handanovic.

Bagi Inter dan Fiorentina, laga ini sangat krusial demi menjaga posisi mereka di papan atas. Hingga pekan keempat, kedua tim belum pernah kalah dan sama-sama mengumpulkan total 10 poin, hasil dari tiga kali menang dan sekali seri. Mereka berada di bawah AS Roma yang memimpin klasemen sementara dengan raihan 15 poin, diikuti Napoli dan Juventus yang mengumpulkan 13 angka.

Bobot Carles Puyol Turun 4 Kilogram

Posted: 26 Sep 2013 12:31 PM PDT

KOMPAS.com — Bek Barcelona, Carles Puyol, mengalami penurunan berat badan sejumlah empat kilogram. Ini merupakan bagian dari proses penyembuhan dirinya pasca-operasi lutut.

Pemain berusia 35 tahun ini menjalani sebuah prosedur pengangkatan kista di lututnya pada bulan Juni lalu. Hal itu dilakukan menyusul operasi di tempat yang sama, yang dilakukan pada bulan Maret.

Kini, kapten El Barca tersebut tengah menjalani tahap akhir pemulihannya untuk meningkatkan kebugaran. Demi mempercepat semuanya itu, pemain internasional Spanyol tersebut juga harus mengurangi berat badan.

Mundo Deportivo mengatakan bahwa untuk mengendorkan tegangan pada lututnya, pemain berambut ikal ini harus menurunkan bobot tubuhnya sebesar empat kilogram sejak dia terakhir kali bermain.

Balotelli: Saya Minta Maaf, tetapi...

Posted: 26 Sep 2013 12:05 PM PDT

KOMPAS.com — Striker AC Milan, Mario Balotelli, menyatakan permintaan maafnya kepada pihak klub, juga kepada wasit. Tetapi, pemain internasional Italia ini membantah kabar yang menyebutkan bahwa dirinya mengancam akan membunuh seseorang.

Balotelli mendapat hukuman larangan bermain selama tiga pertandingan, menyusul konfrontasinya dengan wasit Luca Banti usai mereka takluk 1-2 dari Napoli. Karena protes yang melewati batas setelah laga selesai, Balotelli diganjar kartu merah.

Atas semua kejadian tersebut, Balotelli meminta maaf. Hal itu dia nyatakan dalam kesempatan wawancara panjang dengan La Gazzetta dello Sport, juga dengan Sky Sport Italia dan Milan Channel.

"Pertama-tama, saya meminta maaf kepada rekan-rekan saya," ujar Balotelli. "Mereka berlatih dan bekerja keras bersama sehingga dengan sikap ini saya meninggalkan mereka sendirian. Saya juga merasa bersalah dengan para penggemar, yang sangat peduli, dan tentu saja dengan klub."

"Saya minta maaf kepada wasit karena seharusnya tak bereaksi seperti itu. Melawan Napoli sudah menjadi cerita lama, pelanggaran terhadap saya tak diperhitungkan dan segera saya melakukan sesuatu... Saya hanya ingin ada yang dihukum atas pelanggaran terhadap saya seperti saya melanggar mereka. Tetapi, saya menyadari bahwa saya harus bertahan dalam situasi tertentu."

Namun, dia membantah mengancam akan membunuh.

"Saya membuat sebuah kesalahan ketika terprovokasi. Mario bersalah dan Mario minta maaf, tetapi saya tidak ingin meminta maaf kepada siapa pun karena itu bukan seolah-olah saya membunuh seseorang," tambah Super Mario ketika berbicara mengenai dirinya sendiri kepada orang ketiga.

Balotelli juga berbicara tentang laga Milan tanpa dirinya ketika Milan ditahan imbang 3-3 oleh Bologna, Rabu (25/9/2013). Dalam laga tersebut, Milan sempat tertinggal 1-3, sebelum mengejarnya dan bisa membawa pulang satu poin.

"Kami harus terus membaik, tetapi kami harus bisa bersaing dengan tim-tim lain. Liga Italia adalah liga yang sangat berimbang. Contohnya, Napoli memiliki sejumlah pemain hebat, tetapi mereka tidak superior dari Milan sebagai sebuah kesatuan tim."

No comments:

Post a Comment