KOMPASbola

KOMPASbola


Dortmund Susah Payah Menang di Allianz Arena

Posted: 24 Sep 2013 02:40 PM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com — Borussia Dortmund dipaksa bermain hingga babak perpanjangan waktu untuk memastikan tiket babak 16 besar DFB Pokal. Dortmund akhirnya sukses menyingkirkan perlawanan TSV 1860 Muenchen dengan skor 2-0 di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Selasa atau Rabu (25/9/2013) dini hari WIB.

Tampil dengan mayoritas para pemain terbaik, Die Borussen gagal mencetak gol selama waktu normal pertandingan. Karena hal tersebut, laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada babak ini, pelatih Juergen Klopp memasukkan Pierre-Emerick Aubameyang untuk menggantikan Jakub Blaszczykowski pada menit ke-99. Klopp ingin menambah daya gedor tim lewat kecepatan Aubameyang.

Enam menit berselang, Aubameyang membuka skor untuk Dortmund dari titik putih. Penalti diberikan setelah bek Dominik Stahl melakukan pelanggaran yang berujung kartu merah.

Setelah unggul 1-0, Dortmund menambah tekanan ke barisan pertahanan 1860 Muenchen. Terbukti, dua menit sesudah gol pembuka, Dortmund kembali menggandakan skor melalui lesakan Henrikh Mkhitaryan.

Skor 2-0 untuk Dortmund bertahan hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Dortmund pun lolos ke babak 16 besar DFB Pokal musim ini.

Susunan pemain
1860 Muenchen: 1-Gabor Kiraly; 2-Moritz Volz (14-Marin Tomasov 112), 3-Gregorz Wojtkowiak, 4-Kai Buelow, 26-Christopher Schindler; 19-Daniel Adlung, 6-Dominik Stahl, 10-Moritz Stoppelkamp, 29-Yannick Stark, 20-Stefan Wannenwetsch; 11-Benjamin Lauth (9-Robert Friend 112)
Pelatih: Friedhelm Funkel

Dortmund: 20-Mitchell Langerak; 37-Eric Durm, 15-Mats Hummels, 25-Sokratis Papastathopoulos, 19-Kevin Grosskreutz; 6-Sven Bender (7-Jonas Hofmann 68), 18-Nuri Sahin; 16-Jakub Blaszczykowski (17-Pierre-Emerick Aubameyang 99), 10-Henrikh Mkhitaryan, 11-Marco Reus; 9-Robert Lewandowski (23-Julian Schieber 105+2)
Pelatih: Juergen Klopp

Wasit: Michael Weiner

"Mourinho Tak Terima Ferguson Pilih Moyes"

Posted: 24 Sep 2013 02:34 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Melalui sebuah buku, seorang jurnalis Spanyol, Diego Torres, mengungkapkan bahwa pelatih Jose Mourinho sangat kecewa ketika mengetahui bahwa Alex Ferguson tidak memilihnya, tetapi memilih David Moyes untuk menggantikannya melatih Manchester United, sebelum musim lalu berakhir.

Pasalnya, menurut buku tersebut, sebelum Ferguson menunjuk penggantinya, Jorge Mendez telah meyakinkan Mourinho bahwa ia akan menjadi pelatih MU. Mourinho disebut meyakini perkataan Mendes karena Mendes punya kedekatan dengan MU dan Ferguson lebih dari agen lain.

"Mourinho, yang didorong oleh agennya Mendes, meyakini bahwa Ferguson adalah teman dan bapak rohaninya," demikian tulis Torres pada bagian pertama buku itu, seperti dilansir Daily Mirror.

"Ia diyakinkan bahwa sebuah pertemanan adalah kepercayaan sejati. Ia berpikir bahwa koleksi trofinya yang luar biasa (dua gelar Eropa, tujuh gelar liga, dan empat piala liga di empat negara) adalah keunggulan yang tak dimiliki kandidat lain."

"Ketika mengetahui Ferguson memilih Moyes, Mourinho tak memercayainya. Ia berteriak, 'Tetapi (Moyes) tak pernah menjuarai apa pun!'"

"Jorge Mendez, presiden dan pemilik Gestifute, terlibat di Old Trafford lebih dari agen lain. Tak  ada agen lain melakukan bisnis sebesar itu dengan Ferguson."

"Tak seorang pun bersiap lebih baik atau tahu bagaimana menyampaikan ke media soal gagasan bahwa ada orang yang sejak awal ditakdirkan untuk menggantikan Ferguson."

"Namun, jika propaganda memengaruhi kesadaran seseorang, orang itu adalah Mourinho sendiri," demikian sebagian isi buku Torres.

PSG Perpanjang Kontrak Ibrahimovic

Posted: 24 Sep 2013 01:57 PM PDT

AFP PHOTO / KENZO TRIBOUILLARD

Penyerang Paris Saint Germain dari Swedia, Zlatan Ibrahimovic, meninggalkan pusat latihan PSG di Camp des Loges, kawasan Saint-Germain-en-Laye, di dekat Paris, seusai sesi latihan tim, Selasa (19/2/2013).
PARIS, KOMPAS.com — Paris Saint-Germain (PSG) sukses memperpanjang kontrak striker asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic, selama setahun. Dengan demikian, Ibrahimovic akan bertahan di PSG hingga Juni 2016.

Sebelum resmi meneken kontrak baru, Ibrahimovic memiliki kontrak yang akan menjaganya tetap di PSG sampai Juni 2015. Namun, kubu PSG berniat meneruskan kerja sama dengan Ibrahimovic.

"Keinginan Zlatan Ibrahimovic ialah menjadi salah satu pemain terbaik di dunia serta meninggalkan warisan yang panjang dan abadi di PSG. Bersama-sama, kami berbagi ambisi yang sama untuk mengambil klub ke puncak pertandingan Eropa," kata Presiden PSG Nasser Al-Khelaifi.

Ibrahimovic juga merasa senang dengan kesepakatan kontrak baru itu. Hal itu juga yang membuat Ibrahimovic menutup pintu hijrah ke klub lain dalam waktu dekat.

"Aku tidak melihat ambisi besar dari klub Eropa lain selain PSG. Harapanku menjadikan PSG sebagai klub besar terakhirku. Klub ini sepertiku, impian tidak pernah cukup besar," tandas Ibrahimovic.

Torres Menangkan Chelsea atas Swindon

Posted: 24 Sep 2013 01:54 PM PDT

SWINDON, KOMPAS.com — Chelsea meraih kemenangan 2-0 atas Swindon Town pada pertandingan putaran ketiga Piala Liga Inggris, di County Ground, Selasa (24/9/2013).

Gol pertama tim tamu dicetak Fernando Torres pada menit ke-29. Torres menjebol gawang Swindon dengan tendangan kaki kanan, memanfaatkan bola hasil tembakan Juan Mata, yang diantisipasi Wesley Foderingham.

Sekitar enam menit setelahnya, giliran Ramires yang masuk daftar pencetak gol. Dari tengah kotak penalti, ia menembakkan bola kiriman Torres ke sudut kanan atas gawang Swindon dengan kaki kanan.

Meski berbeda kasta, Swindon memberikan perlawanan. Meski kesulitan menciptakan peluang, mereka mampu membuat Chelsea kesulitan mengembangkan permainan dan bertahan dengan baik.

Chelsea baru bisa membuka pertahanan tuan rumah pada menit ke-27 melalui Torres. Namun, tembakannya bisa diantisipasi Foderingham. Torres membayar kegagalannya dua menit kemudian.

Setelahnya, Chelsea bisa mendominasi permainan dan nyaris tanpa masalah, mendapatkan gol kedua dari Ramires.

Keadaan tertinggal 0-2 membuat Swindon membuka permainan untuk mengatasi ketertinggalan. Usaha mereka langsung membuahkan tembakan dari Yasser Kasim pada menit ke-38, yang digagalkan Mark Schwarzer.

Gary Cahill sempat melakukan kesalahan pada menit ke-40, yang membuat gawangnya nyaris terancam. Namun, ia segera merebut bola kembali dan tak lama setelahnya, Ryan Bertrand melepaskan tembakan ke gawang Swindon, yang kembali dipatahkan oleh Foderingham.

Pada babak kedua, Swindon mengambil inisiatif menyerang. Setelah sempat kecolongan serangan Chelsea yang tak diselesaikan dengan baik oleh Kevin De Bruyne, Swindon mendapatkan gol dari Dany N'Guessan. Namun, gol itu dianulir karena hakim garis menilai Dany N'Guessan off-side ketika menyundul bola kiriman James McEveley.

Setelahnya, kedua kubu beberapa kali bertukar ancaman, tetapi tak satu pun membuahkan gol, hingga peluit berbunyi panjang.

Pada menit ke-61, N'Guessan menyundul bola ke arah gawang, tetapi Schwarzer berhasil mengantisipasi ancaman itu. Empat menit kemudian, giliran De Bruyne yang melihat tembakannya diblok Foderingham.

Swindon: 1-Wesley Foderingham; 2-Nathan Thompson, 5-Grant Hall, 14-James McEveley, 22-Darren Ward; 4-Massimo Luongo, 11-Alex Pritchard, 12-Dany N'Guessan, 15-Yasser Kasim, 33-Nicholas Ajose (34-Mohamed El Gabbas 73), 9-Nile Ranger (19-Louis Thompson 46)

Chelsea: 23-Mark Schwarzer; 4-David Luiz, 24-Gary Cahill, 28-Cesar Azpilicueta, 34-Ryan Bertrand; 5-Michael Essien, 10-Juan Mata, 15-Kevin De Bruyne (19-Demba Ba 78), 16-Marco van Ginkel (7-Ramires 10, 26-John Terry 46), 22-Willian; 9-Fernando Torres

The Citizens Menang Telak atas Wigan

Posted: 24 Sep 2013 01:44 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Manchester City berhasil lolos dari putaran ketiga Piala Liga Inggris setelah menang 5-0 atas Wigan Athletic di Stadion Etihad, Manchester, Selasa atau Rabu (25/9/2013) dini hari WIB.

The Citizens langsung membuka keunggulan ketika pertandingan berjalan 33 menit. Umpan manis gelandang asal Brasil, Fernandinho, disambut tendangan Edin Dzeko yang berhasil mengoyak jala The Latics.

Keunggulan ini ternyata bertahan sebabak. Pertandingan paruh pertama pun berakhir 1-0 untuk City.

Memasuki menit ke-59, City menggandakan skor. Memanfaatkan umpan silang Micah Richards, tembakan Stevan Jovetic sempat diblok kiper Lee Nicholls. Namun, bola muntah kembali diteruskan Jovetic masuk ke gawang Wigan.

Pada menit ke-76, City kembali menjauh. Kali ini, tendangan bebas Yaya Toure kembali memakan korban. Ini menjadi gol tendangan bebas Yaya Toure yang ke-3 sepanjang musim ini setelah sebelumnya sukses membobol gawang Newcastle United dan Hull City di ajang Premier League.

Kedudukan pun berubah kembali pada menit ke-82. Jovetic mencetak gol kedua pada laga itu setelah memaksimalkan umpan James Milner dari sisi kiri.

Tiga menit berselang, pemain pengganti, Jesus Navas, mengakhiri pesta gol City. Tendangan keras mantan pemain Sevilla itu gagal dihentikan Nicholls sehingga mengubah skor menjadi 5-0 untuk City yang bertahan hingga bubaran.

Susunan pemain
Man City: 30-Costel Pantilimon; 2-Micah Richards, 38-Dedryck Boyata, 6-Joleon Lescott, 22-Gael Clichy; 14-Javi Garcia, 25-Fernandinho (42-Yaya Toure 46); 64-Marcos Lopes (15-Jesus Navas 70), 35-Stevan Jovetic, 7-James Milner; 10-Edin Dzeko (9-Alvaro Negredo 79)
Pelatih: Manuel Pellegrini

Wigan: 13-Lee Nicholls; 17-Emmerson Boyce, 25-Leon Barnett (4-Ryan Shotton 59), 6-Thomas Rogne, 3-Stephen Crainey (28-Daniel Redmond 67); 23-Juan Carlos Garcia, 7-Chris McCann; 29-Nouha Dicko (19-Nick Powell 80), 18-Roger Espinoza, 20-Fraser Fyvie; 14-Jordi Gomez
Pelatih: Owen Coyle

Wasit: Kevin Friend

Perpanjang Rekor Kemenangan, Barca Jauhi Atletico

Posted: 24 Sep 2013 12:49 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Barcelona meraih kemenangan 4-1 atas Real Sociedad pada pertandingan Liga BBVA, di Camp Nou, Selasa (24/9/2013). Dengan hasil itu, Barcelona menguasai klasemen dengan nilai 18 dari enam pertandingan, atau unggul tiga angka dari pesaing terdekat, Atletico Madrid.

Kemenangan Barcelona dibuka oleh Neymar pada menit kelima. Gol bermula dari pergerakan Alexis Sanchez di sektor kanan pertahanan Sociedad, yang berujung umpan silang. Neymar meloloskan bola ke gawang, memanfaatkan umpan silang Alexis Sanchez, yang tak diantisipasi sempurna oleh Claudio Bravo. Itu adalah gol pertama Neymar untuk Barcelona di Liga BBVA.

Sekitar dua menit setelahnya, Barcelona mendapatkan gol kedua dari Lionel Messi. Dari sektor kanan pertahanan Sociedad, Neymar melepaskan umpan silang terukur, yang disundul Messi ke sudut kiri bawah gawang Sociedad.

Pada menit ke-22, Sergio Busquets melepaskan tembakan jarak jauh, yang mengubah angka di papan skor menjadi 3-0. Gol bermula dari umpan Neymar yang berujung kemelut di kotak penalti Sociedad. Seorang pemain Sociedad mencoba membuang bola, tetapi Busquets bisa menguasai bola dan melepaskan tembakan ke sudut kiri bawah gawang Bravo.

Sociedad memangkas selisih menjadi 1-3 melalui Alberto de la Bella pada menit ke-64. Dari jarak dekat, ia meloloskan bola kiriman Imanol Agirretxe ke gawang Victor Valdes.

Marc Bartra memulihkan keunggulan tiga gol Barcelona pada menit ke-76. Dari jarak dekat, ia meloloskan bola kiriman Messi ke sudut kiri bawah gawang dengan tendangan kaki kanan.

Pada awal laga, Sociedad mengambil inisiatif menyerang, yang berujung tembakan Haris Seferovic yang membentur mistar gawang Victor Valdes pada menit ketiga.

Setelahnya, Barcelona mengendalikan keadaan dan menyerang. Dua serangan pertama Barcelona membuahkan gol, dari Neymar dan Messi.

Barcelona terus melakukan tekanan dan mendapatkan peluang dari Neymar dan Xavi pada menit ke-13. Tembakan Neymar bisa ditepis Bravo, sementara tembakan Xavi berbuah gol. Namun, gol Xavi dianulir karena hakim garis menilai Neymar lebih dulu off-side dalam proses terciptanya gol itu.

Setelahnya, Sociedad tampak merapatkan pertahanan. Meski kerepotan, mereka bisa mementahkan sejumlah umpan krusial Barcelona, hingga dikejutkan oleh gol Busquets.

Memasuki menit ke-40, Neymar dan Messi kembali menciptakan ancaman untuk Bravo. Sementara tembakan Neymar meleset, bola hasil eksekusi Messi terblok.

Sebelum laga babak pertama berakhir, Sociedad menciptakan peluang melalui Antoine Griezmann. Namun, tembakan jarak jauh yang menyadari sudut kanan bawah gawang itu bisa diantisipasi Valdes.

Begitu babak kedua dimulai, Barcelona langsung melancarkan serangan, yang membuahkan enam tembakan beruntun, melalui Messi, Neymar, dan Sanches. Dua tembakan Messi dan tembakan Neymar bisa dijinakkan Bravo, sementara tiga lainnya meleset.

Setelahnya, kedua kubu beberapa kali bertukar serangan. Sociedad menciptakan peluang melalui Agirretxe dan Griezmann yang diantisipasi Valdes. Barcelona membalas melalui Alexis Sanchez pada menit ke-70. Namun, sundulan Sanchez yang memanfaatkan umpan Xavi itu meleset.

Sociedad bereaksi dan menciptakan dua peluang beruntun, yang salah satunya membuahkan gol De La Bella.

Kedua kubu kemudian kembali terlibat jual-beli serangan, yang diakhiri tembakan Bartra yang membuahkan gol keempat Barcelona.

Memasuki menit ke-80, Barcelona bisa meredam tekanan Sociedad. Selain itu, Barcelona juga tetap konsisten menciptakan peluang. Namun, skor 4-1 tak berubah hingga peluit berbunyi panjang.

Selama pertandingan, menurut catatan Opta, Barcelona menguasai permainan sebanyak 67 persen dan menciptakan sembilan peluang emas dari 23 percobaan, sementara Sociedad menciptakan lima peluang emas dari sembilan usaha.

Barcelona: 1-Victor Valdes; 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano (15-Marc Bartra 35), 21-Adriano, 22-Dani Alves; 6-Xavi, 8-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi (24-Sergi Roberto 81), 11-Neymar (7-Pedro 74)

Sociedad: 1-Claudio Bravo; 6-Inigo Martinez, 19-Cadamuro, 22-Daniel Estrada (15-Jon Ansotegui 45), 24-Alberto de la Bella; 5-Markel Bergara Larranaga, 7-Antoine Griezmann, 10-Xabi Prieto (9-Imanol Agirretxe 21), 23-Javier Ariel Rosada (14-Rubén Pardo 77), 32-Sangalli; 8-Haris Seferovic

Wasit: Jesus Gil

Neymar Bawa Barca Ungguli Sociedad 3-0

Posted: 24 Sep 2013 11:55 AM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Penyerang Neymar mencetak satu gol dan satu assist yang membawa Barcelona unggul 3-0 atas Real Sociedad hingga akhir babak pertama pertandingan Liga BBVA, di Camp Nou, Selasa (24/9/2013).

Neymar mencetak gol pertamanya di Liga BBVA pada menit ke-5. Gol bermula dari pergerakan Alexis Sanchez di sektor kanan pertahanan Sociedad, yang berujung umpan silang. Neymar meloloskan bola ke gawang, memanfaatkan umpan silang Alexis Sanchez, yang tak diantisipasi sempurna oleh Claudio Bravo.

Sekitar dua menit setelahnya, Barcelona mendapatkan gol kedua dari Lionel Messi. Dari sektor kanan pertahanan Sociedad, Neymar melepaskan umpan silang terukur, yang disundul Messi ke sudut kiri bawah gawang Sociedad.

Pada menit ke-22, Sergio Busquets melepaskan tembakan jarak jauh, yang mengubah angka di papan skor menjadi 3-0. Gol bermula dari umpan Neymar yang berujung kemelut di kotak penalti Sociedad. Seorang pemain Sociedad mencoba membuang bola, tetapi Busquets bisa menguasai bola dan melepaskan tembakan ke sudut kiri bawah gawang Bravo.

Pada awal laga, Sociedad mengambil inisiatif menyerang, yang berujung tembakan Haris Seferovic yang membentur mistar gawang Victor Valdes pada menit ketiga.

Setelahnya, Barcelona mengendalikan keadaan dan menyerang. Dua serangan pertama Barcelona membuahkan gol, dari Neymar dan Messi.

Barcelona terus melakukan tekanan dan mendapatkan peluang dari Neymar dan Xavi pada menit ke-13. Tembakan Neymar bisa ditepis Bravo, sementara tembakan Xavi berbuah gol. Namun, gol Xavi dianulir karena hakim garis menilai Neymar lebih dulu off-side dalam proses terciptanya gol itu.

Setelahnya, Sociedad tampak merapatkan pertahanan. Meski kerepotan, mereka bisa mementahkan sejumlah umpan krusial Barcelona, hingga dikejutkan oleh gol Busquets.

Memasuki menit ke-40, Neymar dan Messi kembali menciptakan ancaman untuk Bravo. Sementara tembakan Neymar meleset, bola hasil eksekusi Messi terblok.

Sebelum laga babak pertama berakhir, Sociedad menciptakan peluang melalui Antoine Griezmann. Namun, tembakan jarak jauh yang menyadari sudut kanan bawah gawang itu bisa diantisipasi Valdes.

Barcelona: 1-Victor Valdes; 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano (15-Marc Bartra 35), 21-Adriano, 22-Dani Alves; 6-Xavi, 8-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 11-Neymar

Sociedad: 1-Claudio Bravo; 6-Inigo Martinez, 19-Cadamuro, 22-Daniel Estrada, 24-Alberto de la Bella; 5-Markel Bergara Larranaga, 7-Antoine Griezmann, 10-Xabi Prieto (9-Imanol Agirretxe 21), 23-Javier Ariel Rosada, 32-Sangalli; 8-Haris Seferovic

Wasit: Jesus Gil‎

No comments:

Post a Comment