KOMPAStekno

KOMPAStekno


"Benchmark" Galaxy Note III Anomali, Diakali Lagi?

Posted: 02 Oct 2013 02:08 AM PDT

Samsung Galaxy Note III

KOMPAS.com - Dengan prosesor Snapdragon 800 dan RAM 3 GB, Galaxy Note III adalah salah satu perangkat Android paling "perkasa" yang ada saat ini. Namun, agaknya pihak Samsung masih belum puas dan masih berusaha meningkatkan perangkat tersebut.

Sayang, caranya terbilang curang, yaitu hanya menaikkan kinerja secara sementara saat Galaxy Note III menjalankan aplikasi-aplikasi benchmark tertentu. Skor yang dihasilkan tentu tak sesuai dengan kenyataan sebenarnya.

Hal tersebut diungkap oleh Ron Amadeo dari Ars Technica. Dalam pengujiannya, Amadeo menemukan bahwa Galaxy Note III mencetak nilai benchmark sangat tinggi, bahkan sampai melebihi LG G2 yang sama-sama dipersenjatai prosesor Snapdragon 800.

Selidik punya selidik, Amadeo kemudian menemukan bahwa Samsung memakai trik khusus yang mengunci kecepatan CPU Galaxy Note III di angka maksimum sebesar 2,3 GHz. Seluruh core CPU yang berjumlah 4 buah pun dipaksa turut aktif dan tidak boleh beralih ke kondisi idle.

Keadaan ini hanya berlaku untuk sejumlah benchmark populer, bukan aplikasi-aplikasi lain dalam penggunaan sehari-hari. Nama benchmark tersebut tercantum dalam screenshot untaian kode yang dibongkar oleh Amadeo, seperti bisa dilihat dalam gambar di atas.

Menurut Amadeo, "optimalisasi" Galaxy Note III ini berhasil mendongkrak nilai perangkat tersebut hingga 20 persen dalam aplikasi-aplikasi benchmark, seperti Quadran dan Geekbench. Bahkan Linpack mencatat peningkatan 50 persen.

Dia menduga bahwa Samsung turut mengubah parameter CPU dan GPU di luar mengunci frekuensi maksimal karena hal tersebut saja seharusnya tak cukup untuk menaikkan skor benchmark hingga setinggi itu.

Untuk membuktikan kecurangan Samsung, Amadeo mengubah nama package software benchmark salah satunya dari "Geekbench" menjadi "Steathbench". Galaxy Note III pun tertipu dan mengira sedang tidak menjalankan benchmark. Skor yang dihasilkan pun turun ke angka "normal".

Sebelum ini, Samsung pernah ketahuan "mencurangi" benchmark Galaxy S4. Ketika itu produsen Korea tersebut berkilah bahwa optimalisasi turut dilakukan untuk aplikasi-aplikasi lain di luar benchmark, walau kenyataannya ternyata agak berbeda.

Benchmark merupakan cara untuk mengukur performa sebuah perangkat. Namun, untuk menyajikan hasil yang mampu mewakili keadaan sebenarnya, aplikasi benchmark mesti diperlakukan sama dengan judul-judul software lain.

Masuk Indonesia, Xperia Z1 Dibanderol Rp 8,5 Juta

Posted: 02 Oct 2013 01:08 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Sony Mobile siap melepas Xperia Z1 ke pasaran Indonesia. Xperia Z1 yang telah diperkenalkan September lalu ini akan dipasarkan mulai Senin, 21 Oktober 2013.

Xperia Z1 yang dibekali dengan layar 5 inci dan kamera 20,7 megapiksel ini dibanderol dengan harga Rp 8,5 juta.

"Sebenarnya harga Xperia Z1 sama dengan harga Xperia Z, dalam kurs dollar AS. Tapi karena depresiasi rupiah, harganya jadi naik," ujar Marketing Manager Sony Mobile Communication Indonesia Ika Paramita, saat peluncuran di Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Selain kamera dengan sensor 20 MP, bentuk yang lebih pipih membulat di bagian bawah menjadi salah satu kelebihan Xperia Z1 dibanding pendahulunya, Xperia Z. Begitu juga dengan lapisan aluminium yang membuatnya menjadi lebih tangguh.

Dari sisi hardware, Xperia Z1 dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 800 dengan kecepatan 2,2 GHz, RAM 2 GB, GPU Adreno 330, dan media penyimpanan berkapasitas 16 GB.

Bergerak dengan sistem operasi Android 4.2.2, Xperia Z1 memiliki kemampuan tahan debu dan air. Xperia Z1 juga telah mendapatkan sertifikat ketahanan militer IP58. Xperia Z1 sanggup diajak menyelam di air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Xperia Z1 akan hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan ungu.

Spesifikasi lengkap Xperia Z1:
Prosesor: Qualcomm Snapdragon 800 Quad-core 2,2 MHz Krait 400
RAM     : 2 GB              
Grafis  : Adreno 330
OS      : Android 4.2.2 Jelly Bean
Kamera  : 20,7 MP dengan f/2.0 & Exmor RS 1/2.3 inci (belakang), 2 MP (depan)
Layar   : 5 inci, 1080x1920, 441 ppi
Baterai : 3.000 mAh
Storage : 16GB, mendukung microSD hingga 64 GB
Kartu SIM: microSIM
Bobot:   170 gram
Dimensi: 144 x 74 x 8.5 mm
Jaringan: GPRS, EDGE, HSPA, 3G, 4G LTE,WiFi, Bluetooth, GPS, WiFi, DLNA

Di China, "Permak" iPhone Emas Cuma Rp 66 Ribu

Posted: 02 Oct 2013 12:20 AM PDT

KOMPAS.com - Sejak peluncuran perdananya, iPhone 5S versi warna emas begitu diburu oleh konsumen. Tingginya popularitas warna ini telah sukses membuatnya menjadi produk langka di pasaran.

Nah, bagi konsumen yang sudah tidak sabar untuk mendapatkan iPhone dalam balutan warna emas ini, vendor asal China punya solusi cepatnya. Menurut pengamatan media Wall Street Journal, Rabu (2/10/2013), beberapa toko online di China menjual stiker berwarna emas, khusus untuk iPhone 5.

Stiker tersebut dapat mengubah iPhone 5 berwarna lain tampak seperti iPhone 5S versi emas. Harga dari stiker ini pun tidak terlalu mahal, 35 yuan atau sekitar Rp 66.000.

"Anda tidak perlu menjual organ tubuh Anda untuk membeli iPhone. Daripada membayar 5.288 yuan (harga iPhone 5S 16 GB di China), Anda hanya perlu menghabiskan 35 yuan untuk membuat iPhone 5 mirip seperti iPhone 5S warna emas dalam beberapa detik," tulis salah satu iklan.

Stiker warna emas ini pun dikabarkan laku keras. Ribuan stiker emas di salah satu toko online, taobao.com, dikatakan sudah terjual dalam satu bulan. Beberapa review dari pengguna yang telah menggunakannya cukup positif, tetapi beberapa pengguna mengeluhkan perbedaan warna dan ukuran dari stiker ini.

Warna emas memiliki makna yang sangat dalam bagi orang China. Emas melambangkan kekayaan dan metal (bahan dasar yang digunakan sebagai cangkang iPhone 5S) sebagai aset yang sangat berharga. Bahkan, beberapa media di China sudah menyebut iPhone warna baru ini sebagai status simbol yang baru. Oleh karena itu, tidak aneh apabila iPhone warna ini begitu diburu.

iPhone 5 memang memiliki desain yang tidak jauh berbeda dari iPhone 5S. Dengan miripnya desain ini, tentu tidak sulit "menyulap" iPhone 5 menjadi iPhone 5S. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan stiker warna ini.

Emas merupakan warna terbaru dari seluruh jajaran iPhone. Biasanya, Apple hanya meluncurkan iPhone dalam dua versi warna saja, yaitu hitam dan putih. Hal tersebut mulai berubah di iPhone 5S, dimana Apple menghadirkan tiga pilihan warna sekaligus, yaitu silver, hitam, dan emas.

2014, Sony Ingin Jual 65 Juta Unit Xperia

Posted: 01 Oct 2013 11:30 PM PDT

KOMPAS.com - Sony Mobile tampaknya akan semakin agresif bermain di pasar ponsel pintar di tahun 2014 mendatang.

Menurut seorang sumber dari rantai pasokan vendor kepada situs Digitimes, Rabu (2/10/2013), membeberkan bahwa perusahaan asal Jepang tersebut menargetkan pengiriman ponsel pintar Xperia sebanyak 65 juta unit di tahun fiskal 2014 (April 2014 hingga Maret 2015).

Jumlah tersebut meningkat 55 persen dari tahun fiskal 2013, di mana Sony diperkirakan mengapalkan ponsel pintar sebanyak 42 juta unit.

Dengan meningkatnya jumlah tersebut, Sony harus melakukan pemesanan tambahan ke beberapa pabrik sekaligus, termasuk Arima Communications, Compal Communications, dan Foxconn. Masing-masing dari pabrikan tersebut dikatakan akan merakit 2 hingga 4 model ponsel pintar baru Sony.

Tidak hanya smartphone kelas atas berbasiskan Qualcomm, Sony juga akan merilis ponsel dengan harga murah. Ponsel tersebut nantinya akan dilengkapi dengan prosesor dari MediaTek.

Sony tidak hanya akan merilis ponsel pintar berbasis Android di tahun 2014. Mereka juga akan meluncurkan ponsel berbasis sistem operasi buatan Firefox, yang ditujukkan untuk segmen bawah ke kelas menengah.

Tingkat keagresifan Sony di pasar ponsel pintar sendiri sudah terlihat dari awal tahun 2013. Di tahun ini saja, mereka sudah merilis tiga ponsel pintar Android kelas atas, yaitu Xperia Z, Xperia Z Ultra, dan Xperia Z1.

Bill Gates Diminta Mundur dari Microsoft

Posted: 01 Oct 2013 10:08 PM PDT

KOMPAS.com — Di tengah pencarian CEO baru Microsoft untuk menggantikan Steve Ballmer, sebagian kecil pemegang saham Microsoft meminta Bill Gates untuk mundur. Ini merupakan pertama kalinya investor membidik Gates, salah seorang yang paling dihormati dan berpengaruh dalam industri teknologi.

Permintaan ini diajukan oleh 3 dari 20 pemegang saham. Sumber Reuters tidak membeberkan nama jelas ketiga investor itu.

Gates merupakan pendiri dan mantan CEO Microsoft. Ia pemegang saham individu terbesar di Microsoft, yang memiliki sekitar 4,5 persen dari 277 miliar dollar AS saham perusahaan.

Ketiga investor itu khawatir peran Gates sebagai chairman akan menghambat penerapan strategi baru dan akan membatasi kekuasaan CEO baru Microsoft untuk melakukan perubahan signifikan. Mereka juga khawatir Gates terlalu lama menghabiskan waktunya di salah satu posisi tertinggi di Microsoft.

Namun, menurut laporan Reuters, sejauh ini tidak ada indikasi dewan direksi akan memperhatikan usulan ketiga investor tersebut.

Gates turun dari jabatan CEO Microsoft dan memercayakan perusahaan itu dipimpin oleh Steve Ballmer pada tahun 2000. Sejak saat itu, Gates fokus pada yayasan Bill & Melinda Gates Foundation yang kerap melakukan aksi-aksi kemanusiaan.

Pada Agustus 2013, Ballmer mengatakan akan pensiun dalam waktu 12 bulan mendatang. Kini, Microsoft sedang mencari CEO baru.

Kim Caughey Forrest, analis senior di Fort Pitt Capital Group, berpendapat bahwa sekarang bukan saat yang tepat meminta Gates mundur dari Microsoft. Sebaliknya, Gates akan memainkan peran besar untuk pencarian CEO baru.

No comments:

Post a Comment