KOMPAStekno

KOMPAStekno


Pencipta BBM Komentari Orang Indonesia

Posted: 30 Sep 2013 07:40 AM PDT

Gary Klassen

KOMPAS.com — Gary Klassen, namanya mungkin tak banyak dikenal oleh pengguna BlackBerry Messenger (BBM) di dunia. Meski begitu, mungkin pria inilah yang paling "berjasa" di balik layanan pesan instan itu.

Bersama dengan satu orang lainnya, Klassen-lah yang mengerjakan proyek BBM pada 2005 silam. Kini, di tengah keterpurukan BlackBerry, BBM menjadi salah satu hal yang tetap "seksi" dari perusahaan tersebut, dengan jumlah pengguna mencapai kisaran 60 juta.

Pencipta BBM ini ternyata memiliki pandangan unik tentang Indonesia, negeri yang akrab dengan BlackBerry. Saat berbicara dengan perwakilan situs Lhaini.com pada gelaran BlackBerry Jam Asia 2013, Klassen mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut menaruh perhatian khusus kepada pengguna BBM Tanah Air.

"Kami melihat cara (pengguna Indonesia) memakai BlackBerry Messenger. Mereka harus tahu bahwa mereka telah menginspirasi kami untuk menambahkan fitur-fitur seperti BBM Channel," ujar Klassen.

BBM Channel adalah satu fitur baru yang rencananya akan ditambahkan ke BBM. Channel memungkinkan pengguna untuk berlangganan (subscribe) sebuah kanal yang dikelola oleh brand atau pengguna lain, mirip dengan mekanisme Twitter. Tujuannya adalah membuat koneksi yang lebih kuat dengan merek atau perusahaan/figur tertentu dengan audience di BBM.
 
Klassen tidak merinci apa persisnya perilaku pengguna Indonesia yang memberi "inspirasi" untuk pengembangan BBM, tapi dia mengaku tahu kebiasaan orang Indonesia yang melakukan kegiatan bisnis seperti menjual produk dengan memanfaatkan BBM.

Sejak pertama diperkenalkan Mei lalu, hingga kini BBM Channel masih berada dalam tahap beta di BlackBerry Beta Zone. Klassen belum bisa mengungkap kapan fitur tersebut akan difinalisasi dan resmi ditambahkan ke dalam BBM. Dia berjanji pihaknya akan merealisasikan hal itu secepat mungkin.

"Kami tahu bahwa pengguna Indonesia sangat mengantisipasi fitur yang satu ini, kami pun demikian. BlackBerry ingin membuat semuanya menjadi lebih mudah, kami mendengarkan dan memperhatikan pengguna di Indonesia," ucap Klassen.

Baca juga:
BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry? 
5 Biang Keladi Keterpurukan BlackBerry

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
BlackBerry Messenger di Android dan iPhone

Kudunyahoo Tolak Penuhi Permintaan Yahoo

Posted: 30 Sep 2013 02:26 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak pengelola Kudunyahoo, situs yang disomasi oleh Yahoo akibat dianggap memiliki kemiripan nama, akhirnya memberikan tanggapan secara resmi.

Melalui surat elektronik, pihak pengelola dengan tegas menolak mengikuti permintaan Yahoo untuk mengubah nama situs tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa pihak Kudunyahoo mengambil keputusan ini. Salah satunya, makna atau arti dari kata Kudunyahoo tidak ada kaitan sama sekali dengan Yahoo.

Kudu nyaho sendiri berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti "harus tahu" atau "sesuatu yang penting untuk diketahui".

"Kata nyahoo adalah suatu kata yang berasal dari kata dasar nyaho bukan Yahoo. Untuk itu, keberatan pihak Yahoo atas nama situs Kudunyahoo sangat tidak beralasan," tulis pihak Kudunyahoo, dalam surat keberatan yang KompasTekno terima, Senin (30/9/2013).

Pihak Kudunyahoo juga tidak merasa bahwa situs Kudunyahoo memiliki kemiripan dengan nama dagang Yahoo. Mereka berpendapat, situs ini tidak memiliki konten, logo, dan tujuan yang sama dengan Yahoo.

Pihak pengelola situs yang sudah berumur 2 tahun ini pun tidak pernah meniatkan untuk menciptakan suatu hal yang bersifat menyamai Yahoo.

"Hingga saat ini tidak ada satu orang pun, baik yang sudah membaca konten kami, mengunjungi, maupun yang melihat secara langsung situs kami, yang mengidentikkan situs www.kudunyahoo.com dengan nama dagang Yahoo atau mempertanyakan hubungan www.kudunyahoo.com dan Yahoo," ujarnya.

Situs yang dibuat oleh Hady Hidayat, Assaoralhaq, dan Syarief Hidayat ini juga mempermasalahkan lamanya waktu pemberian somasi oleh Yahoo. Setelah berjalan selama 2 tahun, pihak Yahoo baru melayangkan tuntutan terhadap situs buatan anak Bandung ini.

"Menurut hemat kami, seharusnya jika keberatan/tuntutan atas nama situs kami, jika dianggap melanggar hak cipta, seharusnya dari 3 bulan awal ketika situs ini ada sudah ter-suspend oleh sistem komputerisasi di internet, baik oleh penuntut dengan menggunakan program sendiri, maupun laporan masyarakat pengguna internet sendiri," lanjutnya.

Kudunyahoo adalah sebuah situs asli buatan anak bangsa yang menyediakan informasi kuliner, hotel, dan wisata di Indonesia. Nama dari situs ini digugat oleh Yahoo karena dianggap memiliki kemiripan nama.

Pihak Yahoo mengakui sudah mengetahui arti dari nama Kudunyahoo, tetapi tetap bergeming dengan alasan tersebut. Mereka tetap menuntut perubahan nama dan penggantian nama seluruhnya sesuai dengan tenggat perubahan yang diberikan, yaitu pada 30 September 2013.

Twitter Lepas Saham Perdana Minggu Ini?

Posted: 30 Sep 2013 01:32 AM PDT

Aditya Panji/KompasTekno

Kantor pusat Twitter di San Francisco, California, Amerika Serikat

KOMPAS.com — Jejaring sosial Twitter dilaporkan akan mengajukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) pada pekan ini, kata seseorang yang dekat dengan rencana tersebut.

Upaya Twitter untuk menjadi perusahaan publik dan terdaftar di bursa saham ini memang dilakukan secara diam-diam. Pada 12 September lalu, perusahaan dikabarkan telah mengajukan berkas IPO kepada regulator di AS.

Diharapkan, nilai Twitter di bursa saham bisa mencapai 15 miliar dollar AS. Twitter menargetkan sahamnya dapat diperdagangkan di bursa Nasdaq, New York, AS, sebelum 28 November 2013.

Namun, Reuters melaporkan bahwa rencana IPO Twitter masih bisa tertunda oleh berbagai faktor, terutama pertimbangan pada kondisi pasar. Juru bicara Twitter enggan berkomentar tentang masalah ini.

Nokia Cibir Galaxy S4 Zoom

Posted: 30 Sep 2013 12:51 AM PDT

KOMPAS.com - Desain dan kamera dari Samsung Galaxy S4 Zoom diledek habis-habisan oleh Nokia.

Melalui sebuah papan iklan luar ruang (billboard) yang terletak di jalan Lombard, California, Amerika Serikat, Nokia seperti ingin mengungkapkan bahwa ponsel Lumia 1020 merupakan ponsel-kamera yang lebih baik dan nyaman untuk dibawa ke mana-mana dibandingkan Galaxy S4 Zoom.

Pada iklan billboard ini, seperti dikutip dari Ubergizmo, Senin (30/9/2013), perusahaan asal Finlandia tersebut menuliskan "megapiksel terbanyak yang muat ke dalam celana jeans yang sempit".

Kalimat tersebut tampak seperti ingin menyindir Galaxy S4 Zoom yang tidak memiliki kamera dengan megapiksel sebesar Lumia 1020.

Sebagai perbandingan, Nokia Lumia 1020 memiliki kamera 41 megapiksel. Sementara, Samsung Galaxy S4 Zoom hanya hadir dengan kamera 16 megapiksel.

Nokia juga tampak meledek Galaxy S4 Zoom dari segi desain. Perangkat ini memang memiliki desain yang sangat mirip dengan kamera digital, membuatnya menjadi sebuah produk dengan ukuran yang sangat tebal.  

Galaxy S4 Zoom sendiri memiliki dimensi tebal 15,4 mm, berbanding 10,4 mm milik Nokia Lumia 1020.

Lumia 1020 merupakan salah satu ponsel pintar andalan terbaru dari Nokia. Salah satu fitur yang dibanggakan dari perangkat ini adalah kamera PureView yang memiliki sensor gambar 41 megapiksel.

Lumia 1020 sudah dipasarkan di Amerika Serikat dengan harga 299 dollar AS dengan kontrak selama dua tahun.

Terinspirasi "GTA", Pria Curi Truk dan Tabrak 9 Mobil

Posted: 30 Sep 2013 12:17 AM PDT

Grand Theft Auto V

KOMPAS.com — Ada batasan yang sangat jelas antara dunia game dan dunia nyata. Namun, ternyata ada saja orang yang tak bisa melihat batas tersebut.

Contohnya seorang pria bernama Zachary Burgess asal Alaska, Amerika Serikat. Seperti dikutip dari Cnet, pada Sabtu, 21 September, Burgess yang berumur 20 tahun berbuat onar di kota Baton Rouge, Louisiana.

Menurut keterangan saksi mata, Burgess mencuri sebuah truk yang diparkir dalam keadaan menyala di tempat parkir sebuah bar. Seorang penumpang perempuan yang kebetulan sedang berada di dalam kendaraan itu pun ikut "terbawa" sebelum berhasil melarikan diri dengan cara melompat ke luar.

Zachary Burgess

Tak hanya itu, dalam usahanya melarikan truk, Burgess ikut menabrak sejumlah kendaraan di tempat parkir. Secara keseluruhan terdapat sembilan mobil yang menjadi korban aksi ugal-ugalan Burgess.

"Kami merespons laporan tabrak lari di sebuah tempat parkir bar lokal. Ketika petugas sampai di TKP, kendaraan yang dicuri ditemukan sudah ditinggal beberapa meter dari lokasi kejadian, dan si tersangka ditahan oleh sejumlah saksi mata," ujar Kopral Don Coppola dari kepolisian setempat.

Ketika ditanyai oleh polisi, Burgess mengaku hanya ingin tahu bagaimana rasanya "bermain video game Grand Theft Auto" (GTA). Beruntung, "permainannya" itu tak berlangsung lama dan tak memakan korban jiwa.

Burgess menghadapi sembilan tuntutan tabrak lari, pencurian kendaraan, dan penculikan. Dia dibebaskan pada Minggu, 22 September, setelah membayar uang jaminan sebesar 80.000 dollar AS atau sekitar Rp 923 juta.

No comments:

Post a Comment