KOMPASbola

KOMPASbola


Jinakkan Marseille, PSG Tempel Monaco

Posted: 06 Oct 2013 02:48 PM PDT

MARSEILLE, KOMPAS.com - Paris Saint-Germain (PSG) meraih kemenangan penting, 2-1, saat bertandang ke markas Olympique Marseille, di Stade Velodrome, Marseille, Minggu atau Senin (7/10/2013) dini hari WIB.

Kemenangan kontra Marseille membawa PSG tetap menjaga persaingan di puncak klasemen Ligue 1. PSG kini memiliki poin sama, yakni 19 poin, dengan AS Monaco yang memimpin klasemen karena unggul selisih gol.

Laga melawan Marseille berlangsung keras sejak menit awal. Pada menit ke-34 PSG dipaksa bermain dengan sepuluh pemain akibat dikartumerahkan Thiago Motta atas pelanggaran terhadap Mathieu Valbuena di dalam kotak penalti.

Wasit tanpa ampun menunjuk titik putih. Eksekusi tendangan 12 pas sukses dijalankan dengan baik oleh gelandang serang Marseille, Andre Ayew. Marseille memimpin 1-0 atas PSG.

Jelang babak pertama berakhir, kesalahan kiper Marseille, Steve Mandanda, mengantisipasi umpan silang Gregory van der Wiel, berujung gol penyeimbang PSG. Kesalahan tersebut berhasil dimanfaatkan Maxwell untuk menutup babak pertama dengan skor 1-1.

Nasib malang menghampiri Marseille pada pertengahan babak kedua. Pada menit ke-64, pelanggaran Ayew terhadap Marquinhos memaksa wasit menunjuk titik putih untuk PSG. Alhasil, kesempatan ini tak disia-siakan Zlatan Ibrahimovic yang sukses menggetarkan jala Marseille lewat tendangan penalti. Pertandingan pun berakhir 2-1 untuk kemenangan PSG.

Susunan pemain
Marseille: 30-Steve Mandanda; 24-Rod Fanni, 3-Nicolas N' Koulou, 4-Lucas Mendes, 23-Benjamin Mendy; 20-Alaixys Romao, 25-Gilbert Imbula Wanga (14-Florian Thauvin 80); 17-Dimitri Payet (29-Saber Khelifa 70), 28-Mathieu Valbuena, 10-Andre Ayew; 11-Jordan Ayew (9-Andre-Pierre Gignac 67)
Pelatih: Elie Baup

PSG: 30-Salvatore Sirigu; 23-Grerory van der Wiel, 13-Alex, 5-Marquinhos, 17-Maxwell; 24-Marco Verratti, 8-Thiago Motta, 14-Blaise Matuidi; 9-Edinson Cavani (29-Lucas Moura 76), 22-Ezequiel Lavezzi (25-Adrien Rabiot 37); 10-Zlatan Ibrahimovic (6-Zoumana Camara 76)
Pelatih: Laurent Blanc

Wasit: Clement Turpin

AVB: West Ham Pantas Kalahkan Spurs

Posted: 06 Oct 2013 02:45 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Pelatih Tottenham Hotspur, Andre Villas-Boas, menilai West Ham United pantas meraih kemenangan atas timnya pada lanjutan Premier League di White Hart Lane, Minggu (6/10/2013). Menurutnya, West Brom bermain sangat baik pada laga tersebut.

West Ham sukses menang 3-0 atas Tottenham. Tiga gol skuad asuhan Sam Allardyce itu dicetak hanya dalam waktu 18 menit melalui torehan Winston Reid pada menit ke-66, Ricardo Vaz Te (72) dan Ravel Morrison (78).

Sepanjang pertandingan, menurut catatan Premier League, Tottenham melepaskan empat tembakan akurat dari 10 usaha, sementara West Ham menciptakan lima peluang emas dari 12 percobaan.

"West Ham sangat pantas diberi kredit. Mereka bermain sangat baik. Babak pertama kami bermain baik, tetapi tidak mampu mencetak gol. Kami memulai babak kedua dengan bagus, tetapi, sayangnya, gol mereka sedikit menggangu permainan," kata Villas-Boas seperti dilansir Skysports.

"Kami ingin menempatkan seluruh penyerang kami. Tetapi, ketika kami akan menyiapkan Soldado, mereka sudah unggul 2-0. Hasil itu membuat keadaan kami menjadi lebih sulit untuk kembali ke dalam pertandingan."

"Kami tidak dapat memperoleh kesempatan. Tetapi, West Ham bermain luar biasa baik di babak kedua. Mereka sangat agresif, berhasil mencetak gol pertama dan mereka pantas mendapatkan hasil tersebut," tambahnya.

Dengan hasil tersebut, Tottenham duduk di peringkat keenam dengan nilai 13 dari tujuh laga. Di partai berikutnya, Soldado dan kawan-kawan akan menghadapi Aston Villa pada Minggu (20/10/2013).

"Kami harus bangkit melawan Aston Villa dan itu penting untuk memastikan kami tetap terhubung di papan atas klasemen," harap Villas-Boas.

Sempat Tertinggal, Juventus Bungkam Milan 3-2

Posted: 06 Oct 2013 01:44 PM PDT

TURIN, KOMPAS.com - Sempat tertinggal lebih dulu, Juventus berbalik menang 3-2 atas AC Milan pada lanjutan Serie-A di Stadion Juventus, Minggu atau Senin (7/10/2013) dini hari WIB. Tiga gol Juventus dicetak Andrea Pirlo, Sebastian Giovinco dan Giorgio Chiellini. Sedangkan, sepasang gol Milan disumbangkan Sulley Muntari.

Berkat raihan tiga poin ini, Juventus tetap berada di peringkat tiga klasemen sementara Serie-A dengan poin 19, tertinggal dua angka dari AS Roma di puncak. Sementara, Milan masih menempati posisi ke-12 dengan poin delapan dari tujuh laga.

Pada laga tersebut, tidak butuh waktu lama bagi Milan untuk mengejutkan publik Turin. Maklum, saat pertandingan baru berjalan 19 detik, Muntari sudah mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah menceploskan bola ke gawang Gianluigi Buffon untuk membawa tim tamu unggul lebih dulu.

Tertinggal gol cepat, Juventus langsung bangkit. Tercatat dua kali Juventus mempunyai kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan melalui Fabio Quagliarella pada menit kedelapan dan Giorgio Chiellini (11). Namun, dua peluang itu mampu dimentahkan oleh kiper Milan, Cristian Abbiati.

Pada menit ke-15, Juventus mendapatkan hadiah tendangan bebas di luar kotak penalti Milan. Pirlo yang menjadi eksekutor pun sukses membuat pendukung tuan rumah bersorak karena bola tendangan bebasnya mampu mengoyak jala gawang Abbiati untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Di pertengahan babak, tempo permainan berjalan berimbang. Milan terlihat lebih menguasai penguasaan bola, namun kesulitan menembus pertahanan ketat Juventus. Begitu juga dengan tim tuan rumah yang sejumlah serangannya mampu dipatahkan oleh barisan belakang Milan.

Selepas turun minum, pelatih Antonio Conte melakukan perubahan strategi. Paul Pogba dan Sebastian Giovinco masuk menggantikan Simone Padoin dan Fabio Quagliarella untuk menambah daya gedor skuad La Vecchia Signora.

Perubahan itu pun membuahkan hasil positif. Berawal dari kerjasamanya dengan Arturo Vidal, Giovinco sukses mengecoh bek Milan, Cristian Zapata, sebelum melepaskan tendangan keras akurat yang masuk ke dalam gawang Milan tanpa mampu dihalau Abbiati. Tim tuan rumah pun berbalik unggul 2-1.

Petaka bagi Milan tiba pada menit ke-75. Pelanggaran keras Phillippe Mexes terhadap Chiellini berbuah kartu merah. Tendangan bebas yang diberikan wasit pun menjadi kreator gol ketiga Juventus. Berawal dari bola tendangan bebas Pirlo yang membentur mistar gawang, Chiellini sukses menyambut bola rebound untuk memperbesar keunggulan timnya.

Pada menit ke-90, Milan sukses memperkecil kedudukan melalui torehan kedua Muntari. Gol tersebut tercipta setelah Muntari sukses memanfaatkan kesalahan barisan belakang Juventus. Akan tetapi, meski kembali mencoba untuk menyamakan kedudukan, skor 3-2 untuk Juventus pun bertahan hingga laga usai.

Menurut catatan Lega Serie-A, sepanjang pertandingan, Juventus menguasai bola sebanyak 44 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 17 usaha, sementara Milan melepaskan lima tembakan akurat dari 10 percobaan.

Susunan Pemain:
Juventus: 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini; 20-Simone Padoin (6-Paul Pogba 55), 23-Arturo Vidal, 21-Andrea Pirlo, 8-Claudio Marchisio, 22-Kwadwo Asamoah; 10-Carlos Tevez (14-Fernando Llorente 85), 27-Fabio Quagliarella (12-Sebastian Giovinco 67)
Pelatih: Antonio Conte

Milan: 32-Cristian Abbiati; 20-Ignazio Abate, 5-Phillippe Mexes, 17-Cristian Zapata, 21-Kevin Constant; 23-Antonio Nocerino, 34-Nigel De Jong (16-Andrea Poli 86), 4-Sulley Muntari; 18-Riccardo Montolivo, 7-Robinho (81-Cristian Zaccardo 76); 9-Alessandro Matri
Pelatih: Massimiliano Allegri

Wasit: Gianluca Rocchi

Juventus dan Milan Masih Sama Kuat

Posted: 06 Oct 2013 12:33 PM PDT

TURIN, KOMPAS.com - Juventus bermain imbang 1-1 dengan AC Milan hingga akhir babak pertama dalam lanjutan Serie-A di Stadion Juventus, Minggu atau Senin (7/10/2013) dini hari WIB. Sempat tertinggal lewat gol cepat Sulley Muntari, Juventus mampu membalas lewat kreasi Andrea Pirlo.

Tidak butuh waktu lama bagi Milan untuk mengejutkan publik Turin. Maklum, saat pertandingan baru berjalan 19 detik, Muntari sudah mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah menceploskan bola ke gawang Gianluigi Buffon untuk membawa tim tamu unggul lebih dulu.

Tertinggal gol cepat, Juventus langsung bangkit. Tercatat dua kali Juventus mempunyai kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan melalui Fabio Quagliarella pada menit kedelapan dan Giorgio Chiellini (11). Namun, dua peluang itu mampu dimentahkan oleh kiper Milan, Cristian Abbiati.

Pada menit ke-15, Juventus mendapatkan hadiah tendangan bebas di luar kotak penalti Milan. Pirlo yang menjadi eksekutor pun sukses membuat pendukung tuan rumah bersorak karena bola tendangan bebasnya mampu mengoyak jala gawang Abbiati untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Di pertengahan babak, tempo permainan berjalan berimbang. Milan terlihat lebih menguasai penguasaan bola, namun kesulitan menembus pertahanan ketat Juventus. Begitu juga dengan tim tuan rumah yang sejumlah serangannya mampu dipatahkan oleh barisan belakang Milan. Skor 1-1 pun bertahan hingga turun minum.

Menurut catatan Soccernet, selama paruh pertama, Juventus menguasai bola sebanyak 38 persen dan menciptakan tiga peluang emas dari tujuh usaha. Adapun tim tamu melepaskan dua tembakan akurat dari tiga percobaan.

Susunan Pemain:
Juventus: 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini; 20-Simone Padoin, 23-Arturo Vidal, 21-Andrea Pirlo, 8-Claudio Marchisio, 22-Kwadwo Asamoah; 10-Carlos Tevez, 27-Fabio Quagliarella
Pelatih: Antonio Conte

Milan: 32-Cristian Abbiati; 20-Ignazio Abate, 5-Phillippe Mexes, 17-Cristian Zapata, 21-Kevin Constant; 23-Antonio Nocerino, 34-Nigel De Jong, 4-Sulley Muntari; 18-Riccardo Montolivo, 7-Robinho; 9-Alessandro Matri
Pelatih: Massimiliano Allegri

Wasit: Gianluca Rocchi

Susunan Pemain Juventus Vs AC Milan

Posted: 06 Oct 2013 11:19 AM PDT

TURIN, KOMPAS.com - Berikut susunan pemain Juventus dan AC Milan yang akan melakoni pertandingan Serie-A, di Juventus Stadium, beberapa saat lagi.

Juventus: 1-Gianluigi Buffon; 15-Andrea Barzagli, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini; 20-Simone Padoin, 23-Arturo Vidal, 21-Andrea Pirlo, 8-Claudio Marchisio, 22-Kwadwo Asamoah; 10-Carlos Tevez, 27-Fabio Quagliarella

Cadangan: 30-Mauricio Storari, 34-Rubinho, 5-Angelo Ogbonna, 11-Pablo De Ceglie, 13-Federico Peluso, 16-Marco Motta, 6-Paul Pogba, 33-Mauricio Isla, 14-Fernando Llorente, 12-Sebastian Giovinco
Pelatih: Antonio Conte

Milan: 32-Cristian Abbiati; 20-Ignazio Abate, 5-Phillippe Mexes, 17-Cristian Zapata, 21-Kevin Constant; 23-Antonio Nocerino, 34-Nigel De Jong, 4-Sulley Muntari; 18-Riccardo Montolivo, 7-Robinho; 9-Alessandro Matri

Cadangan: 1-Marco Amelia, 59-Gabriel, 81-Cristian Zaccardo, 28-Urby Emanuelson, 16-Andrea Poli, Mastalli, Saponara, 78-M'baye Niang
Pelatih: Massimiliano Allegri

West Ham Tundukkan Tottenham dalam Drama 18 Menit

Posted: 06 Oct 2013 10:25 AM PDT

LONDON, KOMPAS.com — West Ham United meraih kemenangan 3-0 atas Tottenham Hotspur pada pertandingan Premier League, di White Hart Lane, Minggu (6/10/2013). Tiga gol itu tercipta dalam waktu 18 menit.

Gol pertama tim tamu diciptakan oleh Winston Reid pada menit ke-66. Berawal dari tendangan sudut, Kevin Nolan melepaskan umpan ke tengah kotak penalti, yang ditembakkan Reid ke tengah gawang Hugo Lloris dengan tendangan kaki kanan.

Ricardo Vaz Te menggandakan keunggulan The Hammers pada menit ke-72. Vaz Te membobol dengan memanfaatkan bola liar hasil tembakannya sendiri yang dipatahkan Lloris.

Enam menit kemudian, giliran Ravel Morrison yang menaklukkan Hugo Lloris. Dalam sebuah serangan balik, Morrison berhasil menyambut umpan Mohamed Diame dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti. Bola pun melesat masuk ke tengah gawang Lloris.

Selama laga, menurut catatan Premier League, Tottenham melepaskan empat tembakan titis dari 10 usaha, sementara West Ham menciptakan lima peluang emas dari 12 percobaan.

Dengan hasil tersebut, Tottenham duduk di peringkat keenam dengan nilai 13 dari tujuh laga, sementara West Ham berada di peringkat ke-13 dengan nilai delapan, juga dari tujuh pertandingan.

Tottenham: 25-Hugo Lloris; 2-Kyle Walker, 5-Jan Vertonghen, 16-Kyle Naughton (14-Lewis Holtby 81), 20-Michael Dawson;  8-Paulinho, 17-Andros Townsend, 19-Mousa Dembele, 22-Gylfi Sigurdsson (11-Erik Lamela 63), 23-Christian Eriksen (9-Roberto Soldado 74); 18-Jermain Defoe

West Ham: 22-Jussi Jaaskelainen; 2-Winston Reid, 5-James Tomkins, 8-Razvan Dinca Rat, 20-Guy Demel; 4-Kevin Nolan, 15-Ravel Morrison, 16-Mark Noble (17-Joey O'Brien  90), 21-Mohamed Diame (19-James Collins 80), 23-Stewart Downing; 12-Ricardo Vaz Te (26-Joe Cole 86)

Wasit: Lee Probert

Wilshere Cetak Gol, Arsenal Raih 1 Angka di The Hawthorns

Posted: 06 Oct 2013 10:11 AM PDT

WEST BROMWICH, KOMPAS.com — Sempat tertinggal, Arsenal akhirnya meraih hasil imbang 1-1 pada laga Premier League melawan West Bromwich Albion, di The Hawthorns, Minggu (6/10/2013). Sementara gol Arsenal diciptakan Jack Wilshere pada menit ke-63, gol tuan rumah dicetak Claudio Yacob pada menit ke-42.

Pada menit-menit awal Arsenal tampak bermain sedikit hati-hati saat membongkar pertahanan The Baggies. The Gunners sempat mengancam lewat kerja sama Mesut Oezil dan Aaron Ramsey, tetapi terhenti oleh Jonas Olsson. Arsenal mendapat peluang lain pada menit ke-18 melalui Kieran Gibbs. Namun, tembakannya meleset ke sisi gawang Boaz Myhill.

Pada menit ke-35, Olivier Giroud melepas tendangan jarak jauh menyasar gawang West Brom, tetapi laju bola masih cukup pelan untuk ditangkap Myhill. Tim tuan rumah ganti menebar ancaman lewat kerja sama Amalfitano dan Sessegnon di kotak penalti Arsenal, tetapi barisan pertahanan tim tamu masih bisa membuang bola.

Arsenal akhirnya kebobolan oleh bek Claudio Yacob. Umpan silang Amalfitano disundul Yacob ke sudut kiri atas gawang. Carl Jenkinson dan Mikel Arteta hanya bisa melihat bola melesat masuk ke gawang mereka.

Penyerang veteran Nicolas Anelka nyaris membuat Arsenal tertinggal lebih jauh pada menit ke-51. Berlari nyaris tanpa pengawalan dari sisi kiri, pemain Perancis tersebut melepas tembakan yang melebar dari sisi gawang Wojciech Szczesny.

Akhirnya Arsenal sanggup menyamakan kedudukan pada menit 63 setelah Jack Wilshere mencetak gol dengan tendangan luar kotak penalti West Brom. Bermula dari umpan Oezil untuk Giroud, penyerang Perancis ini memberikan bola kepada Tomas Rosicky. Operan Rosicky disambut Wilshere dengan tendangan voli.

Setelahnya, kedua tim bergantian menyerang, dan Sessegnon nyaris mengirimkan sebuah umpan untuk Anelka sebelum bola disapu Laurent Koscielny. Arsenal pun nyaris mencetak gol ketika Giroud menyambut umpan Gibbs dengan sepakan dari jarak dekat pada menit ke-77. Namun, Myhill masih mampu menghalau bola.

Myhill kembali memupus peluang Arsenal setelah ia mematahkan sepakan Flamini pada menit ke-87. Hingga pertandingan selesai, tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua kubu. Dengan hasil seri ini, Arsenal kembali ke puncak klasemen dengan 16 poin, sama dengan Liverpool di tempat kedua. Sementara West Brom berada di peringkat 12 dengan nilai sembilan.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan Premier League, Arsenal melepaskan lima tembakan titis dari 11 usaha, sementara West Brom menciptakan empat peluang emas dari 10 percobaan.

Susunan pemain

WBA: 13 Boaz Myhill; 28 Billy Jones, 23 Gareth McAuley, 3 Jonas Olsson, 6 Liam Ridgewell; 5 Claudio Yacob, 21 Youssuf Mulumbu, 18 Morgan Amalfitano (11 Chris Brunt, 88); 29 Stephane Sessegnon (7 James Morrison, 78), 38 Saido Berahino, 39 Nicolas Anelka (9 Shane Long, 68)
Pelatih: Steve Clarke

Arsenal: 1 Wojciech Szczesny; 25 Carl Jenkinson, 6 Laurent Koscielny, 4 Per Mertesacker, 28 Kieran Gibbs; 8 Mikel Arteta, 20 Mathieu Flamini; 16 Aaron Ramsey (7 Tomas Rosicky, 58), 10 Jack Wilshere, 11 Mesut Oezil; 12 Olivier Giroud (23 Nicklas Bendtner, 84)
Pelatih: Arsene Wenger

No comments:

Post a Comment