KOMPAStekno

KOMPAStekno


CEO Microsoft Umumkan Pensiun

Posted: 23 Aug 2013 07:28 AM PDT

KOMPAS.com — CEO Microsoft, Steve Ballmer, telah mengumumkan rencananya untuk pensiun. Ia akan meninggalkan jabatan puncak itu dalam 12 bulan ke depan.

Seperti diberitakan oleh Reuters, Ballmer mengatakan akan pensiun setelah Microsoft menemukan penggantinya. Sebuah komite khusus pun telah dibentuk untuk menentukan siapa yang bakal menjabat sebagai CEO Microsoft berikutnya.

Komite tersebut terdiri dari Bill Gates (pendiri dan chairman Microsoft), serta beberapa anggota dewan direksi Microsoft, seperti John Thompson (yang akan menjadi ketua komite), Chuck Noski, dan Steve Luzco.

Siapa yang akan menggantikan Ballmer? Microsoft dikabarkan akan mempertimbangkan kandidat dari internal dan eksternal. Perusahaan rekrutmen eksekutif, Heidrick & Struggles International, juga akan dilibatkan dalam pencarian ini.

Ballmer mengatakan, saat ini Microsoft membutuhkan CEO yang tepat untuk menghadapi perubahan yang sedang dialami Microsoft. "Kami butuh CEO yang akan mengawal arahan baru ini untuk waktu yang lama," ujarnya.

Arahan baru yang dimaksud Ballmer adalah perubahan Microsoft dari perusahaan yang dominan di bidang peranti lunak menjadi perusahaan perangkat dan layanan.

Instagram Dipastikan Sambangi Windows Phone

Posted: 23 Aug 2013 02:11 AM PDT

KOMPAS.com - Nokia selaku produsen Windows Phone terbesar di dunia, menyatakan bahwa aplikasi berbagi foto Instagram akan datang ke platform Windows Phone.

Hal ini diungkapkan Vice President Executive Nokia, Chris Weber, dalam wawancara dengan Bangkok Post asal Thailand, Jumat (23/8/2013). Namun, ia tak memberi rincian kapan Instagram akan hadir di Windows Phone.

Sama seperti Indonesia, Nokia menganggap Thailand sebagai negara penting untuk menjual produknya. Vice President Smart Devices Nokia, Jo Harlow, beberapa waktu lalu mengklaim bahwa Lumia telah menguasai 20 persen pangsa pasar ponsel pintar di Indonesia, Thailand, Vietnam.

Secara perlahan, Windows Phone menunjukan keberhasilannya membangun ekosistem aplikasi. Beberapa aplikasi populer, seperti Path, Flipboard, dan Vine, berkomitmen untuk membuat aplikasi di platform milik Microsoft itu.

Pertumbuhan Windows Phone ini tak lepas dari perang Nokia yang secara gencar turut membangun ekosistem Windows Phone.

Dari sisi penjualan, menurut data lembaga riset IDC, Nokia Lumia menyumbang 82 persen dari total 8,7 juta perangkat Windows Phone yang dikapalkan pada kuartal kedua 2013.

Namun, pangsa pasar Windows Phone secara global baru mencapai 3,7 persen. Sementara Android dan Apple, masih memimpin dengan pangsa pasar masing-masing 79 persen dan 13 persen.

Benahi Peta, Apple Caplok Startup "Dua Tahun"

Posted: 23 Aug 2013 12:58 AM PDT

KOMPAS.com - Apple terus membenahi aplikasi peta buatan sendiri, Apple Maps. Belum lama ini, Apple diketahui telah mengakuisisi sebuah perusahaan pembuat aplikasi peta bernama Embark Inc.

Informasi pengakuisisian perusahaan tersebut untuk pertama kalinya dibeberkan oleh Jessica Lessin, mantan wartawan Wall Street Journal.

Belum diketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan Apple. Namun, dikatakan bahwa Apple berencana untuk menggabungkan teknologi Embark ke aplikasi Apple Maps.

Embark merupakan sebuah perusahaan startup berumur dua tahun yang berpusat di Silicon Valley, AS. Perusahaan tersebut merupakan pemilik aplikasi untuk navigasi transportasi.

Perusahaan yang baru berdiri tahun 2011 ini telah mengembangkan aplikasi untuk Android dan iOS yang menyajikan informasi sistem transit di kota-kota besar AS, seperti New York, San Francisco, dan Chicago. Belum diketahui, apakah dengan akuisisi ini akan ada penambahan layanan ke negara lain atau tidak.

Seorang juru bicara Apple sudah membenarkan adanya transaksi ini.

"Apple membeli perusahaan kecil dengan bidang teknologi dalam waktu ke waktu, dan kami pada umumnya tidak mendiskusikan tujuan atau rencana kami," kata juru bicara tersebut, seperti dikutip dari MacRumors, Jumat (23/8/2013).

Akuisisi ini merupakan yang ketiga dalam beberapa bulan terakhir, terkait dengan layanan peta. Beberapa saat lalu, Apple sudah membeli perusahaan layanan navigasi transit HopStop dan pencarian bisnis lokal Loactionary.

LG Bikin Layar Smartphone "Quad HD"

Posted: 23 Aug 2013 12:31 AM PDT

KOMPAS.com - Berapakah resolusi layar tertinggi sebuah smartphone? Sejumlah model kelas atas yang beredar saat ini, seperti Samsung Galaxy S4 dan HTC One, mengusung display dengan resolusi "full-HD" atau 1920x1080 dengan tingkat kepadatan pixel mencapai 469 ppi.

Dengan resolusi setinggi itu, gambar-gambar yang ditampilkan di layar terlihat sangat halus dan bebas gerigi, termasuk jika dilihat dalam jarak sangat dekat sekalipun.

Nah, seperti dikutip dari Time, LG baru saja mengumumkan layar smartphone dengan resolusi yang bahkan lebih tinggi dari "Full HD", yang disebutnya sebagai "Quad-HD".

Angkanya? 2560x1440, atau setara 538 ppi. Kepadatan pixel tersebut merupakan yang tertinggi saat ini di antara layar gadget mobile.

Resolusi setinggi itu biasanya hanya ditemukan di TV atau monitor dengan bentang layar 27 inci ke atas.

Sebagai perbandingan, layar "Retina Display" milik iPhone 4 yang diluncurkan beberapa tahun lalu memiliki tingkat kepadatan pixel 330 ppi. Istilah Retina Display diperkenalkan Apple untuk mengacu pada layar yang tiap pixelnya tak bisa dilihat oleh mata telanjang dari jarak normal.

Layar "Quad HD" dari LG ini memiliki tingkat kepadatan pixel 65 persen lebih besar dibanding iPhone 4. Adapun Galaxy S4 dan HTC One masing-masing mengusung angka 441 ppi dan 468 ppi.

Tapi apakah resolusi setinggi itu benar-benar perlu? Penglihatan manusia sudah tak bisa melihat pixel individu pada tingkat kepadatan pixel 300 ppi di jarak 12 inci (30,5 cm). Walau begitu, untuk jarak yang lebih dekat, diperlukan tingkat kepadatan pixel yang lebih tinggi lagi.

Selain resolusi tertinggi, layar Quad HD milik LG juga diklaim merupakan yang tertipis di dunia dengan ketebalan hanya 1,21 mm dan bezel 1,2 mm.

Iklan Jenaka Nokia Sindir Apple dan Samsung

Posted: 22 Aug 2013 11:31 PM PDT

KOMPAS.com — Persaingan keras antara Apple dan Samsung pernah diangkat dalam iklan Nokia, sang penyedia "alternatif ketiga" smartphone Lumia berbasis Windows Phone. Kali ini, produsen ponsel asal Finlandia itu kembali menggunakan tema serupa dalam video promosi Lumia 1020.

Dikisahkan, sekelompok anak sedang mengadakan pertunjukan drama musikal dengan ditonton para orangtua. Begitu anak-anak naik panggung, ibu bapak mereka kontan mengeluarkan gadget mobile masing-masing, ponsel pintar ataupun tablet untuk menjepret buah hati kesayangan.

Hasil fotonya sudah bisa ditebak: penuh dengan tangan-tangan pemegang gadget yang berusaha memotret anak masing-masing. Di sini keadaan mulai berubah ricuh karena para orangtua berusaha mendekat ke panggung untuk mendapat hasil gambar yang lebih bagus.

Semua kecuali satu pasangan, yaitu orangtua pemilik Lumia 1020 yang bisa tetap duduk di tempat dan melakukan "zoom" dengan kamera 41-megapixel perangkat tersebut.

Keributan para orangtua digambarkan dengan kocak, penuh adegan "sikut-menyikut" antara pengguna Apple dan Samsung. Nokia tak lupa menyelipkan sindiran terhadap perangkat-perangkat pesaingnya itu, termasuk soal "panorama" dan "drama shot". Sebuah pernyataan Apple tentang fotografi ponsel pintar pun turut dikutip.

Persaingan boleh panas, tetapi kalau bisa disalurkan lewat video yang jenaka dan menghibur, kenapa tidak? Simak iklan selengkapnya di bawah ini.

No comments:

Post a Comment