KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Dilarang Bawa Minuman dan Rokok, Penonton Metallica Kecewa

Posted: 25 Aug 2013 06:31 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com-Penonton kelompok musik Metallica banyak menelan kekecawaan. Hal itu terjadi akibat tak diperbolehkannya minuman kemasan dan rokok masuk ke dalam area konser.

Pantauan Kompas.com di pintu masuk Festival A, petugas tiket memeriksa badan penonton se cara manual. Jika menemukan minuman kemasan atau rokok, petugas dengan tegas meminta sang penonton untuk membuangnya saat itu juga.

Beberapa penonton tampak tak terima dengan teguran petugas tersebut. Penonton yang rata-rata mengenakan baju warna hiyam dan celana jeans banyak yang memprotes kebijakan tersebut.

"Masak nggak boleh pak. Di dalam ada tukang minuman nggak? Ada yang jual rokok nggak?" tanya salah seorang penonton. "Di dalam pasti minumannya mahal pak," timpal pengunjung lainnya."

"Memang peraturannya begitu mas. Di dalam ada penjual minuman. Tolong buang botolnya," minta petugas.

Tak ayal stuasi riuh sempat terjadi di gerbang itu selama beberapa menit. Petugas yang berambut cepak itu juga sempat menghentikan antrean masuk ke dalam area konser. Meski demikian, situasi tidak berlangsung lama, dan kembali kondusif.

Band pembesut lagu Nothing Else Matters itu dijadwalkan menyapa penyuka musik cadas Indonesia, 25 Agustus 2013 pukul 21.00 WIB. Rencananya, James Hetfield, Lars Ulrich, Kirk Hammett serta Robert Trujillo akan manggung di Stadiun Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Beberapa jam sebelum konser dimulai ribuan pecinta musik metal telah memadati area konser.

Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Rizieq Shihab Belum Berpikir Jadi Capres

Posted: 25 Aug 2013 05:40 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab diminta maju menjadi calon presiden (capres) 2014 oleh massa pendukungnya dari FPI. Menanggapi hal tersebut, Rizieq mengaku belum berpikir untuk menjadi kandidat orang nomor satu di Indonesia.

"Saya pribadi belum pernah pikir jadi capres. Saya belum berpikir jadi pejabat negara. Saya masih enjoy jadi pimpinan FPI," kata Rizieq di Jakarta, Minggu (25/8/2013).

Menurut dia, siapa pun berhak mencalonkan diri jadi presiden. Dia menghargai dukungan massa FPI yang menginginkan dirinya maju sebagai capres. "Siapa saja berhak calonkan diri jadi capres dan berhak didorong siapa pun. Jadi kalau ada kelompok umat Islam ingin dorong saya atau kawan-kawan dari tokoh Islam jadi capres, itu hak politik mereka," katanya.

Namun, Rizieq mengatakan tak bisa menolak permintaan massa pendukungnya. Sejauh ini, Rizieq yang menyebut dirinya Imam Besar FPI itu mengaku tak pernah berniat ataupun bermimpi menjadi capres maupun mengisi jabatan di pemerintahan.

"Saya tidak dalam posisi pencalonan itu ditolak atau diterima. Kalau diterima, sudah saya katakan, saya tidak berpikir untuk jadi capres. Kalau ditolak nanti dianggap tidak menghargai. Saya tidak dalam posisi menerima atau menolak," terangnya.

Sebelumnya, massa FPI yang melakukan orasi pada acara milad ke-15 FPI itu meneriakkan dukungan kepada Rizieq untuk maju menjadi capres 2014. Rizieq mampu menjadi pemimpin yang menegakkan syariah di Indonesia dan menjaga nilai Islam.

"Habib Rizieq, presiden. NKRI bersyariat, harga mati," teriak massa tersebut.  

Editor : Hindra Liauw

Rizieq Shihab Imam Besar FPI Seumur Hidup

Posted: 25 Aug 2013 05:39 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com
— Melalui Musyawarah Nasional III pada 22-24 Agustus 2013, Front Pembela Islam (FPI) mengangkat Rizieq Syihab menjadi Imam Besar FPI dengan masa jabatan seumur hidup.

"Dari hasil Munas kemarin kami telah musyawarah secara mufakat, Habib Rizieq sebagai imam besar FPI seumur hidup," ujar Misbahul Anam dalam orasinya pada acara milad ke-15 FPI, di Markas FPI, Petamburan, Jakarta Barat, Minggu (25/8/2013) pagi.

Keputusan mengangkat Rizieq sebagai imam besar dilakukan dalam sidang pleno yang dipimpin KH Awit Mashuri di Gedung Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (23/8/2013) malam.

Beberapa faktor yang membuat Rizieq dinilai layak menjadi imam besar antara lain memiliki pengalaman menggerakkan FPI selama 15 tahun. Rizieq dinilai memiliki karisma serta berhasil membesarkan FPI sehingga memiliki banyak anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Acara milad tersebut dimulai pada pukul 04.00 WIB. Pada pukul 09.00 WIB, FPI berkonvoi keliling Jakarta dengan jumlah peserta 2.000-3.000 orang.

Konvoi menempuh rute Jalan KS Tubun-Slipi-Jalan Gatot Subroto-Jalan MT Haryono-Jalan Otista-Jalan Matraman-Pasar Senen-Jalan Gunung Sahari-Mangga Besar-Hayam Wuruk-Harmoni-Duta Merlin-Rumah Sakit Tarakan-Tomang-S Parman-Slipi-Jalan Petamburan III.

Editor : Tjatur Wiharyo

FPI: Kekerasan dan Perusakan di Luar Prosedur Standar FPI

Posted: 25 Aug 2013 04:49 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Rizieq Shihab mengatakan, perusakan, kekerasan, dan sweeping tak masuk prosedur organisasi Front Pembela Islam.

Dengan begitu, menurutnya, anggota FPI yang melakukan perusakan, kekerasan, dan sweeping telah melanggar peraturan organisasi dan akan mendapatkan sanksi internal.

"Kita dari DPP FPI juga akan lakukan tindakan yang tegas," ujar Rizieq Shihab di Markas FPI seusai memberikan orasinya pada milad ke-15 FPI, di Petamburan, Jakarta Barat, Minggu (25/8/2013) pagi.

Kepada media, Rizieq juga meminta supaya bersikap berimbang ketika melihat kasus yang melibatkan anggota FPI.

"Jangan kalau anggota FPI yang bersalah dibilang itu FPI, giliran anggota Polri, tentara, atau partai yang bersalah dibilang oknum," imbuh Rizieq.

Editor : Tjatur Wiharyo

Hibur Warga, Presiden SBY Bernyanyi

Posted: 25 Aug 2013 04:49 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghibur warga yang hadir pada acara lomba lari Independence Day Run, Minggu (25/8/2013) di Jakarta. Ditemani musisi Tantowi Yahya, Presiden menyanyikan lagu ciptaannya yang berjudul "Majulah Negeriku".

"Yang bisa bernyanyi ayo ikut nyanyi," ajaknya.

Panitia pun dengan sigap membagi-bagikan kertas yang berisi lirik lagu yang diciptakan Presiden pada 2007.

Sayangnya, banyak warga yang tidak mengikutinya. Sebagian mengaku tidak pernah mendengar lagu yang diciptakan Kepala Negara tersebut.

"Enggak apa-apa sih, kurang tertarik aja, nadanya juga kan saya enggak tahu," ujar Sutan, seorang warga di Jakarta.

Editor : Hindra Liauw

FPI: Densus Sering Salah Tembak, Harus Diadili

Posted: 25 Aug 2013 04:17 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com
— Front Pembela Islam (FPI) meminta Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dibubarkan. Hal itu merupakan salah satu hasil Musyawarah Nasional (Munas) FPI.

Menurut dia, Densus 88 telah sering melanggar HAM sehingga selain dibubarkan, Densus 88 juga harus diadili.

"Kenapa kami tuntut Densus dan BNPT dibubarkan? Karena Densus sering salah tangkap, salah tembak, salah bunuh," ujar Ketua FPI Rizieq Shihab dalam acara ulang tahun ke-15 FPI di Markas FPI, Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, Minggu (25/8/2013).

"Tuntutan kita tidak hanya dibubarkan, tapi ditarik dan diadili di pengadilan hak asasi manusia internasional. Mereka telah banyak melakukan pelanggaran HAM," katanya.

Acara ulang tahun FPI ini dihadiri massa FPI dari seluruh Indonesia. Mereka datang dengan puluhan bus, mobil, dan kendaraan lainnya yang diparkir di sisi Jalan KS Tubun.

Acara ini dilanjutkan dengan konvoi keliling Jakarta. Jalan di KS Tubun, Petamburan, sempat ditutup dan macet ketika massa FPI mulai meninggalkan markasnya untuk berkonvoi.

Editor : Tjatur Wiharyo

FPI Tolak Miss World 2013 di Bali

Posted: 25 Aug 2013 04:08 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com
— Musyawarah Nasional FPI pada Agustus 2013 memutuskan bahwa ormas tersebut menolak perhelatan Miss World pada tahun 2013.

"FPI menolak diadakan kontes ratu kecantikan Miss World di seluruh bagian Indonesia," tegas Sekretaris Majelis Syuro DPP FPI Misbahul Anam di Jakarta, Minggu (25/8/2013) pagi.

FPI mengingatkan pemerintah untuk tidak memberikan izin penyelenggaraan acara tersebut. Ia juga meminta panitia acara tidak mengiklankan dengan menggunakan nama sejumlah tokoh.

Misbahul meminta Pemerintah Provinsi Bali selaku tuan rumah harus menghormati hasil Munas FPI.

"Pemerintah harus paham Bali bagian dari Indonesia, kami akan lakukan pendekatan ke Bali untuk tolak Miss World," imbuhnya.

Seperti diwartakan, Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah kontes kecantikan internasional Miss World 2013. Ajang internasional yang akan diikuti oleh perwakilan lebih dari 135 negara ini menjadi peluang promosi budaya dan pariwisata Indonesia ke kancah dunia. Upacara pembukaannya akan digelar di Nusa Dua, Bali, 7 September 2013.

Beragam kegiatan kompetisi dalam ajang Miss World ini akan digelar hingga Malam Puncak Pemilihan Miss World 2013 di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, 28 September 2013. Pada kesempatan ini, Indonesia akan diwakili Miss Indonesia 2013, Vania Larissa (17), gadis multitalenta kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat. Rencananya, malam puncak ini akan disiarkan langsung ke 140 negara. Nana Puspa Dewi Putra dan M Budi Rustanto dari Media Nusantara Citra (MNC) Group yang menjadi panitia penyelenggara kegiatan ini bekerja sama dengan Miss World Organization menjelaskan, penyelenggaraan Miss World kali ini disesuaikan dengan nilai budaya dan adat kebiasaan di Indonesia.

Kompetisi dengan kostum bikini, misalnya, diubah menjadi peragaan busana di pantai dengan semua kontestan berbalut sarung khas Bali. "Dengan begitu, bisa sekaligus mempromosikan kain Indonesia. Untuk itu, kami juga menggandeng desainer-desainer Indonesia," ujar Nana, Rabu (21/8), dalam kunjungan ke Redaksi Harian Kompas.

Editor : Hindra Liauw

Rizieq Shihab Diminta Jadi Capres

Posted: 25 Aug 2013 03:55 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com
— Massa Front Pembela Islam (FPI) meminta Ketua FPI Rizieq Shihab untuk maju sebagai calon presiden 2014. Seruan itu terdengar keras saat massa melakukan orasi pada acara milad ke-15 FPI di Petamburan, Jakarta, Minggu (25/8/2013).

"Habib Rizieq, Presiden. NKRI Bersyariat, Harga Mati," teriak massa tersebut.  

Mereka mengucapkannya berulang kali. Dukungan itu juga terus terdengar di sela-sela acara milad FPI. Pemimpin orasi pun mengungkapkan bahwa Habib Rizieq mampu menjadi pemimpin yang menegakkan syariah di Indonesia dan menjaga nilai Islam.

Acara ulang tahun FPI ini dihadiri ribuan orang yang merupakan massa FPI dari seluruh Indonesia. Mereka datang dengan puluhan bus, mobil, dan kendaraan lainnya yang diparkir di sisi Jalan KS Tubun. Acara ini dilanjutkan dengan konvoi keliling Jakarta. Bendera FPI pun dikibarkan.

Massa yang menggunakan pakaian serba putih itu juga membawa alat pengeras suara. Jalan di KS Tubun, Petamburan, sempat ditutup dan macet parah ketika massa mulai meninggalkan markas FPI untuk konvoi.

Editor : Hindra Liauw

No comments:

Post a Comment