KOMPASbola

KOMPASbola


Agregat 8-0, Spurs ke Liga Europa

Posted: 29 Aug 2013 03:22 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com - Dua gol Jermain Defoe mengantarkan kemenangan bagi Tottenham Hotspur dalam leg kedua play-off Liga Europa melawan Dinamo Tbilisi di White Hart Lane, Kamis (29/8/2013). Kemenangan ini memastikan agregat Spurs menjadi 8-0 setelah pada leg pertama menang 5-0.

Tampil tanpa Roberto Soldado dan Paulinho, tim asuhan Andre Villas-Boas ini masih terlalu kuat bagi sang tamu. Tiga menit pertadingan berjalan, Andros Townsend langsung mengancam, meski masih gagal.

Spurs berhasil mencuri gol pada menit ke-38 setelah kerja sama Gylfi Sigurdsson dan Lewis Holtby menghasilkan umpan untuk Defoe. Tanpa ragu Defoe melesakkan bola untuk menggetarkan gawang Tblisi.

Defoe kembali menjadi mimpi buruk tim tamu tujuh menit kemudian. Umpan Kyle Walker diteruskan Sigurdsson yang lagi-lagi diteruskan kepada Defoe untuk menggandakan keunggulan Spurs. Holtby melengkapi pesta Spurs pada menit 69 lewat golnya dari jarak 20 yard. 

Kaka Ingin Tinggalkan Madrid

Posted: 29 Aug 2013 01:36 PM PDT

KOMPAS.com — Kaka secara gamblang menyatakan keinginannya untuk meninggalkan Real Madrid. Gelandang asal Brasil ini rupanya sudah tak tahan dengan "penyiksaan" selalu duduk di bangku cadangan sehingga mau hengkang dari Santiago Bernabeu.

"Saya ingin pergi. Saya pikir ini merupakan hal terbaik bagiku dan klub," ujar Kaka pada Kamis (29/8/2013) malam. "Saya berusaha memecahkan situasi ini pada Senin."

Sejak meninggalkan AC Milan pada tahun 2009 dan sempat tercatat sebagai salah satu rekor pembelian termahal dengan harga 65 juta euro (sekitar Rp 948,870 miliar), Kaka tak pernah mendapatkan momen bagus. Dia kesulitan mendapatkan tempat utama bersama El Real, apalagi terus dibekap cedera, yang membuat performanya kian menurun.

Lantaran kondisinya itu, sudah sering muncul kabar dalam beberapa bulan terakhir bahwa pemain berusia 31 tahun ini akan kembali ke Milan. Tampaknya peluang tersebut menjadi kuat, apalagi setelah Milan memastikan diri maju ke fase grup Liga Champions.

Selain kembali ke San Siro, Kaka juga punya pilihan yang lain. Dia bisa saja kembali ke Brasil atau bermain di MLS.

Sementara itu, Milan baru saja menambah kekuatannya setelah membeli pemain Juventus, Alessandro Matri. Harga Matri diperkirakan 11 juta euro (sekitar Rp 162,071 miliar) termasuk bonus. Pemain berusia 29 tahun ini akan menjalani pemeriksaan medis pada Jumat (30/8).

Moratti: Saya Akan Bekerja dengan Thohir

Posted: 29 Aug 2013 01:11 PM PDT

KOMPAS.com — Presiden Inter Milan, Massimo Moratti, menjamin dirinya akan terus bekerja sama dengan investor asal Indonesia, Erick Thohir. Pernyataan si raja minyak ini terkait dengan rencana penjualan mayoritas saham Nerazzurri kepada Thohir.

Pembicaraan antara kedua belah pihak terus terjadi selama musim panas ini. Laporan yang beredar menyebutkan bahwa kesepakatan penjualan mayoritas saham Inter kepada Thohir akan terjadi pada 3 September mendatang.

Meskipun demikian, belum jelas seberapa banyak saham yang akan dimiliki Thohir, dan apakah Moratti akan tetap memiliki peranan di klub raksasa Serie-A tersebut.

"Pertemuan direksi ini untuk menyimpulkan musim lalu, tak lebih," jelas Moratti ketika meninggalkan kantor pusat Inter pada Kamis (29/8/2013) malam, seperti dikutip dari Football Italia.

"Kami membicarakan tentang langkah tim ke depan, strategi transfer dan jeda. Di sana ada kepuasan."

"Apakah ini pertemuan direksi terakhirku? Tidak. Tampaknya Anda sudah cukup tahu tentang ini, seperti saya baca di surat kabar, yang bahkan saya tidak tahu..."

"Dalam realita, negosiasi terus berlangsung. Memang, di antara kami ada ketertarikan, tetapi masih ada sejumlah aspek yang harus diklarifikasi. Bisa saja menjadi awal yang baru, tetapi saya akan terus bekerja sama satu dengan yang lain. Saya melihat ini sebagai niat untuk membangun sesuatu yang penting yang tidak mengecualikan satu orang atau lainnya."

"Ini seperti ketika ada dua orangtua yang sama-sama ingin memberikan apa yang terbaik bagi putranya: itulah arah yang kami tuju."

Conte: Lawan Madrid Beri Motivasi Ekstra

Posted: 29 Aug 2013 12:39 PM PDT

MONAKO, KOMPAS.com — Pelatih Juventus, Antonio Conte, bereaksi terhadap hasil undian Liga Champions. Hasil pengundian yang dilakukan di Monako, Kamis (30/8/2013), menempatkan Bianconeri bersama Real Madrid, Galatasaray, dan Kobenhavn di Grup B. Conte mengaku grupnya jauh dari kata ringan.

"Grup ini sulit dan akan memberikan pertandingan menarik. Madrid adalah salah satu kandidat kuat pemenang serta lawan bersejarah Juve. Melawan tim seperti Madrid memberi motivasi ekstra," kata Conte.

Ia pun ogah menganggap enteng dua tim lain. "Galatasaray punya kualitas baik dan bisa mengandalkan para penggemar mereka di kandang. (Soal Kobenhavn) kami baru saja mengenal sepak bola Denmark setelah melawan Nordsjaelland musim lalu dan kami harus fokus melawan Kobenhavn," kata Conte.

Meski demikian, Conte yakin timnya sudah siap menghadapi ketatnya persaingan di fase grup. Ia menilai Gianluigi Buffon dkk sudah paham sulitnya bertanding melawan tim-tim terbaik.

"Kami kini lebih berpengalaman, tetapi kami harus sadar bahwa pentas Eropa adalah mimpi buat kami. Kami harus mempertahankan mimpi itu selama mungkin," pungkasnya.

CR7 Cuma Dapat 3 Suara

Posted: 29 Aug 2013 12:34 PM PDT

MONAKO, KOMPAS.com — Penghargaan UEFA Best Player musim 2012/13 sudah resmi dianugerahkan kepada Franck Ribery. Gelar diraih setelah ia menerima 36 suara dari 53 jurnalis yang memiliki hak voting dalam pengumuman pemenang pasca-pengundian Liga Champions di Monako (29/8/2013).

Jumlah suara yang didapatkan Franck Ribery ini cukup jauh dari kedua pesaingnya, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Messi hanya mendapat 14 suara, sementara CR7 malah hanya tiga suara. Berdasarkan informasi di situs UEFA, tiga jurnalis yang memilih pemain Real Madrid ini adalah Carlos Carpio dari harian Spanyol Marca, David Kakabadze dari Radio Free Georgia, serta Jose Manuel Delgado dari harian A Bola Portugal.

Pemenang UEFA Best Player Award ini dipilih berdasarkan pemungutan suara jurnalis sepak bola dari negara-negara anggota UEFA. Voting dilakukan secara live selama acara berlangsung. Adapun nominasinya juga ditentukan dari pemungutan suara yang dilakukan beberapa bulan sebelumnya.

Dalam pengumuman penghargaan tersebut, hanya Ribery dan Messi yang datang dan naik ke panggung. Adapun Ronaldo batal datang karena memilih membela Madrid dalam laga persahabatan melawan Deportivo yang digelar pada waktu yang bersamaan.

Padahal, Ronaldo awalnya dijadwalkan menghadiri event tahunan yang diselenggarakan oleh badan sepak bola Eropa tersebut, atau mungkinkah CR tak datang karena tahu ia takkan menang? Cuma dia yang tahu jawabannya.

Kaka Jadi Bintang, Madrid Juara Teresa Herrera Trophy

Posted: 29 Aug 2013 12:28 PM PDT

KOMPAS.com — Real Madrid menjuarai ajang Teresa Herrera Trophy setelah mengalahkan Deportivo La Coruna 4-0 di Municipa de Riazor, Kamis (29/8/2013). Kaka menjadi bintang kemenangan El Real karena dia menyumbang dua gol. Sementara dua gol lainnya dicetak Alvaro Morata dan Casemiro.

Dengan demikian, Madrid, yang tampil lagi di event tersebut setelah tujuh tahun absen, untuk kesembilan kalinya menjadi juara. Itu artinya, sejak pertama kali ambil bagian pada tahun 1949, El Real selalu jadi juara.

Madrid memperlihatkan dominasinya di babak pertama. Dalam kurun waktu 16 menit, tim besutan Carlo Ancelotti ini unggul 3-0 lewat tendangan keras Kaka dari sudut sempit pada menit ke-6 setelah menerima umpan Cristiano Ronaldo.

Enam menit berselang, giliran Morata yang menjebol gawang tuan rumah dengan tendangan kaki kanannya. Kali ini, pemain muda El Real tersebut memanfaatkan umpan Marcelo.

Pada menit ke-16, Cesemiro yang mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan silang dari Isco, Cesemiro yang berdiri di depan kotak penalti menyundul si kulit bulat yang meluncur deras ke gawang tanpa bisa dihalau kiper Deportivo.

Di babak kedua, Madrid kesulitan menambah gol. Baru pada menit ke-85, Kaka mencetak gol keduanya di laga tersebut. Mantan pemain AC Milan ini melepaskan tendangan dengan kaki kanannya dari luar kotak penalti dan bola bersarang di pojok kiri bawah. Bagi Kaka, dua gol ini tentu saja menjadi jawaban atas kepercayaan Ancelotti setelah dia tak dimainkan dalam dua laga perdana Liga Spanyol musim 2013/14 ini.

Madrid memutuskan untuk melawan Deportivo, yang musim lalu terdegradasi dari La Liga, demi membantu kondisi keuangan tim dengan julukan Super Depor itu. Turnamen ini merupakan tradisi pertandingan persahabatan di musim panas.

Madrid sepakat untuk ambil bagian tanpa mendapatkan bayaran. Klub ibu kota ini juga akan membayar seluruh tagihan mereka sebagai imbalan hak utama penyiaran pertandingan.

Daftar juara Real Madrid di Teresa Herrera Trophy

1949 Real Madrid 2-1 Racing Paris
1953 Real Madrid 8-1 Toulouse
1966 Real Madrid 2-0 Deportivo
1976 Real Madrid 2-0 Cruzeiro
1978 Real Madrid 2-0 Flamengo
1979 Real Madrid 1-0 Sporting Gijon
1980 Real Madrid 3-1 Sporting Gijon
1994 Real Madrid 1-0 Deportivo
2013 Real Madrid 4-0 Deportivo

Dari Bayern untuk Ribery

Posted: 29 Aug 2013 11:57 AM PDT

MONAKO, KOMPAS.com — Kesuksesan Franck Ribery menyabet gelar UEFA Best Player mendapat sambutan meriah dari klubnya Bayern Muenchen. Lewat akun Twitter resmi mereka, Die Roten menyampaikan ucapan selamat untuk sang winger asal Perancis ini.

"RAJA EROPA! Franck Ribery Pemain Eropa Tahun Ini! #MiaSanFranckRibery," demikian bunyi kicauan di akun Twitter resmi Bayern, @FCBayern. Tagar #MiaSanFranckRibery sendiri mengacu ke slogan resmi Die Roten, Mia San Mia atau "Kami adalah Kami".

Bukan hanya akun resmi Bayern, rekan-rekan setim Ribery pun tak lupa mengucapkan selamat untuk Ribery di sosial media 140 karakter tersebut. Tengok saja kicauan Jerome Boateng, Mario Mandzukic, David Alaba, dan Dante.

"Yes freroooooo selamat," tulis Boateng. "RAJA EROPA!!!" kicau Mandzukic seraya mencantumkan foto Ribery yang tengah berpose dengan trofi Liga Champions yang dimenangkan Bayern tiga bulan lalu.

Bek sayap Bayern David Alaba tak ingin ketinggalan. "Luar biasa, Pesepak Bola Eropa Musim 12/13! Selamat Franck, kau pantas mendapatkannya!" tulis Alaba seraya menautkan link akun Instagram yang menampilkan dirinya dan Ribery tengah berpose berdua.

Adapun ucapan dari Dante cukup sederhana. Ia hanya menulis, "Selamat Franck Ribery!"

Eks rekan setim Ribery di Bayern, Lukas Podolski, pun tak mau ketinggalan. Melalui akun Twitternya, ia menyebut Ribery layak mendapatkan gelar tersebut.

"Bravo Franck! Ia layak atas titel ini! Sebuah kehormatan untuk seorang pemain hebat. Aku bahagia untuk mantan rekan setimku!" tulis Podolski.

Ribery terpilih sebagai pemenang UEFA Best Player Award musim 2012/13 menyisihkan dua langganan nominasi Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Portugal). Ribery menerima penghargaan tersebut segera setelah pengundian Liga Champions di Monako, Kamis (29/8/2013).

Pemenang UEFA Best Player Award ini dipilih berdasarkan pemungutan suara jurnalis sepak bola dari negara-negara anggota UEFA. Voting dilakukan secara live selama acara berlangsung. Adapun nominasinya juga ditentukan dari pemungutan suara yang dilakukan beberapa bulan sebelumnya.

Prestasi Ribery musim ini memang sangat mengagumkan. Ia berperan besar membawa Bayern Muenchen meraih gelar treble pada musim ini. Bersama Die Roten, Ribery berhasil menjuarai Bundesliga, Liga Champions, serta DFB Pokal.

"Proses Transfer Gareth Bale Ada Masalah"

Posted: 29 Aug 2013 11:49 AM PDT

KOMPAS.com — Wakil Presiden Real Madrid, Fernando Fernandez Tapias, mengakui ada "masalah" dengan proses perpindahan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur. Meskipun demikian, dia berharap Madrid segera mendapatkan tanda tangan winger asal Wales tersebut.

Pemain berusia 24 tahun itu menjadi topik pembicaraan terhangat selama bursa transfer musim panas ini. Pasalnya, dia akan memecahkan rekor pemain termahal di dunia jika Madrid membelinya karena harganya ditengarai mencapai 86 juta poundsterling (sekitar Rp 1,483 triliun).

Namun, kisah 88 hari proses megatransfer ini tampaknya berakhir mengecewakan. Tak disebutkan secara gamblang apa yang menjadi kendala. Namun, dari pernyataan Fernandez Tapias, tersirat bahwa Bale tak jadi bergabung dengan Madrid.

"Ada masalah, tetapi saya pikir hal itu akan berakhir dan dia akan datang," ujar Fernandez Tapias kepada para wartawan, Kamis (29/8/2013), ketika dia berangkat ke A La Coruna bersama skuad Madrid untuk melawan Deportivo di event Trofeo Teresa Herrera.

"Kami yakin bahwa dia akan datang untuk berada di sini, tetapi sejauh ini dia tidak ada di Madrid. Saya pikir dia akan datang, tetapi saya tidak berjanji itu. Kami akan menunggu karena mereka (Tottenham) menundanya."

Sang wakil presiden pun mengatakan bahwa Madrid akan tetap menjadi tim yang hebat meskipun tanpa Bale. Pasalnya, skuad besutan Carlo Ancelotti pada musim ini sudah dihuni para pemain hebat.

"Bahkan, jika Bale tak datang, kami memiliki tim yang brilian," tegas Fernandez Tapias. "Tak perlu ragu dengan kelas Bale, tetapi Real Madrid tanpa Bale adalah Madrid yang hebat. Kami memiliki pasukan pejuang."

No comments:

Post a Comment