KOMPASbola

KOMPASbola


Balotelli: Kami Bunuh PSV

Posted: 28 Aug 2013 03:12 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — Striker AC Milan, Mario Balotelli, mengatakan bahwa mereka telah "membunuh" PSV Eindhoven dengan kemenangan 3-0 di leg kedua play-off Liga Champions, Rabu (38/8/2013) malam waktu setempat atau Kamis (29/8) dini hari WIB. Dengan kemenangan itu, Milan lolos ke fase grup dengan keunggulan agregat 4-1.

"Di Belanda kami bermain bagus dan tidak beruntung dengan hasil imbang. Di sini, di Milan, kami membuktikan bahwa kami pantas menang karena kami membunuh mereka," ujar Balotelli kepada Sport Mediaset.

Dalam pertandingan di San Siro itu, pemain asal Ghana, Kevin-Prince Boateng, membuat PSV harus tertunduk lesu karena dia mencetak dua gol. Satu gol lainnya dihasilkan oleh Balotelli.

Kemenangan tersebut sekaligus menghapus rasa sedih kubu Milan karena menuai hasil buruk di pekan pertama Serie-A, akhir pekan lalu. Melawan tim promosi Hellas Verona, Sabtu (17/8), Milan menyerah 1-2.

"Tentu saja hal itu normal saya ingin memenangi scudetto dan Liga Champions, tetapi hal penting adalah meraihnya satu per satu."

Lantas, untuk siapa gol yang dicetak Balotelli? Ternyata, mantan pemain Manchester City ini mendedikasikannya kepada agen, bukan kepada Presiden Silvio Berlusconi.

"Saya minta maaf kepada Presiden, tetapi saya mempersembahkannya untuk Mino Raiola!"

Pekan ini, Raiola mengatakan bahwa Balotelli dan Paul Pogba merupakan pemain "dengan harga dua kali dari Gareth Bale".

Pembagian Pot Pengundian Liga Champions

Posted: 28 Aug 2013 03:07 PM PDT

KOMPAS.com — Dengan berakhirnya leg 2 play-off Liga Champions, Kamis (29/8/2013), Liga Champions kini sudah memiliki peserta lengkap untuk fase grup. Sebanyak 32 tim akan menunggu pengundian yang diadakan di Monaco, Kamis (29/8/2013) waktu setempat.

Sebelum pengundian, tim-tim ini sudah terbagi dalam empat pot. Tiap pot diisi delapan tim berdasarkan koefisien mereka di peringkat UEFA.

Pemegang titel, Bayern Muenchen, dua raksasa Spanyol Barcelona dan Real Madrid, serta tiga jagoan Premier League Chelsea, MU, dan Arsenal berada di pot pertama bersama dua wakil Portugal, Porto dan Benfica.

Adapun juara Serie-A Italia, Juventus, juara Ligue 1 Paris Saint-Germain, dan wakil Spanyol Atletico Madrid berada di pot kedua. Mereka bergabung dengan AC Milan yang baru saja memastikan lolos ke fase grup setelah mengalahkan wakil Belanda PSV Eindhoven 3-0 di San Siro, Rabu (28/8/2013) waktu setempat.

Berikut pembagian lengkap pot-pot pengundian Liga Champions.

Pot 1
Bayern Muenchen* (GER)
Barcelona (ESP)
Chelsea (ENG)
Real Madrid (ESP)
Manchester United (ENG)
Arsenal (ENG)
Porto (POR)
Benfica (POR)

Pot 2
Atletico Madrid (ESP)
Shakthar Donetsk (UKR)
AC Milan (ITA)
Schalke 04 (GER)
Olympique de Marseille (FRA)
CSKA Moskow (RUS)
PSG (FRA)
Juventus (ITA)

Pot 3
Zenit St. Petersburg (RUS)
Manchester City (ENG)
Ajax Amsterdam (NED)
Borussia Dortmund (GER)
FC Basel (SUI)
Olympiakos (GRE)
Galatasaray (TUR)
Bayer Leverkusen (GER)

Pot 4
FC Copenhagen (DEN)
Napoli (ITA)
Anderlecht (BEL)
Glasgow Celtic (SCO)
Steaua Bucharest (ROU)
Viktoria Plzen (SZE)
Austria Wien (AUT)

* = pemegang titel

Sarat Peluang, Barca-Atletico Masih Tanpa Gol

Posted: 28 Aug 2013 02:50 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Barcelona dan Atletico Madrid untuk sementara masih imbang tanpa gol pada pertandingan leg kedua Supercopa de Espana. Bermain di Camp Nou, Kamis (29/8/2013) dini hari, duel antara juara La Liga dan Copa del Rey ini berlangsung menarik dan sarat peluang emas dari kedua kubu. 

Dalam pertandingan ini, pelatih Barca Gerardo Martino menurunkan langsung dua pemain andalannya Lionel Messi dan Neymar. Ia seolah ingin menjawab tantangan pelatih Atletico Diego Simeone yang berharap melihat Messi dan Neymar dimainkan bersama. Adapun Simeone masih tetap mengandalkan mantan pemain Barca, David Villa, sebagai penggedor pertahanan lawan.

Seolah tak ingin membuang waktu, Blaugrana segera mengancam gawang Los Rojiblancos. Messi nyaris menjebol gawang Thibaut Courtois pada menit ke-7 setelah mendapat operan dari Sergio Busquets dan melewati Diego Godin dan Filipe, tetapi kedua bek Atletico tersebut masih mampu menjinakkan bola. Neymar mendapat peluang pada menit ke-8 lewat sundulannya terhadap umpan Francesc Fabregas, tetapi bola hanya melebar ke sisi kiri gawang. 

Atletico mendapat peluang saat wasit menghadiahi tendangan bebas pada menit ke-30. Namun, eksekusi yang dilakukan Diego Costa berakhir mengecewakan karena hanya melambung di atas mistar gawang Victor Valdes. Los Rojiblancos kembali mengancam enam menit kemudian melalui serangan balik. Costa kembali mengambil inisiatif lewat kerja sama dengan Gabi dan Koke. Sayang, kali ini sepakannya terlalu lemah dan hanya mendarat di pelukan Valdes. 

Barcelona terus menekan pertahanan Atletico. Kolaborasi Neymar, Alba, dan Fabregas di kotak penalti Atletico diteruskan oleh Xavi, tetapi masih ditepis Courtois. Bola rebound berturut-turut coba dimanfaatkan Messi dan Fabregas, tetapi masih belum mampu merobek jala gawang Atletico. 

Kedua tim bergantian melancarkan serangan ke lawan. Namun, penyelesaian akhir yang mentah membuat tak ada satu pun peluang berbuah gol. 

Susunan pemain

Barcelona: 1 Victor Valdes; 22 Dani Alves, 3 Gerard Pique, 14 Javier Mascherano, 18 Jordi Alba; 6 Xavi, 16 Sergio Busquets, 4 Francesc Fabregas; 9 Alexis Sanchez, 10 Lionel Messi, 11 Neymar.

Pelatih: Gerardo Martino
Atletico Madrid: 13 Thibaut Courtois; 20 Francisco Juanfran, 23 Miranda, 2 Diego Godin, 3 Filipe Luis; 4 Mario Suarez, 14 Gabi, 6 Koke, 10 Arda Turan; 9 David Villa, 19 Diego Costa.

Pelatih: Diego Simeone

Lengkaplah 32 Tim untuk Fase Grup Liga Champions

Posted: 28 Aug 2013 02:27 PM PDT

KOMPAS.com — Lima tim terakhir meraih tiket menuju fase grup Liga Champions setelah melakoni leg kedua play-off, Rabu (28/8/2013) waktu setempat atau Kamis (29/8) dini hari WIB. Zenit St Petersburg, AC Milan, Celtic, Viktoria Plzen, dan Real Sociedad adalah tim-tim terakhir yang akan bergabung dengan 27 tim lainnya untuk tampil di babak 32 besar kompetisi paling elite antarklub Eropa ini.

Sehari sebelumnya, lima tim yang juga harus melewati babak play-off telah lebih dulu memastikan diri lolos ke fase grup. Mereka adalah Arsenal, Austria Wien, Basel, Steaua Bucuresti, dan Schalke 04.

Dengan demikian, lengkaplah komposisi 32 tim yang akan berlaga di fase grup. Mereka akan terbagi ke dalam delapan grup yang masing-masing akan dihuni empat klub, di mana undian penentuan grup ini akan dilakukan di Monaco pada 29 Agustus waktu setempat atau Jumat (30/8) waktu Indonesia.

Hasil "leg" kedua "play-off" Liga Champions, Kamis (29/8) dini hari WIB

Zenit Petersburg 4-2 P.Ferreira: Zenit lolos ke fase grup dengan agregat 8-3
AC Milan 3-0 PSV Eindhoven: Milan lolos ke fase grup dengan agregat 4-1
Celtic 3-0 Shakhter Karagandy: Celtic lolos ke fase grup dengan agregat 3-2
Maribor 0-1 Viktoria Plzen: Viktoria lolos ke fase grup dengan agregat 4-1
Real Sociedad 2-0 Lyon: Sociedad lolos ke fase grup dengan agregat 4-0

32 kontestan fase grup (22 tim yang otomatis lolos + 10 tim kualifikasi

1. FC Bayern Muenchen (GER) – juara bertahan
2. FC Barcelona (ESP)    
3. Chelsea FC (ENG)    
4. Real Madrid CF (ESP)    
5. Manchester United FC (ENG)    
6. FC Porto (POR)    
7. SL Benfica (POR)    
8. Club Atletico de Madrid (ESP)
9. FC Shakhtar Donetsk (UKR)
10. Olympique de Marseille (FRA)
11. PFC CSKA Moksva (RUS)
12. Paris Saint-Germain FC (FRA)
13. Juventus (ITA)
14. Manchester City FC (ENG)
15. AFC Ajax (NED)
16. Borussia Dortmund (GER)
17. Olympiacos FC (GRE)    
18. Galatasaray A? (TUR)
19. Bayer 04 Leverkusen (GER)
20. FC Kobenhavn (DEN)
21. SSC Napoli (ITA)
22. RSC Anderlecht (BEL)

10 tim dari kualifikasi

23. AC Milan
24. Celtic
25. Arsenal
26. Zenit St Petersburg
27. Basel
28. Real Sociedad
29. Schalke 04
30. Viktoria Plzen
31. Steaua Bucuresti
32. Austria Wien

Liverpool Jumpa MU di Capital One Cup

Posted: 28 Aug 2013 02:12 PM PDT

MANCHESTER, KOMPAS.com — Manchester United dan Liverpool akan bersua dalam babak ketiga turnamen Capital One Cup. Kedua kubu akan bertemu di Old Trafford, 23 September 2013 mendatang. 

Liverpool baru saja memastikan lolos dari babak kedua, Rabu (28/8/2013) dini hari WIB melawan Notts County. The Reds harus melalui babak perpanjangan waktu untuk menundukkan sang lawan dari divisi 3 dengan skor 4-2. Daniel Sturridge muncul sebagai penyelamat tim asuhan Brendan Rodgers ini dengan dua golnya.

Selain Liverpool dan Manchester United, sejumlah tim Premier League juga sudah mengetahui lawan-lawan mereka dari pengundian yang dilakukan hari Kamis (29/8/2013) dini hari WIB.

Manchester City akan menjamu Wigan, Newcastle United bertemu Leeds United, Southampton melawan Bristol City, sementara Arsenal akan bertandang ke gawang West Bromwich Albion. Adapun Chelsea akan menghadapi Swindon, sementara Tottenham Hotspur bersua Aston Villa.

Berikut hasil pengundian babak ketiga Capital One Cup.

  • Manchester United vs Liverpool
  • Sunderland vs Peterborough
  • West Ham vs Cardiff
  • Man City vs Wigan
  • Burnley vs Nottingham Forest OR Millwall
  • Newcastle vs Leeds
  • Southampton vs Bristol City
  • West Brom vs Arsenal
  • Swindon vs Chelsea
  • Tranmere vs Stoke
  • Watford vs Norwich
  • Aston Villa vs Tottenham
  • Hull vs Huddersfield
  • Leicester vs Derby
  • Birmingham vs Swansea
  • Fulham vs Everton OR Stevenage

Dramatis! Celtic Lolos pada Menit Terakhir

Posted: 28 Aug 2013 02:09 PM PDT

KOMPAS.com — Klub elite Skotlandia, Celtic, harus menunggu sampai menit terakhir untuk memastikan diri lolos ke fase grup Liga Champions. James Forrest menjadi pahlawan Celtic dalam laga dramatis itu karena golnya pada menit ke-90 membuat mereka menang 3-0 atas Shakhter Karagandy pada leg kedua play-off, Rabu (28/8/2013) waktu setempat atau Kamis (29/8) dini hari WIB.

Dengan demikian, Celtic unggul agregat 3-2. Sebelumnya, ketika melakoni leg pertama di kandang klub Kazakhstan tersebut pertengahan pekan lalu, Celtic kalah 0-2.

Kris Commons membuka harapan Celtic pada akhir babak pertama. Tiga menit setelah turun minum, giliran Georgios Samaras yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membuat Celtic unggul 2-0, yang membuat agregat imbang 2-2.

Kondisi tersebut membuat permainan kian seru karena jika skor bertahan, pertandingan akan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu. Tetapi, menjelang peluit panjang berbunyi, Forrest mengoyak jala tim tamu, yang membuat Celtic menang dramatis.

Hasil tersebut membuat Celtic, yang musim lalu menembus babak 16 besar event ini, untuk kedua kalinya secara berturut-turut lolos ke fase grup. Sementara bagi Shakhter, mereka harus melupakan impian untuk menjadi tim pertama dari Kazakhstan yang lolos ke fase grup.

Gol Balotelli dan Boateng Loloskan Milan ke Liga Champions

Posted: 28 Aug 2013 01:49 PM PDT

MILAN, KOMPAS.com — AC Milan akhirnya lolos ke babak fase grup Liga Champions setelah mengalahkan sang lawan, PSV Eindhoven, dengan skor 3-0 dalam leg kedua play-off, Kamis (29/8/2013) dini hari WIB. Kevin-Prince Boateng mencetak dua gol pada menit ke-8 dan 77. Mario Balotelli melengkapi kemenangan Rossoneri lewat satu gol pada menit ke-52.

Pada awal pertandingan, Milan langsung tampil menekan pertahanan tim tamu. El Shaarawy dkk seperti ingin membuktikan janji pelatih Massimilliano Allegri untuk tampil menyerang. Hasilnya, pertandingan baru berjalan 8 menit, Kevin-Prince Boateng sudah menggetarkan jala gawang Jeroen Zoet lewat tendangannya dari luar kotak penalti tanpa bisa dihalau barisan pertahanan PSV. 

Berdasarkan data dari situs OptaSports.com, ini merupakan kali ketiga dalam sepekan terakhir Milan mencetak gol pada 15 menit pertama pertandingan. Pada leg pertama kontra PSV di Philips Stadion serta pertandingan Serie-A kontra Verona, gol-gol Rossoneri juga dicetak pada 15 menit pertama.  

Unggul satu gol, Milan tak mengendurkan tekanan. Stephan El Shaarawy ganti mencoba peruntungan pada menit ke-12, tetapi sepakannya hanya melambung di atas mistar gawang PSV. Pada menit ke-18, Adam Maher mencoba menyamakan kedudukan, tetapi peluang yang dimilikinya masih mampu dibendung Christian Abbiati. 

Milan memiliki kesempatan menambah skor lewat sepakan Riccardo Montolivo. Sayangnya, tembakan Montolivo dari area kotak penalti PSV masih melebar ke sisi gawang Zoet. El Shaarawy kembali membahayakan lawan, tetapi kembali upayanya hanya menemui mistar gawang. 

Jelang akhir babak pertama, ketegangan sempat terjadi saat kapten Riccardo Montolivo terlibat adu mulut dengan Stijn Schaars. Pasalnya Schaars menjegal dan menjatuhkan Montolivo. Montolivo segera bereaksi dengan mendorong Schaars dan memarahinya. Namun, perselisihan tak berlanjut dan wasit Mark Clattenburg mengganjar kedua pemain dengan kartu kuning.

Milan terus menekan pertahanan PSV. Namun, hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap 1-0. 

Pada babak kedua, Geogino Wijnaldum sudah mengejutkan Milan lewat sepakannya di kotak penalti. Beruntung Abbiatti masih mampu mengamankan jala gawangnya dari kebobolan. El Shaarawy ganti menusuk pertahanan PSV lewat solo run-nya ke gawang Zoet pada menit ke-52. Sial baginya, tembakan mendatarnya lagi-lagi melebar meski ia sudah tak lagi terkawal para bek PSV. 

Gol kedua Milan lahir semenit kemudian oleh Balotelli. Berawal dari tendangan sudut untuk Milan, Balotelli meneruskan bola dari Philippe Mexes lewat tendangan voli menuju sudut gawang PSV tanpa terhalau Zoet. 

Unggul dua gol, Milan sedikit menurunkan tekanan dan mencoba lebih bertahan. Sayangnya, hal ini tak bisa dimanfaatkan PSV secara maksimal. Schaars mendapatkan peluang lewat tembakan jarak jauhnya. Namun, bola lagi-lagi melebar dari gawang Abbiati. 

Keasyikan menyerang, PSV justru mendapat malapetaka. Boateng mencetak gol keduanya pada menit ke-77 memanfaatkan kosongnya area pertahanan tim asal Belanda ini. Dengan posisinya yang tak terkawal, Boateng melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan bersarang di sudut gawang Zoet. 

Setelah gol Boateng, Milan tampak tak lagi terlalu menekan dan hanya mempertahankan penguasaan bola. Praktis hingga babak kedua berakhir, tak ada gol lain yang tercipta.

Dengan kemenangan ini, AC Milan memastikan diri lolos ke fase grup Liga Champions dengan agregat 4-1.

Susunan Pemain

AC Milan: 32 Christian Abbiati; 20 Ignazio Abate, 5 Philippe Mexes, 17 Christian Zapata, 2 Mattia De Sciglio; 34 Nigel De Jong, 18 Riccardo Montolivo, 4 Sulley Muntari (23 Antonio Nocerino, 82); 10 Kevin-Prince Boateng (7 Robinho, 86), 45 Mario Balotelli, 92 Stephan El Shaarawy (16 Andrea Poli, 74)
Pelatih: Massimilliano Allegri

PSV Eindhoven: 21 Jeroen Zoet; 15 Jetro Willems, 3 Karim Rekik, 5 Jeffrey Bruma, 26 Joshua Brenet; 6 Adam Maher (Ola Toivonen, 69), 8 Stijn Schaars, 10 Georgino Wijnaldum; 22 Memphis Depay (11 Locadia, 74), 9 Tim Matavz, 33 Park Ji-Sung (14 Florian Jozefzoon, 60)
Pelatih: Philip Cocu

Wasit: Mark Clattenburg

Barca Jawab Tantangan Simeone

Posted: 28 Aug 2013 01:31 PM PDT

BARCELONA, KOMPAS.com — Keinginan pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, melihat Lionel Messi dan Neymar seperti dijawab oleh Barcelona. Menghadapi Los Rojiblancos, pelatih Gerardo Martino menurunkan kedua pemain bintangnya tersebut dalam leg kedua Supercopa Spanyol di Camp Nou, Kamis (29/8/2013).

"Saya harap Messi dan Neymar diturunkan bersama. Mereka akan menjadi tontonan menarik. Tetapi, Barca punya banyak pemain bagus, jadi biar pelatih mereka yang memutuskan," kata Simeone dalam konferensi pers jelang pertandingan.

Barca menjawab tantangan Simeone karena kondisi Messi dinyatakan fit untuk bermain pada pertandingan ini. Tentu saja Atletico harus siap menerima konsekuensi karena Barca pasti bermain sangat agresif.

Pada leg pertama di Vicente Calderon, Neymar yang membuyarkan kemenangan Atletico. Pemain muda Brasil ini menjadi mimpi buruk Los Rojiblancos karena dia mencetak gol penyama setelah tuan rumah unggul lebih dulu lewat gol David Villa.

No comments:

Post a Comment