KOMPASbola

KOMPASbola


Villa Bobol Barcelona

Posted: 21 Aug 2013 02:57 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Barcelona sementara tertinggal 0-1 dari Atletico Madrid pada babak pertama Piala Super Spanyol di Vicente Calderon, Rabu atau Kamis (22/8/2013) dini hari WIB. Keunggulan Atletico berkat gol yang diciptakan bomber anyar mereka, David Villa.

David Villa benar-benar membuktikkan pernyataannya sebelum laga leg pertama Piala Super Spanyol. Ia mengaku tak sungkan berselebrasi seandaianya mencetak gol ke gawang Barcelona yang merupakan mantan klubnya.

Villa berhasil mewujudkan keinginannya saat berhasil membobol gawang Barcelona hanya dalam tempo sebelas menit. Gol yang sangat berkelas, sekaligus membuktikan dirinya masih tajam sebagai penyerang.

Gol berawal dari penetrasi yang dilakukan Arda Turan di sisi kanan pertahanan Barca. Pemain asal Turki tersebut kemudian melepaskan umpan lambung kepada Villa yang berdiri di dalam kotak penalti lawan.

Villa menyambut bola tersebut dengan melepaskan tendangan voli menggunakan kaki kanannya. Bola meluncur deras ke pojok kiri bawah gawang Barca.

Villa merayakan golnya dengan begitu emosional. Ia melompat sambil mengepalkan tangannya di hadapan publik Vicente Calderon yang bersukacita menyambut gol pemain asal Spanyol tersebut.    
 
Meski mampu unggul terlebih dulu, Atletico mendapatkan tekanan hebat dari Lionel Messi dan kawan-kawan. Namun, Atletico tak sungkan untuk melakukan permainan keras demi meredam serangan tim tamu. 

Terbukti, tim besutan Diego Simeone tersebut melakukan 12 kali pelanggaran sepanjang babak pertama. Bahkan, dua kartu kuning yang dikeluarkan Alberto Undiano menjadi miliki Francisco Juanfran dan Luis Filipe.

Selain itu, Atletico juga bermain disiplin, sabar, dan berusaha memperkuat lini belakang, sebagaimana yang diistruksikan Simeone. Hal itu menyulitkan Barca sehingga mereka hanya mampu melepaskan empat tembakan yang satu di antaranya mengarah ke gawang, meskipun menguasai laga.

Strategi Simeone tersebut untuk sementara berhasil membuat Barca tertinggal 0-1 pada babak pertama.

Susuan Pemain

Atletico Madrid: 13-Thibaut Courtois: 20-Juanfran,  28-Miranda,  2-Diego Godin, 3-FilipeLuis; 6-Koke 4-Mario Suarez, 14-Gabi, 10-Arda Turan; 19- Diego Costa, 9-David Villa
Pelatih: Diego Simeone

Barcelona: 1-Victor Valdes; 22-Dani Alves, 3-Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets,8-Andes Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 7-Pedro
Pelatih: Martino

Wasit: Alberto Undiano

Tim Tamu Berpesta di Leg Pertama "Play-off"

Posted: 21 Aug 2013 02:10 PM PDT

KOMPAS.com - Putaran pertama babak play-off Liga Champions akhirnya rampung pada Rabu atau Kamis (22/8/2013) dini hari WIB. Hasilnya cukup mencengangkan. Ya, tiga pertandingan dari lima laga dimenangkan oleh tim tamu.

Dari Sukru Saracoglu Stadium, Arsenal berhasil mempermalukan tuan rumah Fenerbahce dengan skor tiga gol tanpa balas. Gol kemenangan Meriam London diciptakan Kieran Gibbs (51), Aaron Ramsey (64), dan Olivier Giroud (77).

Kemenangan ini cukup melegakan bagi Arsene Wenger. Selain memperbesar peluang ke fase grup Liga Champions, hasil ini memulihkan kepercayaan fans pascaditaklukkan 1-3 oleh Aston Villa di ajang Premier League.

Astria Wien meraih kemenangan saat bertandang ke markas Dinamo Zagreb. Gol dari Marin Leovac (68) dan Marko Stankovic (75) harus membuat Zagreb takluk dengan skor 0-2. Ludogorets Razgrad pun tak kuasa saat menjami Basel. Mereka terpaksa takluk dengan skor 2-4. 

Sisanya, berakhir imbang. Schalke 04 yang bermain di kandangnya sendiri harus bermain imbang 1-1 dengan PAOK Thessaloniki FC. Begitu juga dengan Steaua Bucuresti. Mereka ditahan imbang 1-1 Legia Warszawa.

Sundulan Ivanovic Bawa Chelsea Menang 2-1

Posted: 21 Aug 2013 01:52 PM PDT

KOMPAS.com - Chelsea susah payah taklukkan Aston Villa 2-1 pada lanjutan Premier League di Stamford Bridge, Rabu (21/8/2013) waktu setempat atau Kamis (22/8) dini hari WIB. Branislav Ivanovic jadi pahlawan kemenangan The Blues lewat golnya di babak kedua.

Sejak peluit kick-off berbunyi, Chelsea langsung bermain agresif dan memberikan ancaman terhadap pertahanan tim tamu. Mereka hanya perlu waktu enam menit untuk unggul, karena Antonio Luna melakukan gol bunuh diri. Bola tendangan Eden Hazard dari luar kotak penalti mengenai badan Luna sehingga menyulitkan penjaga gawang Brad Guzan menepis si kulit bundar yang bersarang di pojok kanan atas gawang.

Gol cepat itu membuat Chelsea semakin percaya diri dan mendominasi jalannya pertandingan. Sebaliknya, Aston Villa kian sulit menemukan bentuk permainannya, sehingga mereka lebih banyak konsentrasi menjaga pertahanan.

Meskipun demikian, bukan perkara mudah bagi Chelsea menambah gol. Berdasarkan statistik hingga menit ke-30, The Blues mencatat 70 persen ball possession. Akan tetapi, tak ada peluang emas bagi Frank Lampard dan kawan-kawan untuk menggandakan keunggulan.

Memasuki masa injury time, Aston Villa membuat kejutan. Dari serangan balik, Christian Benteke berhasil menyamakan skor menjadi 1-1. Dia memanfaatkan umpan silang Gabriel Agbonlahor dari sayap kiri. Kedudukan imbang itu pun mengakhiri paruh pertama.

Pada awal babak kedua, Chelsea tetap mengendalikan jalannya pertandingan. The Blues memiliki peluang di menit ke-61 lewat tendangan setengah voli Hazard menyambut umpan Juan Mata. Sayang, eksekusi pemain Belgia ini masih melebar.

Namun hanya berselang dua menit, Aston Villa, yang pada pekan pertama menang 3-1 atas tuan rumah Arsenal, membuat kejutan yang membuat suporter tuan rumah terhenyak. Andreas Weimann melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti, yang disambut dengan tendangan keras Benteke. Beruntung, Petr Cech sangat sigap mengantisipasinya, sehingga dia bisa menepis bola tersebut dan hanya melahirkan tendangan pojok.

Kerja keras Chelsea untuk mencetak gol berbuah hasil pada menit ke-73. Pemain belakang Branislav Ivanovic yang menjebol gawang Aston Villa, lewat sundulannya menyambut umpan tendangan bebas Lampard. Ini adalah gol keempat Ivanovic dalam tiga pertandingan terakhirnya melawan Aston Villa.

Hanya unggul satu gol, membuat Chelsea tak tenang. Apalagi Benteke acap kali menghadirkan kekhawatiran di lini belakang, termasuk satu peluang yang diciptakannya di menit ke-86 untuk Weimann. Lagi-lagi Cech menjadi penyelamat, karena dengan kakinya, penjaga gawang asal Ceko ini berhasil menghalau bola.

Hingga laga usai, Chelsea berhasil mempertahankan keunggulannya. Dengan demikian, The Blues menambah tiga poin, yang membuatnya bertengger di puncak klasemen dengan raihan enam poin setelah di pekan pertama menang 2-0 atas Hull City, menggeser Manchester City, yang baru memainkan satu laga.

- Susunan pemain:

Chelsea (4-2-3-1): 1-Petr Cech; 3-Ashley Cole, 26-John Terry, 24-Gary Cahill, 2-Branislav Ivanovic; 7-Ramires, 8-Frank Lampard; 13-Eden Hazard, 10-Juan Mata (Andre Schuerrle, 65'), 11-Oscar (Marco van Ginkel, 84'); 19-Demba Ba (Romelu Lukaku, 65')
Pelatih: Jose Mourinho

Aston Villa (4-3-3): 1-Brad Guzan; 14-Luna, 6-Ciaran Clark (Jores Okore, 43'), 4-Ron Vlaar, 34-Matthew Lowton; 16-Fabian Delph, 15-Ashley Westwood, 8-Karim El Ahmadi (Alexandar Tonev, 82'); 11-Gabriel Agbonlahor, 20-Christian Benteke, 26-Andreas Weimann
Pelatih: Paul Lambert

Arsenal Permalukan Fenerbahce 3-0

Posted: 21 Aug 2013 01:44 PM PDT

ISTANBUL, KOMPAS.com — Arsenal mulai bangkit. Setelah sempat ditaklukkan Aston Villa pada akhir pekan lalu, The Gunners menunjukkan kebangkitannya dengan mempermalukan tuan rumah Fenerbahce 3-0 pada leg pertama play-off Liga Champions di Sukru Saracoglu Stadium, Rabu atau Kamis (22/8/2013) dini hari WIB.

Arsenal memang tampil percaya diri semenjak menit-menit awal. Itu terlihat setelah Theo Walcott dan kawan-kawan lebih banyak menguasai bola.

Namun, Arsenal cukup kesulitan menciptakan peluang setidaknya 15 menit pertama. Lini pertahanan Fenerbahce yang digalang Bruno Alves dan kawan-kawan cukup disiplin memutus alur serangan Arsenal.

Arsenal pun semakin kesulitan setelah kehilangan Laurent Koscielny pada menit ke-32. Bek asal Perancis tersebut terluka di bagian wajah akibat ditendang oleh Webo.

Pelatih Arsene Wenger memilih memasukkan Jenkinson untuk menggantikan Koscielny. Alhasil, Bakari Sagna digeser menjadi bek tengah dan Jenkinson sebagai bek kanan.

Setelah itu, Arsenal masih menguasai permainan. Bahkan, pada menit-menit akhir, Meriam London mampu memaksa tim tuan rumah bermain di wilayah pertahanannya sendiri. Sayang, tak ada satu gol pun tercipta dari sejumlah ancaman yang dilancarkan Arsenal.  

Wenger tetap mempertahankan komposisi skuadnya pada awal babak kedua. Keputusan pelatih asal Perancis ini cukup tepat karena Arsenal mampu unggul terlebih dulu berkat gol yang diciptakan Gibbs pada menit ke-51.

Gol berawal dari kejelian Ramsey mengirimkan bola kepada Walcott yang berdiri di dalam kotak penalti lawan. Begitu lepas dari kawalan lawan, Walcott langsung melepaskan umpan mendatar. Bola yang bergulir di bibir gawang lawan disambut Gibbs dengan sepakan keras dan gol.

Gol tersebut membuat The Gunners semakin percaya diri. Betapa tidak, Arsenal kembali sukses membobol gawang lawan pada menit ke-64. Kali ini, kiper Fenerbahce, Volkan Demirel, tak kuasa membendung bola hasil sepakan keras Aaron Ramsey yang dilepaskan dari luar kotak penalti.

Fenerbahce bukan tanpa ancaman. Moussa Sow nyaris mencetak gol balasan saat berhasil melepaskan tembakan meski dikawal ketat Sagna. Beruntung tembakan Sow masih melayang di atas mistar gawang Arsenal.

Namun, tim tuan rumah terpaksa kembali gigit jari karena gawang mereka kembali kebobolan pada menit ke-77. Kali ini, Michal Kadlec melakukan kesalahan fatal setelah menjatuhkan Walcott di dalam kotak penalti. Giroud yang maju sukses menaklukkan Volkan. Gol tersebut sekaligus memeteraikan kemenangan Arsenal 3-0.

Dengan hasil ini, Arsenal berpeluang besar lolos ke babak penyisihan Liga Champions. Namun, mereka harus terlebih dulu menjamu Fenerbahce pada leg kedua di Emirates pekan depan.

Susunan Pemain

Fenerbahce: 1-Volkan Demirel; 24-Michal Kadlec, 22-Bruno Alves, 6-Joseph Yobo, 4-Bakier Inrtegun (Gokan Gonul 46); 5-Mehmet Topal; 7-Moussa Sow, 25-Emre Belozoglu, 14-Raul Meireles (Potuk 82), 11-Dirk Kuyt; 9-Pierre Webo (Emenike 62)
Pelatih: Ersun Yanal

Arsenal: 1-Wojciech Szczesny; 3-Bakari Sagna, 4-Per Meresacker, 6-Laurent Koscielny (Jenkinson 32), 28-Kieran Gibbs; 14-Theo Walcott (Monreal 85), 10-Jack Wilshere, 16-Ramsey, 7-Thomas Rosicky, 19-Santi Cazorla; 12-Giroud (Podolski 82)
Pelatih: Arsene Wenger

Wasit: Gianluca Rocchi (Italia)

Susunan Pemain Atletico Vs Barcelona

Posted: 21 Aug 2013 01:29 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Berikut susunan pemain antara Atletico Madrid dan Barcelona pada leg pertama Piala Super Spanyol di Vicente Calderon, Rabu atau Kamis (22/8/2013) dini hari WIB.

Atletico Madrid: 13-Thibaut Courtois: 20-Juanfran, 28-Miranda,  2-Diego Godin, 3-Filipe Luis; 6-Koke 4-Mario Suarez, 14-Gabi, 10-Arda Turan; 19-Diego Costa, 9-David Villa
Pelatih: Diego Simeone

Barcelona: 1-Victor Valdes; 22-Dani Alves, 3-Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 16-Sergio Busquets, 8-Andes Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi, 7-Pedro
Pelatih: Martino

Wasit: Alberto Undiano

Benteke Bikin Aston Villa untuk Sementara Tahan Chelsea 1-1

Posted: 21 Aug 2013 12:42 PM PDT

KOMPAS.com — Aston Villa untuk sementara menahan imbang Chelsea 1-1 pada lanjutan Premier League di Stamford Bridge, Rabu waktu setempat atau Kamis (22/8/2013) dini hari WIB. Chelsea lebih dulu unggul lewat gol bunuh diri Antonio Luna, sebelum Christian Benteke menyamakannya menjelang babak pertama usai.

Sejak peluit kick-off berbunyi, Chelsea langsung bermain agresif dan memberikan ancaman terhadap pertahanan tim tamu. Mereka hanya perlu waktu enam menit untuk unggul karena Antonio Luna melakukan gol bunuh diri. Bola tendangan Eden Hazard dari luar kotak penalti mengenai badan Luna sehingga menyulitkan penjaga gawang Brad Guzan menepis si kulit bundar yang bersarang di pojok kanan atas gawang.

Gol cepat itu membuat Chelsea semakin percaya diri dan mendominasi jalannya pertandingan. Sebaliknya, Aston Villa kian sulit menemukan bentuk permainannya sehingga mereka lebih banyak konsentrasi menjaga pertahanan.

Meskipun demikian, bukan perkara mudah bagi Chelsea menambah gol. Berdasarkan statistik hingga menit ke-30, The Blues mencatat 70 persen ball possession. Akan tetapi, tak ada peluang emas bagi Frank Lampard dan kawan-kawan untuk menggandakan keunggulan.

Memasuki injury time, Aston Villa membuat kejutan. Dari serangan balik, Christian Benteke berhasil menyamakan skor menjadi 1-1. Dia memanfaatkan umpan silang Gabriel Agbonlahor dari sayap kiri. Kedudukan imbang itu pun mengakhiri paruh pertama.

- Susunan pemain:

Chelsea (4-2-3-1): 1-Petr Cech; 3-Ashley Cole, 26-John Terry, 24-Gary Cahill, 2-Branislav Ivanovic; 7-Ramires, 8-Frank Lampard; 13-Eden Hazard, 10-Juan Mata, 11-Oscar; 19-Demba Ba
Pelatih: Jose Mourinho

Aston Villa (4-3-3): 1-Brad Guzan; 14-Luna, 6-Ciaran Clark (Jores Okore, 43'), 4-Ron Vlaar, 34-Matthew Lowton; 16-Fabian Delph, 15-Ashley Westwood, 8-Karim El Ahmadi; 11-Gabriel Agbonlahor, 20-Christian Benteke, 26-Andreas Wimann
Pelatih: Paul Lambert

Arsenal Vs Fenerbahce Masih 0-0

Posted: 21 Aug 2013 12:35 PM PDT

ISTANBUL, KOMPAS.com — Arsenal sementara bermain imbang 0-0 dengan Fenerbahce pada babak pertama play-off Liga Champions di Sukru Saracoglu Stadium, Rabu atau Kamis (22/8/2013) dini hari WIB.

Arsenal berusaha memetik kemenangan pada laga ini. Selain memperbesar peluang lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions, Arsenal juga membutuhkan kemenangan ini untuk memulihkan kepercayaan fans pascaditaklukkan 1-3 oleh Aston Villa pada akhir pekan lalu di Premier League.

The Gunners mengawali laga dengan cukup baik. Theo Walcott dan kawan-kawan lebih banyak menguasai bola.

Namun, Arsenal cukup kesulitan menciptakan peluang setidaknya pada 15 menit pertama. Lini pertahanan Fenerbahce yang digalang Bruno Alves dan kawan-kawan cukup disiplin memutus alur serangan Arsenal.

Arsenal pun semakin kesulitan setelah kehilangan Laurent Koscielny pada menit ke-32. Bek asal Perancis tersebut terluka di bagian wajah akibat ditendang oleh Webo.

Pelatih Arsene Wenger memilih memasukkan Jenkinson untuk menggantikan Koscielny. Alhasil, Bakari Sagna digeser menjadi bek tengah dan Jenkinson sebagai bek kanan.

Setelah itu, Arsenal masih menguasai permainan. Bahkan, pada menit-menit akhir, Meriam London mampu memaksa tim tuan rumah bermain di wilayah pertahanannya sendiri. Sayang, tak ada satu gol pun tercipta dari sejumlah ancaman yang dilancarkan Arsenal.  

Susunan pemain

Fenerbahce: 1-Volkan Demirel; 24-Michal Kadlec, 22-Bruno Alves, 6-Joseph Yobo, 4-Bakier Inrtegun; 5-Mehmet Topal; 7-Moussa Sow, 25-Emre Belozoglu, 14-Raul Meireles, 11-Dirk Kuyt; 9-Pierre Webo
Pelatih: Ersun Yanal

Arsenal: 1-Wojciech Szczesny; 3-Bakari Sagna, 4-Per Meresacker, 6-Laurent Koscielny (Jenkinson 32), 28-Kieran Gibbs; 14-Theo Walcott, 10-Jack Wilshere, 16-Ramsey, 7-Thomas Rosicky, 19-Santi Cazorla; 12-Giroud
Pelatih: Arsene Wenger

Wasit: Gianluca Rocchi (Italia)

Kiper Atletico Berambisi Taklukkan Barcelona

Posted: 21 Aug 2013 11:37 AM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Kiper Atletico Madrid, Thibaut Courtois, mengaku yakin timnya bisa mengalahkan Barcelona pada leg pertama Piala Super Spanyol di Vicente Calderon, Rabu atau Kamis (22/8/2013) dini hari WIB.

"Aku ingin menang melawan Barcelona karena aku belum merasakan hal itu," ungkap Courtois.

Piala Super Spanyol merupakan sebuah laga yang mempertemukan juara Liga BBVA dan Copa del Rey pada musim musim lalu.

Atletico yang bersatus sebagai jawara Copa del Rey akan terlebih dulu menjamu Lionel Messi dan kawan-kawan. Sepekan kemudian, giliran Atletico yang bertandang ke Camp Nou pada leg kedua.

Courtois mengakui, pertandingan melawan Barca cukup sulit karena laga itu harus dua kali digelar. Namun, kiper asal Belgia tersebut mengaku optimistis timnya bisa menundukkan Barca. 

"Laga akan berjalan sulit karena digelar dua kali. Di negara lain, atau bahkan Piala Super Eropa, hanya digelar sekali. Namun, di sini dua kali sehingga akan menjadi lebih sulit. Namun, kami akan pergi Barcelona untuk meraih gelar," bebernya.

Pelatih Atletico, Diego Simeone, sudah memiliki strategi melumpuhkan Barca. Pelatih berkebangsaan Argentina tersebut meminta David Villa dan kawan bermain lebih sabar, disiplin, dan kuat di lini belakang.

Piala Super Spanyol edisi kali ini merupakan laga ulangan pada 1985. Saat itu, Atletico berhasil mengalahkan Barcelona dengan skor 3-1 dan 1-0. Setelah itu, Atletico hanya mampu menjadi runner-up Piala Super Spanyol yakni pada 1991, 1992, dan 1996. (GL)

No comments:

Post a Comment