KOMPAStekno

KOMPAStekno


Intel Mau Bikin Tablet Makin Kebut

Posted: 22 Aug 2013 06:32 AM PDT

KOMPAS.com - Intel makin gencar mendesain prosesor berarsitektur x86 di perangkat mobile, untuk mengejar ketertinggalannya dari produsen prosesor berarsitektur ARM yang selama ini populer dipakai oleh perangkat tablet dan ponsel pintar.

Perusahaan asal Santa Clara, California, itu bakal merilis prosesor tablet terbaru dalam konferensi pengembang aplikasi Intel Developer Forum (IDF) 2013 di San Fransisco, September mendatang.

Seorang sumber mengatakan kepada situs teknologi Digitimes asal Taiwan, bahwa prosesor tersebut adalah seri Bay Trail-T yang menggunakan mikroarsitektur Silvermont. Semua prosesor itu mendukung perangkat tablet dengan sistem operasi Windows 8.1 dan Android 4.2.

Bay Trail-T merupakan prosesor quad-core yang hadir dalam empat model, yakni Z3770, Z3770D, Z3740 dan Z3740D. Tipe prosesor dengan kode "D" di belakang akan mendukung resolusi layar 1920 x 1200 pixel. Sedangkan yang tidak memiliki kode "D" mendukung resolusi layar hingga 2560 x 1600 pixel.

Digitimes mencatat, Bay Trail-T akan hadir dengan dua clock speed, yakni 1,8GHz dan 2,4GHz. Sementara unit processor grafisnya (GPU) menggunakan Intel Gen 7 yang memakai arsitektur GPU Ivy Bridge.

Meski memiliki kecepatan tinggi, namun prosesor Bay Trail-T dapat membuat perangkat tablet bertahan hingga 8 jam dalam pemakaian normal.

Di prosesor yang menggunakan mikroarsitektur Silvermont, Intel tidak membuat komponen baseband sendiri pada prosesornya. Intel memilih untuk mengadopsi baseband Huawei ME906v untuk koneksi LTE, dan Huawei MU736 untuk koneksi 3G.

Ratusan Resep Masakan Daerah Coba Didigitalkan

Posted: 22 Aug 2013 06:27 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-68 tahun, jejaring sosial untuk pehobi masak, DapurMasak.com, menyelenggarakan program dokumentasi resep masakan nusantara.

Program ini berlangsung dari 16 Agustus sampai 16 September 2013. DapurMasak.com menyediakan hadiah berupa cook badge bagi pengguna yang mengikuti program resep masakan nusantara ini.

Pendiri DapurMasak.com, Soegianto, menargetkan ada 200 resep masakan daerah yang terkumpul. "Indonesia bukan hanya mengenai rendang saja, berbicara mengenai soto, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki Soto dengan ciri khas masing-masing, mulai dari soto Betawi, soto Bogor, soto Solo, Soto Kudus dan masih banyak lagi," ujarnya.

DapurMasak.com merupakan jejaring sosial untuk berbagi resep dan pengalaman memasak. Soegianto mengatakan, ide sederhana DapurMasak.com adalah menyebarkan kesenangan memasak dan menantang pengguna untuk memasak kembali resep dari pengguna lain (recook) dengan caranya sendiri.

Setelah memenangkan kompetisi perusahaan rintisan (startup) digital Sparxup 2012, DapurMasak.com mengalami pertumbuhan signifikan. Dalam 6 bulan terakhir, trafik resep yang dipublikasi pengguna dan resep yang dimasak kembali oleh pengguna lain, naik sebanyak 300 persen.

Saat ini, lanjut Soegianto, DapurMasak.com memiliki jumlah pengguna terdaftar sebanyak 40 ribu, yang didominasi oleh pengguna dengan rentang usia 24-35 tahun. Pertumbuhan pengunjung per bulan saat ini mencapai ratusan ribu pengunjung per bulan, atau tumbuh 480 persen dalam 6 bulan terakhir.

"Puncak kenaikan pengunjung terjadi waktu bulan puasa, saat kita buat event recook 10 resep untuk berbuka puasa," ungkap Soegianto kepada KompasTekno, Rabu (21/8/2013).

Pengguna DapurMasak.com kini dapat mengakses buku masak online melalui komputer pribadi ataupun perangkat mobile. Bahkan, sekarang melalui browser smartphone, setiap pengguna sudah dapat mempublikasi resep  atau memasak kembali di buku resep online mereka.

Pemerintah Kanada Berharap BlackBerry Lewati Krisis

Posted: 22 Aug 2013 03:28 AM PDT

KOMPAS.com - Pemerintah Kanada memantau langkah strategis yang akan diambil BlackBerry untuk meningkatkan nilai perusahaan, termasuk menjadi perusahaan privat atau menjual perusahaan. Namun, Menteri Perindustrian Kanada James Moore enggan mengomentari langkah strategis yang akan diambil.

Moore "menyayangkan" ponsel pintar BlackBerry Z10 dan Q10 yang kurang mendapat sambutan baik di pasar global. Ia berharap BlackBerry dapat melewati krisis dan segala tantangan.

"Saya tahu mereka sedang menghadapi tantangan, dan internal perusahaan mereka sedang menyesuaikan dengan cara yang paling sesuai dengan kepentingan mereka," kata Moore kepada Reuters, Rabu (21/8/2013).

Ia tak mau berspekulasi tentang tawaran perusahaan asing yang datang ke BlackBerry. Ketika ditanya apakah pemerintah ingin BlackBerry tetap berada di Kanada, ia menjawab: "Kami ingin mereka melakukan yang terbaik, tetap mempekerjakan karyawan Kanada, tetap berinovasi dalam teknologi dan platform, dan kami memberi perhatian."

BlackBerry sebelumnya dikenal dengan nama Research In Motion (RIM). Perusahaan ini dikenal dengan banyak inovasi, seperti alat komunikasi pager, ponsel pintar BlackBerry, layanan pesan instan BlackBerry Messenger, dan jaringan server untuk mengamankan komunikasi.

BlackBerry telah memberi banyak kontribusi pada negara dan industri. Beberapa perusahaan rintisan teknologi yang menjadi mitra BlackBerry, tak sedikit yang berkembang jadi perusahaan sukses.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Gonjang-Ganjing BlackBerry

Pesawat Nirawak Buatan Indonesia Bisa Tempuh 200 Km

Posted: 22 Aug 2013 02:20 AM PDT

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta menyaksikan demo terbang LSU 02, pesawat nirawak (UAV) karya LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) di Pustekbang LAPAN Rumpin, Sabtu (31/7/2013) lalu.

Pesawat tersebut terbang secara otomatis selama tujuh menit mengelilingi wilayah Pustekbang. Pesawat nirawak ini sebelumnya telah mendapatkan rekor dari Museum Rekor dunia Indonesia (MURI) untuk kategori pesawat nirawak yang menempuh jarak terjauh dengan jarak 200 km.

LSU 02 merupakan pesawat nirawak buatan LAPAN, pesawat yang memiliki bentangan sayap sepanjang 2400 milimeter dan panjang badan mencapai 1700 milimeter tersebut mampu terbang secara otomatis dengan program sasaran dan jalur terbang yang telah ditentukan.

Pesawat bermisi ini memiliki muatan maksimum 3 kilogram dengan kecepatan terbang 100 km/jam. Pesawat UAV sebelumnya  juga sudah  dioperasikan dengan misi memotret kawah gunung merapi, dan memantau banjir.

Pada kesempatan tersebut, Menristek didampingi  Kepala LAPAN, Bambang Tedjasukmana beserta rombongan juga meninjau hanggar LSU dan pabrik LSU.

Setelah melakukan peninjauan Gusti Muhammad Hatta juga mengunjungi Ground Station untuk mengikuti penyajian presentasi dari Kepala Pusat Teknologi Satelit, Suhermanto tentang Stasiun Bumi TT&C Satelit LAPAN dan Penerima Data Misi Satelit Resolusi Rendah; dan paparan dari Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Orbita Roswintiarti tentang Persiapan Data Satelit Penginderaan Jauh Landsat-8, SPOT-5, dan SPOT-6 di Stasiun Bumi Penginderaan Jauh-LAPAN.

Dalam kunjungannya ke Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang), Menristek juga meninjau terowongan angin Supersonik di Laboratorium Aerodinamika dan dilanjutkan dengan  peresmian gedung baru Pustekbang dengan penandatangan prasasti oleh Menristek.

Dalam kunjungan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Menristek, Hari Purwanto; Kepala Biro Hukum dan Humas, Dadit Herdikiagung; Kepala Biro Umum, Muhammad Ilmi, dan Ibu Viollet Muhammad Hatta. (adv)

"Harta Karun" BlackBerry Justru Jadi Incaran

Posted: 22 Aug 2013 01:14 AM PDT

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi ataupun perusahaan ekuitas yang berniat membeli BlackBerry, diprediksi kurang tertarik dengan bisnis perangkat ponsel pintar. "Harta karun" alias aset lain yang diincar adalah paten, perangkat lunak (software), dan jaringan server.

Menurut perusahaan financial BMO Capital Markets, unit bisnis perangkat keras BlackBerry memiliki nilai 800 juta dollar AS. Sementara aset paten, perangkat lunak, dan jaringan, masing-masing bisa bernilai 1 miliar dollar AS. BMO berpendapat, BlackBerry bernilai sekitar 2,8 miliar dollar AS dalam bentuk tunai.

Sistem operasi BlackBerry 10, selain dipakai pada perangkat ponsel, juga dikembangkan untuk di mobil, pembangkit listrik, bahkan nuklir. Perusahaan asal Kanada ini juga memiliki jaringan server BlackBerry Enterprise Service (BES) yang terkenal dengan layanan komunikasi keamanan tingkat tinggi, sehingga dipercaya oleh segmen bisnis dan pemerintah.

Seperti diketahui, dewan direksi BlackBerry pada Agustus 2013 telah membentuk komite khusus untuk mengambil langkah strategis yang dapat meningkatkan nilai perusahaan, termasuk menjadi perusahaan privat, membentuk perusahaan patungan, sampai yang terburuk, menjual perusahaan.

Menurut Brian Heun, managing partner di Red Capital Management Sky, tidak ada pihak yang tertarik untuk membeli seluruh entitas BlackBerry. "Saya pikir sekarang mereka dalam tahap mengatakan, "Kami akan melakukan apapun untuk memaksimalkan nilai, termasuk memecah-belah perusahaan,'" ujar Heun kepada Bloomberg, Rabu (21/8/2013).

Intenational Business Machines (IBM) melakukan pendekatan informal untuk membeli bisnis layanan korporasi BlackBerry pada tahun 2012, kata dua sumber yang akrab dengan isu ini. IBM tidak tertarik dengan unit bisnis BlackBerry yang lain.

Lisette Kwong, juru bicara BlackBerry, enggan berkometar tentang penjualan unit-unit bisnis BlackBerry.

Bisnis perangkat keras BlackBerry mengalami penurunan dalam industri ponsel pintar. Menurut lembaga riset IDC, pangsa pasar BlackBerry dalam bisnis ponsel pintar global turun menjadi 2,9 persen pada kuartal kedua 2013, dari 4,9 persen pada periode yang sama tahun 2012.

Meski demikian, Bloomberg mencatat, BlackBerry jauh dari kebangkrutan karena perusahaan tidak memiliki utang dan memiliki kas yang kuat.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Gonjang-Ganjing BlackBerry

No comments:

Post a Comment