KOMPASbola

KOMPASbola


Lewat Perpanjangan Waktu, Liverpool Bekuk Tim Divisi Tiga

Posted: 27 Aug 2013 03:22 PM PDT

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Liverpool dipaksa bekerja keras oleh tim League One (setara divisi tiga) Notts County dalam pertandingan Capital One Cup, Rabu (28/6/2013). Bermain di hadapan publik sendirri di Anfield, The Reds diimbangi 2-2 dan harus melewati babak perpanjangan waktu. Gol Daniel Sturridge dan Jordan Henderson memastikan skor 4-2 untuk kemenangan The Reds.

Raheem Sterling membawa Liverpool memimpin pada menit ke-4. Ia melakukan aksi individual menembus pertahanan Notts dan menaklukkan kiper Bartosz Bialkowski. Sturridge menggandakan keunggulan Liverpool di menit k-29. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 2-0 untuk tuan rumah.

Di babak kedua, tim asuhan Brendan Rodgers ini justru mengendurkan tekanan. Akibatnya pada menit ke-62, Yoann Arquin menjebol gawang Simon Mignolet meneruskan umpan Manny Smith tanpa bisa ditahan Kolo Toure dan Andre Wisdom. Liverpool menjadi tertekan setelah pada menit 84, A Coombes mencetak gol menyamakan kedudukan dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan.

Pada babak perpanjangan waktu, Liverpool terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Toure mengalami cedera. Ia tidak bisa diganti karena Rodgers sudah melakukan tiga pergantian sebelumnya. Meski demikian Liverpool mampu mengembalikan keunggulan, kembali lewat Sturridge. Berawal dari umpan Philippe Coutinho, ia melesakkan bola tanpa bisa ditahan Bialkowski. Gol Jordan Henderson pada menit 109 dari luar kotak penalti memastikan kemenangan The Reds.

Susunan Pemain

Liverpool: Mignolet, Johnson, K. Toure, Cissokho (Agger, 9), Wisdom, Alberto (Coutinho, 71), Gerrard, Allen (Henderson, 64), Sterling, Ibe, Sturridge

Notts: Bialkowski, Dumbuya, Liddle, E.Smith, Stevens, Bell (A. Coombes, 81), Labadie, Campbell-Ryce (Thompson 70), Fotheringham (Boucaud, 76), McGregor, Arquin

Hasil Lengkap "Play-off" Liga Champions

Posted: 27 Aug 2013 02:22 PM PDT

KOMPAS.com — Lima tim telah meraih tiket menuju fase grup Liga Champions setelah meraih hasil pada leg kedua play-off kompetisi paling bergengsi di daratan Eropa itu, Selasa (27/8/2013) waktu setempat atau Rabu (28/8) dini hari WIB. Arsenal dan Basel melangkah ke fase grup dengan sangat meyakinkan karena unggul telak atas lawan-lawan mereka.

Arsenal, yang harus melewati fase kualifikasi setelah musim lalu menempati peringkat keempat Premier League, tanpa ampun mengempaskan wakil Turki, Fenerbahce, dengan agregat 5-0. Setelah menang 3-0 di kandang lawan pekan lalu, The Gunners kembali mendulang kemenangan dengan skor 2-0 pada leg kedua di Emirates Stadium.

Sementara itu, wakil Swiss, Basel, meraih kemenangan 2-0 atas PFC Ludogorets Razgrad lewat gol Fabian Frei pada menit ke-11 dan Philipp Degen pada menit ke-76. Dengan demikian, Basel lolos ke fase grup dengan agregat 6-2 setelah pekan lalu menang 4-2 di kandang lawan.

Wakil Rumania, Steaua Bucuresti, lolos meski agregat sama kuat 3-3 ketika melawan wakil Polandia, Legia Warsawa. Beruntung, mereka mencetak gol lebih banyak di kandang lawan karena pada leg kedua ini skor berakhir 2-2, sedangkan pada leg pertama di kandang sendiri pekan lalu, Steaua bermain imbang 1-1.

Pada pertandingan lain di Austria, tuan rumah Austria Wien kalah 2-3 dari Dinamo Zagreb. Meskipun demikian, Austria Wien lolos dengan agregat 4-3 karena pekan lalu di kandang lawan mereka menang 2-0.

Hasil positif juga diraih wakil Jerman, Schalke 04. Setelah hanya bermain imbang 1-1 di kandang sendiri, Schalke justru membuat kejutan ketika tandang ke markas PAOK Thessaloniki FC karena menang 3-2 meskipun sejak menit ke-64 mereka bermain dengan 10 orang menyusul dikartumerahnya Jermaine Jones. Mereka mencetak dua gol tambahan pada menit ke-67 dan 90 lewat Julian Draxler dan Adam Szalai (yang juga cetak gol pembuka pada menit ke-43).

Hasil lengkap leg kedua "play-off" Liga Champions

Arsenal 2-0 Fenerbahce: Arsenal lolos ke fase grup dengan agregat 5-0
Austria Wien 2-3 Dinamo Zagreb: Austria Wien lolos ke fase grup dengan agregat 4-3
Basel 2-0 PFC Ludogorets Razgrad: Basel lolos ke fase grup dengan agregat 6-2
Legia Warszawa 2-2 Steaua Bucuresti: Steaua Bucuresti lolos ke fase grup dengan agregat 3-3 karena unggul gol di kandang lawan
PAOK Thessaloniki FC 2-3 Schalke 04: Schalke lolos ke fase grup dengan agregat 4-3

Schalke Lolos Susah Payah ke Liga Champions

Posted: 27 Aug 2013 02:20 PM PDT

THESSALONIKI, KOMPAS.com — Schalke 04 harus menunggu hingga menit ke-90 untuk memastikan diri lolos ke fase grup Liga Champions. Die Koenigsblauen menang tipis 3-2 dari wakil Yunani PAOK dalam leg 2 play-off Liga Champions di Stadion Toumbas, Thessaloniki, Rabu (28/8/2013) dini hari WIB.

Pemain anyar Adam Szalai mencetak dua gol dalam pertandingan ini. Gol Schalke lain dicetak oleh bintang muda Julian Draxler.

Babak pertama Schalke sempat kesulitan meladeni tuan rumah dalam laga tanpa penonton ini. Namun, Szalai membawa Schalke memimpin pada menit ke-43 setelah mencetak gol memanfaatkan umpan Atsuto Uchida.

Pada babak kedua, PAOK ganti membalas pada menit 53 berkat gol Stefanos Athanasiadis. Schalke sempat ketar-ketir karena Jermaine Jones diusir wasit pada menit ke-64. Namun, Julian Draxler membuat tim asuhan Jens Keller ini sedikit bernapas lega lewat golnya pada menit ke-67.

Schalke kembali tertekan pada menit ke-79. Sundulan Kostas Katsouranis menjebol gawang Timo Hildebrand dan membuat PAOK di atas angin karena unggul jumlah pemain.

Szalai memastikan kemenangan Schalke pada menit ke-90. Memanfaatkan umpan Draxler, Szalai menaklukkan kiper Jacobo.

Hasil ini membuat Schalke berhak lolos ke fase grup Liga Champions dengan agregat 4-3. Pada leg pertama di Veltins Arena, Kamis (22/8/2013) lalu, kedua kubu bermain imbang 1-1.

Die Knappen juga melengkapi kuota klub Bundesliga di kompetisi kasta tertinggi antar-klub Eropa tersebut. Bayern Muenchen, Borussia Dortmund, dan Bayer Leverkusen sudah lebih dulu lolos setelah menduduki tiga besar klasemen Bundesliga 2012/13.

Susunan Pemain

PAOK: Jacobo - Kitsiou, Katsouranis, Miguel Vitor, Skondras - Tziolis, Kace - Lucas (Georgiadis, 80') – Stoch – Salpingidis (Oliseh, 74'), Athanasiadis (Necid, 74')
Pelatih: Horst Heldt

Schalke 04: Hildebrand - Uchida, Santana, Höwedes, Fuchs - Höger (Goretzka 77'), Jones - Farfan (Matip, 83'), Draxler, Clemens (Meyer, 61') (Neustädter, 70')- Szalai
Pelatih: Jens Keller

"Brace" Ramsey Bawa Arsenal ke Liga Champions

Posted: 27 Aug 2013 01:49 PM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Aaron Ramsey menjadi sosok sentral untuk Arsenal pada leg 2 play-off Liga Champions. Dua golnya membawa Arsenal menang 2-0 pada pertandingan di Emirates Stadium, Rabu (28/8/2013) dini hari WIB. Hasil ini memastikan Arsenal lolos ke fase grup Liga Champions.

Pada menit ke-11, Fenerbahce mengancam lewat Meireles, tetapi penyelamatan gemilang Wojciech Szczesny mencegah Arsenal kebobolan. Arsenal ganti mengancam lima menit kemudian lewat serangan balik yang diinisiasi Santi Cazorla. Sayang, sepakan Olivier Giroud masih bisa ditepis.

Arsenal terus menekan Fenerbahce dan mendominasi penguasaan bola. Hasilnya, Aaron Ramsey membuka keunggulan Arsenal pada menit ke-24 setelah menerima umpan dari Theo Walcott. Keunggulan ini menjauhkan agregat skor menjadi 4-0.

Fenerbahce mendapat kesempatan menyamakan kedudukan 10 menit kemudian setelah wasit menghadiahkan tendangan bebas. Sayang, eksekusi Bruno Alves masih melebar dari gawang Szczesny. Anak-anak asuhan Ersun Yanal ini kembali mengancam pada menit ke-37 lewat Emmanuel Emenike, yang ditepis Szczesny. Tepisan Szczesny yang memantul kembali disambar pemain Nigeria ini, namun kali ini bola hanya membentur mistar.

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap 1-0 untuk Arsenal.

Pada awal babak kedua, Lukas Podolski membuat peluang lewat umpan crossing-nya. Namun, umpan tersebut masih bisa ditepis barisan pertahanan Fenerbahce. Setelah itu, Podolski justru harus ditarik setelah terlihat mengalami gangguan di pahanya.

Di sisi lain, Fenerbahce tampil lebih menekan pada babak kedua. Kerja sama Emenike dan Egeman kembali membahayakan Arsenal, tetapi bola masih membentur mistar.

Ramsey kembali menjadi bintang pertandingan dengan mencetak gol keduanya pada menit ke-71. Berawal dari terobosan Gibbs ke arah kotak penalti Fenerbahce, bek kiri Arsenal mengirimkan crossing yang diselesaikan Ramsey ke sudut gawang Volkan Demirel.

Arsenal hampir menambah skor kalau saja peluang Wilshere dan Jenkinson pada menit-menit akhir pertandingan tidak diselamatkan Demirel. Namun, hasil 2-0 sudah cukup membawa Arsenal menuju fase grup Liga Champions dengan agregat 5-0.

Susunan pemain

Arsenal: 1 Wojciech Szczesny; 3 Bacary Sagna, 4 Per Mertesacker, 25 Carl Jenkinson, 17 Nacho Monreal; 10 Jack Wilshere, 16 Aaron Ramsey, 19 Santiago Cazorla; 14 Theo Walcott (31 Ryo Miyaichi, 74), 9 Lukas Podolski (28 Kieran Gibbs, 49), 12 Olivier Giroud (22 Yaya Sanogo, 59)
Pelatih: Arsene Wenger

Fenerbahce: 1 Volkan Demirel, 88 Caner Erkin, 22 Bruno Alves, 2 Egeman Korkmaz, 77 Gokhan Gonul, 21 Selcuk Sahin, 14 Raul Meireles, 16 Baroni Cristian (26 Alper Potuk, 66), 11 Dirk Kuyt, 29 Emenike, 7 Moussa Sow (38 Mehmet Tohpuz, 82)
Pelatih: Ersun Yanal

PSV Beri Sinyal Waspada untuk Milan

Posted: 27 Aug 2013 01:27 PM PDT

KOMPAS.com — Pelatih PSV Eindhoven, Phillip Cocu, memberikan sinyal waspada kepada AC Milan. Dia menegaskan bahwa apa pun bisa terjadi di San Siro ketika kedua tim bertemu untuk memperebutkan satu tiket menuju fase grup Liga Champions.

PSV datang ke San Siro dengan modal hasil imbang 1-1 ketika menjamu Rossoneri pekan lalu pada leg pertama play-off. Pertandingan leg kedua nanti, Rabu (28/8/2013), akan menjadi penentu siapa yang berhak lolos.

Kedua tim memiliki peluang yang sama. Akan tetapi, Milan tentu saja lebih diuntungkan karena selain bermain di depan publik sendiri, mereka hanya perlu hasil imbang tanpa gol sehingga lolos dengan keuntungan gol di kandang lawan. Tetapi, Cocu punya keyakinan kuat timnya bisa membuat kejutan.

"Bermain di rumah merupakan hal yang berbeda. Kami memainkan pertandingan yang bagus di Eindhoven dan yakin kami juga bisa melakukannya besok di stadion milik Milan," ujar Cocu dalam jumpa pers, Selasa (27/8).

"Ini menjadi momen yang hebat bagiku, begitu pun dengan tim, karena menghadapi tim seperti Milan. Ini menghadirkan tensi, tetapi tensi yang positif, sebuah sensasi yang Anda perlukan di sepak bola. Pekerjaanku pun membantu para pemain untuk merasakan dan menggunakan tekanan ini."

"Kami disiapkan untuk segalanya. Kami tidak tahu bagaimana Milan akan melakukan pendekatan dalam pertandingan nanti, apakah bertahan atau menyerang. Dalam pertandingan penting seperti ini, segalanya bisa terjadi," ujar Cocu.

Fabregas: Saya Tak Pernah Bicara dengan MU

Posted: 27 Aug 2013 01:08 PM PDT

KOMPAS.com — Cesc Fabregas menegaskan bahwa dirinya tidak pernah mengadakan kontak dengan Manchester United terkait potensi pindah ke Old Trafford. Ini merupakan penegasan kembali Fabregas setelah pada awal musim panas ini dirinya dikabarkan ingin hengkang dari Barcelona dan pindah ke raksasa Premier League tersebut.

Menurut pemain internasional Spanyol ini, dirinya merasa sangat bahagia di Camp Nou. Karena itu, tak ada alasan baginya untuk meninggalkan tim kebanggaan publik Catalan tersebut.

"Saya tidak pernah mengatakan bahwa saya ingin pergi," ujar Fabregas kepada TVE, Selasa (27/8/2013). "Saya juga tidak pernah berdiskusi tentang hal itu dengan presiden atau pelatih."

"Anda tidak bisa mengambilnya sebagai fakta hanya karena sejumlah wartawan mengatakannya di Twitter. Impianku adalah meraih kesuksesan di sini."

"Saya sangat ingin terus bermain di klub ini. Saya berkomitmen dan bangga menjadi bagian dari Barcelona."

Fabregas juga memberikan komentar mengenai pelatih Tata Martino dan pertandingan Supercopa Spanyol melawan Atletico Madrid. Menurut mantan pemain Arsenal itu, Tata adalah sosok pelatih yang sangat memahami sepak bola, yang bisa membawa pemain ke arah lebih baik.

"Akan menjadi laga yang sulit melawan Atletico. Mereka tim hebat yang selalu mencetak banyak gol," ujarnya jelang leg kedua melawan Atletico di Camp Nou pekan ini setelah pekan lalu mereka berbagi skor 1-1 di Vicente Calderon.

"Harga Pogba Dua Kali Gareth Bale"

Posted: 27 Aug 2013 12:48 PM PDT

KOMPAS.com — Kiprah Paul Pogba yang memukau pada awal musim 2013/14 ini membuat agen sang pemain, Mino Raiola, tak malu-malu untuk mempromosikannya dengan harga sangat tinggi. Menurut Raiola, harga gelandang Juventus tersebut dua kali lebih mahal dari Gareth Bale.

Apa yang dikatakan Raiola merupakan sebuah bentuk "ejekan" terhadap Arsenal. The Gunners, yang memang sangat gencar mengincar pemain di bursa transfer musim panas ini, mengajukan tawaran senilai 20 juta poundsterling (sekitar Rp 351,462 miliar) untuk memboyong Pogba ke Emirates Stadium.

"Berapakah harga Pogba? Tentu saja lebih dari Bale," ujar Raiola kepada Sky Sport Italia, Selasa (27/8/2013).

"Jika Bale senilai 120 juta euro (sekitar Rp 1,816 triliun), Paul memiliki harga dua kali lebih banyak. Pogba merupakan lukisan Salvador Dali, sedangkan Mario Balotelli adalah Mona Lisa."

Pada jendela transfer sekarang yang awal bulan depan sudah ditutup, Bale menjadi pusat perhatian karena Real Madrid siap menggelontorkan dana fantastis untuk memboyongnya ke Santiago Bernabeu. El Real mengajukan penawaran senilai 100 juta poundsterling kepada winger Tottenham Hotspur itu, yang jika benar-benar terjadi akan menjadi rekor terbaru untuk pemain termahal dunia.

Sementara itu, Pogba digaet Juventus secara gratis setelah kontraknya dengan Manchester United berakhir pada musim panas lalu. Ternyata, Pogba langsung menjelma menjadi salah seorang pemain kunci bagi Si Nyonya Tua sehingga tak heran jika dia menarik minat sejumlah klub.

Atas penampilannya yang menjanjikan, pemain berusia 20 tahun ini pun mendapat kepercayaan masuk skuad senior tim nasional Perancis dan telah mendapatkan satu kesempatan tampil. Dia pun ikut membawa Perancis menjuarai Piala Dunia U-20 bulan lalu.

Oezil "Ngambek" dan Pilih Menyendiri

Posted: 27 Aug 2013 12:44 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Gelandang Real Madrid, Mesut Oezil, disinyalir kesal karena diganti pada pertandingan melawan Granada, Senin (26/8/2013). Akibat kejadian ini, Oezil dirumorkan media-media Spanyol akan segera hengkang dari Madrid.

Marca melansir, pemain asal Jerman itu menunjukkan raut muka kesal ketika diganti Casemiro pada menit ke-65. Ini merupakan kali kedua Oezil ditarik keluar sebelum laga usai. Pada saat melawan Real Betis, Oezil juga ditukar Angel Di Maria pada menit ke-68.

Kali ini, Oezil melakukan tindakan yang lebih ekstrem. Setelah diganti Casemiro, Oezil bukannya bergabung dengan para pemain cadangan, melainkan malah pergi menuju ruang ganti tim.

Biasanya, hanya pemain yang mengalami cedera yang langsung menuju ruang ganti ketika baru ditarik keluar. Namun, tanda-tanda Oezil cedera tidak ada. Ia pun tidak ditemani salah satu staf medis Madrid ke ruang ganti.

Beberapa menit kemudian, Oezil balik ke bangku cadangan. Tetapi, saat pertandingan berakhir dan para pemain Madrid ke ruang ganti, Oezil tidak ikut bergabung. Ia lebih memilih untuk langsung ke bus tim dan menunggu rekan-rekannya seorang diri.

Kejadian ini tentu menimbulkan pro dan kontra. Mengetahui mulai banyak menjadi bahan pembicaraan media-media Spanyol, Oezil mencoba mengendalikan situasi.

"Enam poin dari dua pertandingan liga. Itu hal yang lebih penting," tegas Oezil di akun Twitter-nya.

No comments:

Post a Comment