KOMPASbola

KOMPASbola


Marseille Tempel Lyon di Puncak Klasemen

Posted: 17 Aug 2013 02:52 PM PDT

PARIS, Kompas.com - Olympique Marseille mendulang poin penuh ketika menjamu Evian Thonon Gaillard dalam lanjutan Ligue 1, Sabtu (17/8/2013). Gol Andre-Pierre Gignac dan Dimitri Payet membawa tuan rumah menang 2-0.

Dengan hasil ini, Marseille untuk sementara mempertahankan tren kemenangan dalam dua laga perdana Liga Perancis. Sebelumnya, tim raksasa Ligue 1 ini pun menang 3-1 atas Guingamp.

Gignac, yang membuka gol kemenangan pada menit kedua ketika Marseille taklukkan Guingamp, memaksimalkan umpan Rod Fanni pada menit ke-16. Ketika menerimanya, dia melepaskan tembakan yang tak bisa dihalau penjaga gawang Evian, Bertrand Laquait.

Setelah itu, Marseille harus menerima sejumlah ancaman dari tim tamu. Beruntung, penjaga gawang Steve Mandanda tampil sangat impresif sehingga bisa menggagalkan sejumlah peluang, yang membuat gawang runner-up Ligue 1 musim lalu ini tak kebobolan.

Pada menit ke-67, Marseille menggandakan keunggulannya lewat pemain anyar Dimitri Payet, yang mencetak dua gol ke gawang Gingamp pada pekan lalu. Skor 2-0 ini bertahan sampai laga usai, yang membawa Marseille berada di puncak klasemen bersama dengan Olympique Lyon, yang pada Jumat (16/8) menang 3-1 atas Sochaux. Mereka sama-sama mengumpulkan enam poin.

Sementara itu juara bertahan Paris Saint-Germain, yang pekan lalu bermain imbang 1-1 melawan Montpellier, baru akan bermain pada Minggu (18/8). Tim ibu kota tersebut menjamu Ajaccio. Tim favorit lainnya, AS Monaco, juga baru akan bermain ketika menjamu Montpellier.

Ancelotti Bingung Pilih Casillas atau Lopez

Posted: 17 Aug 2013 02:12 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, sedang dilema. Arsitek berkebangsaan Italia itu mengaku sulit memilih di antara Iker Casillas atau Diego Lopez, yang akan mengisi posisi penjaga gawang.

Los Blancos akan memulai kompetisi Liga BBVA melawan Real Betis di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (18/8/2013). Namun, sampai sehari sebelum pertandingan, Ancelotti belum menentukan 11 pemain yang bakal tampil sejak awal laga.

Khusus di sektor penjaga gawang, Ancelotti juga belum memutuskan pilihan. "Saya belum menentukan siapa kiper kami melawan Real Betis," tegas Ancelotti seperti dilansir AS.com.

"Saya belum memilih pemain karena belum berbicara dengan para pemain. Pertama, saya akan lebih dahulu berbicara dan kemudian menentukan pemain yang tampil," tambahnya.

"Diego Lopez sudah berlatih sejak 15 Juli lalu, sementara Casillas pada 1 Agustus silam. Tidak ada perbedaan besar di posisi kiper. Kedua kiper itu sama bagusnya. Casillas bermain lawan Chelsea, dan Lopez lawan Inter Milan," tandasnya.

"Tidak mudah bagi saya untuk membuat keputusan. Namun, hal itu normal. Sebagai pelatih, memilih pemain yang akan bermain merupakan salah satu bagian tersulit," ucap Ancelotti.

Guardiola Puas Permainan Bayern Meningkat

Posted: 17 Aug 2013 01:48 PM PDT

FRANKFURT, KOMPAS.com - Pelatih Bayern Muenchen, Josep Guardiola, puas dengan kemenangan yang diraih Franck Ribery dkk saat bertandang ke markas Eintracht Frankfurt, Sabtu (17/8/2013).

Gol tunggal Mario Mandzukic cukup untuk mengamankan kemenangan di Commerzbank Arena, Frankfurt. Kemenangan itu membawa Bayern di posisi teratas Bundesliga dengan nilai sempurna dari dua laga.

"Dibandingkan pekan lalu (kontra Borussia Moenchengladbach), kami sekarang mampu menguasai pertandingan lebih baik. Pekan lalu, kami terlalu banyak melakukan kesalahan," papar Guardiola.

"Namun, kini kami bermain lebih baik di segala aspek. Pertandingan ini tidak mudah karena digelar hanya berselang beberapa hari setelah laga internasional. Kami hanya memiliki waktu tiga hari untuk mempersiapkan tim," lanjutnya.

"Meskipun, kami memang sudah siap untuk pertandingan melawan Frankfurt. Saya senang dan fokus 100 persen dalam pertandingan tersebut," tutup pelatih asal Spanyol itu.

Jepang Jadi Tim Tamu Copa America 2015

Posted: 17 Aug 2013 01:46 PM PDT

ASUNCION, Kompas.com - Juara Asia, Jepang, akan ambil bagian dalam turnamen Copa America di Chile pada tahun 2015. Demikian pernyataan Presiden CONMEBOL, Eugenio Figueredo, Sabtu (17/8/2013).

"Ini merupakan pengumuman yang sangat menyenangkan bagi sepak bola benua kami dan lebih membuktikan adanya hubungan yang baik antara kami dengan asosiasi sepak bola Jepang untuk waktu yang lama," ujar Figueredo dalam sebuah wawancara yang dipublikasikan melalui situs resmi badan sepak bola Amerika Selatan tersebut (www.conmebol.com).

Ini akan menjadi keikutsertaan kedua Jepang di kompetisi internasional paling bergengsi di Amerika Selatan, yang dimainkan setiap empat tahun, setelah mereka ambil bagian dalam turnamen tahun 1999.

Meksiko, dalam delapan edisi terakhir, Kosta Rika, Amerika Serikat dan Honduras, juga pernah ambil bagian sebagai tamu.

Figueredo memberikan konfirmasi mengenai partisipasi Jepang ini setelah melakukan kunjungan ke negara Asia tersebut pada pekan ini, ketika Uruguay selaku pemegang gelar Copa America mengalahkan Jepang 4-2 dalam laga persahabatan di Sendai.

Terungkap Alasan Moyes Cadangkan Rooney

Posted: 17 Aug 2013 01:12 PM PDT

SWANSEA, KOMPAS.com - Masa depan striker Manchester United, Wayne Rooney, kembali menjadi perbincangan usai kemenangan 4-1 melawan Swansea City, Sabtu (17/8/2013). Akan tetapi, Manajer David Moyes memastikan bahwa Rooney tetap menjadi bagian MU.

Pada pekan pertama Premier League kontra The Swans, Moyes menaruh Rooney di bangku cadangan pada awal pertandingan. Rooney baru masuk pada pertengahan babak kedua untuk mengganti tempat Ryan Giggs.

Spekulasi mengenai masa depan Rooney pun kembali merebak. Namun, Moyes beralasan Rooney belum siap secara fisik pascapulih dari cedera hamstring pada Juli silam.

"Rooney bermain selama 65 menit membela Inggris saat melawan Skotlandia, beberapa waktu lalu. Saya cukup yakin ia bisa menjalankan tugasnya jika ia bermain," ucap Moyes.

"Sekarang, ia belum siap secara fisik karena tidak banyak berlatih. Tetapi, Rooney bermain dan membuat pergerakan baik untuk gol kedua Van Persie. Ia juga memberikan umpan untuk gol Welbeck. Jadi, bagus untuk Rooney mendapatkan menit bermain," lanjutnya.

"Saya pikir orang tahu pemain bagus dan Rooney adalah pemain bagus. Semua orang ingin para pemain dalam tim dan kami sangat senang melihat Wayne bermain," pungkasnya.

Huntelaar Bermasalah untuk Play-off Liga Champions

Posted: 17 Aug 2013 01:10 PM PDT

BERLIN, Kompas.com - Striker Schalke 04, Klaas-Jan Huntelaar, kemungkinan besar absen pada leg pertama play-off Liga Champions melawan PAOK, Rabu (21/8/2013). Menurut pelatih Jens Keller, pemain asal Belanda tersebut mengalami cedera lutut setelah timnya kalah 0-4 dari VfL Wolfsburg pada laga Bundesliga, Sabtu (17/8).

"Apakah Klaas-Jan Huntelaar bisa bermain melawan PAOK merupakan sesuatu yang saya belum tahu," ujar Keller kepada para wartawan.

"Dia merasa sangat sakit di lutut dan saya mengeluarkannya di paruh pertama, tetapi masih harus menunggu dan melihat bagaimana perkembangan cederanya itu sampai hari Rabu," tambah Keller mengenai Huntelaar, yang akan menjalani pemeriksaan lanjutan.

Schalke, yang menempati peringkat keempat Bundesliga musim lalu, akan bertemu PAOK, yang menggantikan posisi klub Ukraina, Metalist Kharkiv. Metalist, yang menyingkirkan PAOK di putaran sebelumnya, didiskualifikasi pada awal pekan ini menyusul hukuman yang dijatuhkan akibat skandal pengaturan skor di liga domestik pada tahun 2008.

Pemenang dalam babak play-off ini akan masuk ke fase grup Liga Champions. Schalke akan lebih dulu menjamu POAK, sebelum mereka melakoni leg kedua di markas lawan pada 27 Agustus mendatang.

Moyes: Indahnya Gol-gol Van Persie

Posted: 17 Aug 2013 12:52 PM PDT

SWANSEA, KOMPAS.com - Manajer Manchester United (MU), David Moyes, merasa senang dengan raihan tiga poin yang didapat anak buahnya di markas Swansea, Sabtu (17/8/2013). Secara khusus, Moyes memuji penampilan striker Robin van Persie yang mencetak dua dari empat gol MU ke gawang The Swans.

MU sukses menaklukkan Swansea dengan skor telak 4-1. Van Persie dan Danny Welbeck masing-masing mencetak dua gol bagi Setan Merah. Kemenangan itu untuk sementara membawa MU memuncaki klasemen sementara Premier League.

"Permainan kami sangat bagus. Kami tampil tajam di depan kotak penalti dan saya jelas sangat senang. Markas Swansea adalah tempat yang sulit dan kami berhasil menang dengan baik," ujar Moyes seusai pertandingan.

"Hari ini merupakan pertandingan pertama saya bersama Manchester United (di Premier League). Saya senang, namun ini memang pekerjaan saya, seperti yang pernah saya lakukan di Everton dalam 10 tahun terakhir," lanjutnya.

Dalam pertandingan tersebut, Moyes memutuskan mencadangkan Wayne Rooney dan baru memainkannya pada babak kedua. Moyes memercayai lini depan MU diisi Van Persie dan Welbeck. Keputusan Moyes terbilang tepat dengan penampilan gemilang Van Persie dan Welbeck sepanjang pertandingan.

"Robin van Persie mencetak dua gol dengan sangat indah," puji manajer asal Skotlandia itu.

Super Mario Kembali ketika Milan Menang 11-0

Posted: 17 Aug 2013 12:50 PM PDT

KOMPAS.com - Mario Balotelli berpeluang besar membela AC Milan dalam laga play-off Liga Champions di markas PSV Eindhoven, Selasa (20/8/2013) mendatang. Pasalnya, striker tim nasional Italia tersebut ambil bagian dalam laga pemanasan Rossoneri, Sabtu (17/8), di lapangan latihan tim di Milanello.

Dalam pertandingan melawan klub Serie-D, Derthona, Milan menang dengan skor mencolok 11-0. Super Mario, yang absen membela Italia dalam laga persahabatan melawan Argentina pada Rabu (14/8), karena cedera lutut, mencetak dua gol. Sementara itu M'Baye Niang juga menyumbang dua gol.

Stephan El Shaarawy, Andrea Petagna, Antonio Nocerino, Matias Silvestre, Sulley Muntari dan Cristian Zaccardo juga mencatatkan nama mereka di papan skor dalam pesta gol tersebut. Satu gol lagi dihasilkan akibat bunuh diri pemain Derthona.

Milan, yang musim lalu finis di peringkat ketiga Serie-A, akan lebih dulu melakoni laga tandang di babak play-off ini. Pada 27 Agustus mendatang, giliran mereka yang menjamu wakil Belanda tersebut untuk melakoni leg kedua.

No comments:

Post a Comment