KOMPASbola

KOMPASbola


Palestina Minta FIFA Hukum Israel

Posted: 16 Aug 2013 03:08 PM PDT

RAMALLAH, KOMPAS.com - Pemimpin olahraga Palestina Jibril Rajoub mengancam mendesak Israel dihukum oleh badan sepak bola dunia (FIFA) setelah negara itu menolak sejumlah tim ofisial turnamen pemuda memasuki Tepi Barat, dengan alasan keamanan.

"Pada kongres FIFA berikutnya, Asosiasi Sepak Bola Palestina berencana meminta Israel dihukum, sebagai respons terhadap pelanggaran-pelanggaran kepada olahraga Palestina," kata Rajoub, Kamis (16/8/2013), sebelum membuka turnamen pemuda internasional.

Petugas keamanan Israel yang menolak disebutkan namanya, mengakui sejumlah tim ofisial telah dilarah memasuki Tepi Barat dengan alasan keamanan. Seperti dikutip dari Reuters, tidak ada penjelasan lebih lanjut tentang alasan pelarangan tersebut. "Tidak ada pemain-pemain yang dihalangi, namun sejumlah ofisial yang menyertai tim ditolak masuk karena alasan-alasan keamanan," kata petugas itu.

Irak, Yordania, Uni Emirat Arab, dan tuan rumah Palestina rencananya akan memulai turnamen tersebut pada Kamis. Namun menyusul insiden ini, kata Rajoub, turnamen ditunda selama 48 jam sembari menunggu arahan dari Konfederasi Piala Asia (AFC).

Rajoub mengatakan terdapat lusinan ofisial yang menyertai ketiga tim, serta beberapa delegasi AFC yang ditolak visanya. Presiden Palestina yang didukung kubu Barat Mahmoud Abbas menguasai beberapa area di Tepi Barat, namun Israel secara keseluruhan menguasai militer di daerah itu dan menerapkan peraturan kunjungan yang ketat.

Pada bulan lalu, presiden FIFA Sepp Blatter mengatakan bahwa ia akan membentuk "satuan kerja" untuk menyelesaikan masalah-masalah Palestina seputar larangan-larangan kunjungan ini. Rencananya, satuan kerja tersebut akan dibentuk bulan depan di Swiss.

Federasi Sepak Bola Israel mengatakan "akan membantu jika dapat memastikan para pemain yang berada di daftar yang diajukan Palestina akan diizinkan masuk, namun mereka tidak akan mengintervensi atau menentang pertimbangan-pertimbangan badan keamanan Israel." Menurut mereka, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga telah menginformasikan pada Blatter mengenai masalah ini, ketika keduanya bertemu di Yerusalem pada bulan lalu.

Rajoub mengangkat isu atlet-atlet Palestina pada Kongres FIFA terakhir di Mauritius, Juni 2013. Saat itu dia mengancam jika masalah tersebut tak juga diselesaikan dengan memuaskan, ia meminta seluruh delegasi Kongres FIFA selanjutnya untuk mengucilkan Israel. Kongres FIFA berikutnya dijadwalkan berlangsung di Sao Paulo, Brasil, pada 10-11 Juni 2014.

Palestina telah lama geram dengan tindakan pasukan keamanan Israel yang membatasi pergerakan para atlet di antara Jalur Gaza dan Tepi Barat. Kedua teritori itu sangat diinginkan Israel menjadi bagian dari negara tersebut.

- AnyBlog @2013

"Zaha Bakal seperti Ronaldo"

Posted: 16 Aug 2013 12:18 PM PDT


LONDON, KOMPAS.com - Gelandang serang Manchester United (MU), Wilfried Zaha, diyakini bisa memiliki kemampuan seperti pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Pernyataan tersebut dilontarkan mantan striker Crystal Palace, Mark Bright.

Zaha dibeli Setan Merah dari Palace pada awal Januari 2013. Namun, MU baru menggunakan jasa Zaha pada musim panas ini. Selama tur pramusim, Zaha telah membuat manajer baru MU, David Moyes, terpukau.

Tak hanya Moyes, hal senada juga diakui Bright. Menurut Bright, Zaha bisa membuat para fans MU mengingat Ronaldo.

"Saya banyak menyaksikan permainan Zaha, karena berhubungan langsung dengan Palace. Setelah menyelesaikan beberapa latihan di akademi Palace, saya langsung berpikir Zaha akan seperti Cristiano Ronaldo," puji Bright.

"Zaha memiliki kemampuan menjadi pemain hebat. Ia cepat, kuat, dan memiliki determinasi tinggi. Perekrutan terakhir Sir Alex Ferguson itu merupakan berkah bagi David Moyes," tandas Bright.

- AnyBlog @2013

Krisis Keuangan Paksa Anzhi Lepas Lima Pemain

Posted: 16 Aug 2013 11:13 AM PDT


MAKHACHKALA, KOMPAS.com - Eksedus pemain Anzhi Makhachkala terjadi dalam dua hari terakhir. Pada Kamis (15/8/2013) dan Jumat (16/8/2013), sebanyak lima pemain andalan Anzhi hijrah ke klub Rusia lain.

Pada Kamis, trio Igor Denisov, Yuri Zhirkov, dan Alexander Kokorin direkrut Dinamo Moskwa. Kini, giliran Oleg Shatov dan Mbark Boussoufa yang menyusul trio pemain tersebut untuk hijrah dari Anzhi.

Shatov memutuskan menerima pinangan Zenit St Petersburg. Sementara, Boussoufa menjadi pemain asing Anzhi pertama yang pindah dan bergabung ke Lokomotiv Moskwa musim ini.

"Semuanya ternyata tak terduga, tapi ini adalah kehidupan dalam sepak bola. Aku mendapat tawaran bagus setelah Anzhi mengubah kebijakan mereka. Tentu saja, aku ingin mewakili tim dengan tujuan ambisius," tegas Boussoufa.

Masih belum ada pernyataan resmi mengapa Anzhi yang terkenal doyan membeli pemain mahal kini justru melepas para pemainnya itu. Namun, dugaan muncul alasan eksodus pemain besar-besaran di Anzhi terjadi karena pemilik klub, Suleiman Kerimov, memutuskan untuk memotong gaji para pemain.

- AnyBlog @2013

Villa Yakin Kembali Tajam

Posted: 16 Aug 2013 11:04 AM PDT

MADRID, KOMPAS.com - Striker anyar Atletico Madrid, David Villa, yakin bisa menampilkan permainan apik bersama Los Colchoneros pada musim ini. Villa pun mengincar banyak gol pada musim perdananya di Atletico.

Villa diboyong Atletico dari Barcelona pada musim panas ini. Cedera parah yang menimpanya pada akhir 2011 membuat Villa kehilangan tempat di tim utama Blaugrana. Setelah resmi berbaju Atletico, Villa berharap bisa mengembalikan performa apik seperti saat bermain untuk Valencia pada periode 2005-2010.

"Kami telah banyak bekerja selama pramusim. Setelah semua pelatihan ini, aku merasa mendapatkan ide yang lebih jelas di sini," ungkap pemain berusia 31 tahun itu seperti dikutip situs resmi UEFA.

"Aku senang telah berjalan dengan baik. Aku merasa secara fisik baik-baik saja dan tenang. Untuk striker, hal yang paling penting adalah mencetak gol. Sedikit demi sedikit, aku merasa lebih terhubung dengan sebuah tim yang memiliki sistem yang jelas," lanjutnya.

"Dengan etos kerja yang kuat, keinginan terus-menerus untuk meningkatkan permainan, dan rekan-rekan di sini, aku yakin gol-gol dariku akan datang," pungkasnya.

- AnyBlog @2013

Goetze: Maaf, Akun Twitter-ku "Dibajak"

Posted: 16 Aug 2013 10:26 AM PDT

MUENCHEN, KOMPAS.com - Gelandang serang Bayern Muenchen, Mario Goetze, sedang ketiban sial. Akun Twitter pemain berusia 21 tahun itu baru saja diretes pihak tak bertanggung jawab.

Beberapa posting yang muncul dari Goetze sempat menggemparkan publik. Goetze menilai striker Crystal Palace, Marouane Chamahk, layak memenangi gelar Ballon d'Or. Ia juga menyangsikan kesuksesan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Goetze pun yang tahu kejadian tersebut langsung mengonfirmasi melalui akun Facebook miliknya. Menurut Goetze, ia sama sekali tidak pernah membuat posting seperti itu.

"Hai kawan, hari ini akun Twitter-ku diretes pihak yang tak bertanggung jawab. Seluruh posting dan tweet adalah bohong. Namun, sekarang aku sudah bisa mengaktifkan kembali akun tersebut," jelas Goetze.

Beberapa posting lain juga menyindir Goetze dengan sebutan pengkhianat. Hal itu merujuk keputusan Goetze yang pindah dari Borussia Dortmund ke Bayern pada musim panas ini.

- AnyBlog @2013

Khedira Bertahan di Madrid

Posted: 16 Aug 2013 09:22 AM PDT

KOMPAS.com - Jorg Neubauer, agen bintang Real Madrid Sami Khedira, menegaskan bahwa gelandang bertahan asal Jerman itu takkan keluar dari Santiago Bernabeu pada bursa transfer musim panas ini. Dia memastikan bahwa kabar bakal hengkangnya Khedira hanyalah isapan jempol.

Bukan rahasia lagi jika posisi Khedira tak nyaman lagi di skuad Madrid dengan kedatangan pelatih baru, Carlo Ancelotti. Tak ayal, muncul kabar yang menyebutkan bahwa pemain berusia 26 tahun itu akan pindah ke klub Eropa lainnya, di mana Paris Saint-Germain paling tertarik mendapatkannya.

Namun Neubauer menepis kabar tersebut. Menurutnya, Khedira, yang telah menghabiskan waktu tiga musim di Madrid sejak dibeli dari Stuttgart dan sudah tampil sebanyak 126 kali bersama raksasa Liga Spanyol itu, bertahan.

"Sami akan bermain di Madrid pada musim yang akan datang," ujarnya kepada Bild.

"Saya tidak tahu siapa yang mengembuskan rumor tentang masa depannya. Hal tersebut mengganggu dan melukai Sami."

- AnyBlog @2013

Liverpool Pinjam Cissokho dan Incar Gelandang Brasil

Posted: 16 Aug 2013 09:04 AM PDT

LONDON, Kompas.com - Liverpool kembali memperkuat skuad mereka menjelang dimulainya Premier League musim 2013/14, dengan menyetujui kesepakatan untuk merekrut bek kiri Perancis Aly Cissokho. Menurut laporan media Inggris, pemain tersebut digaet dengan status pinjaman dari Valencia.

Televisi Sky Sport melaporkan pada Jumat (16/8/2013) pagi bahwa The Reds sepakat meminjam pemain dari klub Liga Spanyol itu dalam jangka waktu panjang. Akan tetapi, Liverpool memiliki opsi untuk membelinya secara permanen pada musim panas mendatang.

Pemain berusia 25 tahun itu meninggalkan Lyon untuk bergabung dengan Valencia pada awal musim lalu, dan tampil sebanyak 25 pertandingan liga. Ia mulai populer saat memperkuat klub raksasa Portugal, FC Porto, di Liga Champions pada 2009, dan sekarang akan menghadirkan kompetisi di posisi bek kiri untuk Jose Enrique, yang menjadi satu-satunya pilihan pelatih Brendan Rodgers di posisi tersebut.

Cissokho diharapkan tiba di Merseyside pada pekan depan untuk menjalankan pemeriksaan medis dan menyepakati detail-detail kontrak pribadi, meski diyakini Liverpool tidak percaya bahwa hal itu akan menjadi ganjalan.

Sementara itu, Sky Sports juga melaporkan bahwa klub yang bermarkas di Anfield itu sedang melakukan pembicaraan dengan klub Rusia Anzhi Makhachkala mengenai gelandang serang internasional Brasil, Willian. Pemain berusia 25 tahun itu bergabung dengan Anzhi dari Shakhtar Donetsk pada Januari, tetapi dia masuk daftar jual setelah pemilik klub Suleiman Kerimov belakangan memutuskan untuk memangkas pos gaji para pemain dan mengecilkan ambisi-ambisi mereka.

Akan tetapi, Liverpool bakal tak mudah mendapatkan tanda tangan sang pemain. Pasalnya, Manchester City juga dikabarkan tertarik menggaet pemain tersebut.

"Ada tawaran Manchester City yang ditolak. Sekarang saya menantikan tawaran baru dalam beberapa hari dari beberapa klub, seperti Liverpool," kata Willian seperti dikutip ESPN Brasil, Kamis (15/8).

"Jika itu benar-benar Liverpool, maka itu tentu saja merupakan klub hebat. Saya berharap dan sangat tenang, hanya menantikan yang terbaik. Inggris adalah tujuan saya. Saya sangat menyukai Premier League, saya menikmati sepak bola Inggris dan tentu saja, jika itu terjadi, akan sangat bagus bagi saya dan untuk citra saya."

- AnyBlog @2013

Wawancara Isco: Tak Ada Perhatian untuk Barcelona

Posted: 16 Aug 2013 08:08 AM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Real Madrid mengutus rekrutan anyar, Isco, sebagai perwakilan klub untuk konferensi pers jelang laga melawan Real Betis, Minggu (18/8/2013) mendatang. Isco pun membeberkan suasana ruang ganti klub dan adaptasinya di Madrid.

Isco dibeli Madrid dari Malaga pada musim panas ini dengan transfer 30 juta euto (sekitar Rp 420 miliar). Pemain bernama lengkap Francisco Roman Alarcon Suarez ini akan melengkapi lini tengah Madrid yang sudah diisi nama-nama beken.

Berikut wawancara Isco, seperti dikutip dari AS.com:

Bagaimana adaptasi Anda di Real Madrid?

"Segalanya berjalan fenomenal semenjak aku tiba. Aku tak bisa mempertanyakan apa pun lagi. Aku sangat nyaman di sini. Pelatih akan memutuskan siapa yang akan bermain melawan Real Betis. Kami bekerja keras untuk mendapat tempat inti. Namun, pelatih yang akan menentukannya. Aku datang dengan antusias tinggi. Aku berharap bisa beradaptasi dengan baik."

Bagaimana atmosfer ruang ganti tim?

"Tak diragukan, rekan-rekanku merupakan para pemain berkualitas. Aku terkejut dengan kehangatan dari para pemain. Bagaimana kami berlatih dan berusaha meraih kemenangan. Ini penting untuk tim."

Tanggapan Anda mengenai rencana pembelian Gareth Bale?

"Bale merupakan pemain hebat. Jika ia diboyong, pelatih akan mengalami masalah yang bagus. Namun, ia akan diterima oleh semua pemain."

Persiapan jelang lawan Real Betis?

"Tim dalam kondisi baik. Laga pramusim dilalui dengan sangat bagus. Kami bermain lebih baik dalam tiap pertandingan. Aku tak sabar menanti partai resmi pertama di Santiago Bernabeu. Mengawali musim di stadion kami sangat penting."

Bagaimana cara melatih Carlo Ancelotti?

"Ancelotti sangat mudah dipahami. Ia selalu berbicara kepada Anda dengan cara yang baik. Filosofinya sempurna untuk Madrid. Kami memiliki pelatih hebat dan akan melihat Madrid yang luar biasa musim ini. Ia ingin kami terus menguasai bola, berani, dan kreatif. Kami juga dituntut melakukan tekanan tinggi. Kita akan lihat Madrid yang atraktif dan bisa melakukan hal besar."

Apakah Anda yakin bisa menjadi bagian inti Madrid?

"Tidak tahu. Aku datang ke sini untuk melakukan tugas. Aku bermain dalam setiap laga pramusim dan aku senang bisa dipercaya. Namun, pelatih nanti yang akan menentukan siapa yang bermain. Aku berharap bermain dalam banyak pertandingan. Tetapi, di Madrid segalanya tak mudah. Anda harus bekerja keras."

Bagaimana hubungan Anda dengan Mesut Oezil ketika bermain bersama?

"Oezil merupakan pemain bagus dan mudah mengerti kemauannya. Ia selalu memegang bola. Aku senang bermain bersamanya atau pun dengan Luka Modric. Mereka berdua adalah pemain hebat yang bisa mengendalikan bola dengan baik."

Apakah Real Madrid dan Barcelona terlalu mendominasi di Liga BBVA?

"Aku tak bisa menjawabnya. Aku hanya fokus untuk Madrid dan bermain baik."

Soal Barcelona?

"Aku tidak memperhatikan mereka. Aku fokus dengan apa yang kami lakukan. Itu jauh lebih penting."

Tanggapan Anda mengenai persaingan Iker Casillas dan Diego Lopez?

"Mereka berdua adalah kiper bagus dan sudah membuktikan hal itu. Saat Casillas cedera, Lopez bermain dengan baik. Casillas telah menjadi kiper terbaik di dunia untuk waktu yang lama. Cukup bagus ada persaingan sehat di dalam tim."

- AnyBlog @2013

No comments:

Post a Comment