KOMPASbola

KOMPASbola


Awal Spektakuler Napoli "Baru"

Posted: 25 Aug 2013 02:44 PM PDT

KOMPAS.com — Napoli "baru" besutan Rafael Benitez memulai kompetisi Serie-A musim 2013/14 dengan spektakuler karena mendulang kemenangan 3-0 atas Bologna, Minggu (25/8/2013) di San Paolo. Marek Hamsik dan Jose Maria Callejon menjadi penyumbang gol Partenopei sekaligus membawa mereka ke puncak klasemen sementara karena memiliki selisih gol paling bagus.

Pada bursa transfer musim panas ini, Napoli kehilangan striker terbaiknya yang menjadi top scorer Serie-A musim lalu, Edinson Cavani. Penyerang asal Uruguay tersebut memutuskan untuk pindah ke raksasa Liga Perancis, Paris Saint-Germain.

Meskipun demikian, Napoli tampak percaya diri menghadapi pekan perdana ini. Kehadiran sejumlah pemain baru seperti mantan duo Real Madrid, Gonzalo Higuain dan Callejon, serta pelatih Benitez, membuat Napoli tetap memperlihatkan bahwa mereka termasuk favorit juara.

Pada menit ke-32, Napoli berhasil unggul 1-0 lewat gol Callejon. Pemain internasional Spanyol ini mencetak gol dalam debutnya di Serie-A setelah meneruskan bola tendangan keras Hamsik yang tak bisa dihalau dengan sempurna oleh penjaga gawang lawan.

Sesaat sebelum turun minum, Napoli menggandakan keunggulannya. Kali ini Hamsik yang menjebol gawang Bologna. Menerima umpan Juan Camilo Zuniga, Hamsik menggiring bola melewati barisan belakang Bologna sebelum memperdaya kiper dan mencetak gol.

Di paruh kedua, Napoli, yang musim lalu menjadi runner-up, kembali mendominasi pertandingan. Gol ketiga pun tercipta pada menit ke-64 yang kembali dihasilkan Hamsik. Kali ini Goran Pandev yang memberikan umpan.

Meski lebih banyak mendapatkan tekanan tak berarti Bologna tanpa peluang. Kone sempat memberikan ancaman kepada gawang Napoli yang dikawal Pepe Reina. Tetapi, tembakannya masih bisa dihalau penjaga gawang yang dipinjam dari Liverpool tersebut sehingga sampai laga usai Bologna tak mampu mencetak gol basalan.

Susunan pemain

Napoli: Reina; Maggio, Albiol, Britos, Zuniga; Inler, Behrami; Callejon, Hamsik (Mertens 72), Pandev (Insigne 67); Higuain (Radosevic 84)

Bologna: Curci; Garics; Antonsson; Natali; Cech (Crespo 72); Krhin (Perez 78); Della Rocca; Kone; Diamanti; Christodoulopoulos (Moscardelli 46); Bianchi

Wasit: De Marco

Bos Cardiff Puji Kerja Keras Anak Buah

Posted: 25 Aug 2013 02:39 PM PDT

CARDIFF, KOMPAS.com — Pelatih Cardiff City, Malky Mackay, memuji penampilan anak asuhnya saat melawan Manchester City. Di mata Mackay, Fraizer Campbell dkk bermain luar biasa dengan menundukkan City 3-2. Secara khusus, ia pun memberi kredit tambahan kepada Campbell yang mencetak dua gol untuk membalikkan kedudukan.

"Mereka bermain sangat fantastis, disiplin, dan layak memenangkan pertandingan ini. Saya rasa Campbell menyulitkan Javi Garcia," kata Mackay kepada situs Sky Sports.

Dalam pertandingan itu, Cardiff tertinggal lebih dulu oleh gol Edin Dzeko pada menit ke-59. Namun, dua gol Campbell serta satu gol Aron Gunnarsson justru membuat Cardiff unggul sebelum Alvaro Negredo memperkecil ketertinggalan City.

Menurut Mackay, timya sudah menunjukkan kerja keras yang mampu menyulitkan lawan.

"Kami bekerja keras dalam tiap set-piece  serta punya pemain yang bisa menyerang seperti yang dilakukan Fraizer. Pergerakan kami sangat bagus dan kami memiliki banyak umpan crossing hebat. Permainan seperti itu menyulitkan lawan," ujar Mackay.

Secara khusus Mackay menyoroti kemenangan tersebut sebagai kemenangan istimewa. Hal ini tak lepas dari kembalinya Cardiff ke Premier League setelah 51 tahun berlalu. Namun, ia mengingatkan anak-anak asuhnya untuk tak lantas terlena.

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah kami melawan tim yang mencetak gol lebih dulu, dan mereka (City) punya catatan tak kebobolan yang hebat. Kami tahu awalnya akan sulit melawan mereka, tetapi kami tetap disiplin, tertata, dan saya merasa kami percaya diri. Saya tahu para pemain takkan lengah," kata Mackay.

"Kami bermain melawan pemain-pemain hebat dan saya memberi tahu para pemain kalau mereka harus bangga. Mereka layak berada di sini dan bermain melawan para pemain-pemain top. Yang terpenting adalah mereka yakin dengan kemampuan sendiri," pungkasnya.

Gol Tunggal Adriano Antarkan Kemenangan Barca

Posted: 25 Aug 2013 02:05 PM PDT

MALAGA, KOMPAS.com — Barcelona harus bekerja keras untuk menundukkan Malaga 1-0 dalam pertandingan jornada kedua Liga Spanyol, Minggu atau Senin (26/8/2013) dini hari WIB. Gol tunggal dihasilkan bek kanan Adriano Correia.

Dalam laga ini, Barca tanpa diperkuat striker Lionel Messi. Posisi Messi diganti Cesc Fabregas, sementara Neymar da Silva kembali duduk di bangku cadangan. Di kubu Malaga, pelatih Bernd Schuster mengandalkan Roque Santa Cruz untuk membobol gawang Victor Valdes.

Meski mendominasi pertandingan, Barca kesulitan mencetak gol. Kebuntuan itu baru terpecahkan satu menit menjelang turun minum lewat gol Adriano.

Pada babak kedua, Barcelona tidak mengendurkan tekanan mereka. Tendangan bebas Xavi pada menit ke-59 yang disambut Gerard Pique nyaris menambah margin gol kedua tim kalau saja bola tidak membentur mistar gawang.

Fabrice Olinga memperoleh kesempatan menyamakan kedudukan, tetapi tembakannya hanya melebar dari gawang Victor Valdes. Padahal, Pique dan Mascherano sudah mati langkah menghalau bola.

Untuk menambah daya gedor, Martino memasukkan Neymar menggantikan Pedro. Pemain asal Brasil ini sempat memunculkan harapan untuk Blaugrana menambah skor. Namun, tendangan bebas yang dihasilkannya masih bisa ditepis Caballero.

Pada menit-menit akhir pertandingan, Malaga mendapat peluang emas di kotak penalti Barca. Namun, sepakan Fernando Tissano berhasil mendarat di pelukan Valdes. Neymar kembali mengancam gawang Cabalero lewat aksinya di kotak penalti, tetapi sepakannya kembali melambung.

Susunan pemain

Malaga: 13-Willy Caballero; 2-Jesus Gamez, 16-Marcos Angeleri, 21-Sergio Sanchez, 5 Antunes; 12-Fernando Tissone, 6-Ignacio Camacho (11-Sebastian Fernandez Miglierina, 77); 28-Fabrice Olinga (14-Pedro Morales, 77), 19-Bartlomiej Pawlowski (18-Eliseu Pereira, 63), 30-Sergi Darder; 9-Roque Santa Cruz
Pelatih: Bernd Schuster

Barcelona: 1-Victor Valdes; 21-Adriano Correia (22-Dani Alves, 46), 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 6-Xavi Hernandez, 17-Alex Song, 8-Andres Iniesta (24-Sergi Roberto, 83); 9-Alexis Sanchez, 4-Cesc Fabregas, 7-Pedro Rodriguez (11-Neymar, 63)
Pelatih: Gerardo Martino

Wasit: Antonio Mateu

Atletico Pesta Gol Saat David Villa Frustrasi

Posted: 25 Aug 2013 01:37 PM PDT

MADRID, KOMPAS.com — Arda Turan tampil sangat impresif ketika Atletico Madrid pesta lima gol tanpa balas ke gawang Rayo Vallecano di pekan kedua La Liga, Minggu (25/8/2013), di Vicente Calderon. Sementara itu, striker anyar Atletico, David Villa, justru terlihat sangat frustrasi karena tak ikut menyumbang gol dalam pesta tersebut.

Dalam laga tersebut, Arda hanya menyumbang satu gol pada menit ke-35, yang membuat Atletico unggul 3-0. Namun, dia menjadi inspirator kemenangan tim besutan Diego Simeone itu berkat assist-nya.

Kemenangan Atletico dibuka oleh Raul Garcia pada menit ke-17 ketika meneruskan umpan tendangan pojok Gabi. Tiga menit berselang, Diego Costa menggandakan keunggulan tim ibu kota ini setelah menerima assist Arda.

Memasuki menit ke-35, Arda sendiri yang menjebol gawang Rayo. Pemain internasional Turki tersebut mampu memperdaya penjaga gawang tim tamu, David Cobeno, untuk menceploskan bola ke gawang yang sudah tak terkawal. Babak pertama berakhir 3-0.

Pada paruh kedua, Atletico, yang ditengarai akan menjadi penghalang Barcelona dan Real Madrid dalam perburuan gelar juara musim 2014, terus mendominasi pertandingan. Mereka mampu menambah gol pada menit ke-53 lewat Tiago, yang menyelesaikan umpan brilian Arda dari saya kiri.

Striker Spanyol, David Villa, yang direkrut dari Barcelona pada bursa transfer musim panas ini, mencoba mengakhiri rasa frustrasinya. Tetapi, nasib sial menimpa mantan striker Valencia tersebut karena tendangannya pada menit ke-78 hanya mengenai mistar gawang.

Sebelum laga usai, Atletico melengkapi pesta lima golnya setelah Garcia untuk kedua kalinya mencatatkan namanya di papan skor. Tambahan tiga poin ini membuat Atletico menempati papan atas klasemen sementara dengan nilai sempurna karena di pekan pertama pun mereka meraih kemenangan 3-1 atas Sevilla.

Adriano Bawa Barcelona Ungguli Malaga

Posted: 25 Aug 2013 01:03 PM PDT

MALAGA, KOMPAS.com — Barcelona sementara unggul 1-0 pada babak pertama saat bertandang ke markas Malaga, Minggu atau Senin (26/8/2013) dini hari WIB, tanpa diperkuat striker Lionel Messi. Posisi Messi akan diganti Cesc Fabregas.

Sementara itu, Neymar da Silva kembali duduk di bangku cadangan. Neymar kemungkinan besar baru akan dimainkan pada babak kedua. Di kubu Malaga, pelatih Bernd Schuster akan mengandalkan Roque Santa Cruz untuk membobol gawang Victor Valdes.

Gol bagi Barcelona baru terjadi satu menit jelang jeda. Bek kanan Adriano Correia sukses menaklukkan gawang Malaga yang dikawal Willy Caballero.

Susunan pemain

Malaga: 13-Willy Caballero; 2-Jesus Gamez, 16-Marcos Angeleri, 21-Sergio Sanchez, 5 Antunes; 12-Fernando Tissone, 6-Ignacio Camacho; 28-Fabrice Olinga, 19-Bartlomiej Pawlowski, 30-Sergi Darder; 9-Roque Santa Cruz
Pelatih: Bernd Schuster

Barcelona: 1-Victor Valdes; 21-Adriano Correia, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 6-Xavi Hernandez, 17-Alex Song, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 4-Cesc Fabregas, 7-Pedro Rodriguez
Pelatih: Gerardo Martino

Wasit: Antonio Mateu

Minus Messi, Neymar Pun Tetap Cadangan

Posted: 25 Aug 2013 11:43 AM PDT

MALAGA, KOMPAS.com — Barcelona akan bertandang ke markas Malaga, Minggu atau Senin (26/8/2013) dini hari WIB, tanpa diperkuat striker Lionel Messi. Posisi Messi akan diganti Cesc Fabregas.

Neymar da Silva kembali duduk di bangku cadangan. Neymar kemungkinan besar baru akan dimainkan pada babak kedua. Di kubu Malaga, pelatih Bernd Schuster akan mengandalkan Roque Santa Cruz untuk membobol gawang Victor Valdes.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Susunan pemain
Malaga: 13-Willy Caballero; 2-Jesus Gamez, 16-Marcos Angeleri, 21-Sergio Sanchez, 5-Antunes; 12-Fernando Tissone, 6-Ignacio Camacho; 28-Fabrice Olinga, 19-Bartlomiej Pawlowski, 30-Sergi Darder; 9-Roque Santa Cruz
Pelatih: Bernd Schuster

Barcelona: 1-Victor Valdes; 21-Adriano Correia, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 6-Xavi Hernandez, 17-Alex Song, 8-Andres Iniesta; 9-Alexis Sanchez, 4-Cesc Fabregas, 7-Pedro Rodriguez
Pelatih: Gerardo Martino

Wasit: Antonio Mateu

Pellegrini Keluhkan Pertahanan City

Posted: 25 Aug 2013 11:41 AM PDT

CARDIFF, KOMPAS.com — Manajer Manchester City mengeluhkan pertahanan The Citizens dalam pertandingan melawan Cardiff City, Minggu (25/8/2013). Dalam pertandingan tersebut, City takluk 2-3 dari tuan rumah setelah sebelumnya sempat unggul 1-0 melalui Edin Dzeko. Di mata Pellegrini, kekalahan tersebut tak ada hubungannya dengan ketiadaan Matija Nastasic dan Vincent Kompany.

"Kami bermain melawan tim yang sangat alot. Cardiff memasang 10 pemain di area kotak penalti mereka sehingga sulit bagi kami mencoba mencetak gol," jelas Pellegrini kepada situs Sky Sports.

Pengganti Roberto Mancini ini mengira pertandingan akan lebih mudah setelah City unggul. Ia pun menganggap timnya bermain lebih baik meski akhirnya takluk.

"Tak ada yang menyangka mereka bisa mencetak dua gol lewat set-piece, tetapi begitulah sepak bola. Setiap tim harus berkonsentrasi dalam aspek itu. Walau Cardiff menang, saya rasa kami bermain lebih bagus," kata Pellegrini lagi.

Terkait absennya Nastasic dan Kompany, menurut Pellegrini, itu bukan alasan utama City kebobolan. Di mata pelatih asal Cile ini, dua sepak pojok Cardiff-lah yang mencelakakan City.

"Dua sepak pojok Cardiff menentukan hasil permainan. Tak ada masalah di pusat pertahanan," pungkas Pellegrini.

Inter Taklukkan Genoa 2-0

Posted: 25 Aug 2013 11:35 AM PDT

KOMPAS.com — Inter Milan mengawali kompetisi Serie-A musim 2013/14 dengan hasil yang memuaskan. Menjamu Genoa di San Siro, Minggu (25/8/2013), Nerezzurri menang 2-0 lewat gol Yuto Nagatomo dan Rodrigo Palacio.

Ini tentu saja menjadi debut manis bagi Walter Mazzarri, yang mau meninggalkan Napoli demi mengangkat prestasi Inter pada musim ini. Padahal, dia menghadapi krisis pemain karena Inter belum bisa diperkuat Diego Milito, Cristian Chivu, Javier Zanetti, dan Walter Samuel yang sedang cedera.

Pada babak pertama, Inter sangat kesulitan menggedor pertahanan lawan. Sejumlah peluang pun gagal dimaksimalkan sehingga sampai dengan turun minum skor tetap imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, Inter kembali mendominasi permainan. Gol yang dinantikan publik tuan rumah akhirnya datang pada menit ke-75 yang dihasilkan Nagatomo. Setelah itu, serangan demi serangan terus dilancarkan dan mereka nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-81, tetapi bola sundulan Icardi hanya mengenai mistar gawang.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-90, Inter kembali mengoyak jala Genoa. Kali ini Palacio, yang dipasang sebagai striker tunggal, tak melewatkan peluang emas yang dimiliki saat menyambut umpan terobosan Guarin. Lolos dari jebakan off-side, Palacio dengan mudah memperdaya penjaga gawang Genoa, Perin, untuk memastikan Inter menang 2-0.

No comments:

Post a Comment