KOMPAStekno

KOMPAStekno


Bisa Telepon Gratis di BBM7, Operator Bakal Rugi?

Posted: 01 Dec 2012 08:34 AM PST

BANGKOK, KOMPAS.com - Aplikasi instant messaging BlackBerry Messenger 7 yang akan diluncurkan sebelum akhir tahun ini atau paling lambat awal 2013, akan dilengkapi fitur panggilan suara.

Biarpun begitu, versi terbaru dari aplikasi yang dikatakan memiliki lebih dari 60 juta pengguna di seluruh dunia ini tak akan memadati bandwidth data operator seluler. 

Apa pasal? Rupanya voice call pada BBM 7 hanya mengandalkan konektivitas WiFi. "BlackBerry Messenger 7 menggunakan protokol VoIP dan karena itu tidak mentransfer data lewat jaringan seluler," jelas Vice President BBM and Social Communities Research in Motion T.A. McCann dalam sesi panel BlackBerry Jam Asia 2012, Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012).

Dia menjelaskan, Research in Motion selaku produsen perangkat BlackBerry ingin melihat terlebih dahulu seperti apa user experience yang didapatkan pengguna ketika menggunakan panggilan suara lewat WiFi. "Tapi nanti kami juga punya rencana berekspansi dengan turut memakai jaringan seluler."

Dikatakan oleh McCann, meskipun berpotensi mengurangi traffic voice karena menyediakan opsi panggilan suara gratis di seluruh dunia, ketika nanti sudah menggunakan jaringan seluler, BlackBerry 7 akan meningkatkan konsumsi penggunaan data. "Ini sejalan dengan visi operator di masa depan," katanya.

McCann menyamakan besar penggunaan data panggilan suara BBM7 dengan voice call pada Skype. "Tetapi karena menggunakan algoritma lebih canggih, maka kualitas suaranya juga lebih bagus."

Bagaimana kinerja voice call BBM7 ketika digunakan di negara seperti Indonesia yang masih terbatas dalam hal ketersediaan fasilitas WiFi?

Ketika ditanya mengenai hal ini, South Asia Managing Director Research in Motion Hastings Singh hanya mengatakan bahwa BBM7 adalah produk global yang ditujukan untuk audience internasional sehingga pengalaman pengguna di masing-masing negara mungkin berbeda-beda.

Google Drive Kini Bisa Edit "Spreadsheet" di Android dan iOS

Posted: 01 Dec 2012 07:45 AM PST

KOMPAS.com - Google memperbarui aplikasi layanan penyimpanan data dan dokumen Google Drive untuk perangkat iOS dan Android, Rabu (28/11/2012). Kini, aplikasi Google Drive di iOS dan Android bisa mengedit dokumen lembar lajur atau spreadsheet.

Sama seperti pengguna Google Drive di komputer pribadi, kini pengguna Google Drive dapat membuat dan mengedit dokumen lembar lajur dari perangkat mobile. Pengguna bisa dengan nyaman mengubah tata letak, ukuran tabel, mengubah jenis huruf ataupun memberi warna.

Setiap perubahan yang terjadi pada dokumen lembar lajur bersifat real-time. Ini sangat berguna bagi Anda yang berbagi dokumen untuk tujuan kolaborasi dengan pengguna Google Drive lainnya.

Selain itu, Google Drive juga memudahkan Anda dalam menyalin (copy) dan menempel (paste) teks. Cukup tahan jari Anda di tabel yang ingin ditambah atau dikurangi teks, secara otomatis akan muncul pilihan copy ataupun paste.

Aplikasi Google Drive untuk Android dan iOS bisa diunduh secara gratis. Layanan komputasi awan dari Google ini memberi ruang penyimpanan data online gratis sebesar 5GB. Anda bisa menambah ruang penyimpanan data dengan cara berbayar.

"Piala AFF" Paling Banyak Dicari di Google

Posted: 01 Dec 2012 06:49 AM PST

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO

Para pemain Timnas Indonesia bersiap untuk bertanding melawan Timnas Singapura dalam laga Piala AFF 2012 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (28/11/2012). Andik Vermansyah menjadi pemain kunci Timnas Indonesia dan berhasil merobek gawang Singapura pada detik-detik akhir pertandingan. Timnas Indonesia akhirnya menang atas Singapura 1-0.

JAKARTA, KOMPAS.com - Topik sepak bola mendominasi kata kunci pencarian terpopuler di mesin pencari Google Indonesia. Selama sepekan, sejak 23 sampai 29 November 2012, "Piala AFF" menduduki peringkat pertama dalam 10 pencarian terpopuler Google Indonesia.

Kompetisi dua tahunan yang diselenggarakan ASEAN Football Championship itu menyedot perhatian publik Tanah Air. "Indonesia masih memiliki kesempatan untuk memasuki final," tulis Google.

Kata "Timnas" menduduki peringkat 10 pencarian Google pekan ini. Tim nasional Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia dalam pertandingan terakhir di Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Sabtu (1/12/2012).

Posisi 2 dalam top 10 pencarian ditempati oleh "Hasil Liga Champion." Sedangkan kata kunci "Juventus" menduduki peringkat 9.

Dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, berikut daftar lengkap kata kunci 10 pencarian terhangat Google Indonesia, 23 sampai 29 November 2012:

1) Piala AFF
Pertandingan sepak bola setiap dua tahun oleh ASEAN Football Championship, dan Indonesia masih memiliki kesempatan untuk memasuki final.

2) Hasil Liga Champion
Hasil pertandingan sepak bola Liga Champion berjalan terus!  Dan menjadi topik kedua terhangat minggu ini. Siapa saja yang menang?

3) Palestina
Memasuki minggu kedua di daftar pencarian mingguan Google, konflik antara Israel dan Palestina masih dalam pikiran user internet Indonesia.

4) Pakecit
Pakecit dan maincit adalah perangkat lunak yang sepertinya semakin diminati oleh para pemain game Point Blank.

5) Hari Guru
25 November yang lalu adalah Hari Guru Nasional (bersama dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia - PGRI). Masih ingat guru yang berjasa dalam kehidupan Anda?

6) A Thousand Years
Lagu dari soundtrack film "Breaking Dawn" yang dinyanyikan oleh Christina Perri.

7) Robert Pattinson
Pemeran Edward Cullen dari film-film "Twilight".  Apakah dia sudah kembali berpacaran dengan Kristen Stewart?

8) Maudy Ayunda
Aktris dari film "Perahu Kertas", minggu ini diberitakan Maudy akan bersekolah di luar negeri.

9) Juventus
Fans Juventus ingin mencari hasil pertandingan tim favorit mereka. Bagaimana dengan suporter tim-tim lainnya?

10) Timnas
Bagaimana kabar Tim Nasional sepak bola Indonesia?  Apakah bisa mengalahkan lawan-lawannya untuk melaju ke Final Piala AFF?

Yahoo Didenda Puluhan Triliun Rupiah oleh Pengadilan Meksiko

Posted: 01 Dec 2012 06:29 AM PST

Yahoo didenda puluhan triliun rupiah oleh pengadilan Meksiko

Yahoo menyatakan pihaknya diperintahkan untuk membayar 2,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 25 triliun oleh pengadilan Meksiko.

Keputusan ini dikeluarkan gugatan yang berasal dari tuduhan pelanggaran kontrak dan kehilangan keuntungan terkait dengan daftar layanan buku alamat Yellow Pages.

Yahoo dalam sebuah pernyataan di situsnya mengatakan Pengadilan Sipil 49 Distrik Federal Mexico City telah "memutuskan denda non-final sebesar 2,7 miliar dollar AS terhadap Yahoo! Inc dan Yahoo de Mexico" dalam kasus ini.

Tetapi Yahoo ''Meyakini klaim penggugat adalah tidak berdasar dan sepenuhnya akan mengajukan semua upaya banding''.

Tuntutan hukum terhadap perusahaan raksasa internet ini dilakukan Worldwide Directories SA de CV dan Ideas Interactivas SA de CV.

Saham anjlok

Pemberitaan ini menyebabkan saham perusahaan yang bermarkas di Sunnyvale, California ini jatuh 1,4% di bursa.

Pada bulan Oktober Yahoo dilaporkan mengalami keuntungan di atas 3 miliar dollar AS, setelah penjualan sebagian saham mereka di perusahaan perdagangan online China, Alibaba.

Pendapatan Yahoo dari iklan display sedikit mengalami perubahan dari kuartal yang sama bulan lalu, tetapi perusahaan asal AS ini mengalami peningkatan sebesar 11% dari iklan yang disajikan melalui sistem mesin pencari internet.

Yahoo tengah mencoba untuk mengembalikan diri sebagai pelopor mesin pencari internet yang saat ini telah diambil alih Google. (BBC Indonesia)

Apple Mulai Pasarkan iMac Terbaru

Posted: 01 Dec 2012 05:42 AM PST

KOMPAS.com - Apple menyatakan mulai memasarkan iMac terbaru akhir November lalu,khusus untuk yang berlayar 21,5 inci, sedangkan yang 27 inci diluncurkan bulan Desember ini.

Dalam laman resminya baru-baru ini, Apple menyatakan, iMac terbaru didesain lebih tipis, hanya 5 mm, dan volumenya 40 persen lebih ringkas dibanding generasi sebelumnya.

Kakinya dibuat melalui proses kombinasi pemanasan dan tekanan untuk menyampur molekul, menciptakan dua permukaan aluminium yang mulus, presisi, dan kuat.

Layarnya juga dibuat lebih tipis, dengan komponen LCD lebih tipis, dan dibungkus dalam cangkang kaca melalui proses yang disebut full lamination untuk menghilangkan rongga 2 mm antara LCD dan kaca.

Daya pantul layarnya sudah lebih rendah 75 persen dibanding generasi sebelumnya, dan proses kalibrasinya menggunakan tiga state-of-the-art spectroradiometers, satu untuk mengukur gamma, satu lagi mengukur titik putih, dan yang ketiga untuk mengecek kerja dua fungsi pertama dan kedua.

Apple mengklaim iMac terbaru itu lebih efisien energi, 50 persen lebih irit. Lebih ramah lingkungan karena materialnya terbuat dari aluminium dan kaca yang bisa didaur ulang dan digunakan kembali.

Model berlayar 21,5 inci diproduksi dalam dua varian, berprosesor Intel Core i5 quad-core 2.7GHz  dan Intel Core i5 quad-core 2.9GHz.

Demikian juga yang berlayar 27 inci disajikan dalam dua varian pula,
Intel Core i5 quad-core 2.9GHz dan Intel Core i5 quad-core 3.2GHz.

Semua model didukung dengan memory DDR3 8GB (dua keping @ 4GB), grafis Nvidia GeForce yang berbeda untuk masing-masing varian dengan memori 512MB hingga 1GB.

Dilengkapi kamera HD, speaker stereo, dual microphones, dan headphone port untuk minijack serta untuk Apple iPhone headset degan microphone.

Apa saja fitur koneksinya? SDX card slot, empat USB 3 port, dua port Thunderbolt, mini Display Port output yang mendukung untuk DVI, VGA, dan dual-link DVI, kemudian 10/100/1000BASE-T Gigabit Ethernet (RJ-45 connector).

Ber-keyboard dan mouse wireless (Magic Mouse) dan Magic Trackpad.

Koneksi wireless 802.11 n Wi-Fi wireless networking dan teknologi wireless Bluetooth 4.0.

iMac terbaru itu telah dilengkapi sistem operasi terbaru Mac, OS X Mountain Lion.

Harga iMac terbaru berbeda-beda untuk tiap variannya, mulai dari 1.299 dolar, 1.499 dolar, 1.799 dolar, dan spesifikasi tertinggi 1.999 dolar per unit. (ANT)

No comments:

Post a Comment